Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas5_1300631010

112 views

Published on

tugas pemrograman framework "membuat crud di yii framework dengan gii"

Published in: Engineering
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tugas5_1300631010

  1. 1. TOPIK KHUSUS PEMROGRAMAN FRAMEWORK FAIQ ZAIN FATHUR RIZAL 1 PEMROGRAMAN FRAMEWORK TUGAS 5 MEMBUAT CRUD DI YII FRAMEWORK MENGGUNAKAN GII Disusun oleh: (Faiq Zain Fathur Rizal) (1300631010) PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER 2015
  2. 2. TOPIK KHUSUS PEMROGRAMAN FRAMEWORK FAIQ ZAIN FATHUR RIZAL 2 I. Tujuan: 1. Mengetahui kebutuhan dalam membuat aplikasi dengan framework yii 2. Mengetahui cara membuat crud di Yii Framework dengan gii II. Persiapan Sebelum membuat crud berikut ini yang harus dipersiapkan: 1. Jalankan service Apache dan MySQL melalui xampp-control III. Langkah-Langkah Membuat Crud di Yii Framework dengan gii 1. Sebelum membuat crud, buatlah database dan tabel dengan nama “mata_kuliah”. Dengan table seperti gambar dibawah. 2. Setelah itu buatlah project dengan nama “matakuliah” melalui cmd. Pertama ketiklah perintah pada Command Promt, dengan kata perintah cd C:xamppphp
  3. 3. TOPIK KHUSUS PEMROGRAMAN FRAMEWORK FAIQ ZAIN FATHUR RIZAL 3 php.exe c:xampphtdocsyiiframeworkyiic webapp c:xampphtdocsbelajaryii Jika terdapat konfirmasi untuk membuat web aplikasi dengan nama belajar yii, maka ketikkan yes kemudian tekan enter, maka akan ada proses instalasi.
  4. 4. TOPIK KHUSUS PEMROGRAMAN FRAMEWORK FAIQ ZAIN FATHUR RIZAL 4 3. Sebelum membuat crud ubahlah program yang terdapat di dalam project matakuliah. Pertama buka C:xampphtdocsmatakuliahprotectedconfigmain.php Ubahlah baris program berikut atau bukalah komentar gii Menjadi : Kedua buka C:xampphtdocsmatakuliahprotectedconfigdatabase.php Ubahlah baris program database berikut:
  5. 5. TOPIK KHUSUS PEMROGRAMAN FRAMEWORK FAIQ ZAIN FATHUR RIZAL 5 Menjadi: 4. Berikutnya akses http://localhost/matakuliah/index.php?r=gii/default/login maka pada browser akan tampil login seperti di bawah ini. Setelah muncul tampilan login seperti di atas, masukkan password yang telah di ubah/ masukkan password : riezal211, dan klik Enter.
  6. 6. TOPIK KHUSUS PEMROGRAMAN FRAMEWORK FAIQ ZAIN FATHUR RIZAL 6 5. Kemudian langkah selanjutnya adalah membuat class model. Klik Model Generator dan isi Table Prefix, Table Name, dan Model Class dengan nama mata_kuliah. Dan klik preview. 6. Setelah muncul seperti gambar di atas, klik generate Pada gambar di atas terdapat pemberitahuan “The code has been generated successfully” yaitu code tersebut sukses di generate.
  7. 7. TOPIK KHUSUS PEMROGRAMAN FRAMEWORK FAIQ ZAIN FATHUR RIZAL 7 7. Dan langkah selanjutnya adalah membuat crud, yaitu dengan cara : klik Crud Generator, isi Model Class & Controller ID dengan mata_kuliah, dan klik preview. 8. Setelah muncul pemberitahuan maka crud yang yang telah kita buat telah berhasil, dan langkah selanjutnya klik try it, maka akan muncul tampilan seperti berikut.
  8. 8. TOPIK KHUSUS PEMROGRAMAN FRAMEWORK FAIQ ZAIN FATHUR RIZAL 8 9. Langkah berikutnya klik create mata_kuliah Untuk menyimpannya klik create, maka akan tersimpan otomatis data yang telah kita masukkan. 10. Untuk mengubah data yang telah tersimpan, kita bisa menggunakan Manage mata_kuliah, dan bisa juga untuk delete. Kesimpulan. Crud adalah Create, Read, Update, Delete (CRUD) dan Gii adalah salah satu fitur Yii framework untuk membuat model, calas dan controller dari tabel-tabel yang ada pada database. Dengan menggunakan crud ini, sangatlah membantu kita untuk melakukan simpan, delete, update, dan mengelola data pada database.

×