Ppt biotik dan abiotik agung

16,427 views

Published on

AFMELO 4ever ( is my Love)

Published in: Education
2 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
16,427
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
532
Comments
2
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt biotik dan abiotik agung

  1. 1. Mengamati Gejala Alam Biotik dan Abiotik Agung febri muhammad 0901145002 Biologi 6 A
  2. 2. • Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.• Kompetensi Dasar : 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.
  3. 3. Pembahasan• Gejala Alam Biotik• Gejala Alam Abiotik• Melakukan pengamatan gejala alam
  4. 4. Pendahuluan Lingkungan hidup adalah suatu sistem komplek yang berada di luar individu yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan organisme.a. Komponen Biotik : Komponen dalam alam semesta yang hidup, di dalamnya termasuk makhluk hidup seperti berbagai jenis tumbuhan, manusia, hewan, dan juga mikroorganisme.b. Komponen Abiotik : Komponen dalam alam semesta yang terdiri dari benda-benda tak hidup, seperti: air, udara, tanah, suhu,kelembaban dan bebatuan.
  5. 5. Gejala alam dapat berupa:a. Gejala kejadian: merupakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam seperti terjadinya hujan, kebakaran, ke- lahiran, metamorfosis, pernapasan dan lain-lain.b. Gejala kebendaan: menunjukkan benda-benda yang ada di alam seperti tanah, besi, kapur, burung, siput, pohon mangga dan sebagainya.
  6. 6. Gejala alam Biotik Gejala alam biotik meliputi hal-hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, misalnya metamorfosis serangga, fotosintesis, penyerbukan, pertumbuhan makhluk hidup dan lain-lain. Gejala alam biotik hanya di miliki atau dapat di lakukan oleh makhluk hidup, sehingga merupakan ciri-ciri makhluk hidup. contoh gejala alam biotik antara lain sebagai berikut:a. Tumbuh dan Berkembangb. Gerakc. Bernapasd. Bertambah banyak karena mampu berkembang biake. Peka terhadap rangsang
  7. 7. Tumbuh dan Berkembang Semua makhluk hidup menunjukan gejalapertumbuhan dan perkembangan.Contoh:Biji jagung yang kamu semaikan di tempat yang sesuaiakan berkecambah, lalu seiring dengan waktu akantumbuh menjadi besar dan berkembang membentukdaun,akar, bunga, dan menghasilkan buah.Kemampuan unik untuk tumbuh dan berkembang hanyadi miliki oleh objek Biotik (makhluk hidup) saja.
  8. 8. Gerak Semua makhluk hidup menunjukan kemampuan untuk bergerak. Kebanyakan hewan mampu bergerak dengan aktif. Meskipun kemampuan gerak merupakan ciri khas objek biotik, beberapa objek abiotik juga menunjukan kemampuan gerak, seperti: Angin bergerak karena adanya perbedaan tekanan. Air bergerak karena adanya perbedaan ketinggian.
  9. 9. Bernapas Semua makhluk hidup menunjukan gejala bernapas, yaitumengambil oksigen dari udara dan melepaskan karbondioksida. Oksigen diperlukan untuk membakar zat makanan agar diperoleh enargi. Dengan energi ini makhluk hidup dapattumbuh, berkembang dan melakukan aktifitasnya.
  10. 10. Bertambah banyak karena mampu berkembang biak makhluk hidup mampu untuk berkembang biak. Sepasangburung merpati jika kamu pelihara dengan baik, setelahbeberapa tahun akan berkembang biak, bertelur , lalu menetassehingga jumlahnya bertambah banyak. Berbeda dengan buku dan pensil yang kamu miliki, daritahun ke tahun tidak akan berkembang biak meskipun kamumerewatnya dengan baik.
  11. 11. Peka terhadap Rangsang Gejala lain yang dimiliki oleh makhluk hidup adalahpeka terhadap rangsang.Rangsangan dapat berasal dari dalam tubuh maupunluar tubuh. Manusia dan hewan mengenali adanyarangsangan melalui indera. Manusia memiliki lima indrayang masing-masing peka terhadap jenis rangsangtertentu.
  12. 12. Gejala alam Abiotik Gejala alam abiotik berkaitan dengan sifat fisikdan kimia di luar makhluk hidup, contohnyahujan, pelapukan, erosi, ledakan, dan sebagainya.
  13. 13. Beberapa kerakteristik atau sifat gejala alam abiotik seperti:a. Wujudb. Bentukc. Warnad. Ukurane. Bauf. Rasa, dang. Tekstur
  14. 14. • Wujud: benda abiotik dapat dibedakan wujudnya, yaitu ada yang berwujud padat, cair dan gas. Wujud zat dipengaruhi oleh suhu. Perubahan wujud merupakan contoh gejala alam kejadian pada objek abiotik.• Betuk: semua benda abiotik mempunyai bentuk yang dapat kamu gunakan sebagai cara mengenali benda tersebut. Sehingga kita dapat membedakan benda satu dengan yang lain.• Warna: gejala alam abiotik dapat diamati karakteristik warnanya, misalnya tanah ada yang berwarna merah, coklat dan hitam.
  15. 15. • Ukuran: benda abiotik mampunyai ukuran yang dapat diukur, diamati, dan dibandingkan dengan benda lain. Ukurannya berupa panjang, berat, suhu dan sebagainya.• Bau: gejala alam abiotik dapat dicirikan berdasarkan baunya. Dari baunya kita dapat mengetahui zat belerang, ammonia dan yang lain.• Rasa: beberapa benda abiotik dapat diketahui berdasarkan rasanya.• Tekstur: tekstur marupakan halus kasarnya permukaan suatu benda. Karakteristik benda abiotik dapat dikenali dari teksturnya tanpa harus membuka mata, kita langsung dapat membedakan antara pasir dan tepung dari teksturnya.
  16. 16. Melakukan pengamatan Gejala Alam• Berdasarkan lokasinya, pengamatan gejala alam biotik dan abiotik dibedakan menjadi pengamatan di alam maupun di dalam laboratorium. Agar pengamatanmu menghasilkan data yang benar dan dapat dipercaya, kamu harus menggunakan alat/bahan dan prosedur kerja yang tepat.
  17. 17. • Berdasarkan peralatan yang digunakan untuk mengamati gejala alam atau abiotik antara lain sebagai berikut: a. Teropong/binokuler b. Kamera c. Berbagai alat ukur d. Lup e. Mikroskop f. pH meter g. Kompas
  18. 18. Thank You

×