Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

1. pengumpulan data sosiologi

2,946 views

Published on

Pelajaran Sosiologi Kelas X IPS semester 2 . X IPS 3 2013/2014 SMA N 1 Karanganyar, semoga dimanfaatkan dengan bijak :) Salam Sukses.

Published in: Education
  • Be the first to comment

1. pengumpulan data sosiologi

  1. 1. OLEH : DESTY NATALIA P (08) NURUL KHOLIFAH (22) TEOFILUS BANNI A (28) WANDA CHACHA C (30) Pengumpulan Data
  2. 2. Data Adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengoahan.Data bisa berwujud suatu keadaan gambar,suara,huruf,angka,bahasa ataupun simbol’’ lainnya.
  3. 3. Jenis Data Berdasarkan Bentuk Kualitatif adalah data yang berbentuk bukan data Kuantutatif adalah data yang beebentuk data
  4. 4. Jenis Data Berdasarkan Skala Pengukuran  Nominal adalah data dimana angka hanya merupakan lambang Contoh : Pada variabel jenis kelamin 1 untuk laki laki dan 2 untuk perempuan  Ordinal adalah data dimana angka selain sebagai lambang,jika menunjukkan urutan Contoh : Pada variabel tingkat pendidikan 1 SD 2 SMP 3 SMU 4 PT.  Interval adalah data dimana angka adalah angka yang sebenarnya tetepi tidak mutlak. Contoh : Pada variabel nilai  Rasio adalah data dimana angka adalah angka yang sebenarnya mutlak Contoh : Pada variabel jumlah data yang dihasilkan adalah rasio.
  5. 5. Data Berdasarkan Jenis  Interal adalah data yang diambil dari dalam tempat dilakukankya penelitian Contoh : Data penjualan perusahaan sendiri.  Eksternal adalah data yang diambil dari luar tempat dilakukannya penelitian. Contoh : Data penjualan perusahaan lain untuk jenis produk yang sama.
  6. 6. Data Berdasarkan Sumber Primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumbernya Contoh : Data hasil kuesioner Sekuder adalah data yang diperoleh dari hasil pengumpulan orang lain Contoh : Data yang diambil dari BPS
  7. 7. Data Berdasarkan Waktu Pengumpulan  Data Cross-section(acak) adalah data yang diambil pada satu waktu tertentu Contoh : Jumlah produksi  Data berkala adalah data yang diambil pada interval waktu tertentu Contoh : Jumlah produksi perhari selama bulan januari 2008.
  8. 8. Wawancara Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.
  9. 9. Wawancara Wawancara pada penelitian sampel besar biasanya hanya dilakukan sebagai studi pendahuluan karena tidak mungkin menggunakan wawancara pada 1000 responden, sedangkan pada sampel kecil teknik wawancara dapat diterapkan sebagai teknik pengumpul data (umumnya penelitian kualitatif)
  10. 10. Wawancara Terstruktur dan Tidak Terstruktur  Wawancara terstruktur artinya peneliti telah mengetahui dengan pasti apa informasi yang ingin digali dari responden sehingga daftar pertanyaannya sudah dibuat secara sistematis. Peneliti juga dapat menggunakan alat bantu tape recorder, kamera photo, dan material lain yang dapat membantu kelancaran wawancara.  Wawancara tidak terstruktur adalah wawancara bebas, yaitu peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang berisi pertanyaan yang akan diajukan secara spesifik, dan hanya memuat poin-poin penting masalah yang ingin digali dari responden.
  11. 11. Observasi Obrservasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden (wawancara dan angket) namun juga dapat digunakan untuk merekam berbagai fenomena yang terjadi (situasi, kondisi). Teknik ini digunakan bila penelitian ditujukan untuk mempelajari perilaku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam dan dilakukan pada responden yang tidak terlalu besar.
  12. 12. Participant Observation peneliti secara langsung terlibat dalam kegiatam sehari-hari orang atau situasi yang diamati sebagai sumber data. Misalnya seorang guru dapat melakukan observasi mengenai bagaimana perilaku siswa, semangat siswa, kemampuan manajerial kepala sekolah, hubungan antar guru, dsb.
  13. 13. Non participant Observation Berlawanan dengan participant Observation, Non Participant merupakan observasi yang penelitinya tidak ikut secara langsung dalam kegiatan atau proses yang sedang diamati. Misalnya penelitian tentang pola pembinaan olahraga, seorang peneliti yang menempatkan dirinya sebagai pengamat dan mencatat berbagai peristiwa yang dianggap perlu sebagai data penelitian. Kelemahan dari metode ini adalah peneliti tidak akan memperoleh data yang mendalam karena hanya bertindak sebagai pengamat dari luar tanpa mengetahui makna yang terkandung di dalam peristiwa. Alat yang digunakan dalam teknik observasi ini antara lain : lembar cek list, buku catatan, kamera photo, dll
  14. 14. Angket Adalah suatu alat pengumpul data berupa serangkaian pertanyaan tertulis yang diajukan pada subjek untuk mendapat jawaban secara tertulis. Dapat dilakukan secara: Pertanyaan langsung dan tidak langsung Pertanyaan khusus dan umum Pertanyaan tentang fakta dan opini
  15. 15. Langsung dan Tidak Langsung Pertanyaan langsung : menanyakan informasi khusus secara langsung tanpa basa basi dari sumber pertama tanpa perantara. Pertanyaan tidak langsung : menanyakan informasi khusus secara tidak langsung dengan adanya perantara.
  16. 16. Khusus dan Umum Pertanyaan Khusus : menanyakan hal-hal khusus yang dibutuhkan penulis. Pertanyaan umum : menanyakan informasi mengenai identitas dari koresponden.
  17. 17. Tentang Fakta dan Opini Pertanyaan Fakta : menghendaki jawaban dari responden berupa fakta. Belum tentu sepenuhnya bersifat faktual Pertanyaan opini : menghendaki jawaban bersifat opini. Belum tentu menghasilkan opini yang jujur.
  18. 18. Macam-Macam Angket  Berdasar cara memberikannya: Angket langsung : angket langsung diberikan kepada responden. Angket tidak langsung : angket disampaikan kepada orang lain dengan meminta pendapat tentang responden.  Berdasar strukturnya : Angket berstruktur; bersifat tegas dengan pertanyaan terbatas dan jawaban yang terbatas dan tegas. Angket tak berstruktur : Apabila ingin uraian yang lengkap.
  19. 19. Kelebihan Angket  Praktis, karena dipergunakanuntuk pengumpulan data dengan jumlah responden yang banyak dan waktu singkat.  Ekonomis  Setiap responden menerima pertanyaan yang sama  Responden mempunyai kebebasan untuk memberi keterangan  Responden mempunyai waktu cukup untuk menjawab pertanyaan
  20. 20. Keterbatasan Anngket  Sulit mendapat jaminan bahwa responden memberikan jawaban yang tepat.  Terbatas, hanya bisa dilakukan oleh responden yang bisa membaca dan menulis.  Bersifat kaku, karena pertanyaan telah ditentukan dan tak bisa diubah  Sulit mendapat jaminan bahwa angket akan dikembalikan oleh responden
  21. 21. TERIMAKASIH

×