Surat al fil

8,283 views

Published on

  • Be the first to comment

Surat al fil

  1. 1. Surat Al - FilSurat ini terdiri atas 5 ayat, termasuk golongansurat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah suratAl Kaafirun. Nama Al Fiil diambil dari kata Al Fiilyang terdapat pada ayat pertama surat ini,artinya gajah. Surat Al Fiil mengemukakan ceritapasukan bergajah dari Yaman yang dipimpin olehAbrahah yang ingin meruntuhkan Ka’bah diMekah. Peristiwa ini terjadi pada tahun NabiMuhammad s.a.w. dilahirkan.
  2. 2. Surat Al -Fil
  3. 3. Surat Al - Fil
  4. 4. Ayat 1Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah
  5. 5. Ayat 2Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Kabah) itu sia-sia?
  6. 6. Ayat 3Dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong
  7. 7. Ayat 4Yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar
  8. 8. Ayat 5Lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat}
  9. 9. Arti dlm Bhs Inggris1. Hast thou not seen how thy Lord dealt with the owners of the Elephant?2. Did He not bring their stratagem to naught3. And send against them swarms of flying creatures4. Which pelted them with stones of baked clay5. And made them like green crops devoured ( by cattle )
  10. 10. Arti1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Kabah) itu sia-sia?3. Dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong4. Yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar5. Lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat}
  11. 11. Isi kandungan surat al-Fiil:• Pasukan gajah yang dipimpin oleh Raja Abrahah tidak berhasil merusak Ka’bah karena Ka’bah dilindungi oleh Allah SWT.• Allah akan menolong siapapun dan apapun dengan cara-Nya sendiri. Misalkan menolong Ka’bah dengan mengirimkan burung Ababil yang menyerang orang kafir dengan lemparan batu panas.• Orang kafir yang diserang oleh Allah menjadi hancur terbakar seperti daun yang dimakan ulat
  12. 12. Pesan moral:• Kita harus selalu memohon perlindungan Allah agar selamat.• Kita tidak boleh merusak apapun, apalagi merusak sesuatu yang disayangi Allah.
  13. 13. LATIHAN SOAL:1) Apa yang dilakukan Allah terhadap tentara gajah?2) Siapa pemimpin pasukan gajah yang menyerang Ka’bah?3) Mengapa pasukan gajah ingin menghancurkan Ka’bah?4) Siapa yang melindungi Ka’bah dari serangan tentara gajah?5) Bagaimanakah cara Allah menghancurkan pasukan gajah?6) Berapa ayatkah surat al-Fiil? Mengapa surat ini dinamakan Maqkkiyah?7) Apa yang dijelaskan oleh ayat ke-2?8) Jelaskan pesan moral dari surat al-Fiil!

×