Materi kuliah (ansis)

506 views

Published on

Published in: Education, Technology, Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
506
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
17
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Materi kuliah (ansis)

  1. 1. Yahya Nursidik Skype : aangyahya Twitter : @aangyahya Surel : yahya.nursidik@yahoo.com
  2. 2. 1. Jeffry A. Hoffer, Modern System Analysis & Design, Addison-Wesley, California, 19992. William S Davis, Business System Analysis & Design, Thomson Publ, 19983. Kenneth E Kendall, Analisis & Perancangan Sistem, Printice Hall, New Jersey, 2002
  3. 3. DEFINISI SISTEMSistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan. (Ludwig Von Bartalanfy)Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya. (L. Ackof)A collection of components that work together to realize some objective forms a system. Basically there are three major components in every system, namely input, processing and output. (NOS)
  4. 4. Syarat-syarat sistem :1. Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan.2. Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.3. Adanya hubungan diantara elemen sistem.4. Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi dan material) lebih penting dari pada elemen sistem.5. Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen. Back
  5. 5. KARAKTERISTIK SISTEM
  6. 6. 1. Batasan (boundary) : Pengambaran dari suatu elemen atau unsur mana yang termasuk didalam sistem dan mana yang diluar sistem.2. Lingkungan (environment) : Segala sesuatu diluar sistem, lingkungan yang menyediakan asumsi, kendala dan input terhadap suatu sistem.3. Masukan (input) : Sumberdaya (data, bahan baku,peralatan, energi) dari lingkungan yang dikonsumsi dan dimanipulasi oleh suatu sistem. 4. Keluaran (output) : Sumber daya atau produk (informasi,laporan, dokumen, tampilan layer computer, barang jadi) yang disediakan untuk lingkungan sistem oleh kegiatan dalam suatu sistem. 5. Komponen (component) : Kegiatan-kegiatan atau proses dalam suatu sistem yang mentransformasikan input menjadi bentuk setengah jadi (output). Komponen ini bisa merupakan subsistem dari sebuah sistem.
  7. 7. 6. Penghubung (interface) : Tempat dimana komponen atau sistem dan lingkungannya bertemu atau berinteraksi.7. Penyimpanan (storage) : Area yang dikuasai dan digunakan untuk penyimpanan sementara dan tetap dari informasi, energi, bahan baku dan sebagainya. Penyimpanan merupakan suatu media penyangga diantara komponen tersebut bekerja dengan berbagai tingkatan yang ada dan memungkinkan komponen yang berbeda dari berbagai data yang sama.
  8. 8. Metode sistemBlackbox Approach. Suatu sistem dimana input dan outputnya dapat didefinisikan tetapiprosesnya tidak diketahui atau tidak terdefinisi. Metode ini hanya dapatdimengerti oleh pihak dalam ( yang menangani) sedangkan pihak luar hanyamengetahui masukan dan hasilnya. Sistem ini terdapat pada subsistemtingkat terendah. Contoh : Bagian pencetakan uang.Analityc Sistem. Suatu metode yang mencoba untuk melihat hubungan seluruhmasalah untuk menyelidiki kesistematisan tujuan dari sistem yang tidakefektif dan evaluasi pilihan dalam bentuk ketidak efektifan dan biaya.
  9. 9. PENGERTIAN SISTEM ANALISsistem analis merupakan individu kunci dalam proses pengembangan sistem.sistem analis mempelajari masalah dan kebutuhan dari organisasi untukmenentukan bagaimana orang, data, proses, komunikasi dan teknologi informasidapat meningkatkan pencapaian bisnis dan juga merupakan orang yang palingbertanggung jawab pada proses analisa dan perancangan sistem informasi.Seorang sistem analis yang sukses harus memiliki beberapa skill.Keahlian analisa 􀂃 Memahami organisasi 􀂃 Keahlian memecahkan masalah 􀂃 Pemahaman sistem, untuk melihat organisasi dan sistem informasi sebagai sebuah sistem.Keahlian teknis 􀂃 Memahami potensi dan limitasi dari suatu teknologiKeahlian Managerial 􀂃 Kemampuan untuk mengatur proyek, sumber dayaresiko dan perubahan.
  10. 10. Adapun tanggung jawab dari seorang sistem analis meliputi :1. Pengambilan data yang efektif dari sumber bisnis2. Aliran data menuju ke komputer3. Pemrosesan dan penyimpanan data dengan komputer4. Aliran dari informasi yang berguna kembali ke proses bisnis danpenggunanyaFungsi Sistem Analis :- Mengidentifikasikan masalah-masalah dari pemakai / user.- Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user.- Memilih alternatif-alternatif metode pemecahan masalah.- Merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya sesuai dengan permintaan user.
  11. 11.  proses mengorganisasi pengembangan dan pemeliharaan sebuah sistem, yang akan membantu dalam pembuatan suatu rencana proyek sistem.
  12. 12.  System study /identification. Feasibility study / Studi kelayakan System analysis System design (Flowchart,CD,DFD,DAI,and etc) Coding Testing Implementation Maintenance
  13. 13.  - Untuk mengatasi masalah - Untuk mengatasi suatu kelemahan - Untuk memperbaiki situasi

×