Rib

1,020 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,020
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
36
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rib

  1. 1. MEMBUAT RIB oleh : Zul Fauzi (teknik mesin UII – 07525008)Rib adalah plang penyangga yang umumnya terdapat di bagian dalam bidang siku. Berfungsi sebagaipenguat agar siku tersebut lebih kaku dan tidak mudah bengkok. Tutorial Solidworks kali ini, kita akancoba bikin gambar siku dengan rib tersebut seperti gambar berikut. Yuk cekidot...Pertama kita mulai dari right plane, karena arah extrude adalah horizontal. Arahkan kursor pada rightplane, tekan klik kiri pada right plane tersebut dan klik sketch.
  2. 2. Ketik line, kemudian gambarlah garis seperti bentuk L seperti ditunjukkan gambar berikut.Penggambaran dimulai dari titik origin.Kemudian tentukan dimensinya, misal dimensi untuk kedua garis adalah 100 mm. Pilih smart dimension,kemudian klik kiri pada garis A dan isikan dimensi 100 mm dan klik centang atau tekan enter.
  3. 3. Garis B juga berukuran 100 mm, namun agar garis A & B saling terhubung, lebih efisien dan menghindarierror, maka kita akan mainkan relation. Caranya :1. Klik garis B2. Klik garis A3. Klik equalMaka garis B akan berukuran sama dengan garis A dan saling terhubung (linked), Sehingga jika garis Adiubah ukurannya, misal 80 mm, maka garis B juga akan mengikuti.Sekarang 2 buah garis yang sudah membentuk L tersebut kita beri radius.Klik radius.
  4. 4. Arahkan kursor pada titik perpotongan antara garis A dan B dan klik di situ. Kemudian tentukan besarradius, misal 20 mm. Dan tekan centang. Maka radius akan terbentuk.Catatan : apabila ketika memberikan radius muncul kotak dialog seperti gambar berikut, maka abaikansaja dan tekan YES. Karena pada dasarnya radius hanya boleh diberikan ketika part sudah dalam bentuk3D. Namun untuk beberapa kasus, seperti proyek ini salah satunya, hal tersebut bukan masalah.Selanjutnya, klik extruded boss/base.
  5. 5. Arahkan kursor pada sketch yang telah dibuat tadi, dan klik kiri sketch tersebut. Maka akan munculbayangan kuning seperti gambar berikut.Selanjutnya atur bentuk extrude dalam sketch plane (1), arah extrude adalah tengah/mid plane (2), aturpanjang extrude, misal 100 mm (3), berhubung ini cuma garis saja, maka otomatis jenis extrude adalahthin feature, atur posisi thin feature pada mid plane dan atur ketebalan extrude, misal 10 mm (4).Kemudian tekan centang/ ENTER.
  6. 6. Maka hasilnya akan seperti ini kurang lebih.Selanjutnya, saatnya pemberian rib/penyangga/rusuk. Klik reference geometry > plane.Klik kiri bagian ini.
  7. 7. Klik kiri lagi pada bagian ini.Maka terbentuklah plane baru tepat pada bagian tengah part tersebut. Plane tersebut berfungsi untuklandasan pembuatan sketch untuk pembentukan rib.Klik kiri pada plane tersebut (1) dan pilih sketch(2).
  8. 8. Klik line.Kemudian buatlah garis tepat pada edge masing-masing ujung siku, seperti gambar berikut. Setelahselesai, kemudian exit sketch. Garis tersebut kita namakan garis C.Klik rib, lalu arahkan kursor pada garis C.
  9. 9. Pada thickness, pilih tengah, atur ukuran rib, misal 5 mm, untuk extrusion direction, pilih yang sebelahkiri.Kemudian pastikan arah extrusion adalah ke dalam. Dengan melakukan pengaturan pada button flipmaterial side.Dan rib telah terbentuk.
  10. 10. Plane tengah dan sketch masih terlihat. Jika dirasa mengganggu dapat disembunyikan. Pada prosespembuatan dari awal tadi, terdapat 2 sketch dan 1 plane yang telah dibuat.Cara untuk menyembunyikan komponen tersebut adalah :Klik kiri pada komponen nomor 1 (sketch 2), kemudian pilih hide.Lakukan hal yang sama dengan komponen nomor 2 dan 3.Dan inilah hasil akhirnya.SELESAI.Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum...

×