LESSON DESIGN
Kelas
: VII
Waktu
: 1 x 40 menit
Guru
: Kelompok I SMP
1. Materi : Perkalian Pecahan
2. Tujuan : Siswa dapat...
LESSON DESIGN
Kelas
: VII
Waktu
: 1 x 40 menit
Guru
: Kelompok I SMP
1. Materi : Perkalian Pecahan
2. Tujuan : Siswa dapat...
LESSON DESIGN
Kelas
: VII
Waktu
: 1 x 40 menit
Guru
: Kelompok I SMP
1. Materi : Perkalian Pecahan
2. Tujuan : Siswa dapat...
LESSON DESIGN
Kelas
Waktu
Guru

: VII
: 1 x 40 menit
: Kelompok I SMP

1. Materi : Perkalian Pecahan
2. Tujuan : Siswa dap...
LESSON DESIGN
Kelas
Waktu
Guru

: VII
: 1 x 40 menit
: Kelompok I SMP

1. Materi : Pembagian Pecahan
2. Tujuan : Siswa dap...
LESSON DESIGN
Kelas
Waktu
Guru

: VII
: 1 x 40 menit
: Kelompok I SMP

1. Materi : Pembagian Pecahan
2. Tujuan : Siswa dap...
LESSON DESIGN
Kelas
Waktu
Guru

: VII
: 1 x 40 menit
: Kelompok I SMP

1. Materi : Pembagian Pecahan
2. Tujuan : Siswa dap...
LESSON DESIGN
Kelas
Waktu
Guru

: VII
: 1 x 40 menit
: Kelompok I SMP

1. Materi : Pembagian Pecahan
2. Tujuan : Siswa dap...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Lesson design perkalian

983 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
983
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
36
Actions
Shares
0
Downloads
16
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Lesson design perkalian

  1. 1. LESSON DESIGN Kelas : VII Waktu : 1 x 40 menit Guru : Kelompok I SMP 1. Materi : Perkalian Pecahan 2. Tujuan : Siswa dapat menemukan cara menentukan hasil perkalian bilangan asli yang dikalikan dengan pecahan. 3. Langkah-langkah Pembelajaran: Kegiatan Siswa Permasalahan bilangan asli yang dikalikan dengan pecahan ada dalam kehidupan nyata sehari-hari dengan contoh-contoh sebagai berikut. 1. Setiap peserta didik memerlukan meter pita untuk membuat kerajinan bunga. Berapa meter pita yang diperlukan bila ada 3 peserta didik? 2. Setiap peserta didik memerlukan meter pita untuk membuat tali kado. Berapa meter pita yang diperlukan oleh 3 peserta didik untuk membuat tali kado? 3. Setiap anak makan roti (bagian dari roti). Berapa bagian roti yang dimakan untuk 3 anak? Bantuan/Perhatian Guru Menyediakan kertas, pita, tali,roti. Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. Mengulang materi penjumlahan pecahan yang berpenyebut sama, dan konsep perkalian yang merupakan penjumlahan berulang Guru membagikan lembar kerja untuk semua peserta didik yang berisi permasalahanpermasalahan seperti di atas untuk dibahas secara kelompok dan dilanjutkan secara klasikal. Bagaimana kalimat matematika dari soal cerita? Membuat kesimpulan hasil dari pola yang terjadi: 1. + 2. 3. + = 3x = = atau 3 x = = + + =3x = = atau 3 x = = + + = 3x = = atau 3 x = = Memberikan LK (lembar kerja) untuk dikerjakan secara mandiri dan lembar tugas (LT) atau soal-soal pada buku paket sebagai pekerjaan rumah (PR).
  2. 2. LESSON DESIGN Kelas : VII Waktu : 1 x 40 menit Guru : Kelompok I SMP 1. Materi : Perkalian Pecahan 2. Tujuan : Siswa dapat menemukan cara menentukan hasil perkalian pecahan dengan bilangan asli 3. Langkah-langkah Pembelajaran: Kegiatan Siswa Bantuan/Perhatian Guru Permasalahan perkalian pecahan dengan bilangan asli ada dalam kehidupan sehari-hari dengan contoh-contoh sebagai berikut. 1. Dita mempunyai pita yang panjangnya 3 meter, dan bagian dari pita tersebut akan dibuat bunga. Berapa meter pita yang dibuat bunga? 2. Dinda mempunyai tali yang panjangnya 5 meter, dan bagian dari tali tersebut akan dipakai untuk mengikat kardus. Berapa meter panjang tali yang digunakan untuk mengikat kardus? 3. Luas tanah pekarangan Dhika adalah 200 m2, dan bagian dari tanah tersebut akan dibangun rumah. Berapa m2 luas bangunan rumah Dhika? 4. Luas kebun Dhiar yang berbentuk persegi panjang adalah 500 m2, dan bagiannya akan ditanami cabe. Berapa luas kebun Dhiar yang ditanami cabe? Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. Guru membagikan lembar kerja untuk semua peserta didik yang berisi permasalahanpermasalahan seperti di atas untuk dibahas secara kelompok dan dilanjutkan secara klasikal. Mengulang materi prasyarat yaitu meliputi bilangan asli yang dikalikan dengan pecahan. Adapun sebaliknya cukup dengan menggunakan sifat komutatif perkalian pecahan. Materi prasyarat lain adalah pecahan senilai dan pecahan campuran. Bagaimana kalimat matematika dari soal cerita? Membuat kesimpulan hasil dari pola yang terjadi: (1) x 3 = 2 sedangkan = =2 jadi x3= (2) x 5 = 3 sedangkan = jadi x5= (3) x 500 = 200 sedangkan =3 = =2 jadi x 500 = Memberikan LK (lembar kerja) untuk dikerjakan secara mandiri dan lembar tugas (LT) atau soal-soal pada buku paket sebagai pekerjaan rumah (PR).
  3. 3. LESSON DESIGN Kelas : VII Waktu : 1 x 40 menit Guru : Kelompok I SMP 1. Materi : Perkalian Pecahan 2. Tujuan : Siswa dapat menemukan cara menentukan hasil perkalian pecahan dengan pecahan. 3. Langkah-langkah Pembelajaran: Kegiatan Siswa Bantuan/Perhatian Guru Permasalahan pecahan yang dikalikan dengan pecahan ada dalam kehidupan nyata sehari-hari dengan contoh-contoh sebagai berikut. 1. Ibu mempunyai bagian dari kue cake. Jika ibu menghidangkan nya untuk tamu, maka berapa bagian yang ibu hidangkan tersebut? 2. Kakak mempunyai coklat batangan dan akan diberikan kepada adik bagian. Berapa bagian yang diberikan adik? 3. Setiap botol kecap membutuhkan kg kedelai. Jika kakak ingin membuat botol kecap maka kedelai yang dibutuhkan … kg. Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. Guru membagikan lembar kerja untuk semua peserta didik yang berisi permasalahanpermasalahan seperti di atas untuk dibahas secara kelompok dan dilanjutkan secara klasikal. Mengulang materi yaitu meliputi bilangan asli yang dikalikan dengan pecahan; pecahan yang dikalikan dengan bilangan asli; pecahan senilai; dan pecahan campuran. Membantu kelompok saat berdiskusi maupun presentasi hasil. Bagaimana kalimat matematika dari soal cerita? Membuat kesimpulan hasil dari pola yang terjadi: (1). x = sedangkan = (2). x = sedangkan = = jadi x = jadi x = Memberikan LK (lembar kerja) untuk dikerjakan secara mandiri dan lembar tugas (LT) atau soal-soal pada buku paket sebagai pekerjaan rumah (PR).
  4. 4. LESSON DESIGN Kelas Waktu Guru : VII : 1 x 40 menit : Kelompok I SMP 1. Materi : Perkalian Pecahan 2. Tujuan : Siswa dapat menemukan cara menentukan hasil perkalian bilangan asli dikalikan pecahan campuran dan kebalikannya. 3. Langkah-langkah Pembelajaran: Kegiatan Siswa Bantuan/Perhatian Guru Permasalahan bilangan asli yang dikalikan dengan pecahan campuran ada dalam kehidupan nyata sehari-hari dengan contohcontoh sebagai berikut. 1. Ibu ingin membuat 2 loyang kue coklat. Masing-masing kue memerlukan 1 ons coklat bubuk. Berapa ons coklat yang dibutuhkan ibu? 2. Setiap gulung tali terdiri dari 2 m. Ayah membeli 3 gulung tali yang akan digunakan untuk menjemur pakaian. Berapa meter tali yang dibeli ayah? Menyiapkan gambargambar sederhana sebagai pengganti dari benda konkrit untuk diskusi kelas. Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. Mengulang materi prasyarat yaitu meliputi konsep perkalian, bilangan asli yang dikalikan dengan pecahan; pecahan senilai; dan pecahan campuran. Bagaimana kalimat matematika dari soal cerita? Guru membagikan lembar kerja untuk semua peserta didik yang berisi permasalahanpermasalahan seperti di atas untuk dibahas secara kelompok dan dilanjutkan secara klasikal. Membantu kelompok saat berdiskusi maupun presentasi hasil. Membuat kesimpulan hasil dari pola yang terjadi: (1). 1 + 1 = + = = = 3 atau 2 x 1 = 2 x = (2). 2 + 2 + 2 = + + = = = =2 = 7 atau 3 x 2 = 3 x = = =7 Memberikan LK (lembar kerja) untuk dikerjakan secara mandiri dan lembar tugas (LT) atau soal-soal pada buku paket sebagai pekerjaan rumah (PR).
  5. 5. LESSON DESIGN Kelas Waktu Guru : VII : 1 x 40 menit : Kelompok I SMP 1. Materi : Pembagian Pecahan 2. Tujuan : Siswa dapat menemukan cara menentukan hasil bilangan asli yang dibagi dengan pecahan 3. Langkah-langkah Pembelajaran: Kegiatan Siswa Permasalahan bilangan asli yang dibagi dengan pecahan ada dalam kehidupan nyata sehari-hari dengan contoh sebagai berikut. 1. Ibu mempunyai 2 kg gula yang akan dibuat kue. Masingmasing resep kue memerlukan kg gula. Berapa banyak resep yang dapat dibuat oleh ibu? Jika masing-masing resep memerlukan gula kg, berapa banyak resep kue yang dapat dibuat ibu? 2. Kakak mempunyai 2 m pita dan akan dibuat bunga. Masingmasing bunga memerlukan pita m. Berapa banyak bunga yang dapat dibuat oleh kakak? Bantuan/Perhatian Guru Menyiapkan media gambar, dan menggunakan garis bilangan sebagai pengganti dari benda konkrit untuk diskusi kelas. Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang, untuk mendiskusikan permasalahan yang ada dan guru bertugas membimbing bila kelompok memerlukan. Bagaimana kalimat matematika dari soal cerita? Guru membagikan lembar kerja untuk semua peserta didik yang berisi permasalahanpermasalahan seperti di atas untuk dibahas secara kelompok dan dilanjutkan secara klasikal. Membuat kesimpulan hasil dari pola yang terjadi: (1). 2 : = =2x (2). 2 : = =2x Memberikan LK (lembar kerja) untuk dikerjakan secara mandiri dan lembar tugas (LT) atau soal-soal pada buku paket sebagai pekerjaan rumah (PR).
  6. 6. LESSON DESIGN Kelas Waktu Guru : VII : 1 x 40 menit : Kelompok I SMP 1. Materi : Pembagian Pecahan 2. Tujuan : Siswa dapat menemukan cara menentukan hasil pembagian pecahan dengan bilangan asli 3. Langkah-langkah Pembelajaran: Kegiatan Siswa Permasalahan pembagian pecahan dengan bilangan asli dapat dimunculkan dari contoh sehari-hari sebagai berikut. 1. Ibu mempunyai roti akan diberikan kepada 2 anaknya. Masingmasing anak harus mendapat roti yang sama. Roti yang diterima setiap anak adalah … bagian. 2. Adik mempunyai batang coklat yang akan diberikan kepada 3 temannya dan masing-masing teman harus mendapat coklat yang sama banyak. Maka coklat yang diterima setiap teman adik adalah … bagian. Bagaimana kalimat matematika dari soal cerita? Bantuan/Perhatian Guru Menyiapkan media kertas dan gambar. Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang, untuk mendiskusikan permasalahan yang ada dan guru bertugas membimbing bila kelompok memerlukan. Guru membagikan lembar kerja untuk semua peserta didik yang berisi permasalahanpermasalahan seperti di atas untuk dibahas secara kelompok dan dilanjutkan secara klasikal. Membuat kesimpulan hasil dari pola yang terjadi: (1) : 2 = = (2) : 3 = = Memberikan LK (lembar kerja) untuk dikerjakan secara mandiri dan lembar tugas (LT) atau soal-soal pada buku paket sebagai pekerjaan rumah (PR).
  7. 7. LESSON DESIGN Kelas Waktu Guru : VII : 1 x 40 menit : Kelompok I SMP 1. Materi : Pembagian Pecahan 2. Tujuan : Siswa dapat menemukan cara menentukan hasil pecahan yang dibagi dengan pecahan 3. Langkah-langkah Pembelajaran: Kegiatan Siswa Bantuan/Perhatian Guru Permasalahan pecahan yang dibagi dengan pecahan dapat dicontohkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut. 1. Kakak mempunyai m pita yang akan dibuat hiasan. Setiap satu hiasan memerlukan pita m. Berapa banyak hiasan yang dapat dibuat? 2. Ibu mempunyai gula kg untuk dibuat kue. Masing-masing Loyang kue memerlukan kg gula. Berapa loyang kue yang dapat dibuat ibu? Materi prasyarat yang harus diingat adalah konsep pembagian merupakan pengurangan berulang, pecahan campuran, garis bilangan, dan KPK. Bagaimana kalimat matematika dari soal cerita? Menyiapkan media kertas, garis bilangan dan gambar. Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang, untuk mendiskusikan permasalahan yang ada dan guru bertugas membimbing bila kelompok memerlukan. Guru membagikan lembar kerja untuk semua peserta didik yang berisi permasalahanpermasalahan seperti di atas untuk dibahas secara kelompok dan dilanjutkan secara klasikal. Membuat kesimpulan hasil dari pola yang terjadi: Hasil pembagian : = Hasil perkalian : = x Sehingga : = x x = Hasil pembagian : = Hasil perkalian Sehingga x = Memberikan LK (lembar kerja) untuk dikerjakan secara mandiri dan lembar tugas (LT) atau soal-soal pada buku paket sebagai pekerjaan rumah (PR).
  8. 8. LESSON DESIGN Kelas Waktu Guru : VII : 1 x 40 menit : Kelompok I SMP 1. Materi : Pembagian Pecahan 2. Tujuan : Siswa dapat menemukan cara menentukan konsep pembagian pecahan campuran 3. Langkah-langkah Pembelajaran: Kegiatan Siswa Bantuan/Perhatian Guru Permasalahan konsep pembagian pecahan campuran dapat dicontohkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut. 1. Ibu membeli beras 30 kg. Setiap hari ibu menanak nasi untuk keluarganya sebanyak 1 kg. Berapa hari beras tersebut dapat memenuhi kebutuhan ibu? 2. Dita membeli gula pasir seberat 3 kg untuk dibuat 2 botol sirup. Tentukan berat gula untuk 1 botol sirup! 3. Pak Amat membeli minyak goreng dengan jerigen besar seberat 7 liter. Ia akan menjualnya kembali menjadi beberapa botol yang masingmasing berisi minyak dengan berat 1 liter. Berapa banyak botol yang harus disediakan? Bagaimana kalimat matematika dari soal cerita? Menggunakan pengurangan pecahan secara berulang. Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang, untuk mendiskusikan permasalahan yang ada dan guru bertugas membimbing bila kelompok memerlukan. Guru membagikan lembar kerja untuk semua peserta didik yang berisi permasalahanpermasalahan seperti di atas untuk dibahas secara kelompok dan dilanjutkan secara klasikal. Membuat kesimpulan hasil dari pola yang terjadi: (1) 30 : 1 = 30 : = 30 x = (2) 3 : 2 = : 2 = = (3) 7 : 1 = x = = 20 : = = =5 Memberikan LK (lembar kerja) untuk dikerjakan secara mandiri dan lembar tugas (LT) atau soal-soal pada buku paket sebagai pekerjaan rumah (PR).

×