Dakwah rasulullah periode madinah

33,532 views

Published on

Mengenai penjelasan dakwah rasulullah periode madinah

Published in: Education
0 Comments
16 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
33,532
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
9
Actions
Shares
0
Downloads
714
Comments
0
Likes
16
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • PerjanjianAqabah 1 : Padatahun 621 M telahdatang 13 orangpendudukYastribuntukmenemuiNabi Muhammad dibukitAqabahdanmerekaberikrarmasukislamPerjanjianAqabah 2 : Padatahun 622 M datanglagisebanyak 73 orangYastribkeMekkahuntukmelakukanhajitetapisesungguhnyakedatanganmerekauntukmenjumpaiRasulullahdanmengundang agar pindahkeYastrib . MerekaberjanjiakanmembeladanmempertahankansertamelindungiRasulullahbesertapengikutdankeluarganyasepertimelindungikeluargamerekasendiri. AkhirnyaRasulullah saw menyuruhsahabat-sahabatNabiberpindah (hijrah) bersama.
  • Dakwah rasulullah periode madinah

    1. 1. By : Kelompok 6 Syam Rizal Vita Mustika Sari Yola Amalia Yudhistira Yunike Permata
    2. 2. Pada bab ini kita akan membahas tentang ‘ Dakwah Rasulullah Periode Madinah ‘ dengan 4 sub bagian meliputi :a) Hijrah Nabi Muhammad saw ke Yastrib (Madinah)b) Akhir Periode Dakwah Rasulullah di Kota Mekkahc) Substansi dan Strategi Dakwah Rasulullah saw Periode Madinahd) Hikmah Sejarah Dakwah Rasulullah saw periode Madinah
    3. 3. Faktor-faktor yang mendorong hijrahnya Nabi Muhammad keMadinah :1. Tandanya perkembangan dakwah Islam Yastrib karena terjadi perjanjian Aqabah I dan Aqabah II.2. Ada rencana pembunuhan terhadap Rasulullah saw oleh kaum Quraisy yang kesepakatannya di putuskan oleh pemuka-pemuka Quraisy di Darun Nadwah. Mereka menyatakan bahwa :a) Mereka sangat khawatir apabila Muhammad dan pengikutnya telah berkuasa pasti Muhammad akan menyerang kafilah dagang Quraisy yang pulang pergi ke Syam.b) Mereka akan membunuh Muhammad sebelum ia ikut pindah ke Yastribc) Mereka menyusun rencana pembunuhan Muhammad dengan cara mengepung rumah Nabi dan akan membunuhnya ketika Rasulullah akan melakukan shalat Subuh.
    4. 4. Dengan hijrahnya Rasulullah dari Mekkah ini berakhirlahperiode pertama dakwah di Mekkah. Lebih kurang 13 tahunlamanya, beliau berjuang menyerukan Islam di tengahmasyarakat Mekkah. Sebelum memasuki kota Yastrib, Rasulullah singgah diQuba. Disini Rasulullah mendirikan sebuah masjid yangbernama Masjid Quba. Tepat pada Jum’at 12 Rabi’ul Awwal tahun1 Hijriah, Rasulullah, Abu Bakar dan Ali Bin Abi Thalib telahmemasuki kota Yastrib. Mereka mendapat sambutan penuh haru,hormat dan diiringi puji-pujian dari seluruh masyarakatMadinah. Pada hari itu juga, Rasulullah mengadakan shalatJumat yang pertama kali dan berkhutbah di hadapan kaumMuhajirin dan kaum Anshar. Sejak saat itu kota Yastrib berubah namanya menjadiMadinah Nabi atau Madinah Rasul. Orang yang pindah/ hijrahmendapat sebutan Muhajirin dan penduduk asli Madinahdisebut Anshar yang artinya pembela.
    5. 5. Beberapa hal yang dilakukan oleh Rasulullah saw yang berkaitandengan substansi dan strategi dakwah pada periode Madinahantara lain : Membina masyarakat muslim melalui persaudaraan antara kaum Muhajirin dan Anshar. Memelihara dan mempertahankan masyarakat muslim. Rasulullah membuat perjanjian persahabatan dan perdamaian dengan kaum Yahudi yang berdiam di dalam kota Madinah, isi perjanjian itu antara lain : a. Kebebasan beragama. b. Semua lapisan baik Yahudi maupun muslimin harus tetap tolong menolong dan saling membantu untuk mempertahankan kota apabila ada serangan dari luar. c. Apabila terjadi perselisihan antara muslim dan Yahudi maka urusan tersebut diserahkan kepada Alah dan rasul (Al Qur’an dan hadist) d. Mengakui dan menaati kesatuan pimpinan untuk kota Madinah yang disetujui dipegang oleh Nabi Muhammad.
    6. 6.  Meletakkan dasar-dasar politik, ekonomi , dan sosial untuk masyarakat Islam. Melalui wahyu yang turun di kota Madinah dimana sebagian besar berkaitan dengan pembinaan hukum Islam, Nabi Muhammad dapat menetapkan dasar- dasar yang kuat bagi masyarakat muslim dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan dasar-dasar yang kokoh ini terbentuk sebuah masyarakat dan pemerintahan Islam sehingga terwujud baldatun tayyibatun warabbun gafur yaitu suatu negara yang aman, makmur dengan limpahan karunia Allah yang Mahakasih. Nama lain dari kota Madinah adalah Madinatul Munawwarah yang artinya ‘kota yang bercahaya’.
    7. 7. Beberapa hikmah yang dapat diambil dari sejarah dakwahdan pengembangan islam dalam periode Madinah antaralain :1. Terjalinnya persaudaraan sebagaimana oleh kaum Muhajirin dan Anshar2. Sikap menjaga persatuan dan saling menghormati antarsesama pemeluk agama dapat terwuju dengan mengadakan perjanjian dan berkomitmen menepati janji seperti halnya yang dilakukan oleh kaum muslimin dan Yahudi Madinah3. Memahami dan menyadari bahwa kita wajib menjalin hubungan yang baik dengan Allah dan sesama manusia

    ×