Your SlideShare is downloading. ×
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Zenia ika, kulit_singkong_untuk_putu

1,355

Published on

Published in: Health & Medicine
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,355
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
28
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. SAINS TERAPAN : PERTANIAN PEMANFAATAN LIMBAH KULIT Manihot esculenta C. (SINGKONG) DALAM PEMBUATAN PUTU SEBAGAI INOVASI PANGAN
  • 2.   Banyak orang yang tidak tahu bahwa kulit singkong dapat diolah menjadi makanan kulit singkong diketahui memiliki kandungan karbohidrat dan serat tinggi dan mampu menekan rasa lapar. yang enak dan menyehatkan.
  • 3. Rumusan Masalah •Bagaimana cara memanfaatkan limbah kulit singkong yang sering mencemari lingkungan? •Apakah kulit singkong dapat diolah menjadi produk olahan yang mampu menggantikan beras? •Bagaimana khasiat kandungan gizi pada kulit singkong terhadap kesehatan tubuh? Tujuan Penelitian •Memahami bagaimana cara memanfaatkan limbah kulit singkong yang sering mencemari lingkungan. •Mengetahui bahwa kulit singkong mampu diolah dan dapat menggantikan beras. •Mengetahui kandungan gizi pada kulit singkong terhadap kesehatab tubuh. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah : •Dapat menemukan produk olahan baru dari limbah kulit singkong •Dapat mengurangi polusi tanah akibat pembuangan kulit singkong yang tidak teratur •Mendapatkan kandungan serat sekaligus karbohidrat sebagai nutrisi tubuh.
  • 4. Pemanfaatan limbah kulit singkong yang dipakai dalam pembuatan putu merupakan penggunaan kembali limbah kulit singkong untuk diproses menjadi bahan baku yang aman dan terhindar dari kandungan asam sianida (HCN). Singkong, yang juga dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu (Manihot esculanta C.) adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Singkong berasal dari Amerika Tropika. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Singkong digunakan hanya sebatas untuk direbus menggantikan kentang, pelengkap masakan, dibuat tepung singkong untuk menggantikan gandum, dan digoreng untuk kudapan. Sedangkan kulit singkong tersebut dibuang begitu saja.
  • 5. Menumpuknya limbah kulit Manihot esculenta C. di sekitar perumahan penduduk mengganggu estetika hidup. Kehadiran limbah tersebut hanya dipandang sebelah mata dan dijadikan pakan ternak saja. Padahal kulit singkong yang memiliki bobot 20% dari singkong. Tapi, kulit singkong mengandung HCN yang mengganggu proses oksidasi.  Tapi, kulit singkong juga memiliki nilai gizi. Seperti, karbohidrat dan karbon aktif yang bisa digunakan sebagai filter air. Dengan penggunaan teknik sun drying atau pemaparan di bawah sinar matahari, kandungan HCN dalam kulit bisa dihilangkan. Dengan begitu kulit singkong bisa digunakan dalam pembuatan putu sebagai inovasi pangan yang aman.  
  • 6. Bahan kulit kering Protein Pektin Serat kasar Lemak Ca 17,45 gr 8,11 gr 0,22 gr 15,20 gr 1,29 gr 0,63 gr Sumber: B. Sudaryanto (1989)  
  • 7.  Untuk menguji apakah produk olahan kulit singkong diterima masyarakat, kita melakukan uji rasa dan tekstur kepada siswa – siswi SMA N 4 Surakarta
  • 8. No. Nama Enak Tekstur Tidak Enak Lembut Tanda Kasar Tabel 1.3 (Kolom Angket Uji Rasa dan Tekstur) Catatan : Isilah Nama Centang pada kolom Enak atau Tidak Enak sesuai dengan uji rasa. Centang pada kolom Lembut atau kasar sesuai dengan uji tekstur. Bubuhkan tanda tangan pada kolom tanda tangan. Tangan
  • 9. Kulit singkong yang sering terbuang dapat diolah kembali menjadi produk olahan yang bergizi bagi tubuh. Kandungannya seperti serat dan karbohidrat mampu menggantikan beras yang selama ini menjadi makanan utama Bangsa Indonesia. Pengolahan limbah kulit singkong pun tiedak terlalu rumit, dengan hanya dijemur dan direndam untuk menghilangkan kandungan berbahaya asam sianida, kulit singkong bisa digunakan layaknya beras. Dari kuisioner yang kami beri, segi rasa dan tekstur masyarakat menerima kulit singkong sama seperti tepung beras pada putu. masyarakat menerima kulit singkong karena teksturnya bila sudah di blender atau dihaluskan tidak beda dengan tepung lainnya. Dan rasanya mudah untuk dikolaborasikan dengan bumbu Jawa supaya diterima oleh masyarakat Indonesia.
  • 10. A. Persiapan Bahan      Kulit singkong 100 gram Gula jawa 50 gram Vanili 1 gram Kelapa ½ buah Air 8 sdm
  • 11. Untuk mengolah kulit singkong haruslah diawali dengan perendaman dan penjemuran di bawah terik matahari (sun drying) karena kulit singkong mengandung 20 mg HCN per kilogram umbi akar yang masih segar. (Diambil dari http://lutviberbagi.blogspot.com/2011/0 6/racun-alamiah-yang-terdapatpada.html)
  • 12. Proses Pembuatan Putu Kulit Singkong
  • 13. Simpulan Setelah peneliti melakukan penelitian terhadap limbah kulit Manihot esculanta C untuk bisa diolah menjadi inovasi pangan, dapat disimpulkan sebagai beriku : 1. Limbah kulit singkong yang sering mencemari lingkungan masyarakat dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan sumber tenaga yang sehat dan bergizi. 2. Produk olahan kulit singkong mampu diolah menjadi bahan pangan pengganti beras. 3. Limbah kulit singkong mengandung khasiat kandungan gizi, seperti karbohidrat dan serat yang mampu menekan rasa lapar dan sumber energi, seperti nasi.   Saran Setelah dilakukan penelitian mengenai manfaat limbah kulit singkong, dan diketahui manfaatnya. Maka seharusnya diakukan : 1. Pembuangan limbah kulit singkong mulai diperhatikan kebersihannya, seperti penampungan limbah untuk memudahkan proses pengolahan. 2. Sosialisasi mengenai manfaat limbah kulit singkong sehingga masyarakat tidak membuang limbah tersebut sia-sia. 3. Disosialisasikan pengolahan limbah kulit singkong dengan benar karena mengandung zat – zat berbahaya seperti HCN.        

×