pengelolaan pendidikan

28,206 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
28,206
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
380
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

pengelolaan pendidikan

  1. 1. NAMA : AFIFAH RIZKI PRATIWINIM : 1104620JURUSAN : PENDIDIKAN KIMIAMATA KULIAH : PENGELOLAAN PENDIDIKANQUIS 11. Carilah beberapa defenisi pengelolaan pendidikan di perpustakaan atau internetsebanyak limabuah dan kemudian anda elaborasi menjadi satu defenisi menurut bahasa andasendiri. Pengelolaan Pendidikan menurut Djam’an Satori, (1980: 4). Pengelolaan pendidikan dapat diartikan sebagai keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Pengelolaan Pendidikan menurut Made Pidarta, (1988:4). Pengelolaan Pendidikan diartikan sebagai aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya. Pengelolaan Pendidikan menurut Daryanto (1998:8) : Pengelolaan pendidikan adalah suatu cara bekerja dengan orang-orang, dalam rangka usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif. Jadi pengelolaan pendidikan merupakan proses kerjasama dengan memadukan sumber-sember personil dan materil pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.2. Diskusikan dengan teman anda mengenai berbagai defenisi yang telahan di peroleh dari hasil elaborasi di latihan no 1 dengan menunjukkan persamaan dan perbedaanya dari masing-masing defenisi tersebut. Persamaan dari ketiga definisi pengelolaan pendidikan, bahwa pengelolaan pendidikan merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih efektif. Perbedaan dari ketiga definisi pengelolaan pendidikan, bahwa Djam’an Satori (1980: 4) Menyatakan pengelolaan pendidikan itu merupakan suatu kerjasama untuk mencapai tujuan pendidikan, sedangkan Made Pidarta (1988:4) Menyatakan bahwa pengelolaan pendidikan merupakan proses menyatukan sumber agar terpusat untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah diciptakan. Daryanto (1998:8) Menyatakan bahwa pengelolaan pendidikan itu merupakan suatu cara berkerja dengan orang-orang sekita untuk mencapai tujuan pendidikan.
  2. 2. 3. Apa perbedaan pengertian pengelolaan secara sempit dan secara luas dengan contoh- contohnya. Perbedaan pengertian pengelolaan atau manajemen dalam arti sempit sedangkan dalam arti sempit, pengelolaan pendidikan terbatas pada inti kepribadian yang personil dan mengatur perencanaan. Sedangkan dalam arti luas pengelolaan pendidikan ialah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai tujuan yang disepakati bersama.4. Mengapa perlu diterapkannya kaidah-kaidah pengelolaan diterapkan dalam pendidikan Untuk mencapai tujuan pendidikan yang yang telah disepakati secara efektif dan efesien.5. Mengapa efektivitas dan efesiensi menjadi hal yang utama dalam pengelolaan pendidikan. Karena jika dilakukan dengan efektivitas dan efesiensi akan menghasilkan tujuan pendidikan yang sangat bermutu.QUIS 2Bagaimana pendapat anda tentang implementasi kebijakan desentralisasi di bidangpendidikan? Apakah sudah sesuai dengan konsep desentralisasi atau belum, kalau belumfaktor apa penyebabnya? Menurut saya itu merupakan cara yang efesien karena desentralisasi pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada daerah untuk membuat manajemen dan menyusun perencanaan sendiri dalam mengatasi maslahsistem pendidikan. Sudah sesuai dengan konsep disentralisasi karena disini sudah berkurang campur tangan atau intervensi pejabat atau unit pusat terhadap persoalan persoalan penddidikan yang sepatutnya dilaksanakan oleh daerah yang bersangkutan.QUIS 31. Apakah perbeda anantara pendekatan organisasi klasik dan pendekatan hubungan manusia dalam pengelolaan pendidikan?
  3. 3. Teori klasik mendefinisikan organisasi sebagai struktur hubungan, kekuassan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan factor-faktor lain yang terjadi bila orang bekerjasama. teoritisi klasik menekankan pada pentingnya “rantai perintah” dan penggunaan disiplin, aturan dan supervisi ketat untuk mengubah organisasi- organisasi agar beroprasi lebih efisien. Menurut pendekatan hubungan manusia ditempat kerja orang berusaha untuk memuaskan kebutuhan sosialnya, memberikan reaksi tekanan dari kelompok serta berusaha memenuhi kebutuhan pribadi. Pendekatan ini muncul untuk merevisi teori manajemen klasik yang ternyata tidak sepenuhnya menghasilkan efisiensi produksi dan keharmonisan kerja. Jika hubungan manusia pada suatu organisasi efektif, maka suasana kerja akan mendorong semangat kerja dan keharmonisan suasana kerja.2. Pendekatan mana yang dianggap sesuai untuk hubungan sosial dan struktur formal dalam pengelolaan pendidikan? Pendekatan klasik digabungkan dengan pendekatan hubungan manusia.3. Struktur organisasi semestinya memberikan peluang untuk saling memberikan gagasan untuk meminimalkan kekuatan struktur hirarki, makna apa yang terkandung dalam pernyataan tersebut! Makna yang terkandung adalah organisasi itu terus berkembang sesuai jaman masalah ynag dihadapi pun akan lebih kompleks sehingga diperlukan gagasan gagasan yang baru agar organisasi itu bisa bertahan di masa yang penuh tantangan.4. Mengapa seorang pengelola pendidikan mesti mengenal dengan baik faktor-faktor psikologis manusia? Karena dengan memahami psikologis staf-stafnya seorang pengelola pendidikan akan tau bagaimana dia bertindak, strategi apa yang dilaksanakan agar menjadi efektif dan efesien5. Mengapa dalam pengelolaan pendidikan perlu menghindari overlapping fungsi? Agar tidak terjadi hubungan kerja atau koordinasi yang tidak baik antara satu organisasi dengan organisasi yang lain sehingga bisa menyebabkan banyak permaslah yang muncul.QUIS 4Sekolah yang efektif dapat terwujud apabila dikelola dengan profesional, apa yang dimaksuddengan pengelolaan sekolah yang efektif, berikan contohnya!
  4. 4. Pengelolaan sekolah efektif adalah pengelolaan yang dilakukan pada situasi dan kondisi yang tepat dimana menggunakan seluruh SDM nya dengan tepat, mengatur berbagai permasalahan sekolah dengan cepat dan tepat. Contohnya Tindakan Kepala Sekolah sebagai pemimpin dikatakan baik apabila mampu memberikan pengarahan dan motivasi kepada guru pada situasi dan kondisi yang tepat dengan memperhatikan pula momen- momen psikologis yang dimiliki oleh guru.QUIS 51. Bagaimana menciptakan iklim kelas yang kondusif untuk proses belajar mengajar di SMA? Mengatur fasilitas kelas, seperti tempat duduk siswa, pencahayaan, ventilasi, pengaturan penyimpanan barang barang kelas Menciptakan metode mengajar yang paling pas dan sesuai Kenali dan ketahui karakter peserta didik Lakukan penyesuaian dengan perkembangan zaman yang ada Buatlah suasana belajar yang santai dan rileks Nikmatilah proses belajar mengajar yang ada2. Apa yang dapat menghambar terciptanya iklim kelas yang kondusif? Suasana kelas yang tidak kondusif, seperti kurang pencahayaan dan ventilasi, pengaturan tempat duduk tidak benar sehingga membuat kelas menjadi sempit, peletakan barang- barang kelas yang sembaranganQUIS 61. Apa peran utama pemimpin dalam mengkoordinasikan unit kerja yang ada di bawahnya? Pemimpin membantu terciptanya suasana persaudaraan, kerjasama Pemimpin membantu kelompok mengorganisir diri sendiri Pemimpin membantu penetapan prosedur kerja Pemimpin bertanggungjawab dalam mengambil keputusan Pemimpin bertanggungjawab dalam mengembangkan dan mempertahankan eksistensi organisasi2. Siapakah pemimpin pendidikan sejatinya?
  5. 5. Pemimpin pendidikan sejatinya adalah setiap orang yang memiliki kelebihan dalam kemampuan pribadinya, dan dengan kelebihannya itu ddapat mengkoordinasikan staf pendidikan lainnya ke arah peningkatan atau perbaikan mutu pendidikan dan pengajaran.QUIS 7Mengapa informasi penting dalam pengelolaan pendidikan, kaitan dengan berbagai kabijakanpendidikan... Inforamsi penting dalam pengelolaan pendidikan karena perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan dalam bidang pendidikan informasi sehingga informasi merupakan suber bagi organisasi dan esensial agar operasionalisasi dan manajemen berfungsi efektif. Kaitan informasi dengan berbagai kebijakanpendidikan itu sangat penting karen seseorang atau contohnya kepala sekolah dalam mengambil kebijakan juga memperhitungkan informasi agar kebijakan yang dikeluarkan tidak menjadi masalah.QUIS 8Bagaimana kaitan kurikulum dengan karakter bangsa? Kaitan kurikulum dengan karakter bangsa mempunyai kedudukan yang sangat strategis dan penting karena kurikulum sebagai rancangan pendidikan harus memiliki landasan yang kokoh dan kuat. Salah satu landasan kurikulum adalah pancasila, pancasila merupakan karakter bangsa. Pendidikan menurut pancasila dan UUD 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa.QUIS 9Bagaimana meningkatkan kepuasan peserta didik di sekolah? Meningkatkan kepuasan peserta didik bisa dilakukan dengna cara menyediakan fasilitas atau layanan yang mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidnag kognitif, afektif dan psikomotorik dan sesuai keinginan, bakat, dan minat peserta didik. Contohnya seperti menyediakan layanan kesehatan, layanan asarama, layanan transportasi sekolah, layanan kesehatan, layanan kantin, layanan perpustakaan, layanan olahraga, dan layanan bimbingan konseling.
  6. 6. QUIS 10Bagaimana supaya guru memiliki profesionalisme yang tinggi? Dengan pola rekrutmen dan pembinaan karier guru yang baik, akan tercipta guru yang profesional dan efektif. Suatu pekerjaan dikatakan profesional jika pekerjaan itu memiliki kriteria tertentu. Jika kita mengikuti pendapat Houle, ciri-ciri suatu pekerjaan yang profesional meliputi: (1) harus memiliki landasan pengetahuan yang kuat; (2) harus berdasarkan atas kompetensi individual (bukan atas dasar KKN-pen.); (3) memiliki sistem seleksi dan sertifikasi; (4) ada kerjasama dan kompetisi yang sehat antar sejawat; (5) adanya kesadaran profesional yang tinggi; (6) memiliki prinsip-prinsip etik (kode etik); (7) memiliki sistem sanksi profesi; (8) adanya militansi individual; dan (9) memiliki organisasi profesi. Dari ciri-ciri tersebut pemerintah menterjemahkan ke dalam sistem rekrutmen dan pembinaan karier guru agar profesi-onalisme guru dapat selalu ditingkatkan.QUIS 11Tuliskan besaran keuangan anda dalam satu tahun perkuliahan yang menyangkut biayaoperasional dan personal!QUIS 12Bagaimana bentuk open house yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan citrasekolah di masyarakat? Bentuk open housenya harus menarik dan sekreatif mungkin contohnya bisa dilaksanakan acara trial class, pameran karya siswa, pameran buku, bazar, pentas seni, halal bihalal dan banyal lagi acara yang yang sifatnya terbuka untuk masyarakat.QUIS 13Bagaimana bentuk mutu dalam layanan pendidikan? Salah satu bentuk mutu dalam layanan pendidikan bisa berupa konsep MPMBS yang bisa dijadikan sebagai kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan.MPMBS adalah sebuh
  7. 7. singkatan dari “Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah”, yaitu sebagai model disentralisasi dalam bidang pendidikan.Kajian supervisi1. Dari beberapa definisi yang telah anda temukan, carilah kata kunci setiap definisi dari para ahli tersebut, kemudian diskusikan dengan teman-teman anda dalam diskusi kelompok. Kata kunci supervisi menurut God Carter melihatnya supervisi sebagai usaha memimpin Boardman melihat supervisi sebagai kesanggupan berpartisipasi dalam masyarakat modern. Willem Mantja memandang supervisi sebagai kegiatan untuk perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan2. Diskusikan dengan teman Anda tentang perbedaan dan persamaan dari masing-masing definisi yang telah ditemukan secara bersama-sama. Perbedaanya, supervisi menurut God Carter bahwa sepervisi merupakan bagaimana usaha memimpin yang baik, sedangkan menurut Boardman supervisi sebgai pembelajaran atau perbaikan agar bisa berpartisipasi dalam masyarakat yang lebih modern, dan sedangkan Willem Mantja mengungkapkan supervisi adalah sebagai usaha perbaikan dan peningkatan dalam mutu pendidikan.3. Pelajari kembali pengertian inspeksi, monitoring, pengawasan dan supervisi secara seksama!4. Jika belum mengerti, pelajari kembali uraian tentang pengertian supervisi lebih mendalam.5. Diskusikan dengan teman Anda tentang alasan mengapa supervisi menjadi hal yang utama dalam peningkatan mutu proses belajar mengajar Karena secara umum supervisi bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan mengajar guru di kelas agar guru memiliki profesionalitas yang tinggi sehingga supervisi menjadi hal yang sangat utama agar bisa meningkatkan mutu proses belajarQUIS 15Perlukah pemasaran dalam pengelolaan sekolah, mengapa, berikan contohnya! Perlu, karena banyak lembaga pendidikan yang bermunculan sehingga menimbulkan persaingan yang semaki n ketat untuk memperoleh costumer. contohnya : Sekolah yang biasa saja bersebrangan dengan sekolah yang terkenal (sekolah favorit) , sekolah yang biasa melakukan promosi dengan periklanan, publisitas/hubungan masyarakat agar tidak kalah bersaing dalam mendapatkan costumer.
  8. 8. QUIS 16Mengapa kepala sekolah harus memiliki jiwa keiwrausahaan dalam mengelola pendidikan? Karena pada era Otda (otonomi daerah ) peran kepala sekolah harus lebih aktif dan dituntut harus mengetahui secara persis permasalahan pendidikan yang terjadi sehingga kepala sekolah tidak lagi menunggu atau menanyakan apa yang boleh atau tidak dilakukan untuk sekolahnya karena biasanya akan muncul sikap-sikap dan perilaku pimpinan yang menunjukan keberatan atas praktek inovasi atau wirausaha sehingga kepala sekolah dituntut untuk berani keluar dari keterbelengguan birokrasi ynag merugikan, aktif mencari perubahan, berani menanggung resiko dan memanfaatkan peluang dengan mengembangkan urusan-urusan (bisnis) yang menguntungkan .LATIHAN KB 10Untuk lebih memantapkan penguasaan Anda terhadap materi tersebut di atas, lakukanlahkegiatan berikut: 1. Kepemimpinan merupakan inti dari manajemen. Dalam proses pengelolaan kegiatan kerjasama diperlukan kecakapan khusus untuk menggerakan orang lain, jelaskan hal apa saja yag menjadi kecakapan khusus tersebut? Keterampilan dalam memimpin, pemimpin harus menguasai cara-cara kepemimpinan sehingga fapat bertindak sebgai seorang pemimpin yang baik Keterampilan dalam hubungan insani Keterampilan dalam proses kelompok Keterampilan dministrasi personil Keterampilan dalam menilai 2. Berilah contoh model kepemimpinan situasional di tempat anda bekerja? Contohnya : dimana seorang artis tiba-tiba membatalkan kehadirannya karena alasan sakit padahal acara akan berlangsung dua hari lagi dan peran pemimpin situasional ini sangat diperlukan untuk menenangkan para stafnya agar tidak panik dan putus asa sehingga acara akan tetap berlangsung. 3. Pendekatan kepemimpinan mana yang dianggap sesuai untuk hubungan sosial dan struktur formal dalam pengelolaan pendidikan? Pendekatan kepemimpinan visioner karena pendekatan ini difokuskan pada rekayasa masa depan yang penuh tantangan menjadi agen perubahan dengan membimbing
  9. 9. personilnya atau hubungan sosialnya lebih ditekankan agar mendapatkan par apersonil yang memiliki profesionalisme yang tinggi. 4. Berilah alasan mengapa guru dapat dikatakan sebagai pemimpin dalam bidang pendidikan! Guru dapat dikatakan sebagai pemimpin dalam bidang pendidikan karena guru mempengaruhi, memberi tauladan dan medndorong ke arah perbaikan kualitas pengajaran dan guru berstatus kepemimpinan tidak resmi. 5. Mengapa harapan dan perilaku rekanan dapat membuat kepemimpinan lebih efektif? Harapan dan perilaku rekanan dapat membuat kepemimpinan lebih efektif karena disini rekan tersebut bertindak sebagai penasihat dan memberi saran atau kritik yang berdasarkan pola kepemimpinan yang sudah dilaksanakan sehingga seorang pemimpin disini wajib mendengarkan nasihat, saran atau kritik tersebut untuk membentuk kepemimpinan yang lebih baik lagi kedepannya.LATIHAN KB 11Untuk lebih memantapkan penguasaan Anda terhadap materi ini, lakukanlah kegiatanberikut: 1. Carilah beberapa defenisi pengelolaan kesiswaan di perpustakaan atau internet Sebanyak lima buah dan kemudian anda elaborasi menjadi satu defenisi menurut bahasa anda sendiri. 2. Diskusikan dengan teman anda mengenai berbagai defenisi yang telah anda peroleh Dari hasil elaborasi di latihan no 1 dengan menunjukkan persamaan dan perbedaanya dari masing-masing defenisi tersebut. 3. Format-format apa saja yang biasa ada di dalam penerimaan siswa baru, di tempat anda bertugas? Pembentukan panitia penerimaan siswa baru Pembuatan dan pemasangan pengumuman penerimaan pserta didik baru secara terbuka seperti gambaran singkat sekolah, persyaratan pendaftaran siswa baru,
  10. 10. cara pendaftaran, waktu pendaftaran, tempat pendaftaran, biaya pendaftaran dan kepada siapa biaya tersebut diberikan, waktu dan tempat seleksi, dan pengumuman hasil seleksi. 4. Mengapa perlu diterapkannya orientasi bagi siswa baru di sekolah? orientasi bagi siswa baru di sekolah perlu diterapkan karena bertujuan agar peserta didik mengerti dan mentaati segala peraturan yang berlaku disekolah, agar peserta didik berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah, dan agar peserta didik dapat menghadapi lingkungan yang baru baik secara fisik, mental dan emosional. 5. Kendala apa saja yang biasa dihadapi guru dalam pembinaan kesiswaan? Menangani anak yang sulit untuk diberi nasihat atau siswa yang memiliki perbedaan baik secara psikologis maupun fisik sehingga dalam melaksanakan pembinaan siswa diperlukan cara-cara khusus untuk siswa-siswa tersebutLATIHAN KB 14Untuk lebih memantapkan penguasaan Anda terhadap materi tersebut, lakukanlah kegiatanberikut:1. Mengapa dalam pengelolaan pendidikan memerlukan biaya yang teradministrasikan dengan baik? Karena dalam pelaksanaan pengelolaan pendidikan dibutuhkan dana untuk biaya perbaikan agar menghasilkan pendidikan yang bermutu sedangkan biaya (uang) merupakan sumber daya yang terbatas dan langka, maka perlu teradministrasikan dengan baik.2. Apa saja yang menjadi sumber pemasukan keuangan sekolah? Dari pemerIntah pusat, komite sekolah, masyarakat atau para wali murid.3. Untuk apa saja alokasi dana yang disiapkan pemerintah bagi penyelenggaraan pendidikan di tingkat satuan pendidikan? Alokasi dana tersebut digunakan untuk pembiayaan rutin dan pembiyaan pembangunan.
  11. 11. 4. Bentuk blok grand apa saja yang biasa diterima satuan pendidikan di tingkat sekolah dasar?5. apa makna transparansi dan akuntabilitas di dalam pengelolaan keuangan sekolah? Transparansi berfungsi sebagai laporan biaya yang dipergunakan untuk pengelolaan pendididkan akuntabilitas

×