Teknologi pertanian-di-era-bioteknologi2 ib01(1)

515 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
515
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
7
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Teknologi pertanian-di-era-bioteknologi2 ib01(1)

  1. 1. Kelompok 5 : Dani Gunawan Bachtiar Ramadhan 18412466 11412330
  2. 2. Pengertian Bioteknologi  Merupakan aplikasi untuk bidang industri yang dibuat dalam teknik dan instrumen dari penelitian biologis yang bertujuan untuk meningkatkan kegunaan tumbuhan dan hewan mikroorganisme untuk penggunaan yang spesifik (Encyclopedia Britannica, 2006).  Dari pengertian diatas terdapat beberapa poin penting pada bioteknologi, yaitu :  Aplikasi untuk industri.  Pendayagunaan penelitian makhluk hidup yang ada.  Penggunaan yang spesifik. biologis untuk mengembangkan
  3. 3. Pentingnya Bioteknologi  Bioteknologi akan menghasilkan luaran yang disebut GMO yang berguna untuk meningkatkan produktivitas pertanian.  Menurut WHO, fungsi dari GMO adalah sebagai berikut:  Meningkatkan produktivitas pangan.  Meningkatkan nilai nutrisi pangan.  Meningkatkan kesehatan manusia (konsumen).  Mengurangi penggunaan bahan kimia pada pertanian.  Meningkatkan pendapatan petani.  Mempertahankan keberlangsungan dan ketahanan pangan.
  4. 4. GMO  Merupakan singkatan dari Genetically Modified Organisms  Pengaplikasian dari GMO, lebih terarah pada on farm atau pra panen.  Contoh dari GMO ini adalah  Golden rice  Kedelai yang toleran pada herbicide  Padi resisten virus, dll
  5. 5. Permasalahan Pertanian di Indonesia  Minimnya Infrastruktur yang ada.  Kurangnya pemberdayaan petani.  Perkembangan posisi tawar petani yang kecil.  Hasil pertanian yang tidak diolah dan langsung dijual.
  6. 6. Pengertian dan Pentingnya Teknologi Pertanian  Teknologi yang dilakukan dalam menangani masalah pertanian baik pada waktu pra panen maupun pasca panen.  Teknologi pertanian berperan untuk :  Memaksimalkan kualitas hasil pertanian dengan jalan diolah terlebih dahulu.  Memberikan sarana atau peralatan yang efisien pada pra panen.  Mengatur sistem manajemen yang baik untuk hasil pertanian yang ada.
  7. 7. Hubungan Antara Teknologi Pertanian Dengan Bioteknologi  Bioteknologi berperan pada teknologi pertanian yaitu pada poin pertama peran teknologi pertanian.  Bioteknologi yang sering digunakan pada teknologi pertanian/ pangan adalah dengan menggunakan fermentasi.  Contoh produk berbasis bioteknologi :  Kecap (menggunakan Aspergillus wentii)  Tempe (menggunakan Rhizhopus oligosporus)  Yoghurt (menggunakan Lactobacillus bulgaricus)
  8. 8. Contoh pembuatan tempe

×