Kelompok 11 (dedy, dinar, zulfalina)

576 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
576
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
11
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kelompok 11 (dedy, dinar, zulfalina)

  1. 1. Faktor yang mempengaruhi keberhasilanperencanaan diskusi adalah1. Kemampuan pimpinan menjalankan tanggungjawabnya2. Tingkat pengaturan fisik yang diperlukan3. Tingkat dan jenis partisipasi anggota kelompok
  2. 2. Cara memimpin diskusi menurut Morgan:1. Pimpinan diskusi harus lebih banyak berbuat demi kesuksesan kelompok dari pada orang lain(membuat setiap orang berperan pada waktu yang tepat dan dengan sikap yang paling menguntungkan)2. Pimpinan diskusi yang baik tidak dilahirkan, melainkan dibentuk yaitu mewarisi sifat-sifat tertentu yang mempengaruhi kepemimpinan yang efektif.
  3. 3. 1. Kemampuan berbicara (pimpinan diskusi harus mampu mengekspresikan diri secara jelas dan tepat)2. Kemampuan berbiicara dengan sikap yang informal, ramah, dan bijaksana (kemampuan ini bukan bawaan, melainkan kemampuan yang dikembangkan dengan latihan)3. Kemampuan berpikir (pimpinan diskusi harus mampu berpikir lebih cepat daripada anggota kelompok lain)4. Tempramen (pimpinan diskusi harus mampu mengatur gaya berbicara)5. Sabar6. Tidak memihak (pimpinan diskusi harus mampu berlaku adil kepada semua anggota kelompok)
  4. 4. Proses pemecahan masalah terdiri atas beberapa tahapanyaitu:1. Anggota kelompok menjadi sadar terhadap adanya kesulitan atau masalah2. Anggota secara individu mencari kesimpulan atau dugaan sebagai pemecahan masalah sementara3. Anggota kelompok mencoba mengingat fakta atau pengalaman yang dapat mendukung atau memperlemah pemecahan masalah4. Apabila pemecahan ternyata bertentangan dengan fakta yang ada, pemecahan masalah tersebut harus diperbaiki5. Mengecek kesimpulan yang telah diperbaiki
  5. 5. Terdapat tahapan-tahapan dalam memimpin diskusi kelompok,yaitu:1. Mempertahankan minat dam memperkenalkan masalah atau isu2. Memberi semangat semua anggota kelompok untuk berpartisipasi3. Membuat kesimpulan sementara4. Mempertahankan minat yang tinggi5. Menutup diskusi dengan generalisasi, kesimpulan dan penerapan
  6. 6. Beberapa keuntungan dari diskusi yangmenggunakan dua pimpinan:1. Memperlancar diskusi dan mempermudah dalam mencakup keseluruhan subjek2. Pimpinan dapat mengajukan pertanyaan3. Dua pimpinan dapat saling membantu jika diskusi berlarut-larut.
  7. 7. Biasannya sistem huddle ini digunakan ketikapimpinan memperkenalkan masalah atau isu,menjelaskannya jika perlu, kemudian memotivasikelompok untuk memecahkan masalah itu. Selamaperiode huddle anggota kelompok bertukarpengalaman, berbagi ide, mengecek pemecahanmasalah dan akhirnya sepakat terhadap pemecahanmasalah itu.
  8. 8. Kelompok buzz merupakan alat untuk membagikelompok diskusi besar menjadi kelompok-kelompok kecil. Biasannya waktu yang digunakandalam kelompok buzz ini hanyalahsebentar, kkarena hanya melibatkan sedikitorang.
  9. 9. Tekni diskusi ini di kembangkan oleh J. DonaldPhillips. Teknik ini dapat digunakan dalamkelompok kecil 10 sampai 20 orang atau dalamkelompok besar. Dalam menggunakan sistem inikelompok besar membentuk kelompok kecil yangterdiri 6 orang dengan sedikit mungkinmemindahkan tempat duduk.
  10. 10. Penggunaan tim kepemimpinan 4 orang dalam diskusikelompok terbukti lebih efektif daripada penggunaanseorang pimpinan diskusi.Adapun tanggungjawab dari masing-masing anggota timkepemimpinan yaitu:1. Pimpinan diskusi2. Pengamat proses3. Notulen4. Narasumber
  11. 11. Ada kegunaan tim pendengar dalam diskusikelompok:1. Tim pendengar sebagai pihak penannya2. Tim pendengar sebagai fasilitator interaksi antara pembicara dan pendengar.
  12. 12. Permainan peran merupakan akting yang spontan dan situasiatau peristiwa yang dilakukan oleh anggota kelompok untukmenggambarkan suatu masalah yang biasa dihadapikelompok. Dalam permainan peran ada keuntungan danbahayanya dalampermainan peran. Dan dalam prosespermainan peran terdapat langkah-langkah berikut:1. Menentukan masalah2. Membentuk situasi3. Membentuk karakter4. Mengarahkan pemain5. Memainkan peran6. Menghentikan atau memotong7. Mendiskusikan dan menganalisi permainan
  13. 13. Metode ini meliputi penggunaan dialog dan tindakanmenginterpretasikan situasi dan peristiwa. Jenispermainan drama yaitu: permainan penuh,pementasan situasi, playlet, dan blackout. Di dalampermainan drama juga ada kelebuhan dankekurangannya.
  14. 14. Diskusi informal dalam kelompok kecil adalah tipe laindan teknik kelompok. Diskusi informal ini dapatdilaksanakan ditempat-tempat informal. Diskusiinformal tidak mempunyai pemimpin yangprofesional. Idenya adalah agar warga desa yangmerasa bertanggung jawab dapat bersamamemikirkan masalah-masalah umum yang umummereka hadapi.
  15. 15. Debat dimaksudkan untuk adu pendapat antarindividu atau kelompok yang berbeda pendapat, tidakdimaksudkan untuk memperoleh kesepakatan sepertidiskusi (Mardikanto, 1992) Debat bersifat subjektif dan tidak berdasarkan padadatau dan fakta. Namun debat dapat menggalipendapat atau pandangan yang lebih mendalam.
  16. 16. Diskusiini terdiri atas dua kelompok, yaitukelompok pertama adalah kelompok diskusiatau kelompok ikan dan kelompok keduaadalah kelompok pengamat. Manfaat diskusikelompok mangkuk ikan ini dapat mendorongsiswa berpikir kritis dan memberikanpengalaman kepada siswa bagaimanaberdiskusi dengan baik, bagaimanaberkomunikasi dengan baik, danbagaimana menyatakan pendapat denganjelas dan baik.
  17. 17. Teknik kelompok nominal adalah pertemuan kyangberstruktur, dimana individu bekerjasama denganindividu lain namun dalam waktu tertentu satu samalain tidak melakukan komunikasi secara verbal.

×