• Save
makalah Sumber Daya Alam dan Lingkungan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

makalah Sumber Daya Alam dan Lingkungan

on

  • 39,566 views

Sumber daya alam ialah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. ...

Sumber daya alam ialah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Hampir dapat dipastikan, semua benda hidup atau mati yang ada disekitar manusia memiliki potensi yang dapat di usahakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Potensi yang ada pada setiap benda diusahakan tergantung dari kemampuan manusia untuk mengelolanya. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam sangat tergantung pada sumber daya manusia yang ada. Contohnya lahan yang subur dapat dijadikan daerah pertanian potensial sehingga merupakan sumber daya alam yang tinggi nilainya.

Statistics

Views

Total Views
39,566
Views on SlideShare
39,560
Embed Views
6

Actions

Likes
49
Downloads
0
Comments
2

4 Embeds 6

http://kind-1907-0902.blogspot.com 3
https://twitter.com 1
http://jurusanpendidikanbiologi.blogspot.com 1
http://www.google.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

makalah Sumber Daya Alam dan Lingkungan Document Transcript

  • 1. 2012MakalahSumber Daya Alamdan Lingkungan
  • 2. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 2BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar BelakangAlam pada dasarnya mempunyai sifat yang beraneka ragam, namun serasi danseimbang. Oleh karena itu, perlindungan dan pengawetan alam harus terus dilakukan untukmempertahankan keserasian dan keseimbangan itu.Semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik, yang dapat dimanfaatkan untukkesejahteraan manusia merupakan sumber daya alam. Tumbuhan, hewan, manusia, danmikroba merupakan sumber daya alam hayati, sedangkan faktor abiotik lainnya merupakansumber daya alam nonhayati. Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaandan pelestarian karena sumber daya alam bersifat terbatas.Sumber daya alam ialah semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik yang dapatdimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia, misalnya:tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, bahan tambang, angin, cahaya matahari, dan mikroba(jasad renik).Indonesia merupakan salah satu Negara yang beruntung karena dianugrahikekayaan alam yang berlimpah, terutama minyak bumi, gas alam, beberapa jenisbarang tambang, mineral, hutan tropis dengan berbagai jenis kayu dan hasil hutannya,kekayaan laut, dan sebagainya.Pada dasarnya sumber daya alam itu dapat dikelompokkan menjadi tigakelompok yaitu sumber daya alam yang tak dapat pulih atau tak dapat diperbaharui,sumber daya alam yang pulih atau dapat diperbaharui dan sumber daya alam yangmempunyai sifat gabungan antara yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapatdiperbaharui.Perbedaan antara sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan sumberdaya yang tak dapat diperbaharui hanyalah tergantung pada derajat keberadaannya.Perubahan jumlah dan kualitas sumber daya alam sepanjang waktu, tanpa melihatpenggunaan sumber daya tersebut, dapat berarti peningkatan atau pengurangan,membaik ataupun memburuk, terus menerus ataupun bertahap pada laju yang konstanataupun laju yang berubah-rubah.
  • 3. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 3Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yangdapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi ataubagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yangberlebihan.Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencakupwilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.1.2 TujuanMengenali, membandingkan, dan mempelajari sumber daya alam danlingkungan hidup1.3 Metode Pemecahan MasalahDalam penulisan metode ini penulis menggunakan metode deskriptif, yaitumenggambarkan permasalahan yang di bahas pada BAB II PEMBAHASAN.
  • 4. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 4BAB IIPEMBAHASAN2.1 Pengertian Sumber Daya AlamSumber daya alam ialah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupunbenda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhanmanusia.Hampir dapat dipastikan, semua benda hidup atau mati yang ada disekitarmanusia memiliki potensi yang dapat di usahakan untuk memenuhi kebutuhan hidupmanusia. Potensi yang ada pada setiap benda diusahakan tergantung dari kemampuanmanusia untuk mengelolanya. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam sangattergantung pada sumber daya manusia yang ada. Contohnya lahan yang subur dapatdijadikan daerah pertanian potensial sehingga merupakan sumber daya alam yangtinggi nilainya.2.2 Klasifikasi Sumber Daya Alam1. SDA Berdasarkan Jenisnyaa. Sumber daya alam nonhayati (abiotik), yaitu sumber daya alam yang berupabenda-benda mati. Terdiri atas:AirAir merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup dan bumisendiri didominasi oleh wilayah perairan. Dari total wilayah perairan yangada, 97% merupakan air asin (wilayah laut, samudra, dll) dan hanya 3% yangmerupakan air tawar (wilayah sungai, danau, dll). Seiring denganpertumbuhan populasi manusia, kebutuhan akan air, baik itu untuk keperluandomestik dan energi, terus meningkat. Air juga digunakan untuk pengairan,bahan dasar industri minuman, penambangan, dan aset rekreasi. Di bidangenergi, teknologi penggunaan air sebagai sumber listrik sebagai penggantidari minyak bumi telah dan akan terus berkembang karena selainterbaharukan, energi yang dihasilkan dari air cenderung tidak berpolusi danhal ini akan mengurangi efek rumah kaca.
  • 5. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 5AnginAngin mampu menghasilkan energi dengan menggunakan turbin yangpada umumnya diletakkan dengan ketinggian lebih dari 30 meter di daerahdataran tinggi. Selain sumbernya yang terbaharukan dan selalu ada, energiyang dihasilkan angin jauh lebih bersih dari residu yang dihasilkan olehbahan bakar lain pada umumnya. Beberapa negara yang telahmengaplikasikan turbin angin sebagai sumber energi alternatif adalahBelanda dan Inggris. Pada era ini, penggunaan minyak bumi, batu bara, danberbagai jenis bahan bakar hasil tambang mulai digantikan denganpenggunaan energi yang dihasilkan oleh angin.TanahTanah termasuk salah satu sumber daya alam nonhayati yang pentinguntuk menunjang pertumbuhan penduduk dan sebagai sumber makanan bagiberbagai jenis makhluk hidup. Pertumbuhan tanaman pertanian danperkebunan secara langsung terkait dengan tingkat kesuburan dan kualitastanah. Tanah tersusun atas beberapa komponen, seperti udara, air, mineral,dan senyawa organik. Pengelolaan sumber daya nonhayati ini menjadi sangatpenting mengingat pesatnya pertambahan penduduk dunia dan kondisicemaran lingkungan yang ada sekarang ini.Hasil tambangSumber daya alam hasil penambangan memiliki beragam fungsi bagikehidupan manusia, seperti bahan dasar infrastruktur, kendaraan bermotor,sumber energi, maupun sebagai perhiasan. Berbagai jenis bahan hasil galianmemiliki nilai ekonomi yang besar dan hal ini memicu eksploitasi sumberdaya alam tersebut. Beberapa negara, seperti Indonesia dan Arab, memilikipendapatan yang sangat besar dari sektor ini. Jumlahnya sangat terbatas, olehkarena itu penggunaannya harus dilakukan secara efisein.b. Sumber daya alam hayati (biotik), yaitu sumber daya alam yang berupamakhluk hidup. Terdiri atas manusia, hewan, tumbuhan dan mikroba.
  • 6. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 62. SDA Berdasarkan Sifatnyaa. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable) yaitu sumber daya alamyang dapat digunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan, contohnya:air, tumbuh-tumbuhan, hewan, hasil hutan dan lain-lain.b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (non renewable) yaitu sumberdaya alam yang tidak dapat di daur ulang atau bersifat hanya dapat digunakansekali saja atau tidak dapat dilestarikan atau dapat punah, contohnya: minyakbumi, batu bara, timah dan gas alam.c. Sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya (unlimited) yaitu sumber dayaalam yang akan selalu tersedia sepanjang masa, contohnya: sinar matahari, arusair laut, udara dan lain-lain.3. SDA Berdasarkan Kegunaan dan Penggunaannyaa. Sumber daya alam penghasil bahan baku adalah sumber daya alam yang dapatdigunakan untuk menghasilkan benda atau barang lain sehingga nilai gunanyaakan menjadi lebih tinggi, contohnya adalah hasil hutan, barang tambang, hasilpertanian dan lain-lain.b. Sumber daya alam penghasil energy adalah sumber daya alam yang dapatmenghasilkan atau memproduksi energy demi kepentingan umat manusia dimuka bumi, misalnya ombak, panas bumi, arus air sungai, sinar matahari,minyak bumi, gas bumi dan sebagainya.4. SDA Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Konsumtifnyaa. Sumber daya alam yang tidak cepat habis karena nilai konsumtifnya terhadapbarang relative kecil. Manusia memanfaatkanya dalam jumlah sedikit, dipakaiberulang-ulang sehingga tidak cepak habis.b. Sumber daya alam yang cepat habis karena nilai konsumtif terhadap barangtersebut relative tinggi. Manusia menggunakan dalam jumlah banyak, daurulang sukat dilakukan.
  • 7. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 75. SDA dan Perkembangan EkonomiSumber daya alam dan tingkat perekonomian suatu negara memiliki kaitanyang erat, dimana kekayaan sumber daya alam secara teoritis akan menunjangpertumbuhan ekonomi yang pesat. Akan tetapi, pada kenyataannya hal tersebutjustru sangat bertentangan karena negara-negara di dunia yang kaya akan sumberdaya alamnya seringkali merupakan negara dengan tingkat ekonomi yang rendah.Kasus ini dalam bidang ekonomi sering pula disebut Dutch disease. Hal inidisebabkan negara yang cenderung memiliki sumber pendapatan besar dari hasilbumi memiliki kestabilan ekonomi sosial yang lebih rendah daripada negara-negarayang bergerak di sektor industri dan jasa. Di samping itu, negara yang kaya akansumber daya alam juga cenderung tidak memiliki teknologi yang memadai dalammengolahnya.Korupsi, perang saudara, lemahnya pemerintahan dan demokrasi juga menjadifaktor penghambat dari perkembangan perekonomian negara-negara terebut. Untukmengatasi hal tersebut, diperlukan pembenahan sistem pemerintahan, pengalihaninvestasi dan penyokongan ekonomi ke bidang industri lain, serta peningkatantransparansi dan akuntabilitas dalam pemberdayaan sumber daya alam. Contohnegara yang telah berhasil mengatasi hal tersebut dan menjadikan kekayaan alamsebagai pemicu pertumbuhan negara adalah Norwegia dan Botswana.2.3 Sumber Daya Alam di IndonesiaIndonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua didunia setelah Brazil. Fakta tersebut menunjukkan tingginya keanekaragaman sumberdaya alam hayati yang dimiliki Indonesia.Dilihat dari sisi astronomi, Indonesia terletak pada daerah tropis yang memilikicurah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuhdengan cepat.Dilihat dari sisi geologi, Indonesia terletak pada titik pergerakan lempengtektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan mineral.Daerah perairan di Indonesia kaya sumber makanan bagi berbagai jenistanaman dan hewan laut, serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral.
  • 8. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 8Tingginya tingkat biodiversitas Indonesia ditunjukkan dengan adanya 10% daritanaman berbunga yang dikenal di dunia dapat ditemukan di Indonesia, 12% darimamalia, 16% dari hewan reptil, 17% dari burung, 18% dari jenis terumbu karang, dan25% dari hewan laut. Di bidang agrikultur, Indonesia juga terkenal atas kekayaantanaman perkebunannya, seperti biji coklat, karet, kelapa sawit, cengkeh, dan bahkankayu yang banyak diantaranya menempati urutan atas dari segi produksinya di dunia.Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja.Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahantambang, seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara,emas, dan perak. Di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baikdigunakan untuk berbagai jenis tanaman. Wilayah perairan yang mencapai 7,9 juta km2juga menyediakan potensi alam yang sangat besar.2.4 Pengertian Lingkungan HidupLingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yangdapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di bumi ataubagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yangberlebihan. Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencakupwilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkunganalam maupun lingkungan sosial. Kita bernapas memerlukan udara dari lingkungansekitar. Kita makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan.Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yangmemengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidaklangsung. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Jikakalian berada di kampus, lingkungan biotiknya berupa teman-teman kampus, paradosen serta karyawan/staf, dan semua orang yang ada di kampus, juga berbagai jenistumbuhan yang ada di kebun kampus serta hewan-hewan yang ada di sekitarnya.Adapun lingkungan abiotik berupa udara, meja kursi, papan tulis, gedung kampus, danberbagai macam benda mati yang ada di sekitar.
  • 9. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 9Seringkali lingkungan yang terdiri dari sesama manusia disebut juga sebagailingkungan sosial. Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulan yangbesar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang.2.5 Mutu LingkunganPandangan orang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya memang berbeda-bedakarena antara lain dipengaruhi oleh faktor ekonomi, pertimbangan kebutuhan, sosialbudaya, dan waktu.Semakin meningkat pemenuhan kebutuhan untuk kelangsungan hidup, makasemakin baik pula mutu hidup. Derajat pemenuhan kebutuhan dasar manusia dalamkondisi lingkungan disebut mutu lingkungan.2.6 Daya Dukung LingkunganKetersediaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan dasar, dantersedianya cukup ruang untuk hidup pada tingkat kestabilan sosial tertentu disebutdaya dukung lingkungan. Singkatnya, daya dukung lingkungan ialah kemampuanlingkungan untuk mendukung perikehidupan semua makhluk hidup.Di bumi ini, penyebaran sumber daya alam tidak merata letaknya. Adabagianbagian bumi yang sangat kaya akan mineral, ada pula yang tidak. Ada yangbaik untuk pertanian ada pula yang tidak. Oleh karena itu, agar pemanfaatannya dapatberkesinambungan, maka tindakan eksploitasi sumber daya alam harus disertai dengantindakan perlindungan. Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harusdilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut :1. Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hati-hati danefisien, misalnya: air, tanah, dan udara.2. Menggunakan bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran).3. Mengembangkan metoda menambang dan memproses yang efisien, sertapendaurulangan (recycling).4. Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai denganalam.
  • 10. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 102.7 Kerusakan Lingkungan Hidup1. Kerusakan akibat Peristiwa Alama. Letusan gunung berapiLetusan gunung berapi terjadi karena aktivitas magma di perut bumi yangmenimbulkan tekanan kuat keluar melalui puncak gunung berapi. Bahay yangditimbulkan akibat letusan gunung berapi berupa: Hujan abu vulkanik, menyebabkan gangguan pernafasan. Lava panas dapat merusak dan mematikan apapun yang dilalui. Awan panas dapat mematikan makhluk hidup yang dilalui. Gas yang mengandung racun. Material padat (batuan, kerikil, pasir) dapat menimpa perumahan dan lain-lain.b. Gempa bumiGempa bumi adalah getaran kulit bumi yang bisa disebabkan karena beberapahal, di antaranya kegiatan magma (aktivitas gunung berapi), terjadinya tanahturun, maupun karena gerakan lempeng di dasar samudra. Manusia dapatmengukur berapa intensitas gempa, namun manusia sama sekali tidak dapatmemprediksikan kapan terjadinya gempa. Oleh karena itu, bahaya yangditimbulkan oleh gempa lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan gunungberapi. Pada saat gempa berlangsung terjadi beberapa peristiwa sebagai akibatlangsung maupun tidak langsung, di antaranya: Berbagai bangunan roboh. Tanah di permukaan bumi merekah, jalan menjadi putus. Tanah longsor akibat guncangan. Terjadi banjir akibat rusaknya tanggul. Gempa yang terjadi di permukaan laut dapat menyebabkan tsunami(gelombang pasang).c. Angin topanAngin topan terjadi akibat aliran udara dari kawasan yang bertekanan tinggimenuju ke kawasan bertekanan rendah. Perbedaan tekanan udara ini terjadikarena perbedaan suhu udara yang mencolok. Serangan angin topan bagi
  • 11. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 11negara-negara di kawasan Samudra Pasifik dan Atlantik merupakan hal yangbiasa terjadi. Bagi wilayah-wilayah di kawasan California, Texas, sampai dikawasan Asia seperti Korea dan Taiwan, bahaya angin topan merupakanbencana musiman. Tetapi bagi Indonesia baru dirasakan di pertengahan tahun2007. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan iklim di Indonesiayang tak lain disebabkan oleh adanya gejala pemanasan global. Bahaya angintopan bisa diprediksi melalui foto satelit yang menggambarkan keadaanatmosfer bumi, termasuk gambar terbentuknya angin topan, arah, dankecepatannya. Serangan angin topan (puting beliung) dapat menimbulkankerusakan lingkungan hidup dalam bentuk: Merobohkan bangunan. Rusaknya areal pertanian dan perkebunan. Membahayakan penerbangan. Menimbulkan ombak besar yang dapat menenggelamkan kapal.2. Kerusakan akibat Campur Tangan ManusiaManusia sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalammenentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhanyang berakal budi mampu merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhanasampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Namun sayang, seringkaliapa yang dilakukan manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depankehidupan generasi berikutnya. Banyak kemajuan yang diraih oleh manusiamembawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup.a. Terjadinya pencemaran (air, udara, tanah dan suara) sebagai dampak adanyakawasan industry.b. Terjadinya banjir sebagai dampak buruknya drainase atau system pembuanganair dan kesalahan dalam menjaga daerah aliran sungai dan dampak pengrusakanhutan.c. Terjadinya tanah longsor sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan.
  • 12. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 12Beberapa ulah manusia baik secara langsung maupun tidak langsung membawadampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain:a. Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan).b. Perburuan liar.c. Merusak hutan bakau.d. Penimbunan rawa-rawa untuk permukiman.e. Pembuangan sampah disembarang tempat.f. Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS)g. Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan diluar batas.2.8 Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (SDA)Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditundalagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja,melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi, dari balita sampai manula. Setiaporang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup di sekitar kitasesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Sekecil apa pun usaha yang kita lakukansangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anakcucu kita kelak.Upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagirakyatnya tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan ditindaklanjuti denganmenyusun program pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagaipembangunan berwawasan lingkungan.Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitasmanusia secara bertahap dengan memerhatikan faktor lingkungan. Pembangunanberwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan. Konseppembangunan berkelanjutan merupakan kesepakatan hasil KTT Bumi di Rio de Jenirotahun 1992. Di dalamnya terkandung 2 gagasan penting, yaitu:a. Gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan manusia untuk menopang hidup.b. Gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untukmemenuhi kebutuha baik masa sekarang maupun masa akan datang.
  • 13. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 13Adapun ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan adalah sebagai berikut:a. Menjamin pemerataan dan keadilan.b. Menghargai keanekaragaman hayati.c. Menggunakan pendekatan integrative.d. Menggunakan pandangan jangka panjang.System Perencanaan Pembangunan Nasional mempunyai tujuan diantaranya:a. Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif,berkeadilan dan berkelanjutan.b. Mengoptimalkan partisipasi masyarakat.c. Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran,pelaksanaan dan pengawasan.Upaya yang dilakukan Pemerintah.1. Mengeluarkan UU Pokok Agraria No. 5 Tahun 1950 yang mengatur tentang TataGuna Tanah.2. Menerbitkan UU No. 4 Tahun 1982, Tentang Ketentuan-ketentuan PokoPengelolaan Lingkungan Hidup.3. Memberlakukan Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 1986 Tentang AMDAL(Analisa Mengenai Dampak Lingkungan).4. Mencanangkan menanam sejuta pohon.5. Pada tahun 1991, pemerintah membentuk Badan Pengendalian Lingkungan,dengan tujuan pokoknya:Menanggulangi kasus pencemaran.Mengawasi bahan berbahaya dan beracun (B3).Melakukan penilaian analisis mengenai dampak lingkungan.Upaya yang dilakukan Masyarakat bekerja sama dengan Pemerintah.1. Pelestarian tanah (tanah datar, lahan miring/perbukitan)a. Menggalakkan kegiatan menanam pohon atau penghijauan kembali terhadaptanah yang semula gundul.
  • 14. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 14b. Membangun terasering atau sengkedandi daerah perbukitan atau pegununganyang posisi tanahnya miring sehingga mampu menghambat laju aliran airhujan.2. Pelestarian udaraa. Menggalakkan penanaman pohon ataupun tanaman hias di sekitar kita.b. Mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran.c. Mengurangi atau bahkan menghindari pemakaian gas kimia yang dapatmerusak lapisan ozon di atmosfer3. Pelestarian hutana. Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul.b. Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang.c. Menerapkan system tebang pilih dalam menebang pohon.d. Menerapkan system tebang-tanam dalam kegiatan penebangan hutan.e. Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuanmengenai pengelolaan hutan.4. Pelestarian laut dan pantaia. Melakukan reklamasi pantai dengan menanam kembali tanaman bakau di arealsekitar pantai.b. Melarang pengambilan batu karang yang ada di sekitar pantai maupun di dasarlaut, karena karang merupakan habitat ikan dan tanaman laut.c. Melarang pemakaian bahan peledak dan bahan kimia lainnya dalam mencariikan.d. Melarang pemakaian pukat harimau untuk mencari ikan.5. Pelestarian flora dan faunaa. Mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa.b. Melarang kegiatan perburuan liar.c. Menggalakkan kegiatan penghijauan.6. Pengembangan sumber daya pertambangan dan energya. Melakukan inventarisasi dan evaluasi potensi sumber daya pertambangan danenergy.
  • 15. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 15b. Melakukan pengawasan dan pelaksanaan peraturan perundang-undanganpertambangan dan energy.c. Menyusun kebijakan dan peraturan baru dalam pengelolaan sumber dayapertambangan dan energy.7. Pengembangan sumber air tanaha. Melakukan sosialisasi kepada dunia usaha dan masyarakat tentang pencemaranlingkungan akibat penggunaan air tanah yang berlebihan.b. Meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat dan dunia usaha dalammeningkatkan cadangan sumber air tanah melalui penambahan sumur resapanair hujan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhannya.8. Peningkatan pengendalian dampak lingkungana. Melakukan pertimbangan lingkungan yang lebih bijaksana dalam memberikanizin lokasi bagi industry.b. Mempertimbangkan factor lingkungan dalam pengembangan teknologipengelolaan limbah rumah tangga, industry dan transportasi.c. Menetapkan indeks dan baku mutu lingkungan.d. Meningkatkan perlindungan terhadap teknologi tradisional yang ramahlingkungan.e. Memantau kualitas lingkungan secara terpadu dan terus-menerus.f. Meningkatkan kesadaran warga kota mengenai perilaku hidup bersih dansehat.g. Memanfaatkan kearifan tradisional dalam pemeliharaan lingkungan hidup.h. Meningkatkan kepatuhan dunia usaha dan masyarakat terhadap peraturan dantata nilai masyarakat yang berwawasan lingkungan.9. Penyerasian dengan keindahan lingkungan.a. Meningkatkan kualitas estetika sarana keindahan kota.b. Menyusun rencana lingkup kegiatan sarana keindahan kota.c. Menyusun rencana persebaran, penempatan, dimensi sarana keindahan kota.d. Menata dengan baik penempatan ornament dan street furniture termasuk medialuar ruang.
  • 16. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 1610. Peningkatan pelayanan kebersihana. Meningkatkan sarana dan prasarana kebersihan kota.b. Memperkuat aspek legal dalam pengelolaan sampah.c. Membudayakan hidup bersih.d. Meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaankebersihan.e. Mengolah sampah dengan teknologi yang ramah lingkungan.f. Meningkatkan penanganan sampah pada sungai, situ dan danau.g. Memperkuat aspek legal dalam pengelolaan sampah, termasuk peningkatanketersediaan perangkat hukum dan penegakan hokum secara konsisten danterus-menerus.2.9 Nilai Sumber Daya Alam1. Nilai lingkungan, mempertahankan kelestarian lingkungan. Makhluk hidupmemiliki peranan tertentu didalam lingkungan. Hutan tropic di Indonesia berfungsisebagai paru-paru bumi dan menjaga kestabilan iklim bumi. Namun sebagian besarhutan di Indonesia telah mati karena manusia kurang memahami etika terhadaplingkungan. Etika lingkungan tumbuh dari kesadaran lingkungan dan moral danbersumber pada pandangan seseorang terhadap lingkungan.2. Nilai biologis, mempertahankan kehidupan untuk pengembangan biologi di masadepan.3. Nilai ekonomi, dapat mendatangkan devisa (untuk industry).4. Nilai social budaya, untuk rekreasi dan mempertahankan tradisi.
  • 17. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 17BAB IIIPENUTUP3.1. KesimpulanSumber daya alam ialah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupunbenda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhikebutuhan manusia.Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapatmencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di bumi ataubagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusiayang berlebihan.Hampir dapat dipastikan, semua benda hidup atau mati yang ada disekitarmanusia memiliki potensi yang dapat di usahakan untuk memenuhi kebutuhanhidup manusia. Potensi yang ada pada setiap benda diusahakan tergantung darikemampuan manusia untuk mengelolanya. Oleh karena itu, pemanfaatan sumberdaya alam sangat tergantung pada sumber daya manusia yang ada.Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkunganalam maupun lingkungan sosial. Kita bernapas memerlukan udara darilingkungan sekitar. Kita makan, minum, menjaga kesehatan, semuanyamemerlukan lingkungan.Seringkali lingkungan yang terdiri dari sesama manusia disebut juga sebagailingkungan sosial. Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulanyang besar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang.3.2. SaranDengan adanya pembuatan makalah mengenai Sumber Daya Alam danLingkungan ini, kami menyarankan agar para pembaca dapat memahami apa yangtelah kami tuangkan ke dalam makalah ini serta dapat ikut serta menjaga alam kitadari kerusakan yang banyak di akibatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
  • 18. Sumber Daya Alam dan Lingkungan 18DAFTAR PUSTAKAhttp://www.scribd.com/doc/50270286/klasifikasi_SDA_dan_lingkungan_hiduphttp://bappedajakarta.go.idhttp://id.wikipedia.org/wiki/sumber_daya_alamhttp://kidsgen.blogspot.com/2010/06/jenis-jenis-sumber-daya-alamhttp://intl.feedfury.com/content/16434038-sumber-daya-alamhttp://id.wikipedia.org/wiki/lingkunganhttp://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_hiduphttp://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/07/pengaruh_Lingkungan_terhadap_individu