Bahaya rokok

  • 2,206 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
2,206
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
48
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. BAHAYA ROKOK 1. Kanker Paru Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru. 2. Kanker Kandung Kemih Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih. 3. Kanker Payudara Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara. 4. Kanker Serviks Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual. 5. Kanker Kerongkongan Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok. 6. Kanker Pencernaan Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan). 7. Kanker Ginjal Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi
  • 2. dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker. 8. Kanker Mulut Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar. 9. Kanker Tenggorokan Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok. 10. Serangan Jantung Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung. 11. Penyakit Jantung Koroner (PJK) Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus. 12. Aterosklerosis Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis. 13. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).
  • 3. 14. Impotensi Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh. 15. Gangguan medis lainnya Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.
  • 4. NARKOBA Pengertian Narkoba Narkoba bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kita. Kita telah sering mendengar dan membaca berita tentang narkoba di media elektronik maupun media cetak. Di Indonesia, peredaran obat terlarang ini sudah menjadi alah satu permasalahan utama yang harus segera diatasi. Meluasnya narkoba di Indonesia terutama di kalangan generasi muda karena didukung oleh faktor budaya global. Budaya global dikuasai oleh budaya Barat (baca Amerika Serikat) yang mengembangkan pengaruhnya melalui layar TV, VCD, dan film- film. Ciri utama budaya tersebut amat mudah ditiru dan diadopsi oleh generasi muda karena sesuai dengan kebutuhan dan selera muda. Pada tahun 2010, prevalensi penyalahgunaan narkoba meningkat menjadi 2,21 persen atau sekitar 4,02 juta orang. Pada tahun 2011, prevalensi penyalahgunaan narkoba meningkat menjadi 2,8 persen atau sekitar 5 juta orang. Oleh karena itu dituntut adanya peran serta dari berbagai pihak di Indonesia yang dapat memerangi narkoba. Salah satunya konselor sebagai pendidik dilingkungan pendidikan juga dapat ikut berpartisipasi dalam upaya memerangi obat-obatan terlarang tersebut. B. Jenis- jenis narkoba Narkoba dibagi dalam 3 jenis yaitu Narkotika, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya. Penjelasan mengenai jenis-jenis narkoba adalah sebagai berikut: 1. Narkotika Menurut Soerdjono Dirjosisworo mengatakan bahwa pengertian narkotika adalah “Zat yang bisa menimbulkan pengaruh tertentu bagi yang menggunakannya dengan memasukkan kedalam tubuh. Pengaruh tersebut bisa berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, rangsangan semangat dan halusinasi atau timbulnya khayalan-khayalan. Sifat-sifat tersebut yang diketahui dan ditemukan dalam dunia medis bertujuan dimanfaatkan bagi pengobatan dan kepentingan manusia di bidang pembedahan, menghilangkan rasa sakit dan lain-lain. Narkotika digolongkan menjadi 3 kelompok yaitu : a) Narkotika golongan I adalah narkotika yang paling berbahaya. Daya adiktifnya sangat tinggi. Golongan ini digunakan untuk penelitian dan ilmu pengetahuan. Contoh : ganja, heroin, kokain, morfin, dan opium.
  • 5. b) Narkotika golongan II adalah narkotika yang memiliki daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : petidin, benzetidin, dan betametadol. c) Narkotika golongan III adalah narkotika yang memiliki daya adiktif ringan, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : kodein dan turunannya. 2. Psikotropika Psikotopika adalah zat atau obat bukan narkotika, baik alamiah maupun sintesis, yang memiliki khasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas normal dan perilaku. Psikotropika digolongkan lagi menjadi 4 kelompok adalah : a) Psikotropika golongan I adalah dengan daya adiktif yang sangat kuat, belum diketahui manfaatnya untuk pengobatan dan sedang diteliti khasiatnya. Contoh: MDMA, LSD, STP, dan ekstasi. b) Psikotropika golongan II adalah psikotropika dengan daya adiktif kuat serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : amfetamin, metamfetamin, dan metakualon. d) Psikotropika golongan III adalah psikotropika dengan daya adiksi sedang serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : lumibal, buprenorsina, dan fleenitrazepam. d) Psikotropika golongan IV adalah psikotropika yang memiliki daya adiktif ringan serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : nitrazepam (BK, mogadon, dumolid ) dan diazepam. 3. Zat adiktif lainnya Zat adiktif lainnya adalah zat – zat selain narkotika dan psikotropika yang dapat menimbulkan ketergantungan pada pemakainya, diantaranya adalah : a) Rokok b) Kelompok alkohol dan minuman lain yang memabukkan dan menimbulkan ketagihan.
  • 6. c) Thiner dan zat lainnya, seperti lem kayu, penghapus cair dan aseton, cat, bensin yang bila dihirup akan dapat memabukkan (Alifia, 2008). Demikianlah jenis-jenis narkoba, untuk selanjutnya faktor-faktor penyebab penyalahgunaan narkotika. C. Faktor Penyebab Penyalahgunaan Narkoba Faktor penyebab penyalahgunaan narkoba dapat dibagi menjadi dua faktor, yaitu : 1. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti kepribadian, kecemasan, dan depresi serta kurangya religiusitas. Kebanyakan penyalahgunaan narkotika dimulai atau terdapat pada masa remaja, sebab remaja yang sedang mengalami perubahan biologik, psikologik maupun sosial yang pesat merupakan individu yang rentan untuk menyalahgunakan obat-obat terlarang ini. Anak atau remaja dengan ciri-ciri tertentu mempunyai risiko lebih besar untuk menjadi penyalahguna narkoba. 2. Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar individu atau lingkungan seperti keberadaan zat, kondisi keluarga, lemahnya hukum serta pengaruh lingkungan. D. Tanda Gejala Dini Korban Penyalahgunaan Narkoba Menurut Ami Siamsidar Budiman (2006 : 57–59) tanda awal atau gejala dini dari seseorang yang menjadi korban kecanduan narkoba antara lain : 1. Tanda-tanda fisik Penyalahgunaan Narkoba Kesehatan fisik dan penampilan diri menurun dan suhu badan tidak beraturan,jalan sempoyongan, bicara pelo(cadel), apatis (acuh tak acuh), mengantuk, agresif,nafas sesak,denyut jantung dan nadi lambat, kulit teraba dingin, nafas lambat/berhenti,mata dan hidung berair,menguap terus menerus,diare,rasa sakit diseluruh tubuh,takut airsehingga malas mandi,kejang, kesadaran menurun,penampilan tidak sehat,tidak peduli terhadap kesehatan dan kebersihan, gigi tidak terawat dan kropos,terhadap bekas suntikan pada lengan atau bagian tubuh lain (pada pengguna dengan jarum suntik) 2. Tanda-tanda Penyalahgunaan Narkoba ketika di rumah Membangkang terhadap teguran orang tua, tidak mau mempedulikan peraturan keluarga, mulai melupakan tanggung jawab rutin di rumah, malas mengurus diri, sering tertidur dan
  • 7. mudah marah, sering berbohong, banyak menghindar pertemuan dengan anggota keluarga lainnya karena takut ketahuan bahwa ia adalah pecandu, bersikap kasar terhadap anggota keluarga lainnya dibandingkan dengan sebelumnya, pola tidur berubah, menghabiskan uang tabungannya dan selalu kehabisan uang, sering mencuri uang dan barang-barang berharga di rumah, sering merongrong keluarganya untuk minta uang dengan berbagai alasan, berubah teman dan jarang mau mengenalkan teman-temannya, sering pulang lewat jam malam dan menginap di rumah teman, sering pergi ke disko, mall atau pesta, bila ditanya sikapnya defensive atau penuh kebencian, sekali- sekali dijumpai dalam keadaan mabuk. 3. Tanda-tanda Penyalahgunaan Narkoba ketika di sekolah Prestasi belajar di sekolah tiba-tiba menurun mencolok, perhatian terhadap lingkungan tidak ada, sering kelihatan mengantuk di sekolah, sering keluar dari kelas pada waktu jam pelajaran dengan alasan ke kamar mandi, sering terlambat masuk kelas setelah jam istirahat; mudah tersinggung dan mudah marah di sekolah, sering berbohong, meninggalkan hobi-hobinya yang terdahulu (misalnya kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga yang dahulu digemarinya), mengeluh karena menganggap keluarga di rumah tidak memberikan dirinya kebebasan, mulai sering berkumpul dengan anak-anak yang “tidak beres” di sekolah. E. Akibat Penyalahgunaan Narkoba Penggunaan narkoba dapat menyebabkan efek negatif yang akan menyebabkan gangguan mental dan perilaku, sehingga mengakibatkan terganggunya sistem neuro-transmitter pada susunan saraf pusat di otak. Gangguan pada sistem neuro-transmitter akan mengakibatkan tergangunya fungsi kognitif (alam pikiran), afektif (alam perasaan, mood, atau emosi), psikomotor (perilaku), dan aspek sosial. Berbagai upaya untuk mengatasi berkembangnya pecandu narkoba telah dilakukan, namun terbentur pada lemahnya hukum. Beberapa bukti lemahnya hukum terhadap narkoba adalah sangat ringan hukuman bagi pengedar dan pecandu, bahkan minuman beralkohol di atas 40 persen (minol 40 persen) banyak diberi kemudahan oleh pemerintah. Sebagai perbandingan, di Malaysia jika kedapatan pengedar atau pecandu membawa dadah 5 gr ke atas maka orang tersebut akan dihukum mati. Sebenarnya juga tidak sedikit para pengguna narkoba ingin lepas dari dunia hitam ini. Akan tetapi usaha untuk seorang pecandu lepas dari jeratan narkoba tidak semudah yang dibayangkan. Untuk itu katakan Say no to drugs….!!!
  • 8. BAHAYA MINUMAN KERAS Minuman Beralkohol (Miras) Minuman Keras adalah semacam minuman yang berbahaya dan membahayakan bagi orang yang meminumnya. Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAWmelaknat khamr atau minuman keras yang memabukkan mencakup kepada sepuluh golongan: yang memerasnya yang minta diperaskan yang meminumnya yang membawanya yang minta di antarkan yang menuangkannya yang menjualnya yang makan hasil penjualannya yang membelinya yang minta dibelikan. ” Demikian salah satu hadist riwaayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah. Al Khamr secara bahasa atinyatertutup, yang diambil dari kosa kata khimaryang berarti kerudung (penutup kepala) dan katakhamr yang berarti minuman yang memabukkan atau minuman keras (miras). Demikianlah orang yang mengkonsumsikhamr menyebabkan akalnya tertutup sehingga tidak bisa mengingat dirinya atau mabuk. Rasulullah SAW menetapkan khamr (miras) tidak semata dari bahan untuk membuat khamr (miras), tetapi lebih dari pengaruh yang ditimbulkan, yaitu memabukkan. Miras (minuman keras), apapun nama yang digunakan oleh manusia tetapi dapat membuat yang mengonsumsinya mabuk hilang akal, seperti ganja, arak, tuak dan sejenisnya, hukumnya adalah haram.Khamr didefenisikan oleh Raslullah SAW adalah sesuatu yang memabukkan yang dapat mengakibatkan hilngnya akal. Padahal akal adalah organ mulia anugerah Allah Subhanahu wa Ta‟ala untuk mengontrol gerak gerik anggota tubuh. Maka hukum Islam menegaskan meminumkhamr baik sedikit apalagi banyak hukumnya adalah haram. Rasulullah SAW bersabda: “Minuman apapun kalau banyaknya itu memabukkan. Maka sedikitnyapun adalah haram.” (HR. Ahmad, Abu Daud, dan At Tirmidzi)
  • 9. Minuman keras terbagi dalan 3 golongan yaitu: - Gol. A berkadar Alkohol 01%-05% - Gol. B berkadar Alkohol 05%-20% - Gol. C berkadar Alkohol 20%-50% Beberapa jenis minuman beralkohol dan kadar yang terkandung di dalamnya : - Bir,Green Sand 1% – 5% - Martini, Wine (Anggur) 5% – 20% - Whisky, Brandy 20% -55%. Efek Samping Yang Ditimbulkan : Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi alkohol dapat dirasakan segera dalam waktu beberapa menit saja, tetapi efeknya berbeda-beda, tergantung dari jumlah / kadar alkohol yang dikonsumsi. Dalam jumlah yang kecil, alkohol menimbulkan perasaan relax, dan pengguna akan lebih mudah mengekspresikan emosi, seperti rasa senang, rasa sedih dan kemarahan. mulut rasanya kering. Pupil mata membesar dan jantung berdegup lebih kencang. Mungkin pula akan timbul rasa mual. Bisa juga pada awalnya timbul kesulitan bernafas (untuk itu diperlukan sedikit udara segar). Jenis reaksi fisik tersebut biasanya tidak terlalu lama. Selebihnya akan timbul perasaan seolah-olah kita menjadi hebat dalam segala hal dan segala perasaan malu menjadi hilang. Kepala terasa kosong, rileks dan “asyik”. Dalam keadaan seperti ini, kita merasa membutuhkan teman mengobrol, teman bercermin, dan juga untuk menceritakan hal-hal rahasia. Semua perasaan itu akan berangsur-angsur menghilang dalam waktu 4 sampai 6 jam. Setelah itu kita akan merasa sangat lelah dan tertekan. Bila dikonsumsi lebih banyak lagi, akan muncul efek sebagai berikut : merasa lebih bebas lagi mengekspresikan diri, tanpa ada perasaan terhambat menjadi lebih emosional ( sedih, senang, marah secara berlebihan ) muncul akibat ke fungsi fisik – motorik, yaitu bicara cadel, pandangan menjadi kabur, sempoyongan, inkoordinasi motorik dan bisa sampai tidak sadarkan diri. kemampuan mental mengalami hambatan, yaitu gangguan untuk memusatkan perhatian dan daya ingat terganggu. Pengguna biasanya merasa dapat mengendalikan diri dan mengontrol tingkahlakunya. Pada kenyataannya mereka tidak mampu mengendalikan diri seperti yang mereka sangka mereka bisa. Oleh sebab itu banyak ditemukan kecelakaan mobil yang disebabkan karena mengendarai mobil dalam keadaan mabuk.
  • 10. Pemabuk atau pengguna alkohol yang berat dapat terancam masalah kesehatan yang serius seperti radang usus, penyakit liver, dan kerusakan otak. Kadang-kadang alkohol digunakan dengan kombinasi obat – obatan berbahaya lainnya, sehingga efeknya jadi berlipat ganda. Bila ini terjadi, efek keracunan dari penggunaan kombinasi akan lebih buruk lagi dan kemungkinan mengalami over dosis akan lebih besar. Tidak mengherankan bila agama Islam memandangkhamr sebagai ummul khabaa-its atau « sumber segala perbuatan keji » dan miftahu kulli syarrin yakni « kunci segala kemaksiatan ». Manakala akal sudah tertutup oleh pengaruhkhamr adalah lumrah bnagi seseorang bertindak di luar kontrol. Tindak kejahatan akan dilakukan, seperti perkelahian, pembunuhan, kejahatan mengganggu ketentraman dan meresahkan lingkungan. Alquran memerintahkan manusia untuk menjauhi atau mengharamkankhamr ini, sebagai diwahyukan oleh Allah SWT dalam surat Al Maidah ayat 90-91, “Hai orang- orang yang beriman, sesungguhnya khamr, judi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan anak panah adalah perbuatan keji dan merupakan perbuatan syetan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu memperoleh keberuntungan. Sesungguhnya syetan itu hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran khamr dan berjudi itu, dan hendak menghalang- halangi kamu dari mengingat Allah dan shalat; maka berhentilah kamu.” Dari makna ayat Alquran ini dapat disimpulkan secara sempurna bahwa, khamr (miras) adalah rijsun, sesuatu yang keji dan kotor (najis). Khamr (miras) adalah perbuatan syetan.Khamr (miras) selalu menyeret kepada tindak kejahatan, permusuhan, dan kebencian di antara manusia.Khamr (miras) menghalangi manusia dari berbuat baik, menjauhkan manusia dari berzikir kepada Allah dan menghalangi manusia untuk mendirikan shalat. Selanjutnyakhamr (miras) dalam segala bentuk dan kadarnya adalah haram. Demikian Allah SWT mengharamkan dan memerintahkan kepada manusia untuk menjauhinya, semata untuk keselamatan manusia itu jua adanya.
  • 11. SEKS BEBAS Bahaya Seks Bebas dan Akibatnya | Seks Bebas atau tekenal dengan free seks sudah tidak asing lagi untuk saat ini. Bahaya seks bebas seakan tidak lagi mempan untuk menyadarkan para pelaku free seks. Nah melalui artikel ini penulis ingin kembali memaparkan Bahaya seks bebas dan akibat seks bebas . Semoga setelah membaca ini tidak akan ada lagi seks bebas. Kalau ingin seks? nikah dong…hehehehe Bahaya Seks Bebas dan Akibatnya 1. Beberapa penyakit yang siap mendatangi seperti, herpes, HIV Aids, Raja singa, dan penyakit lainnya. Anda lihat beberapa penyakit yang tidak bisa disembuhkan bukan?. 2. Hamil di luar pernikahan akan menimbulkan permasalahan baru, apabila anda masih kuliah atau sekolah tentu saja orang tua anda akan sangat kesal kepada anda. Dan anda pun takut untuk jujur kepada orang tua anda dan pasangan anda, akhirnya anda memutuskan untuk melakukan dosa baru yaitu aborsi. 3. Apabila anda menikah di usia muda, permasalahan yang belum siap anda hadapi akan datang, seperti masalah keungan, masalah kebiasaan, masalah anak. 4. Nama baik keluarga akan tercoreng oleh sikap anda. Keluarga anda akan menghadapi masalah yang anda buat apabila anda mendapatkan efek buruk dari seks bebas ini. 5. Apabila anda hamil dan pasangan anda tidak mau bertanggung jawab, apa yang akan anda lakukan?. Akan banyak pikiran buruk yang akan mengganggu anda. Seperti ingin bunuh diri, berpikir tidak rasional yang mengakibatkan gangguan mental atau gila. Perilaku seks yang di anggap melanggar norma bukanlah barang baru. Di beberapa kota metropolitan beberapa remaja sudah mulai “esek-esek”, walaupun kebanyakan secara sembunyi- sembunyi. Memang kegiatan seks yang dianggap lepas kontrol masih sering dirasakan sebagai ancaman. Karena itu seks bebas dijadikan bahan pembicaraan lagi oleh beberapa pakar. Namun, selama ini, apa yang dimaksud dengan seks bebas itu jarang dibicarakan rinci. Apakah seks diluar nikah sama dengan seks bebas. Apakah segala bentuk penyelewengan seks menurut norma bisa dikatakan seks bebas?
  • 12. Apakah bila seseorang melakukan hubungan seks satu kali belum menikah bisa disebut, melakukan seks bebas? Apakah perempuan yang berperut buncit di pesta pernikahannya hanya karena berhubungan seks dengan satu orang saja bisa dikatakan telah berseks bebas, dan disamakan dengan pria yang telah dari ranjang satu keranjang lainnya dengan beberapa wanita? Selama ini, yang disebut seks terkontrol, berdasarkan agama dan peradaban, adalah seks dengan satu orang sesudah menikah. Seks di luar nikah sering dikaitkan dengan seks bebas dengan tindakan yang tak beradab, memang manusia punya kontrol, punya asa dan budaya. Oleh karena itu manusia menganggap dirinya tidak berbudaya, birahi seks pun jadi sesuatu yang rasional, dilandaskan hukum dan kontrol. Tetapi walaupun binatang bisa kawin tanpa nikah, bentuk dan praktik mereka tidak lepas dari suatu kontrol. Kalau hukum dan kontrol dianggap sebagai buah kebudayaan dan menandakan masyarakat yang tidak primitif, binatang pun mempunyai satu hukum. Dan hukum rimba adalah satu hukum yang beradab. Karena bila hukum rimba tidak dipatuhi, rantai makanan akan morat-marit. Ekologi akan hancur. Walau tidak mengenal nikah binatang juga mempunyai aturan kawin. Mereka tidak akan kawin sembarangan. Mereka melakukannya pada musim-musim tertentu dan juga punya aturan serta upacara yang cukup rumit dalam berhubungan seks. Sepasang merak, misalnya, harus mencari selama beberapa lama sebelum kawin. Jadi, tidak saja birahi seks, tetapi kontrol dan hukum adalah bagian dari naluri juga. Karena itulah, seperti berlanjutnya kontrol dan hukum dalam hidup manusia, naluritas seks juga seharusnya diberi perhatian. Namun yang ditekankan dalam kehidupan manusia sekarang adalah kontrol dan hukum akan birahi seks. Seakan-akan kontrol dan hukum adalah irasional. Jadinya, kontrol dan hukum itu dapat menguasai dan melebihi birahi seks. Akibatnya adalah peraturan seks yang serba kaku dan melibatkan kutukan moral bagi para pelanggarnya. Serba Kolot Bahaya seks bebas memang bisa menakutkan. Dan bahaya seks bebas sering kali dibahas dan disebut-sebut. Tetapi, pengutukan akan segala, bentuk seks bebas dan pelarangan kolot akan seks juga menimbulkan resiko lain yang akan dibahas. Karena seks adalah kebutuhan naluri manusia, kontrol yang yang ketat akan seks malah akan menimbulkan pencuri. Seperti juga orang yang kurang makan akan mencuri dan orang yang kurang uang akan mencuri. Dari curi-mencuri ini, yang dirugikan terutama dari pihak wanita. Perempuan bisa dideteksi keperawananya dengan mudah. Mereka mempunyai selaput dara. Karenanya bayak kisah lelaki yang mengeluh karen istrinya sudah tak berselaput dara pada malam pertama. Lalu lelaki? Mereka hanya bisa jadi pencuri yang baik. Lari tanpa jejak dan tanpa resiko. Dan bisa pura-pura jadi manusia yang „beradab‟ lagi setelah mencuri.
  • 13. Perempuan juga bisa hamil. Sebab itu, yang dijadikan contoh seks bebas oleh salah satu pakar adalah perut buncit waktu menikah. Yang dijadikan perhatian adalah si perempuan., Tetapi, bukankah dalam perut buncit ini si lelaki juga ikut menanam modal? Akibatnya adalah tersedianya dua definisi yang kontras untuk perempuan: wanita suci dan perek. Wanita suci adalah perempuan yang tidak kawin sebelum menikah, dan setia sampai mati pada suami. Perempuan yang sudah “gituan” sebelum nikah tidak bisa disebut suci lagi, walaupun dia mungkin berbuat seperti itu cuma dengan satu orang seumur hidupnya. Karena definisi yang membedakan wanita hanya pada dua ekstrem, perempuan yang mau “begituan” sebelum menikah terkadang disamaratakan. Perek, Binal. Bisa diajak main. Padahal, perempuan yang telah berhubungan seks diluar nikah dengan beberapa orang, bisa menjadi istri yang mencintai dan setia pada suaminya. Perempuan yang sudah berhubungan seks dengan beberapa pria bukan langsung bisa disebut perek. Bisa jadi, si perempuan berhubungan seks dengan pria-pria ini berdasarkan cinta. Dan perek atau pelacur pun bukan otomatis jadi perempuan bebas pakai. Perempuan yang tidak perawan jadi mudah mengutuk dirinya sendiri. Perempuan korban perkosaan akan lebih menderita batin seumur hidupnya karena kehilangan “mahkota” meraka. Dan karena curi mencuri ini, aborsi gelap terjadi di mana-mana. Karena aborsi tidak dilegalkan, namun perempuan hamil sebelum menikah jarang mendapatkan dukungan moral. Birahi seks adalah keindahan. Seperti keindahan menyanyi dan membaca puisi. Bagaimana pun juga manusia tidak dapat lepas dari naluri kebinatangannya. Karena itu, seorang perawan di Saman pun berkata bagaimana dia ingin menjadi unggas yang “kawin begitu mengenal birahi”. Mungkin bila birahi seks itu tidak lagi boleh didengar, Ayu Utami akan berhenti menulis. Menurut saya situs- situs porno yang ada di internet itu dengan mudah menyebar cepat dan banyak di minati oleh pecinta sex . adapun itu ,perkembangan itu tidak bisa di hentikan , walaupun secara akal sehat ,semua itu dapat membuat para pemuda di dunia menjadi rusak ,dan banyak juga orang yang terjangkit firus HIV . itu semuwa karna penyebaran situs porno yang menyebar luas di kalangan pecinta internet . banyak para pelajar yang sudah pernah melakukan hal yang biasa di lakukan oleh orang dewasa yaitu ,berhubungan intim , atau yang sering di sebut ML oleh anak muda jaman sekarang . mereka menganggap semua itu adalah hal yang sudah biasa ,bermula dari ciuman ,pelukan ,meraba dan akhirnya seperti itu . sudah banyak perempuan di dunia ini yang sudah tidak perawan lagi, itu terjadi karena keingintahuan pemuda dengan membuka situs- situs porno . mereka tidak mengetahui kalau semua itu dapat membahayakan semua dengan menyebarnya virus yang membahayakan mereka . kurangnya pengetahuan tentang ilmu sex di sekolah juga dapat menyebabkan para plajar tidak tahu akan bahaya sex bebas.
  • 14. dan banyak juaga pelajar yang mengakhiri hidupnya karena tidak mau menanggung malu dengan aib yang dia bawa akibat sex bebas . Sangat disayangkan jika di usia remaja sudah terkena penyakit berbahaya. BEKASI – Seks bebas di kalangan remaja khususnya di Kabupaten Bekasi memprihatinkan. Indikasinya, setiap tahun ada saja satu atau dua kasus kehamilan di luar nikah. Menurut Ketua Drupadi Foundation, Agustian, di sela-sela acara penyuluhan penanggulangan bahaya narkoba dan penyakit alat reproduksi bagi remaja, Sabtu (29) malam. Dia menambahkan, meskipun belum ada angka pasti jumlah remaja yang melakukan seks bebas, setiap tahun di sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kecamatan Taruma-jaya, Kabupaten Bekasi, ditemukan kasus kehamilan remaja tanpa pernikahan. Dilatarbelakangi atas keprihatinan itu, warga sekitar Villa Mutiara Gading Setia Asih Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi, mengadakan acara penyuluhan itu. “Kami mengharapkan remaja bisa paham sehingga dapat menjaga alat reproduksi dan bisa cegah seks bebas dan terhindar dari narkoba,” Agus menegaskan. Koordinator Program Kesehatan Reproduksi Remaja dari Perkumpulan Perinatologi Indonesia (Perinasia), Agung Witjaksono, mengatakan hal yang sama. “Dalam praktik pribadi saya di Jakarta, per tiga bulan ada satu kehamilan remaja yang tidak diinginkan,” ujar Agung. Agung mengatakan, ada beberapa hal yang paling memba-hayakan akibat seks bebas, yakni bahaya penyakit kelamin, seperti HIV/AIDS dan penyakit sifilis. Penyakit sifilis hanya bisa diketahui melalui uji laboratorium, yaitu pemeriksaan serol-ogis terhadap darah atau tes Venereal Disease Research Laboratory (VDRL). “Sifilis ada stadiumnya primer, sekunder, dan tersier, obatnya sudah ada, tetapi sulit dan mahal ratusan ribu bahkan sampai Rp 1 juta,” ujar Agung. Sangat disayangkan jika di usia remaja sudah terkena penyakit berbahaya akibat seks bebas. Agung menuturkan keprihatinannya karena masih banyak sekolah yang belum menganggap penjelasan soal pendidikan seks, terutama bahaya seks bebas adalah hal penting.
  • 15. PEMERKOSAAN TERHADAP WANITA Sekarang ini, hampir tiap hari kita dengar atau kita lihat baik media massa atau media cetak berita tentang pemerkosaan terhadap kaum hawa. Mulai dari usia anak-anak, remaja, dewasa bahkan nenek-nenek yang sudah tuapun tidak luput dari bahaya pemerkosaan ini. Apakah yang terjadi pada diri manusia saat ini? Apakah benar saat ini moral manusia benar-benar sudah sebegitu parahnya?. Mengapa hal ini bisa dialami wanita dalam masyarakat. Dari begitu banyak peristiwa pemerkosaan yang terjadi saat sekarang ini, boleh dikatakan bahwa peristiwa pemerkosaan dapat berlaku dimana saja. Tidak hanya di tempat sunyi bahkan seperti baru-baru ini kita dengar diberita pemerkosaan yang terjadi di dalam angkot. Sungguh pilu dan miris kita mendengar peristiwa ini. Di tengah kehidupan perekonomian negara yang sangat parah saat ini, bukan hanya nafsu mencari nafkah untuk sehari-hari yang dicari manusia, tetapi nafsu bihari setanpun mereka lakukan juga. Dari berbagai fenomena yang telah terjadi timbulnya pemerkosaan ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Diantaranya : 1. Semakin berkurangnya didikan nilai-nilai agama yang terdapat dalam diri manusia saat sekarang ini 2. Pengaruh minuman-minuman beralkohol (yang memabukkan) yang banyak dikonsumsi oleh para lelaki dikarenakan kemudahan untuk mendapatkan minuman tersebut. 3. Pengaruh teknologi (internet dan vcd) sehingga banyak pemerkosaan timbul karena rasa ingin mempraktekkan hal-hal porno yang dilihat dari internet ataupun yang ditonton dari vcd. 4. Keadaan dan kondisi wanita sendiri dalam berpakaian (berbusana) yang memancing nafsu birahi laki-laki untuk berlaku yang tidak senonoh terhadapnya. 5. Pengaruh lingkungan tempat tinggal para pelaku pemerkosa 6. Kurang tegasnya hukuman terhadap pelaku pemerkosa, sehingga praktek pemerkosaan yang begitu mudah dilakukan. Untuk itu bagi wanita, dimanapun anda berada sesungguhnya bahaya selalu mengintai diri anda. Jadi waspadalah dan hati-hatilah dalam melangkah dan bertindak.
  • 16. Berikut beberapa cara agar kaun wanita terhindar dari pemerkosaan : 1. Berbusana (berpakaianlah) yang sopan jika anda harus melewati tempat-tempat umum. Karena dengan memperlihatkan aurat anda ditempat umum akan memancing orang untuk memperkosa anda. 2. Bagi anak-anak yang masih remaja atau yang masih dalam pendidikan atau belajar, kalau bisa belajarlah ilmu bela diri dasar. Bukan untuk menghilangkan kodrat sebagai wanita, tetapi hanya untuksebagai bekal diri jika ada hal yang tidak baik menimpa. Seperti karete dan silat. 3. Jangan lewat, atau hindarilah melewati tempat-tempat sunyi sendirian karena ini sangat membahayakan diri anda sendiri. 4. Usahakan jangan keluar malam kalau tidak ada urusan yang penting. Kalaupun mesti keluar, jangan sendirian. Ajaklah saudara laki-laki anda untuk menemani. 5. Bagi pekerja wanita yang mengharuskan anda pulang malam, sebisa mungkin minta jemputlah diwaktu anda pulang malam dengan saudara atau orang tua. Kalau memang jalan pulang yang anda lalui adalah daerah yang rawan kejahatan. 6. Jagalah sopan santun,adab dan etika berbicara sebagai perempuan. Jangan berkata- kata kasar, sombong, angkuh dengan lawan jenis. Karena ini juga dapat memicu niat jahat dari lawan jenis anda karena merasa dilecehkan. 7. Bagi yang tinggal dirumah sendirian, jangan pernah membukakan pintu pada waktu malam hari. Hanya itu yang dapat saya sampaikan disini, mungkin masih banyak lagi yang belum tersampaikan oleh saya. Namun dengan yang sedikit ini semoga ada manfaatnya bagi pembaca semua. Sebagai wanita, saya hanya dapat memberikan pesan, berhati-hatilah para wanita dalam melangkah dizaman sekarang ini. Karena dimana saja bahaya itu selalu ada. Apalagi bagi seorang perempuan yang sudah terkodrat sebagai wanita lemah. Jangan kelemahan tersebut dapat membahayakan diri kita. Sebisa mungkin kita berusaha menghindari bahaya tersebut. Dan bagi sahabat atau rekan yang pernah mengalami peristiwa pemerkosaan, saya harap bisa tabah dalam menghadapinya. Anggaplah itu ujian dari Allah agar sahabat menjadi lebih baik untuk hari kedepan. Jangan pernah putus asa, tetaplah bersemangat menyongsong hidup kedepan. Yakinlah bahwa Allah Maha Mengetahui dan Maha Berkehendak. Selalu ada hikmah dari setiap kejadian yang terjadi pada diri manusia, baik
  • 17. itu kejadian menyenangkan ataupun kejadian menyakitkan. Percaya dan yakinlah pada kekuasaan Allah. Dan bagi para kaum laki-laki, yang pernah memperkosa wanita ataupun punya niat memperkosa wanita, berfikirlah dengan hati nurani anda. Seandainya apa yang anda lakukan atau akan anda lakukan tersebut dialami oleh adik perempuan anda, kakak perempuan anda, anak perempuan anda atau ibu anda. Bagaimanakah perasaan hati anda. Perbanyaklah ibadah dan tingkatkanlah iman anda. Dan ingat, anda hidup bukan untuk selamanya didunia, kematian pasti akan datang. Janganlah selalu mengikuti nafsu setan yang hanya akan membawa anda pada kesusahan di hari akhir nanti. Bertobatlah. Dan saran untuk aparat hukum, sebaiknya hukuman untuk pelaku pemerkosaan agak diberatkan sehingga manusia (laki-laki) akan berfikir seribu kali untuk melakukan pemerkosaan. SEBAGIAN orang berpikiran dangkal beranggapan apabila kebudayaan telanjang telah menyebar luas, secara perlahan akan berubah menjadi hal biasa dan tidak membangkitkan gairah seksual. Barangkali dari sisi seksual hal itu akan berubah menjadi hal biasa. Akan tetapi,''dahaga'' kejiwaan tidak akan pernah terpuaskan dengan menyaksikan terus-meneruspemandangan yang membangkitkan gairah, bahkan akan semakin bertambah kuat. Jika benar anggapan mereka, maka penyimpangan seks bebas tidak akan terjadi di dunia barat. Akan tetapi, berdasarkan tulisan Plaintruth disebutkan, bahwa terjadi kasus pemerkosaan terhadap satu orang dalam setiap 34 menit. Berdasarkan majalah Amerika New York Times disebutkan bahwa setiap tahun puluhan ribu anak kecil di Eropa menjadi korban penyimpangan dan pelecehan seksual. Di Turki yang 98 persen penduduknya Muslim, namun budaya Barat menyebar luas di dalamnya, berdasarkan data statistik pemerintah disebutkan bahwa di seluruh negeri terdapat 605 pusat pelacuran legal dan 565 pusat pelacuran illegal. Sebanyak 16.671 wanita pelacur dikenai sanksi. Sedangkan 209 gadis menjadi korban perkosaan. Berdasarkan data statistik, di Inggris sebesar 41 persen wanita usia 16 hingga 30 tahun senantiasa ketakutan menjadi korban perkosaan. Lebih dari 11 persen wanita Inggris yakin bahwa suatu hari nanti dalam setahun mereka bakal menjadi korban pemerkosaan. 4 persen wanita waspada terhadap bahaya perkosaan. Dan tujuh persen wanita ikut serta dalam kelas pelajaran ilmu beladiri.
  • 18. BAHAYA JUDI . Dalam ensiklopedi Indonesia judi diartikan sebagai suatu kegiatan pertaruhan untuk memperoleh keuntungan dari hasil suatu pertandingan, permainan atau kejadian yang hasilnya tidak dapat diduga sebelumnya. Dari pengertian di atas setidaknya ada tiga unsur dalam judi, pertama adanya bentuk permainan atau perlombaan baik penjudi terlibat langsung di dalamnya atau hanya sekedar menyaksikan saja, kedua, unsur spekulatif atau untung-untungan berdasarkan pada tebakan atau permainan yang prediksi hasilnya belum pasti atau belum dapat ditentukan atau bisa juga kemenangannya berdasarkan pada keahliaan yang telah dilatih, dan unsur yang ketiga adalah taruhan dalam bentuk uang atau barang lainnya yang dipasang oleh orang-orang yang terlibat dalam perjudian. Dalam realitas di Indonesia, perjudian ada banyak macam dan jenisnya dari yang terang-terangan hingga tersembunyi. Bukan lagi rahasia terdapat lokalisasi perjudian atau judi terselubung dibeberapa tempat di Indonesia. seperti kasino, SDSB dan lainnya. Yang kini semarak adalah judi togel, judi tebakan bola, sabung ayam dan kartu domino, yang menjangkiti lapisan masyarakat Indonesia, termasuk juga umat Islam. Perjudian di dalam Islam sangat dikecam keras, dan hukumnya haram, karena kemudharatan besar yang ditimbulkannya. Tentang masalah perjudian, Alquran membahasnya setidaknya dalam tiga ayat yang pertama adalah dalam Surah al-Baqarah ayat 219 : "Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir". Penggandengan pelarangan antara khamr dan judi tampaknya dapat dipahami sebagai dua perbuatan yang membahayakan bagi akal pikiran manusia. Jika dengan meminum khamr dapat merusak akal pikiran dan berakibat melakukan perbuatan kejahatan lainnya, maka begitu juga dengan perjudian akan menghilangkan pikiran logis seseorang dan hidup berdasarkan pada angan-angan dan peruntungan saja. Judi mengakibatkan seseorang menjadi pemalas, lalai terhadap waktu dan dirasuki pemikiran kemudahan yang menipu.
  • 19. Bayangkan misalnya jika seseorang dengan hanya dengan uang 1000 jika bisa menebak empat nomor secara tepat, maka dia akan dapat imbalan jutaan rupiah. Angan-angannya pun membumbung tinggi, sehingga kehidupannya tidak lagi berpijak pada akal pikiran sehat dan logika yang benar. Sifat malas dan tidak mau bekerja keras pun menjangkiti ikhtiarnya. Ini tentu saja akan semakin menambah kemiskinan, kebodohan dan kesusahan bagi penjudi dan kehidupannya akan tetap terus diselubungi pikiran kusut, picik dan penyesalan yang berkesinambungan. Sungguh dampak negatif yang merusak dan menghancurkan. Ini belum ditambah dari dampak judi seperti bermain domino dan lainnya yang biasanya dari mulai siang sampai pagi, sehingga melalaikan banya waktu, baik waktu untuk bekerja, melakukan ibadah dan waktu untuk memperhatikan keluarga. Bagaimana mau memperhatikan keluarga sedang dirinya sendiri saja tidak dapat dijaganya. Tampaknya pelarangan ayat Alquran yang meyelaraskan antara Judi dan minuman khamr dapat dipahami secara gamblang, yaitu merusak akal pikiran seseorang. Mencampakkan diri seseorang kegerbang kehancuran kehidupannya, padahal Allah swt menyatakan " Janganlah kamu mencampakkan dirimu kepada kehancuran" [Alquran]. Di dalam ayat yang lain Alquran menjelaskan : "Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; Maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).[al-Maidah : 90-91]. Dalam ayat di atas judi dikategorikan perbuatan syetan. Karena syetanlah yang hanya mau melakukan perbuatan keji yang merugikan dan menghancurkan dirinya sendiri. Dalam ayat di atas juga dinyatakan dengan jelas perjudian akan dapat menyebabkan permusuhan, kebencian dan perkelahiaan. Para penjudi yang kalah tentu merasa benci dan dendam dengan bandar yang meraup keuntungan besar dari kekalahan yang dideritanya, atau seseorang akan memiliki rasa permusuhan, dengki hati dan iri terhadap teman sepermainan judinya yang telah menghabiskan banyak uangnya dalam arena taruhan judi. Si pemenang pun dengan bangga memamerkan kemenangannya dan terus ketagihan untuk mendapatkan lagi keuntungan yang serupa pada hari berikutnya, yang pada saatnya juga dia akan mengalami kekalahan dan memiliki perasaan serupa.
  • 20. Orang yang pandai mestinya mencari sesuatu yang pasti-pasti saja dan tidak spekulatif. Betapa tidak, manusia itu hanya hidup satu kali. Itu pun tidak panjang, bahkan sudah dipotong dengan berbagai perkara, dengan tidur lah, dengan kesibukan dunyawi lah atau dengan perbuatan sia-sia lainnya. Sudah semestinya manusia menyadari bahwa di dunia ini tidak lah kekal, bahkan sangat pendek, sedangkan hari esok adalah hari yang tak berujung. Jika dia masuk jahannam maka berarti penderitaan tanpa akhir, dan jika dia masuk surga maka dia adalah kebahagiaan yang tak bertepi. Judi adalah perbuatan bodoh, karena dia adalah selain melawan Penguasa semesta alam yang melarangnya berbuat judi, tetapi juga dia adalah melakukan sesuatu yang belum tentu. Bahkan menjadikan nasibnya dan nasib keluarganya di ujung tanduk. Merusak cara pikir yang sehat bahkan merusak perilaku moral dan akhlak, yang Islam sama sekali melarang ummatnya dari perbuatan tercela ini.