Unsur golongan IA IIA IIIA

28,701 views

Published on

1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
28,701
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
498
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Unsur golongan IA IIA IIIA

  1. 1. UNSUR PERIODE IA (ALKALI)  3Li (litium)  11Na (Natrium)  19K (Kalium)  19 Rb (Rubidium)  55Cs (Cesium)  87Fr (Fransium)
  2. 2. SIFAT FISIK UNSUR LOGAM ALKALI  Kereaktifan logam alkali bertambah dengan bertambahnya jari-jari atom.  Titik cair dan titik didih dari atas ke bawah makin kecil.  Massa jenis logam alkali dari atas ke bawah makin besar  Keelektronegatifan logam alkali dari atas ke bawah semakin kecil..
  3. 3. REAKSI LOGAM ALKALI  Reaksi dengan air menghasilkan basa dan gas hidrogen.  Reaksi dengan hidrogen membentuk senyawa hidrida.  Reasi dengan oksigen dapat membentuk oksida,peroksida,superoksida.  Reaksi dengan halogen menghasilkan garam halida.
  4. 4. INFO SI CHIMIE  Sesium ditemukan pada tahun 1860 oleh ROBERT BUNSEN dan GUSTAO KIRCHOFF.  Natrium disimpan dalam cairan inert agar tidak dapat bereaksi dengan oksigen dari atmosfer dan uap air.
  5. 5. WARNA NYALA UNSUR ALKALI UNSUR WARNA NYALA Litium Merah karmin Natrium Kuning Kalium Ungu Rubidium Merah Sesium Biru
  6. 6. PEMBUATAN LOGAM ALKALI  Pembuatan logam alkali pada umumnya dilakukan dengan elektrolisis lelehan garam kloridanya,bukan dengan elektrolisis larutan garam kloridanya.  Reaksi elektrolisis lelehan NaCl: NaCl Na+ + Cl- Katode(Fe):Na+ + e Na. Anoda (Fe):2Cl- Cl2 + 2e
  7. 7. UNSUR PERIODE IIA (ALKALI TANAH)  4Be (Berilium)  12Mg (Magnesium)  20Ca (Kalsium)  38Sr (Strontium)  56Ba (Barium)  88Ra (Radium)
  8. 8. SIFAT FISIK LOGAM ALKALI TANAH  Dalam satu golongan dari atas ke bawah ,jari-jari atom bertambah besar sehingga energi ionisasi dan keelektronegatifan berkurang.  Titik cair dan titik didih logam akali tanah dari atas ke bawah cenderung menurun.  Dari berilium ke barium sifat basanya semakin bertambah.  Potensial reduksi standar logam alkali tanah dari atas ke bawah semakin berkurang sehingga sifat reduktornya semakin bertamba
  9. 9. REAKSI LOGAM ALKALI TANAH DENGAN UNSUR LAIN  Reaaksi dengan hidrogen. Membentuk senyawa hidrogen.  Reaksi dengan halogen. Menghasilkan garan halida.  Reaksi dengan belerang. Menghasilkan senyawa sulfida  Reaksi dengan asam dan basa. Menghasilkan garam dan gas hidrogen.
  10. 10. WARNA NYALA UNSUR-UNSUR ALKALI TANAH UNSUR WARNA NYALA Berilium Putih Magnesium Putih Kalsium Jingga-merah Strontium Merah tua Barium Hijau
  11. 11. PEMBUATAN LOGAM ALKALI TANAH  Seperti halnya Hal ini karena logam alkali,logam alkali tanah juga tidak bisa dibuat dengan elektrolisis larutan garamnya.Hal ini karena potensial elektroda yang besar dan negatif.Namun,untuk unsur berilium karena potensial elektrodanya agak kecil(-1,70 v),dapat dibuat dari elektrolisisgaream fluoridanya dengan pereduksi magnesium.Untuk unsur magnesium ,kalsium,strontium,dan barium dibuat dengan elektrolisis lelehan garam kloridanya.
  12. 12. INFO SI CHeMist  Kalsium pertama kali diisolasi sebagai logam bebas pada tahun 1808 oleh Humphry Duvy.Nama kalsium diturunkan dari kata latin calk,yang berarti kapur.
  13. 13. UNSUR PERIODE IIIA  5Be (Boron)  13Al (Aluminium)  31Ga (Galium)  49In (Indium)  81Ti (Talium)

×