Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bab v baru

170 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Bab v baru

  1. 1. BAB V PENUTUP5.1 Kesimpulan Satu bulan, terhitung dari tanggal 11 juni 2012 sampai dengan 13 Juli2012 adalah waktu yang cukup memberikan kami banyak pengalaman danpelajaran yang berharga ketika kami melaksanakan kegiatan KKN/Magang diBagian Organisasi Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Malang. Banyak halyang kita peroleh, yang sebelumnya menjadi wacana dan teori yang kami pelajaridi kampus dan organisasi. Kami dapat melihat, memperhatikan, mempelajari, danmempraktekkan secara langsung seperti apa sebenarnya dunia kerja itu. Menjadisedikit peka dengan permasalahan-permasalahan yang terjadi di BagianOrganisasi Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Malang. Dan secara tidaklangsung kami bisa mencari sedikit solusi terhadap permasalahan yang ada daribeberapa pengetahuan yang sudah kami peroleh di kampus. Jadi, apa yang kitaperoleh di tempat magang terhadap tujuan dan rencana kegiatan KKN/Magangyang telah diwacanakan, menurut kami sudah mencapai titik sempurna. Ditempat magang kami, di Bagian Organisasi Sekretariat DaerahPemerintah Kabupaten Malang terdapat tiga sub bagian dengan tugas danperangkatnya masing - masing, yakni Sub Bagian Kelembagaan, Sub BagianKetatalaksanaan, dan Sub Bagian Sumber Daya Aparatur. Masing-masing tugaspokoknya yaitu 1) Sub Bagian Kelembagaan memiliki tugas mengumpulkan datayang diperlukan untuk penyempurnaan, pemantapan dan pengembanganOrganisasi Satuan Kerja di Lingkungan Pemerintah Daerah. 2) Sub Bagian
  2. 2. Ketatalaksanaan memiliki tugas memberikan bantuan teknis Ketatalaksanaankepada seluruh perangkat daerah untuk kelancaran penyelenggaraan tugaspokoknya sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku 3). SubBagian Sumber Daya Aparatur memiliki tugas mengumpulkan dan mengolahbahan untuk pelaksanaan dan pemanfaatan hasil Analisis dan Formasi Jabatan.Disamping tugas pokok tersebut, masih banyak lagi tugas-tugas dan fungsi darimasing-masing sub bagian yang terdapat di Bagian Organisasi Sekretariat DaerahPemerintah Kabupaten Malang. Dari tiga sub bagian yang terdapat pada BagianOrganisasi Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Malang tersebut kamibertiga ditempatkan di Sub Bagian Sumber Daya Aparatur. Dari bagian tersebutapabila disesuaikan dengan tugas pokoknya sudah dilakukan sebaik-baiknyasesuai dengan kemampuan mereka. Namun ada beberapa kekurangan yangmenurut kami perlu dibenahi lagi agar bisa semakin optimal.1) Dari hasil analisis diketahui hambatan pengelolaan administrasi yang terjadi di Bagian Organisasi Sekretariat Daerah sebagai berikut : - Surat dan dokumentasi masih bercampur dan tidak teratur dari berbagai sumber yang berbeda. - Surat dan dokumentasi yang dipinjam namun akhirnya terselip dan hilang, sehingga harus dicari dari arsip bagian lain. - Banyaknya surat dan kegiatan yang sudah selesai, namun tidak segera direkap, maka pada saat dibutuhkan mengalami kesulitan dalam mencari data-data tersebut/yang diperlukan. - Tempat/lemari arsip yang juga terbatas sampai tidak mampu menampung arsip yang ada.
  3. 3. 2) Manfaat yang diperoleh dengan pengelolaan surat dan dokumentasi kegiatan yang baik yaitu : - Lebih mudah, lengkap dan cepat menemukan data yang di cari. - Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat semakin baik karena data yang dicarikan segera tersaji. - Sebagai pedoman/acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang serupa diwaktu mendatang. - Ruangan kerja yang nyaman, rapi dan teratur. - Semakin meningkatkan etos dan prestasi kerja pegawai. - Pegawai lebih cepat dalam mengupdate data–data. - Keakuratan data semakin terjaga dan dapat dipertanggung jawabkan. - Semakin menunjang dalam kegiatan lainnya.5.2 Saran 1) Pengelolaan data surat dan dokumentasi kegiatan sebaiknya dilakukan secara teratur, seperti memilah-milah dan mengelompokan sesuai jenis serta bulan pelaksanaannya, misalnya pada pengeloalaan surat, dokumentasi dan arsip , penginputan data ke komputer serta rekap bulanan agar kegiatan–kegiatan berikutnya dapat berjalan baik dan lancar. 2) Surat dan dokumentasi dicatat manual pada buku register surat secara berurutan berdasar nomor dan waktu pelaksanaan, kemudian diarsipkan dan disimpan. Data di input ke komputer kemudian di print-out dan diteliti sekali lagi dengan buku register bulanan, sebelum di ajukan ke kepala seksi sebagai laporan bulanan.
  4. 4. 3) Perlu dilakukan pendataan surat secara berkala agar pada saat laporan kegiatan dibutuhkan, dapat memudahkan dalam pencariannya.4) Melakukan pemusnahan berkala terhadap arsip-arsip yang sudah kadaluarsa.

×