Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
@agatestudio
Internal Control
Vani
Clerics
Agate Studio
APA ITU PENGENDALIAN INTERN
Pengendalian intern meliputi semua perencanaan
dari suatu organisasi dan semua metode serta
pr...
MENGAPA PERLU PENGENDALIAN INTERN
KAS
 Kas dapat berpindah tangan dengan mudah
 Tidak ada identifikasi pemilik atas kas
...
PENGAWASAN KAS
PENGAWASAN KAS
 Penerimaan Uang, prosedur-prosedur yang dapat
digunakan antara lain :
1. Adanya penyaringan perhadap calo...
PENGAWASAN KAS
PENGAWASAN KAS
Pengeluaran Uang, beberapa
prosedur yang penting adalah
sebagai berikut :
1. Setiap pengeluaran dilakukan ...
Internal Control by Delivani
Internal Control by Delivani
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Internal Control by Delivani

422 views

Published on

Published in: Economy & Finance
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Internal Control by Delivani

  1. 1. @agatestudio Internal Control Vani Clerics Agate Studio
  2. 2. APA ITU PENGENDALIAN INTERN Pengendalian intern meliputi semua perencanaan dari suatu organisasi dan semua metode serta prosedur yang diterapkan manajemen dalam rangka untuk:  Menjaga asset perusahaan dari pencurian, pembobolan, perampokan, manipulasi, korupsi yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu, serta penggunaan harta kekayaan perusahaan yang tidak diotorisasi.  Meningkatkan akurasi dan kepercayaan dari catatan akuntansi dengan cara mengurangi risiko kesalahan (error) dalam proses akuntansi yang dilakukan.
  3. 3. MENGAPA PERLU PENGENDALIAN INTERN KAS  Kas dapat berpindah tangan dengan mudah  Tidak ada identifikasi pemilik atas kas  Kas adalah aktiva yang paling mungkin untuk diselewengkan dan disalahgunakan  Banyak transaksi yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi penerimaan dan pengeluaran kas
  4. 4. PENGAWASAN KAS
  5. 5. PENGAWASAN KAS  Penerimaan Uang, prosedur-prosedur yang dapat digunakan antara lain : 1. Adanya penyaringan perhadap calon-calon karyawan yang akan dipekerjakan dan memberikan program pelatihan setelah mereka diterima. 2. Menunjuk atau mengangkat karyawan tertentu sebagai kasir dan bendahara. 3. Adanya pemisahan tugas antara kasir dan bagian yang mencatat (bagian akuntansi). 4. Otorisasi yang layak atas penerimaan kas di atas jumlah tertentu. 5. Adanya dokumen pendukung dan pencatatan. 6. Penerimaan kas disetorkan ke bank pada keesokan harinya, dan dilakukan oleh karyawan yang bukan kasir dan bukan pula karyawan yang menangani buku besar dan buku tambahan.
  6. 6. PENGAWASAN KAS
  7. 7. PENGAWASAN KAS Pengeluaran Uang, beberapa prosedur yang penting adalah sebagai berikut : 1. Setiap pengeluaran dilakukan dengan cek, untuk pengeluaran-pengeluaran dalam jumlah kecil dilakukan melalui kas kecil (petty cash). 2. Pengeluaran-pengeluaran besar harus diotorisasi oleh dewan komisaris atau direksi. 3. Karyawan yang menangani cek, harus terpisah dengan yang mencatat pengeluaran kas. 4. Diadakan pemeriksaan intern dengan jangka waktu yang tidak tertentu. 5. Adanya dokumen pendukung dan pencatatan. 6. Buku cek yang belum digunakan, harus disimpan dan dibawah pengawasan pejabat yang bukan menangani akuntansi.

×