Your SlideShare is downloading. ×
SMSGATEWAY
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

SMSGATEWAY

6,578

Published on

Published in: Education
1 Comment
4 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
6,578
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
511
Comments
1
Likes
4
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Dewasa ini, perkembangan teknologi peradaban manusia semakin canggih ,hal ini di tandai dengan banyaknya teknologi yang mempercepat pekerjaan manusia itu sendiri, salah satu bentuk teknologi adalah Teknologi komputer pemanfaatan teknologi komputer dapat memberikan harapan bagi perkembangan teknologi informasi bagi peradaban manusia. Perkembangan teknologi informasi sekarang ini sangat mendorong penggunaan dan pemanfaatan informasi di segala bidang, dimana dengan menggunakan teknologi informasi berbasis komputer serta sms yang mulai dikembangkan sebagai media perantara yang dinamakan SMS Gateway menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh manusia di dalam menjalankan kegiatansepertimenginformasikan stok barang atau mempromosikan produknya. Menurut Ardana (2004:35) SMS Gateway merupakan suatu alat yang fungsinya sebagai sebuah penghubung atau jembatan antara aplikasi atau sistem dengan mobile phone. Pesan-pesan SMS dikirim dari sebuah telepon genggam ke pusat pesan yaitu Short Message Service Centre (SMSC), disini pesan disimpan dan dikirim selama beberapa kali.Setelah sebuah waktu yang telah ditentukan, biasanya satu atau dua hari, lalu pesan dihapus.Seorang pengguna bisa mendapatkan konfirmasi dari pusat pesan ini.
  • 2. 2 Menurut Ristono (2009) inventory atau persediaan(stok barang) adalah suatu teknik untuk manajemen material yang berkaitan dengan persediaan. Manajemen material dalam inventory dilakukan dengan beberapa input yang digunakan yaitu : permintaan yang terjadi (demand) dan biaya-biaya yang terkait dengan penyimpanan, serta biaya apabila terjadi kekurangan persediaan (shortage). Oleh karena itu, Perusahaan INDOMARETLhokseumawe membutuhkan suatu sistem pengecekanstok barang yang dapat membantu proses dokumentasi data dan mengatasi permasalahan kehilangan data. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi, membuat proses pengecekan barang menjadi lebih cepat sehingga pendapatan yang diperoleh juga semakin banyak. Dari latar belakang masalah diatas maka penulis mengangkat judul “Desain Dan Implementasi Perancangan Sistem Aplikasi Pengecekan Stok Barang Pada Perusahaan Indomaret Berbasis SMS Gateway”. 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas, penulis dapat membuat suatu rumusan masalah yaitu bagaimana merancang sistem aplikasi pengecekan stok barang pada perusahaan Indomaret berbasis SMS Gateway dengan menggunakan PHP dan MySQL.
  • 3. 3 1.3 Batasan Masalah Untuk mengidentifikasi permasalahan dan menghindari terjadinya pelebaran masalah yang akan diuraikan agar sesuai dengan judul yang disajikan, maka pembahasan mengenai: 1. Terbatas Pada Menginput data barang masuk, data barang keluar dan permintaan stok barang. 2. Perancangan Sistem menggunakan modem huwai GSM. 3. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan PHP dan didukung denganmenggunakan sistem database menggunakan MySQL. 4. Data penjualan yang di gunakan adalah data dari Perusahaan Indomaret periode 2013 1.4 Tujuan penelitian Merancang suatu sistem aplikasi pengecekan barang yang terintegrasi antara admin dan pemakai yang membutuhkan informasi penyediaan barang sehinga membantu penyediaan dan pendistribusian barang yang cepat. 1.5 Manfaat Penelitian Adapun manfaat yang dapat diambil sebagai berikut: 1. Mengurangi kehilangan data barang, sehingga persediaan data stok barang tidak bergeser. 2. Dapat meminimalisir waktu yang ada agar dapat fokous dalam sistem penjualan.
  • 4. 4 3. Mendukung penyediaan informasi yang cepat, tepat dan akurat mengenai data-data barang yang ada. 1.6 Metode Penelitian Skripsi ini dikembangkan dengan metode SDLC jenis waterfall.Pemilihan model ini dilakukan karena melihat dari ruang lingkup sistem yang tidak terlalu luas sehingga waterfall cocok untuk digunakakan. Adapun tahapannya sebagai berikut: 1. Identifikasi Kebutuhan Sistem Seluruh kebutuhan Aplikasi harus bisa didapatkan dalam tahap ini, termasuk didalamnya kegunaan Aplikasi yang diharapkan pengguna dan batasan Aplikasi.Informasi ini biasanya dapat diperoleh melalui wawancara, survey atau diskusi.Informasi tersebut dianalisis untuk mendapatkan dokumentasi kebutuhan pengguna untuk digunakan pada tahap selanjutnya. 2. Desain Sistem dan Perangakat Lunak Tahap ini dilakukan sebelum melakukan coding.Tahap ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang seharusnya dikerjakan dan bagaimana tampilannya.Tahap ini membantu dalam menspesifikasikan kebutuhan hardware dan sistem serta mendefinisikan arsitektur sistem secara keseluruhan.
  • 5. 5 3. Implementasi dan Pengujian Unit Dalam tahap ini dilakukan pemrograman. Pembuatan Aplikasi dipecah menjadi modul-modul kecil yang nantinya akan digabungkan dalam tahap berikutnya. Selain itu dalam tahap ini juga dilakukan pemeriksaaan terhadap modul yang dibuat, apakah sudah memenuhi fungsi yang diinginkan atau belum. 4. Intregrasi dan Pengujian Modular Di tahap ini dilakukan penggabungan modul-modul yang sudah dibuat dan dilakukan pengujian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Aplikasi yang dibuat telah sesuai dengan desainnya dan masih terdapat kesalahan atau tidak. 5. Operasional dan Pemeliharaan Ini merupakan tahap terakhir dalam model Waterfall. Aplikasi yang sudah jadi dijalankan serta dilakukan pemeliharaan. Pemeliharaan termasuk dalam memperbaiki kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya. Perbaikan implementasi unit sistem dan peningkatan jasa sistem sebagai kebutuhan baru. (Gulo,2005) 1.7 Sistematika Penuliasan Dalam penulisan proposal skripsi ini penulis menyajikan beberapa kelompok uraian dan pembahasan yang tersusun dalam suatu sistematika penulisan, sehingga mempermudah dalam memahami maksud dan tujuan dalam penulisan.
  • 6. 6 BAB I PENDAHULUAN Dalam bab ini dijelaskan tentang latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, Metode Penelitian, dan sistematika penulisan. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Bab ini menjelaskan Tinjauan pustaka memuat uraian sistematis tentang informasi hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dan menghubungkannya dengan masalah penelitian yang sedang di teliti .fakta-fakta yang dikemukakan sejauh mungkin di acu dari sumber aslinya ,dengan cara mengikuti cara kutipan nama-tahun dalam kurung biasa. BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM Pada analisa dan perancangan sistem memuat tentang analisa kebutuhan dari sistem yang akan dibuat, beserta rancangan sistem.
  • 7. 7 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Penelitian Sebelumnya Pada bagian ini akan dipaparkan penjelasan tentang tinjauan pustaka yang dipakai dalam Desain dan Implementasi Sistem Pengecekan Stok Barang Pada Perusahhaan Indomaret Berbasis SMS Gateway. Tinjauan Pustaka tersebut adalah hasil penelitian terdahulu tentang informasi hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dan menghubungkan dengan masalah yang sedang diteliti. Hasil Penelitian yang dilakukan oleh Much Yanto tentang”PERANCANGAN APLIKASI SALES & ORDER BERBASIS SMS GATEWAY STUDY KASUS PT. INTI CAKEAWALA CITRA”Penelitian tentang Kegiatan pemesanan barang merupakan kegiatan awal dalam proses bisnis dari sebuah perusahaan retail seperti PT.Inti Cakrawala Citra semestinya menawarkan kemudahan khususnya dari sisi costumer .Hal ini terkait dengan pengguna teknologi agar mampu bersaing dengan memberikan kemudahan dalam hal pemesanan barang tanpa melakukan aturan-aturan yang berlaku. Dengan rancangan system informasi sales dan order bebasis SMS gateway diharapkan memberikan solusi terhadap masalah order yang selama ini masih manual .Hal ini tidak lepas dari Keberadaan infrastruktur jaringan komunikasi seluler yang sudah menyebar hampir di seluruh wilayah. Gammu adalah nama sebuah project yang di tunjukan untuk memebangun aplikasi,script dan drivers yang dapat di gunakan untuk semua fungsi yang memungkinkan pada telepon seluler atau alat sejenisnya
  • 8. 8 sekarang Gammu telah menyediakan codebase yang stabil dan mapan untuk berbagai macam telepon yang ada di pasaran di bandingkan dengan project sejenis. (www.gammu.org) Mekanisme kerja Gammu; Ada dua mekanisme kerja dari gammu yaitusebagai aplikasi dan sebagai Deamon.Gammu sebagaiaplikasi akan bekerja ketika perintah gammu di jalankan pada lingkungan shell beserta perintahnya disertakan sesuai fungsi yang di inginkan.Mencoba membuat program sederhana yang mengunakan bahasa pemrograman PHP sebagai Interface nya, MYSQL sebagai back end-nya dan Gammu sebagai tools penghubung antara device modem dengan computer untuk itu judul yang di ambil. “ Perancangan Aplikasi Sales & Order Berbasis SMS Gateway.PePerancangan Sistem informasi meruakan sistem baru dari sistem lama yang ada .Dalam merancang sistem informasi biasanya didahului oleh dokumen permintaan sistem yang akan di rancang (Alan Dennis et al.,2005:63).Toko merupakan bangunan atau tempat kebutuhan kita sehari-hari .Toko dipimpin oleh seorang Manager Operational.Proses pemesanan dari coustumer merupakan bagian dari kegiatan penerimaan bisnis dari PT.Inti Cakrawala Citra. Sebelum proses perancangan suatu aplikasi,perlu dilakukan anlisis masalah untuk mendapatkan rumusan masalah yang ada dan usulan untuk mendapatkan suatu solusi. proses pemesanan barang untuk member bertipe khusus saat ini masih menggunakan sistem manual semuanya serba manual dari mulai proses sampai barang dikirim ke member.Data yang di berikan member adalah data yang tidak update tepatnya dat pricelist dan stok tangga sebelumnya.Metode pengujian dilakukan untuk menguji system
  • 9. 9 pendaftaran siswa baru berbasis SMS Gateway adalah black box tesing. (Much Yanto: 2012). Penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Arafahtentang “APLIKASI SISTEM INFORMASIBERBASIS SMS( Short Message Service) GATEWAYPADA PT. MEGA AUTO FINANCE MAKASSAR” Penelitian ini bertujuan memberikan memudahkan bagi karyawan dalam menyampaikan informasi kepada para konsumen PT. Mega Auto Finance, dan konsumen dapat mengakses informasi yang dibutuhkan lewat telepon seluler dengan format SMS. Aplikasi sistem informasi berbasis SMS Gateway dirancang dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan data base MySQL serta aplikasi gammu yang berfungsi untuk menghubungkan antara komputer dengan ponsel. Dalam pembuatan aplikasi sistem informasi berbasis SMS Gateway terdapat beberapa layanan yang diberikan yakni, Informasi jadwal jatuh tempo pembayaran konsumen, SMS broadcast, Checklist konsumen, pengumuman serta layanan saran dan masukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya perangkat lunak berupa aplikasi sistem informasi berbasis SMS Gateway akan meringankan beban kerja karyawan dalam memberikan informasi ke pada para konsumennya, sedangkan para konsumen akan mendapatkan pelayanan yang cepat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan.Aplikasi sistem informasi SMSGateway dapat menerima pesan dan juga dapat merespon secara otomatis setiap pesan yang masuk.Hal ini tentunya dapat membantu pengambilan keputusan secara cepat dan tepat dan dapat bekerja pada setiap waktu yang di inginkan. PT. Mega Auto Finance Cabang Makassar adalah suatu perusahaan swasta yang bergerak di
  • 10. 10 bidang pembiayaan sepeda motor, Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah: Merancang sebuah aplikasi sistem informasi berbasis SMS (Sort Message Service) Gateway. Untuk memberikan kemudahan dalam pemberian informasi bagi para konsumen PT. Mega Auto Finance Makassar,Menguraikan proses pembuatan aplikasi sistem Informasi SMS Gateway yang berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySql serta pemanfaatan aplikasi Gammu. Gateway diartikan sebagai pintu gerbang, namun pada dunia komputer, gateway dapat berarti juga sebagai jembatan penghubung antar satu sistem dengan sistem lain yang berbeda, sehingga dapat terjadi suatu pertukaran data antar sistem tersebut. Dengan demikian, SMS gateway dapat diartikan sebagai suatu penghubung untuk lalu lintas data SMS ( Short Message Service), baik yang dikirimkan maupun yang diterima ( Oetomo, 2003:47) . Perancangan basis data pada sistem system informasi berbasis sms gateway ini, dimaksudkan untuk mempermudah hubungan-hubungan antar tabel satu dengan tabel lainnya. ( M. Arafah:2012) 2.2 Sistem Menurut Febrian, 2007 dalam bukunya yang berjudul Kamus Komputer & Teknologi Informasi, Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Esensinya sistem terdiri dari : 1. Komponen-komponen dalam sistem tersebut, mencakup hardware, software, prosedur, dan brainware, serta informasi itu sendiri.
  • 11. 11 2. Fungsi-fungsi teknologi di dalamnya yaitu: input, proses, output, penyimpanan dan komunikasi. 2.2.1 Sistem Sms Gateway Menurut Ardana (2004:35) SMS Gateway merupakan suatu alat yang fungsinya sebagai sebuah penghubung atau jembatan antara aplikasi atau sistem dengan mobile phone. Pesan-pesan SMS dikirim dari sebuah telepon genggam ke pusat pesan yaitu Short Message Service Centre (SMSC), disini pesan disimpan dan dikirim selama beberapa kali.Setelah sebuah waktu yang telah ditentukan, biasanya satu atau dua hari, lalu pesan dihapus.Seorang pengguna bisa mendapatkan konfirmasi dari pusat pesan ini. Dengan Short Message Service (SMS), pengguna HP GSM dapat mengirim dan menerima berita/message singkat (biasanya sampai dengan 160 karakter). Text dapat berupa kata atau nomor atau kombinasi alphanumeric. SMS diciptakan sebagai bagian dari standart GSM Phase 1. Short message pertama yang dikirimkan adalah pada bulan Desember 1992 dari sebuah Personal Computer (PC) ke sebuah hp pada network Vodafone GSM di Inggris. Kalau short message ini dilakukan dengan huruf latin maka 160 karakter yang dapat dikirim, apabila non-latin seperti huruf Arab atau Cina jumlah karakter adalah 70. Cara kerja SMS yaitu seluruh operator GSM network mempunyai Message Centre, yang bertanggung jawab terhadap pengoperasian atau manejemen dari beberapa berita yang ada. Bila seseorang mengirim berita kepada orang lain dengan hpnya, maka berita ini harus melewati Message Centre dari operator
  • 12. 12 network tersebut, dan MC ini dengan segera dapat menemukan sipenerima berita tersebut. MC ini menambah berita tersebut dengan tanggal, waktu dan nomor dari si pengirim berita dan mengirim berita tersebut kepada si penerima berita. Apabila hp penerima sedang tidak aktif, maka MC akan menyimpan berita tersebut dan akan segera mengirimnya apabila Hp penerima terhubung dengan network atau aktif. 2.2.2 2.2.2.1 Konsep Dasar Sms Gateway SMS (Short Message Service) SMS (Short Message Service) merupakan salah satu fitur GSM yang dikembangkan oleh ETSI (Eurpean Telecommunications Standards Institude) untuk mengirim atau menerima pesan singkat.(Komputer, 2005) .SMS adalah layanan pesan singkat berbasis (teks) dengan media komunikasi handphone.Pesan teks yang biasa digunakan adalah huruf, angka. Satu paket pesan teks biasanya berkapasitas 160 karakter huruf latin. 2.2.2.2 SMS Gateway SMS Gateway adalah suatu sistem yang menjembatani antara handphone dengan sistem yang menjadi server dengan SMS sebagai informasinya.SMS Gateway tidak memerlukan koneksi internet manapun karena sifatnya memang bekerja sendirian (stand alone).SMS Gateway memerlukan satu atau beberapa buah terminal.Pemilihan banyak terminal akan menjadikan pengiriman dan penerimaan SMS semakin cepat. (Budicahyanto, 2003)
  • 13. 13 Pada SMS Gateway, data yang dikirimkan ke telepon seluler peminta sebagai respon atas permintaan tersebut. Data-data yang disediakan oleh penyedia data dikelompokkan dengan kode-kode tertentu yang sudah distandarkan dan sudah terbentuk format tertentu yang disesuiakan dengan kemampuan SMS.Jadi peminta dapat memilih data mana yang diinginkan dengan mengirimkan kode tertentu yang sudah distandarkan tadi. 2.2.3 Komponen Pendukung SMS Gateway a) PC atau laptop (sms server) yang digunakan untuk meletakkan aplikasi SMS Gateway dan admnistrasi yang akan dibangun. b) Handphone (Receiver) yang digunakan untuk menerima sms dalam hal ini sms yang telah dikirim oleh handphone pemakai (orginator). c) Handphone (Orginatur) yang digunakan untuk mengirimkan sms ke handphone (receiver). d) Kabel data yang digunakan untuk pentransferan sms dari handphone (receiver) ke PC atau laptop dan sebaliknya. Bila menghubungkan ponsel melalui port serial tidak akan dapat terdeteksi secara otomatis oleh komputer. Jika menggunakan kabel data kestabilan koneksinya tidak akan terputus selama kabelnya tidak dicabut. 2.2.4 Keuntungan SMS Gateway a) Dapat mengotomisasi pesan-pesan yang ingin dikirim. Dengan menggunakan program tambahan yang dapat dibuat sendiri, pengirim
  • 14. 14 pesan dapat lebih fleksibel dalam mengirim berita karena biasanya pesan yang ingin dikirim berbeda-beda untuk masing-masing penerimanya. b) Dapat menyebarkan pesan ke ratusan nomor secara otomatis dan cepat yang langsung terhubung dengan database nomor-nomor ponsel saja tanpa harus mengetik ratusan nomor dan pesan di ponsel karena semua nomor akan diambil secara otomatis dari database,sehingga sangat menghematkan waktu. c) SMS Gateway merupakan pintu gerbang bagi penyebaran informasi dengan menggunakan SMS. d) Selain itu, kebutuhan untuk SMS Gateway juga tidak perlu berlebihan karena hanya menggunakan sebuah PC dengan menggunakan sebuah handphone, modem, dan kartu GSM, dan sebuah program yang dibangun sendiri khususnya bahasa pemograman PHP yang berfungsi sebagai pesan. Dengan menggunakan program tambahan yang dapat dibuat sendiri, pengirim pesan dapat lebih fleksibel. 2.2.5 Kekurangan SMS Gateway a) Tidak mendukung pengiriman sms dalam bentuk gambar dan suara melainkan dalam bentuk teks saja. b) Jika terdapat gangguan pada jaringan telekomunikasi, maka sistem tidak dapat secara otomatis mengirim ulang pesan yang telah dikirimkan.
  • 15. 15 2.2.6 ModelSMSGateway Beberapa fitur atau model yang umum dikembangkan dalam aplikasi SMS gateway adalah (Budicahyanto, 2003): a) Auto Reply SMS gateway secara otomatis akan membalas SMS yang masuk. Pengirim mengirimkan SMS dengan format tertentu yang dikenali aplikasi, kemudian aplikasi dapat melakukan auto-reply dengan membalas SMS tersebut, berisi informasi yang dibutuhkan. b) Pengiriman Masal Disebut juga dengan istilah SMS broadcast atau jenis sms satu arah ke banyak nomor tujuan yang bertujuan untuk mengirimkan SMS ke banyak tujuan sekaligus. c) Pengiriman Terjadwal Sebuah SMS dapat diatur untuk dikirimkan ke tujuan secara otomatis pada waktu tertentu.Contohnya untuk keperluan mengucapkan selamat ulang tahun. 2.2.7 Mekanisme Kerja SMS Gateway Ketika Pelanggan mengirim SMSke sistem, maka SMSakan masuk terlebih dahulu ke SMS Center (SMSC) operator telepon yang digunakan. SMSCenter sendiri dapat diartikan sebuah server yang bertanggung jawab pada proses pengiriman SMS dalam suatu operator. Dari SMSCitu akan diambil oleh Gammu dan dimasukkan ke dalam tabel inbox, selanjutnyaakan diproses oleh
  • 16. 16 PHP. Pesan yang diproses dianamakan autoreply.Autoreply SMSakan di-query melalui PHP kemudian dimasukkan ke dalam tabel outbox. Autoreply pada tabel outbox disalin ke dalam tabel sentitems. Autoreply pada tabel sentitems diambil oleh Gammu kembali dan dikirim ke SMSC dan selanjutnya dikirm ke handphone pelanggan. Dan ketika sistem mengirim suatu SMSke banyak nomor, SMSyang dikirimkan tidak akan langsung dikirimkan ke nomor tersebut, namun akan masuk terlebih dahulu ke SMS Center (SMSC), kemudian baru diteruskan ke nomor tujuan SMStersebut. Bila nomor yang dituju ternyata sedang mati/offline, SMSCakan menyimpan SMStersebut untuk sementara waktu, hingga nomor tujuan hidup kembali. Lamanya waktu penyimpanan SMSsangat tergantung dari lamanya waktu yang telah ditetapkan oleh operator untuk menyimpan SMStersebut. Nomor yang telah menerima SMSakan mengirimkan laporan ke SMSC bahwa SMStelah diterima. 2.2.8 Short Message Service Center Short Message Service Center (SMSC) adalah kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak yang bertanggung jawab memperkuat, menyimpan dan meneruskan pesan pendek antara SME dan piranti bergerak.SMSC harus memiliki kehandalan, kapasitas pelanggan, dan throughtput pesan yang tinggi. Selain itu, SMSC juga harus dapat diskalakan dengan mudah untuk mengakomodasi peningkatan permintaan SMS dalam jaringan yang ada (Oetomo,2003:43). a) SMS-Gateway dan SMS-Interworking Mobile Switching Center
  • 17. 17 SMS GatewayMobile Switching Center (SMS-GMSC) adalah sebuah aplikasi MSC yang mampu menerima pesan singkat dari SMSC, menginterogasi home location register (HLR) untuk informasi routing, dan mengirimkan pesan pendek tersebut ke MSC dari piranti bergerak yang dituju. SMS interworking Mobile Switching Center (SMS-IWMSC) adalah aplikasi MSC yang mampu menerima pesan pendek dari jaringan bergerak dan mengirimkannya ke SMSCyang tepat.SMS-GMSC/SMS-IWMSC biasanya terintegrasi dengan SMS (Oetomo, 2003:43). b) Telepon /Modem GSM Eropa jelas lebih beruntung, mereka telah menyadari bahwa sistem telepon baru tidak dapat mengakomodasi beberapa frekuensi.Karena itu dia memutuskan untuk mulai membangun pada struktur radio seluler secara digital penuh.Ternyata pilihan ini adalah pilihan yang sangat tepat pada waktu itu. Mereka telah memetakan standar wirelessyang baru setelah jalur telepon ISDN (Integrated Service Digital Network)dibangun. Service baru ini disebut GSM.GSM pada awalnya adalah singkatan dari Groupe Special Mobile.Setelah menjadi standar internasional, akhirnya dikenal sebagai Global System for Mobile Communications (GSM).Standar digital pertama di Eropa, pengembangan ini digunakan untuk memberikan jaminan kompatibilitas selular di seluruh Eropa.Kesuksesan ini ternyata telah menyebar ke suluruh dunia sehingga lebih dari 80 jaringan GSM telah dioperasionalkan.Teknologi ini dioperasionalkan pada 900 dan 1800 MHZ pada seluruh bagian di Eropa
  • 18. 18 dan Inggris.Di beberapa bagian Amerika menggunakn frekuensi 1900 MHZ dan menggunkan TDMA base.Berikut ini beberapa contoh AT commands untuk GSM yang umum digunakan (Mulyanta, 2005:9). 2.3 Stok Barang Menurut Ristono (2009) persediaan dapat diartikan sebagai barang- barangyang disimpan untuk digunakan atau dijual pada masa atau periode yang akandatang. Persediaan terdiri dari persediaan bahan baku, persediaan bahan setengahjadi dan persediaan barang jadi. Persediaan bahan baku dan bahan setengah jadidisimpan sebelum digunakan atau dimasukkan ke dalam proses produksi,sedangkan persediaan barang jadi atau barang dagangan disimpan sebelum dijualatau dipasarkan. Dengan demikian setiap perusahaan yang melakukan kegiatanusaha umumnya memiliki persediaan.Perusahaan yang melakukan kegiatan produksi (industri manufaktur) akanmemiliki tiga jenis persediaan, yaitu : 1. Persediaan bahan baku dan penolong. 2. Persediaan bahan setengah jadi. 3. Persediaan barang jadi. Sedangkan jenispersediaan, perusahaan yaitu perdagangan persediaan barang minimal dagangan. memiliki Adanya satu berbagai macampersediaan ini menuntut pengusaha untuk melakukan tindakan yang berbeda untukmasing-masing persediaan, dan ini akan sangat terkait dengan permasalahan lainseperti masalah peramalan kebutuhan bahan baku serta
  • 19. 19 peramalan penjualan ataupermintaan konsumen. Bila melakukan kesalahan dalam menetapkan besarnyapersediaan maka akan berdampak ke masalah lain, misalnya tidak terpenuhinyapermintaan konsumen atau bahkan berlebihan persediaan sehingga tidaksemuanya terjual, timbulnya biaya ekstra penyimpanan atau pesanan bahan dansebagainya.Persediaan merupakan suatu model yang umum digunakan untukmenyelesaikan masalah yang terkait dengan usaha pengendalian bahan bakumaupun barang jadi dalam suatu aktifitas perusahaan. Ciri khas dari modelpersediaan adalah solusi optimalnya difokuskan untuk menjamin pesediaandengan biaya yang serendah rendahnya. Menurut Ristono (2009) inventory atau persediaan adalah suatu teknikuntuk manajemen material yang berkaitan dengan persediaan. Manajemenmaterial dalam inventory dilakukan dengan beberapa input yang digunakan yaitu :permintaan yang terjadi (demand) dan biaya-biaya yang terkait denganpenyimpanan, serta biaya apabila terjadi kekurangan persediaan (shortage).Secara teknis, inventory adalah suatu teknik yang berkaitan denganpenetapan terhadap besarnya persediaan bahan yang harus diadakan untukmenjamin kelancaran dalam kegiatan operasi produksi, serta menetapkan jadwalpengadaan dan jumlah pemesanan barang yang seharusnya dilakukan olehperusahaan. Penetapan jadwal dan jumlah pemesanan yang harus dipesanmerupakan pernyataan dasaryang harus terjawab dalam pengendalian persediaan.Pengendalian pengadaan persediaan perlu diperhatikan karena berkaitanlangsung dengan biaya yang harus ditanggung perusahaan sebagai akibat adanyapersediaan.Olehsebab itu, persediaan yang ada harus
  • 20. 20 seimbangdengankebutuhan,karena persediaan yang terlalu banyak akan mengakibatkanperusahaan menanggung risiko kerusakan dan biaya penyimpanan yang tinggidisamping biaya investasi yang besar.Tetapijika terjadikekurangan persediaanakan berakibat terganggunya kelancaran dalam proses produksinya. Olehkarenanya diharapkan terjadi keseimbangan dalam pengadaan persediaansehingga biaya dapat ditekan seminimal mungkin dan dapat memperlancarjalannya proses poduksi. Menurut Ristono (2009) beberapa pengertian persediaan menurut para ahliadalah sebagai berikut : a) Suatu kegiatan untuk menentukan tingkat dan komposisi dari part ataubagian, bahan baku dan barang hasil produksi, sehingga perusahaan dapatmelindungikelancaran produksi dan penjualan serta kebutuhanpembelanjaan perusahaan dengan efektif dan efisien. b) Serangkaian kebijakan dengan sistem pengedalian yang memonitor tingkatpersediaan yang harus dijaga kapan persediaan harus diisi dan berapa pesanan yang harus dilakukanBerdasarkan kedua pengertian di atas, maka dapat diambil kesimpulanbahwa pengertian pengendalian persediaan merupakan suatu usaha memonitordan menentukan tingkat komposisi bahan yang optimal dalam menunjangkelancaran dan efektifitas serta efisiensi dalam kegiatan perusahaan. 2.3.1 Faktor Biaya Persediaan
  • 21. 21 Dikarenakan persediaan merupakan salah satu faktor yang menentukankelancaran produksi dan penjualan, maka persediaan harus dikelola secara tepat.Dalam hal ini perusahaan harus dapat menentukan jumlah persediaan optimal,sehingga disatu sisi kontinuitas produksi dapat terjaga dan pada sisi lainperusahaan dapat memperoleh keuntungan, karena perusahaan dapat memenuhisetiap permintaan yang datang. Karena persediaan yang kurang akan sama tidakbaiknya dengan persediaan yang berlebihan, sebab kondisi keduanya memilikibeban dan akibat masing-masing.Bila persediaan kurang, maka perusahaan tidak akan dapat memenuhisemua permintaan sehingga akibatnya pelanggan akan kecewa dan beralih keperusahaan lainnya. Sebaliknya, bila persediaan berlebih, ada beberapa bebanyang harus ditanggung, yaitu : 1. Biaya penyimpanan di gudang, semakin banyak barang yang disimpanmaka akan semakin besar biaya penyimpanannya. 2. Risiko kerusakan barang, semakin lama barang tersimpan di gudang makarisiko kerusakan barang semakin tinggi. 3. Risiko keusangan barang, barang-barang yang tersimpan lama akan “out ofdate” atau ketinggalan jaman. 2.3.2 Tujuan Pengelolaan Persediaan (Stok Barang) Suatu pengendalian persediaan yang dijalankan oleh suatu perusahaansudah tentu memiliki tujuan-tujuan tertentu. Pengendalian persediaan yangdijalankan adalah untuk menjaga tingkat persediaan pada tingkat yang optimalsehingga diperoleh penghematan-penghematan untuk persediaan tersebut.
  • 22. 22 Halinilah yang dianggap penting untuk dilakukan perhitungan persediaan sehinggadapat menunjukkan tingkat persediaan yang sesuai dengan kebutuhan dan dapatmenjaga kontinuitas produksi dengan pengorbanan atau pengeluaran biaya yangekonomis.Dengan demikian yang dimaksud dengan pengelolaan persediaan adalah“Kegiatan dalam memperkirakan jumlah persediaan (bahan baku dan penolong)yang tepat, dengan jumlah yang tidak terlalu besar dan tidak pula kurang atausedikit dibandingkan dengan kebutuhan atau permintaan”. Dari pengertiantersebut, maka tujuan pengelolaan persediaan adalah sebagai berikut : 1. Untuk dapat memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen dengancepat (memuaskan konsumen). 2. Untuk menjaga kontinuitas produksi atau menjaga agar perusahaan tidakmengalami kehabisan persediaan yang mengakibatkan terhentinya prosesproduksi, hal ini dikarenakan alasan : 3. Kemungkinan barang (bahan baku dan penolong) menjadi langkasehingga sulit untuk diperoleh. 4. Kemungkinan supplier terlambat mengirimkan barang yangdipesan. 5. Untuk mempertahankan dan bila mungkin meningkatkan penjualan danlaba perusahaan. 6. Menjaga agar pembelian secara kecil-kecilan dapat dihindari, karena dapatmengakibatkan biaya menjadi besar. 7. Menjaga supaya penyimpanan dalam emplacement besaran,karena mengakibatkan biaya menjadi besar. tidak besar-
  • 23. 23 2.4 Gammu Gammu adalah nama sebuah project yang di tunjukan untuk memebangun aplikasi,script dan drivers yang dapat di gunakan untuk semua fungsi yang memungkinkan pada telepon seluler atau alat sejenisnya sekarang Gammu telah menyediakan codebase yang stabil dan mapan untuk berbagai macam telepon yang ada dipasaran dibandingkan dengan project sejenis.Gammu juga mendukung berbagai macam model telepon seluler dengan bernagai macam jenis dan type.(www.gammu.org) Mekanisme kerja Gammu; Ada dua mekanisme kerja dari gammu yaitusebagai aplikasi dan sebagai Deamon. Gammu sebagaiaplikasi akan bekerja ketika perintah gammu di jalankan pada lingkungan shell beserta perintahnya disertakan sesuai fungsi yang di inginkan.Sedangakan sebagai deamon Gammu di tandai dengan di jalankannya perintah SMSD pada shell.SMSD bukan lah perintah yang langsung terinstal melainkan perintah yang dijalankan pada shell atau MSDos Prompt . 2.5 MySQL MySQL adalah relational database management system (RDBMS) yang diditribusikan secara gratis dibawah licensi GPL (General Public License). MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database
  • 24. 24 sejak lama yaitu SQL (Structured Query Language). MySQL adalah sebuah konsep pengoperasian database terutama untuk pemilihan/seleksi dan pemasukan data yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah dan secara otomatis. (Prasetyo, 2003) Keandalan suatu sistem database dapat diketahui dari cara kerja optimizer nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebuh unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query My SQL dapat sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase. 2.6 PHP (Hipertex Processor) PHP merupakan bahasa scriptinguntuk membuat suatu aplikasi yang teringtegrasikan kedalam halaman HTML, sehingga suatu halaman web tidak lagi bersifat statis, namun menjadi dinamis. Penemu bahasa bahasa pemograman ini adalah Rasmus Lerdorf yang bermula dari keinginan sederhana ahli tersebut untuk mempunyai alat bantu dalam memonitor pengunjung yang melihat situs web pribadinya. Pertengahan tahun 1995 dirilis PHP/FI (Hypertext Preprosessor-Form Interpreter) yang memiliki kemampuan dasar membangun aplikasi web, memproses form dan mendukung database MySQL. 2.7 Pengertian Editor Dreamweaver
  • 25. 25 Dreamweaver merupakan perangkat lunak yang ditujukan untuk membuat suatu situs web.Versi pertama dirilis pada tahun 1997, dan sejak itu Dreamweaver menjadi web editor yang banyak digunakan oleh para web developer. Hal itu antara lain karena kemudahan dalam penggunaannya, kelengkapan fiturnya dan juga dukungannya terhadap teknologi terkini. Dreamweaver merupakan salah satu perangkat lunak yang dikembangkan oleh Macromedia Inc .Dan sekarang resmi Milik Adobe. Setelah Dreamweaver terinstall di komputer, kita dapat mengaksesnya di menu Program Files.Untuk membukanya kita dapat membuka dengan memilih menu Start > All Programs > Macromedia > Macromedia Dreamweaver 8. Maka akan terbuka window start-up Dreamweaver. Dari window start-up Dreamweaver, terlihat 3 (tiga) kolom, yaitu Open a Recent Item, Create New dan Create From Samples. Pada kolom Open a Recent Itemditampilkan file-file yang terakhir dibuka (recent files). Kita dapat membuka file tersebut dengan mengklik salah satu nama file. Dan pada kolom ini juga terdapat menu Openyang dapat dipilih jika ingin membuka file atau dokumen yang belum ada di recent item. Selanjutnya pada kolom Create Newterdapat pilihan untuk membuat file baru. Pilihan file baru yang dapat dibuat dengan Dreamweaver antara lain file HTML, ColdFusion, PHP, ASP VBScript, Javascript, XML, CSS dan Dreamweaver Site. Pada kolom ketiga terdapat kategori Create From Samplesdimana dapat kita pilih jika ingin membuat halaman web berdasarkan
  • 26. 26 tampilan (template) yang sudah tersedia. Jadi pilihan ini dapat digunakan jika menginginkan membuat halaman web dengan cepat dan mudah.. BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM Tahap analisa sistem adalah studi masalah untuk merekomendasikan perbaikan dan menspesifikasi persyaratan dan prioritas untuk solusi. Tugas paling penting dalam tahap ini adalah proses menemukan masalah dan menghasilkan alternatif pemecahan masalah serta diharapkan dapat memahami sistem yang ada guna menentukan kebutuhan pemakai dan hambatan pada sistem yang baru. 3.1 3.1.1 Analisa Sistem Analisa Permasalahan Analisa Permasalahan merupakan pembahasan tentang masalah apa yang akan dibahas. Dalam hal ini, dapat membantu Perusahaan, untuk mengetahui informasi persediaan barang dan pencarian stok barang melalui SMS Gateway. Untuk melakukan pencarian, user menulis keyword, dan sistem akan memproses sebuah pengiriman pesan (SMS) sesuai data yang tersedia di dalam database perusahaan dan stok barang yang sedang di cari. 3.1.2 Identifikasi Kebutuhan Perangkat Keras Dalam pengembangan Perancangan Sistem Penjualan dan Stok barang berbasis SMS Gatway ,diperlukan sebuah unit komputer atau laptop yang
  • 27. 27 digunakan untuk mengelola proses SMS Gateway, serta untuk membuat database aplikasi yang akan dibuat. Adapun spesifikasi hardware yang akan digunakan sebagai berikut :  Laptop HP  Processor Intel Core Duo  Hardisk 320 GB atau berkapasitas yang lebih besar  VGA 1GB  Mouse standard  Modem Huwai E160e GSM  Hp(Handpone) 3.1.3 Identifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Untuk dapat beroprasi secara optimal, komputer tersebut harus memenuhi spesifikasi yang diperlukan serta diperlukan dukungan dari perangkat lunak (software) sesuai dengan kebutuhannya agar program aplikasi dapat berjalan dengan baik. Kebutuhan perangkat lunak tersebut antara lain :  Microsoft Windows 7 sebagai operasi yang akan digunakan.  Adobe Dreamweaver CS6 menyusun program aplikasi.  MySQL sebagai penyimpan data (database).  Gammu sebagai Aplikasi komponen SMS Gateway. 3.2 Perancangan Sistem
  • 28. 28 Perancangan merupakan tahap kedua yang dilakukan setelah analisis dalam membangun suatu sistem.Membuat suatu sistem memerlukan persiapan perancangan yang baik karena perancangan menyangkut semua elemen yang membentuk sistem.Desain dan Implementasi Sistem Aplikasi Pengecekan Stok Barang Berbasis SMS Gateway ini menyajikan fitur mereplay informasi stok barang dan menerima pesan berdasarkan permintaan atau format tertentu. Dengan mengirimkan pesan dengan format tersebut maka sistem akan membalasnya secara otomatis (automatic reply). 3.2.1 Diagram konteks Diagram konteks digunakan untuk menggambarkan system pengolahan data secara garis besar atau keseluruhan.Diagram konteks ini dirancang memperhatikan masukan yang dibutuhkan oleh sistem dan keluaran yang dihasilkan oleh system. Diagram konteks sistem pengecekan stok barang berbasis SMS digambarkan sebagai berikut: Data Barang Data Pelanggan Request / SMS Data Suplier Data Stok ADMIN Data Barang SISTEM SMS GATEWAY Data Stok Data Suplier Data Pelanggan USER SMS Auto Replay Data Laporan PIMPINAN Gambar 3.1 Konteks Diagram

×