1100631021 j2 me

246 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
246
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
3
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

1100631021 j2 me

  1. 1. J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untukmeletakkan perangkat lunak Java pada barang elektonik besertaperangkat pendukungnya. J2ME membawa Java kedunia informasi,komunikasi, dan perangkat komputasi selain perangkat komputer desktopyang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop.J2ME biasa digunakan pada ponsel, peger, PDA dan sejenisnya.(M.Salahuddin, Rosa A.S, 2006:5).Menurut (Budi Raharjo 2007:3) J2ME merupakana kombinasi yangterbentuk antara sekumpulan interface Java yang sering disebut Java API(application Programming Interface) dengan JVM (Java Virtual Machine)yang didisain khusus untuk alat, yaitu JVM dengan ruang yang terbatas.Kombinasi tersebut kemudian digunakan untuk melakukan pembuatanaplikasi-aplikasi yang dapat berjalan diatas alat (dalam hal ini mobiledevice).Java2 Micro Edition atau J2ME merupakan salah satu teknologi dari Bahasa Pemograman Javayang memungkinkan pembuatan aplikasi-aplikasi Java bisa berjalan pada perangkat mobile/handponeatau PDA (Personal Digital Asistent) yang karakteristiknya berbeda dengan PC (personal computer),seperti kecilnya jumlah memory pada handphone dan PDA, serta keterbatasan interface dari perangkattersebut. J2ME juga merupakan lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkatlunak JAVA pada barang elektronik berserta perangkat pendukungnya. Pada J2ME, jika perangkat lunakberfungsi dengan baik pada sebuah perangkat maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkatyang lain. J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi yang lebihkecil dibandingkan dengan computer desktop. J2ME biasa digunakan pada telepon selular, pager, PDA,dan sejenisnya.Teknologi J2ME juga memiliki beberapa keterbatasan jika diaplikasikan pada ponsel. J2ME sangatbergantung pada device yang digunakan, bisa dari merk ponsel, maupun kemampuan ponsel, dandukungan terhadap teknologi J2ME. Misalnya, jika sebuah ponsel tidak memiliki kamera maka jelas J2MEpada ponsel tersebut tidak dapat mengakses kamera.Beberapa keterbatasan teknologi J2ME jika diaplikasikan pada ponsel antara lain: J2ME sangat tergantung pada perangkat (device) yang digunakan, bisa dari segi merek ponsel,maupun kemampuan ponsel dan dukungan terhadap J2ME. Ukuran aplikasi, memory ponsel yang terbatas.
  2. 2.  Sistem kemanan yang dibuat oleh ponsel yang tidak mengijinkan aplikasi J2ME menulis padaponsel tersebut.Salah satu teknologi yang dikembangkan untuk pemrograman aplikasi-aplikasi untuk perangkatmobile adalah WAP (Wireless Aplication Protocol), namun WAP hanya salah satu dari beberapa teknologinirkabel dan dalam perkembangannya, WAP kurang suskes di pasaran.Berawal dari hal tersebut, perusahaan Sun Microsistem mencoba untuk mengembangkanteknologi Java yang dapat dijalankan untuk pemrograman wireless. J2ME merupakan salah satu teknologiJava yang dikembangkan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi perangkat wireless. Seperti teknologi Javayang lain, J2ME terdiri atas beberapa komponen. Antara lain yaitu :a. Java Virtual Machine (JVM) =>> Komponen ini digunakan untuk menjalankan program-programJava pada emulator.b. Java API (Aplication Programing Interface) =>> Koponen ini merupakan kupulan library yangdigunakan untuk menjalankan dan mengembangkan program Java pada handphone.c. Tools =>> Komponen ini digunakan untuk pengembangan apliaksi Java, semacam emulator JavaPhone.Connected Limeted Device Configuration (CLDC)CLDC atau Connected Limited Device Cofiguration adalah perangkat dasar dari J2ME,spesifikasi dasar yang berupa library atau API yang diimplementasikan pada J2ME, seperti yangdigunakan pada telepon selular, pager, dan PDA. Perangkat tsb dibatasi dengan keterbatasanmemory, sumber daya, dan kemampuan memproses. Spesifikasi CLDC pada J2ME adalahspesifikasi minimal pada package, class, dan sebagian fungsi Java Virtual Machine yang dikurangiagar dpat diimplementasikan dengan keterbatasan sumber daya pada alat tersebut, JVM yangdigunakan adalah KVM (Kilobyte Virtual Machine).Spesifikasi CLDC memerlukan semua class untuk melewati proses verifikasi duatingkat. Verifikasi pertama dilaksanakan diluar perangkat sebelum instalasi pada perangkat.Verifikasi kedua terjadi pada perangkat selama runtime dan dilaksanakan oleh KVM.
  3. 3. Mobile Information Device Profile (MIDP)MIDP atau Mobile Information Device Profile adalah spesifikasi untuk sebuah profil J2ME.MIDP memilik lapisan diatas CLDC, API tambahan untuk daur hidup aplikasi, antar muka, jaringan,dan pemyimpanan persisten. Pada saat ini terdapat MIDP 1.0 dan MIDP 2.0. Fitur tambahan padaMIDP 2.0 dibandingkan MIDP 1.0 adalah API untuk multimedia. Pada MIDP 2.0 terdapatdukunagan memainkan tone, tone sequence, dan file WAV walaupun tanpa adanya Mobile MediaAPI (MMAPI).MIDletMIDlet adalah aplikasi yang ditulis untuk MIDP. Aplikasi MIDlet adalah bagian dari classjavax.microedition.midlet.MIDlet yang didefinisikan pada MIDP. MIDlet berupa sebuah classabstrak yang merupakan subclass dari bentuk dasar aplikasi sehingga antarmuka antara aplikasiJ2ME dan aplikasi manajemen pada perangkat bisa terbentuk.Daur Hidup MIDletMIDlet terdiri dari beberapa method yang harus ada, yaitu contructor(), protected voidstartApp() throws MIDletStateChangeException, protected void pauseApp(), protected voiddestroyApp (Boolean unconditional) throwsMIDletStateChangeException.Ketika MIDlet dijalankan maka akan diinisialisasi dengan kondisi pause dan dijalankanpauseApp(), kondisi berikutnya adalah fungsi MIDlet dijalankan, yaitu pada startApp(). Metodeyang ada tersebut diimplementasikan sebagai protected, hal ini dimaksudkan agar MIDlet laintidak dapat memanggil method tersebut. Pada saat pemakai keluar dari MIDlet, maka methoddestroyApp() akan dijalankan sebelum MIDlet benar-benar tidak berjalan lagi. MethodnotifyDestroyed() akan dipanggil sebelum MIDlet benar-benar tidak berjalan lagi, DestroyApp()akan memanggil notifyDestroyed(), dan notifyDestroyed() akan memberi tahu platform untukmenterminasi MIDlet dan membersihkan semua sumber daya yang mengacu pada MIDlet.J2ME Wireless ToolkitJ2ME Wireless Toolkit adalah perkakas yang menyediakan lingkungan emulator,dokumentasi beserta contoh-contoh aplikasi JAVA untuk perangkat kecil. J2ME WTK berbasiskanpada CLDC dan MIDP. J2ME WTK adalah program yang meniru kerja ponsel yang mendukungMIDP atau yang disebut emulator. Oleh karena itu, belum tentu MIDlet yang berjalan di emulator
  4. 4. juga berjalan pada ponsel yang sebenarnya, karena juga bergantung pada kemampuan dankapasitas ponsel yang digunakan.J2ME adalah bagian dari J2SE, karena itu tidak semua library yang ada pada J2SE dapat digunakanpada J2ME, tetapi J2ME mempunyai beberapa library khusus yang tidak J2SE.Java Platform Micro Edition atau Java ME, adalah salah satu platform java yang dirancang untukaplikasi mobile dan sistem tertanam ( lebih enak nyebutnya embedded system). Level Java ME digunakanuntuk merancang perangkat lunak handphone dan PDA. Java ME ini lebih dikenal juga dengan nama Java2 Platform, Micro Edition atau J2ME. Java ME dirancang oleh Sun Microsystem dan sekarang dimiliki olehperusahaan Oracle Corporation.Java Platform, Enterprise Edition atau Java EE merupakan standar untuk mengembangkan aplikasiskala besar / enterprise. J2EE banyak digunakan sebagai platform untuk pemrograman di sisi server.Java Platform Standard Edition atau J2SE banyak digunakan sebagai platform untuk pemrogramandalam bahasa Java. Platform ini digunakan untuk mendeploy sebuah aplikasi. Java SE terdiri dari virtualmachine yang digunakan untuk menjalankan program java bersama-sama dengan library atau paket.Perbedaan dengan J2EE adalah bahwa J2SE menambahkan library yang berfungsi untukmendeploy program java agar berjalan pada aplikasi server.Dengan keluarnya versi platform Java telah dipilah-pilah menjadi beberapa edisi :The Standard Edition(J2SE), Enterprise Edition(J2EE), Mobile Edition(J2ME), dan JavaCard API.J2SE – Java 2 Platform, Standart Edition Aplikasi DekstopJ2EE – Java 2 Platform, Enterprise Edition Aplikasi enterprise dengan focus padapengembangan sisi webserver, termasukservlet, JSP, dan XMLJ2ME – Java 2 Platform, Micro Edition Perangkat MobileJavaCard Smart Cards
  5. 5. Berikut merupakan contoh program sederhana yang menggunakan J2ME. FORM DAN TICKER.Apabila sedang menyaksikan tayangan pada televisi akan sering terlihat berita pada bagian bawahlayar yang berupa tulisan berjalan. Atau pada acara yang berhubungan dengan bursa efek akan bisadilihat juga berupa tulisan berjalan yang memberikan informasi mengenai keadaan saham pada saatitu. Untuk membuat “tayangan” seperti itu pada layar ponsel dapat digunakan class Ticker.Class Ticker tampak seperti animasi teks berjalan terus menerus dari kanan ke kiri. Untukmenampilkan obyek Ticker yang telah dibuat, kita perlu memanggil method setTicker() yangdidefinisikan pada class Displayable. Ini artinya, method tersebut dapat kita panggil dari obyekturunan dari kelas Screen maupun Canvas.Pada modul ini akan mengeksplorasi ticker. Disini akan membuat obyek Ticker danmengkaitkannya dengan obyek Form.Berikut source code yang perlu kita ketikkanimport javax.microedition.midlet.*;import javax.microedition.lcdui.*;public class MIDTicker extends MIDlet implements CommandListener {private Form form;private Display display;private Ticker ticker;private Command cmdKeluar;public MIDTicker() {cmdKeluar = new Command("Keluar", Command.EXIT, 1);ticker = new Ticker("Saham TELKOM naik 10 point");form = new Form("Ticker");form.setTicker(ticker);form.addCommand(cmdKeluar);form.setCommandListener(this);}public void startApp() {display = Display.getDisplay(this);display.setCurrent(form);}public void pauseApp() {}public void destroyApp(boolean unconditional) {}public void commandAction(Command c, Displayable d) {if (c == cmdKeluar) {destroyApp(false);notifyDestroyed();}}}import javax.microedition.midlet.*;import javax.microedition.lcdui.*;public class MIDTicker extends MIDlet implements CommandListener {private Form form;private Display display;private Ticker ticker;private Command cmdKeluar;
  6. 6. Berikut keterangan kode program di atas:Untuk membuat objek ticker digunakan baris berikut :ticker = new Ticker("Ini text berjalan yang akan ditampilan pada layar ");Sedangkan untuk menambahkan objek ticker pada form digunakan method setTicker(objekTicker),seperti di bawah ini :form.setTicker(ticker);Berbeda pada ponsel lainnya, pada Siemens, teks dari objek ticker menempati baris sama dengan titledari form. Selain itu, teks pada objek ticker hanya berjalan setelah layar saja. SETTING TEKS PADA TICKERPada class Ticker terdapat dua method yaitu getString() dan setString(String str). Berikutadalah contoh untuk aplikasi yang memberikan fasilitas bagi user untuk mengubah teks yangditampilkan oleh objek ticker. Berikut adalah contoh dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini dapatmemodifikasi aplikasi ticker sebelumnya.Berikut source code yang perlu diketikkan.
  7. 7. Aplikasi ini merupakan hasil modifikasi dari MIDTickerLanjut.java. Objek yang ditambahkanadalah objek textField yang akan digunakan oleh user untuk memasukkan teks yang akan digunakan olehobjek ticker. Pada konstruktor hanya dilakukan pembuatan objek ticker dan belum ditambahkan padaobjek form. Setelah “tombol” Ticker ditekan baru objek ticker ditambahkan pada form dengan barisseperti berikut ini:if (c == cmdTicker) { form.setTicker(ticker); ticker.setString(textField.getString()); }Untuk menampilkan teks yang diisikan user pada textField digunakan baris berikut:ticker.setString(textField.getString());import javax.microedition.midlet.*;import javax.microedition.lcdui.*;public class MIDTickerLanjut extends MIDlet implements CommandListener {private Form form;private Display display;private Ticker ticker;private Command cmdKeluar;private Command cmdTicker;private TextField textField;public MIDTickerLanjut() {cmdKeluar = new Command("Keluar", Command.EXIT, 1);cmdTicker = new Command("Set Ticker", Command.SCREEN, 2);textField = new TextField("Teks : ", "", 50, TextField.ANY);ticker = new Ticker("");form = new Form("Ticker");form.append(textField);form.addCommand(cmdKeluar);form.addCommand(cmdTicker);form.setCommandListener(this);}public void startApp() {display = Display.getDisplay(this);display.setCurrent(form);}public void pauseApp() {}public void destroyApp(boolean unconditional) {}public void commandAction(Command c, Displayable d) {if (c == cmdKeluar) {destroyApp(false);notifyDestroyed();}if (c == cmdTicker) {form.setTicker(ticker);ticker.setString(textField.getString());}}}
  8. 8. Daftar Pustaka:Jeni-j2me-bab01-pengembangan-aplikasi-mobile.pdfhttp://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/pengertian-j2me/http://infoini.com/2011/pengertian-j2me-java-2-micro-edition.htmlhttp://www.andisun.com/tutorials/j2me-programming/j2me-form-dan-tickerhttp://www.en.wikipedia.org.Diresum oleh :Lailatul Mutmainnah©1100631021 MI/A

×