Successfully reported this slideshow.

More Related Content

Related Books

Free with a 14 day trial from Scribd

See all

Related Audiobooks

Free with a 14 day trial from Scribd

See all

Kehidupan politik pada masa demokrasi terpimpin

  1. 1. SMP NEGERI 3 PURBALINGGA
  2. 2. PEMBIMBING : NURUL DINI HARDIANI, S.Pd., M.SI
  3. 3. PERKENALAN • Kami dari Kelompok 8 • Dengan nama anggota : 1. Alya Rizqi .S. (05) 2. Anis Nur .R. (06) 3. Jozetta Amaril A.R (17) 4. Nadia Elsamia .Y. (21)
  4. 4. 1. Kondisi Politik Dalam Negeri pada Masa Demokrasi terpimpin Demokrasi Terpimpin yang menggantikan sistem Demokrasi Liberal, berlaku tahun 1959-1965. Pada masa Demokrasi ini kekuasaan Presiden sangat besar sehingga cenderung ke arah otoriter. Akibatnya sering terjadi penyimpangan terhadap UUD 1945.
  5. 5. • Beberapa penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD 1945 semasa Demokrasi Terpimpin : a. Pembentukan MPRS melalui Penetapan Presiden No. 2/1959 b. Anggota MPRS ditunjuk dan diangkat oleh presiden c. Presiden membubarkan DPR hasil pemilu 1955 d. GBHN yang bersumber pada pidato Presiden tanggal 17 Agustus 1959 yang berjudul “Penemuan Kembali Revolusi Kita” ditetapkan oleh DPA bukan oleh MPRS e. Pengangkatan presiden seumur hidup.
  6. 6. 2. Politik Luar Negeri Masa Demokrasi Terpimpin Politik luar negeri pada masa Demokrasi Terpimpin Lebih condong pada blok timur.
  7. 7. a. Oldefo dan Nefo Oldefo yaitu dunia lama yang sudah mapan ekonominya, khusunya negara-negara Barat yang Kapitalis. Nefo yaitu negara-negara baru. Indonesia Menjauh dari negara kapitali (blok oldefo) dan menjalin kerja sama dengan negara komunis (blok Nefo). Hal ini terlihat dengan terbentuknya Poros Jakarta-Peking (Indonesia-Cina) dan Poros Jakarta Pnom Penh-Hanoi-Peking-Pyongyang(Indonesia Kamboja-Vietnam Utara-Cina-Korea Utara)
  8. 8. b. Konfrontasi dengan Malaysia Tahun 1961 muncul rencan pembentukan negara Federasi Malaysia yg terdiri dari Pesekutuan Tanah Melayu, Singapura, Serawak,Brunei, dan Sabah. Rencana tersebut ditentang oleh Presiden Soekarno karena dianggap sebagai proyek neokolonialisme dan dapat membahayakan revolusi Indonesia.
  9. 9. Tanggal 9 Juli 1963 Perdana Menteri Tengku Abdul Rahman menandatangani dokumen tentang pembentukan Federasi Malaysia. Kemudian tanggal 16 September 1963 Pemerintah Malaysia memproklamasikan berdirinya Federasi Malaysia
  10. 10. Perhebatan ketahanan revolusi Indonesia, dan Bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Serawak, Sabah, dan Brunei untuk bantu perjuangan memerdekakan diri dan mengagalkan negara boneka Malaysia. 17 September 1963 Hubungan diplomatik antara dua negara putus.
  11. 11. Ditengah situasi konflik Indonesia-Malaysia, Malaysia dicalonkan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Masalah ini mendapat reaksi keras dari Presiden Soekarno. Namun akhirnya Malaysia tetap terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Terpilihnya Malaysia tersebut mendorong Indonesia keluar dari PBB. Secara resmi Indonesia keluar dari PBB pada tanggal 7 Januari 1965.

×