Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kbk 1

1,127 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Kbk 1

  1. 1. Nama Pengarang : Dr. Wina Sanjaya Judul Buku : Pembelajaran berbasis Kompetensi Penerbit : Prenada Media Group
  2. 2. BAB I <ul><li>ESENSI </li></ul><ul><li>Kompetensi merupakan pengetahuan keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direflesikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan indonesia diberlakukannya KBK dengan konsep pendekatan pembelajaran yang berbeda yaitu berbasis kompetensi dimana fokus program sekolah adalah para siswa serta apa yang akan dikerjakan oleh mereka dengan memperhatikan kecakapan pembelajaran kontekstual. </li></ul><ul><li>Rumusan kompetensi dalam kurikulum berbasis kompetensi merupakan pernyataan apa yang diharapkan siswa dalam tingkatan kelas dan sekolah dan sekaligus menggambarkan kemajuan siswa yang dicapai secara bertahap dan berkelanjutan untuk menjadi kompeten. </li></ul><ul><li>Kurikulum Berbasis Kompetensi memiliki ciri –ciri sebagai berikut : * Menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa baik secara </li></ul><ul><li> individu maupun kontekstual. * Berorientasi pada hasil belajar ( Learning Outcomes ) dan kebergaman * Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi. </li></ul>
  3. 3. BAB II PERAN GURU DALAM PROSES KBK Sebuah kurikulum tidak hanya sekedar instruksi pembelajaran yang disusun oleh pemerintah untuk diterapkan di sekolah masing-masing, kurikulum yang baik adalah yang memberi keleluasaan bagi sekolah untuk mengakomodasikan kebutuhan – kebutuhan khusus peserta didik sesuai tuntutan lingkungan masyarakatnya. Salah satu unsur terpenting dalam penerapan KBK sangat tergantung pada pemahaman Guru untuk menerapkan strategi pembelajaran kontekstual dalam kelas. Dalam kurikulum berbasis kompetensi guru dapat menggunakan strategi pembelajaran konyekstual dengan memperhatikan beberapa hal yaitu memberikan kegiatan bervariasi, keaktifan antar guru dan siswa, pembelajaran di masyarakat, menimbulkan jalinan kegiatan belajar di sekolah, rumah, dan lingkungan masyarakat diharapkan melalui pembelajaran, menimbulkan jalinan kegiatan belajar di sekolah, rumah, dan lingkungan masyarakat diharapkan melalui pembelajaran, Siswa menjadi lebih responsif dalam menggunakan pengetahuan dan keterampilan pada siswa sehingga memiliki motivasi tinggi untuk belajar.
  4. 4. BAB III KEMAMPUAN GURU DALAM PROSES KBK Penerapan KBK bukan tanpa kendala sama sekali beberapa kendalanya adalah : - Pengalaman Guru yang masih minim - Alat penunjang kegiatan belajar terbatas - Kemandirian lembaga dalam memformat KBK dalam proses jadwal belajar - Buku penunjang dan pernagkat administrasi lain yang harus disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa. Kemampuan yang perlu dikuasai guru untuk menciptakan pengelolaan KBK sebagai berikut : * Guru merancang dan mengelola KBM yang mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. * Guru menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam * Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan.
  5. 5. * Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan. * Guru memberikan siswa kesempatan kepada siswa untuk mengungkap gagasannya sendiri secara lisan atau tulisan. * Guru menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan kemampuan siswa. Beberapa strategis pengajaran yang dapat dikembangkan oleh guru dalam penerapan KBK adalah : 1. Pembelajaran berbasis masalah 2. Memanfaatkan Lingkungan siswa untuk memperoleh pengalaman belajar. 3. Memberikan aktivitas kelompok. 4. Membuat aktivitas belajar mandiri 5. Membuat aktivitas belajar, bekerjasama dengan masyarakat. 6. Menerapkan Penilaian autentik.
  6. 6. BAB IV <ul><li>REFLEKSI </li></ul><ul><li>Kurikulum Berbasis kompetensi perlu dikembangkan supaya dapat diterapkan secara efektif di dalam proses belajar, disini guru berperan dominan dalam pelaksanaan KBK agar siswa dapat memiliki kecakapan dan dapat menerapkan kegiatan belajar yang baru dan lebih menarik. </li></ul><ul><li>Pembaharuan di bidang kurikulum harus mampu mengubah kebiasaan guru yang selama ini cenderung menggunakan metode lama, diharapkan pemberlakuan kurikulum berbasis kompetensi ( KBK ) dapat mengubah pola KBM menuju KBM yang berorientasi pada siswa. </li></ul>
  7. 7. Nama : Gigin Candra Ginanjar Nim : Kelas : Pendidikan Ekonomi 2B

×