Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

ANSOS

1,620 views

Published on

ANALISI SOSIAL

Published in: Education
  • Be the first to comment

ANSOS

  1. 1. ANSOS (ANALISIS SOSIAL)Pengertian AnsosAnalisis =peng-uraian, pengupasan, peng-kajian, telaah(penelaahan)Sosial=Social=berMasyarakat (segala sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat)# LEWISSosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antarawarga negara dan pemerintahannya# KEITH JACOBSSosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas# RUTH AYLETTSosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren danterintegrasi# PAUL ERNESTSosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagaikegiatan bersama# PHILIP WEXLERSosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia# ENDA M. CSosial adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan# LENA DOMINELLISosial adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehinggamembutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.# PETER HERMANSosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satukesatuan# ENGIN FAHRI. ISosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih jugadiperdebatkan tentang pola berhubungan para individu tersebutHolland-Henriot, mendefinisikan analisis social sebagai …..”usaha memperolehgambaran yang lebih lengkap tentang sebuah situasi social dengan menggali hubungan-hubungan histories dan strukturalnya” ( Social analysis : 30)Ansos adalah to describe/description (untuk menggambarkan) sebuah permasalahan social“Soccer is simple. It’s difficult to play simple”. “Sepakbola adalah sederhana. Namun, untukbermain sederhana itu yang sulit”. Sama halnya dengan Ansos ini, “Ansos sangatlahsederhana. Namun, untuk memahami Ansos (menyederhanakan dalam memamahaminya)yang sulit”,Analisis sosial adalah usaha untuk memperoleh gambaran lengkap mengenaisituasi/realitas sosial atau masalah social secara objektif-kritis dengan menelaah kaitan-kaitan histories, structural, kultural dan konsekuensi masalah.
  2. 2. Analisis sosial akan mempelajari struktur sosial, mendalami fenomena-fenomena sosial,kaitan-kaitan aspek politik, ekonomi, budaya dan agama. Sehingga akan diketahui sejauhmana terjadi perubahan sosial, bagaimana institusi sosial yang menyebabkan masalah-masalah sosial, dan juga dampak sosial yang muncul akibat masalah social.Mengapa perlu ansos?Disekitar kita banyak sekali fenomena dan problem-problem sosial,Apa itu Problem-problem Sosial ? (Soetomo, 2008)  Suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat  Suatu kondisi yang tidak sesuai harapan, nilai dan standar sosial yg berlaku  ..karena menimbulkan penderitaan dan kerugian fisik dan non-fisikSeringkali ketika berhadapan dengan berbagai masalah sosial kita sulit untuk mengurai latarbelakang masalah, pengaruh kepentingan serta implikasi logis yang mungkin muncul.Kesulitan memahami kaitan masalah sosial disebabkan karena keterbatasan kemampuandalam memetakan variable yang saling mempengaruhi. Untuk itu, diperlukan kecerdasandalam melakukan analisis sosial agar mampu membaca dan memahami realitas sosial secarautuh.Organisasi mahasiswa, adalah bagian dari kehidupan sosial, senantiasa bersinggungan denganrealitas sosial, atau salah dalam memahaminya, maka perubahan sosial yang dilakukan tidakakan efektif, bahkan jauh dari sasaran.Ruang lingkup ansosPada dasarnya semua realitas sosial dapat dianalisis, namun dalam konteks transformasisosial, maka paling tidak objek analisa sosial harus relevan dengan target perubahan sosialyang direncanakan yang sesuai dengan visi atau misi organisasi. Secara umum objek sosialyang dapat di analisis antara lain;Masalah-masalah sosial, seperti; kemiskinan, pelacuran, pengangguran, kriminilitasSistemsosial seperti: tradisi, usha kecil atau menengah, sitem pemerintahan, sitem pertanianLembaga-lembaga sosial seperti sekolah layanan rumah sakit, lembaga pedesaan.Kebijakan public seperti : dampak kebijakan BBM, dampak perlakuan sebuah UU.FUNGSI ANSOS :  Memotret atau mengetahui masalah berikut akar masalah yang melatarbelakanginya.  Mencari strategi perubahan sosial yang tepat dan kontekstual pada berabagai masalah yang berbedaPOIN PENTING :  Realitas bukan sesuatu yang terberi (given), realitas merupakan konstruksi social dari jejaring kuasa, social-ekonomi, dsb.  Memotret realitas tidak mungkin bebas nilai (value ree). Menuntut keberpihakan individu atau pengguna ansos  Pilihan atau penetuan paradigm menjadi kunci ansos.  Semakin banyak orang yang terlibat, semakin baik (komprehensif).Langkah-Langkah / Tahapan-tahapan melakukan AnsosProses analisis sosial meliputi beberapa tahap antara lain:
  3. 3.  Memilih dan menentukan objek analisisMembangun perumusan masalah, yang menjadi pusat perhatian - Masalah-masalah sosial, seperti; kemiskinan, pelacuran, pengangguran, kriminilitas - Sistemsosial seperti: tradisi, usha kecil atau menengah, sitem pemerintahan, sitem pertanian - Lembaga-lembaga sosial seperti sekolah layanan rumah sakit, lembaga pedesaan. - Kebijakan public seperti : dampak kebijakan BBM, dampak perlakuan sebuah UU. - Masalah-masalah khusus, seperti pengangguran, kelaparan, inflasi dll - Kebijakan-kebijakan (policies) seperti pelatihan kerja, pengawasan moneter, program bantuan pangan, pelayanan publik, dsb. - Menyelidiki struktur-struktur yang lebih luas, lebih dalam, atau lebih spesifik dari isntitusi-institusi (pranata) ekonomi, politik, social budaya. - Memfokuskan diri pada system-sistem yang berada dibalik dimensi-dimensi kebijakan dan struktur, seperti system politik sebagai subsistem dari system social tertentu; atau tananan politik (political order) sebagai sebuah system dengan landasan kulturalnya.Pemilihan sasaran masalah harus berdasarkan pada pertimbangan rasional dalam arti realitasyang dianalsis merupakan masalah yang memiliki signifikansi sosial dan sesuai dengan visiatau misi organisasi.  Pengumpulan data atau informasi penunjangMembangun konsep-teoritis atas konteks realitasUntuk dapat menganalisis masalah secara utuh, maka perlu didukung dengan data daninformasi penunjang yang lengkap dan relevan, baik melalui dokumen media massa, kegiatanobservasi maupun investigasi langsung dilapangan. Re-cek data atau informasi mutlakdilakukan untuk menguji validitas data.  Identifikasi dan analisis masalahMerupakan tahap menganalisis objek berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Pemetaanbeberapa variable, seperti keterkaitan aspek politik, ekonomi, budaya dan agama dilakukanpada tahap ini. Melalui analisis secara komphrehensif diharapkan dapat memahami subtansimasalah dan menemukan saling keterkaitan antara aspek.Mengenali struktur-struktur kunci yang mempengaruhi situasi yang adaMenyusun pertanyaan-pertanyaan untuk membangun sebuah konteks - Pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan dalam analisis social, berusaha membuka tabir hal-hal; nilai, pandangan, keputusan dari para pelaku (aktor social) pada suatu situasi tertentu.Menyusun model-model, mengkaji-menguji relevansinyaFaktor-Faktor Penting yang perlu diperhatikan : 1. Tinjauan Historis (Sejarah) Berupa studi tentang perubahan-perubahan system social dalam kurun waktu tertentu 2. Tinjauan Struktural (Relevansi/Keterkaitan)
  4. 4. Menyajikan aspek tertentu, dari keseluruhan kerangka kerja sebuah system pada suatu momen waktu.  Struktur Sosial-Ekonomi  Struktur Sosial-Politik  Struktur Sosial-Budaya 1. Nilai-nilai Kunci (Power/Kekuatan) yang berada pada Struktural Masyarakat 2. Keberpihakan/Kepentingan (Aktor/orang2 yang memiliki power dlm masyarakat)  Rencana Tindak Lanjut (RTL)-Mengembangkan presepsiMenguji beberapa jawaban pada korelasi dan keabsahanMenggali masalah lain yang mungkin bisa munculSetelah di identifikasi berbagai aspek yang mempengaruhi atau terlibat dalam masalah,selanjutnya dikembangkan presepsi atas masalah sesuai cara pandang yang objektif. padatahap ini akan muncul beberapa kemungkinan implikasi konsekuensi dari objek masalah,serta pengembangan beberapa alternative sebagai kerangka tindak lanjut.  Menarik kesimpulanPada tahap ini telah diperoleh kesimpulan tentang; akar masalah, pihak mana yang terlibat,pihak yang diuntungkan dan dirugikan, akibat yang dimunculkan secara politik, sosial danekonomi serta paradigma tindakan yang bisa dilakukan untuk proses perubahan sosial.Peranan Ansos Dalam OrganisasiParadigma organisasi adalah kritis transformatif, artinya organisator (FOKMIM) dituntutpeka dan mampu membaca realitas sosial secara objektif (kritis), sekaligus terlibat aktifdalam aksi perubahan sosial (transformatif). Transformasi sosial yang dilakukan (FOKMIM)akan berjalan secara efektif jika kader FOKMIM memiliki kesadaran kritis dalam melihatrealitas sosial. Kesadaran kritis akan muncul apabila dilandasi dengan cara pandangan luasterhadap realitas sosial. Untuk dapat melakukan pembacaan sosial secara kritis, mutlakdiperlakukan kemampuan analisis sosial secara baik. Artinya, strategi organisasi denganparadigma kritis transformatif akan dapat terlaksana secara efektif apabila ditopang dengankematangan berfikir kritis dalam melakukan analisis sosial (ANSOS).Makassar 12 Januari 2011By Abdi

×