• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Sistem operasi
 

Sistem operasi

on

  • 16,184 views

by : yanti164 @ http://yanti164.wordpress.com

by : yanti164 @ http://yanti164.wordpress.com

Statistics

Views

Total Views
16,184
Views on SlideShare
16,046
Embed Views
138

Actions

Likes
8
Downloads
0
Comments
6

1 Embed 138

http://yanti164.wordpress.com 138

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

16 of 6 previous next Post a comment

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Sistem operasi Sistem operasi Presentation Transcript

    • KOMPETENSI DASAR Melakukan Operasi Dasar pada Operating System (OS) Komputer Melakukan Setting Peripheral pada Operating System (OS) Komputer Melakukan Manajemen File
    • Sistem OperasiOperasi Dasar Komputer denganMenggunakan Operating System
    • Pengertian Sistem Operasi Secara Umum :  Sebuah Program yang mengatur perangkat keras komputer dan sebagai landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya.
    • Pengertian Sistem Operasi dari beberapasudut pandang : Pengguna  Sistem operasi merupakan alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Sistem ini dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan. Sistem  Sistem Operasi sebagai alat yang dapat menempatkan sumber daya secara efisien (resource allocator). Sistem operasi merupakan pengatur sumber daya secara efisien serta eksekusi aplikasi dan operasi dari I/O. Sistem operasi merupakan bagian program yang berjalan setiap saat, yang disebut dengan kernel. Tujuan Sistem  Sistem operasi sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna.
    • Fungsi Sistem Operasi Resource Manager Interface Coordinator Guardian Gatekeeper Optimizer Accountant Server
    • Contoh Sistem Operasi : DOS (Disk Operating System)  Sistem yang pertama kali tampil dalam bentuk disket.  MS-DOS (Microsoft) ; IBM-DOS (IBM)  Sistem operasi bekerja dengan menggunakan teks atau berbasis CUI (Character User Interface).  Perintah yang diberikan ke dalam sistem operasi ini dalam bentuk teks dan hasilnya (output) dalam bentuk teks pula.
    •  WINDOWS  Tampilan Berbentuk Jendela  Dibandingkan dengan DOS, Windows memiliki kemampuan untuk membuka beberapa file atau aplikasi secara bersamaan (multitasking)  Berpindah antar apliksi atau program dengan cepat  Berbasis GUI (Graphical User Interface)
    •  Linux  Perangkat Lunak Open Source  Menawarkan fasilitas-fasilitas dan kemudahan- kemudahan dalam penggunaannya.  Dikembangkan oleh Linus Torvalds (Finlandia)  Keunggulan Linux adalah penggunaannya pada Server. Server Linux sangat stabil walaupun dihidupkan ratusan hari tanpa henti.  Aplikasi yang dimiliki tidak berbeda jauh dengan windows.  Linux boleh diinstall pada komputer tanpa memerlukan lisensi, sehingga pengguna terhindar dari tuduhan pelanggaran hak cipta
    • CONTOHAPLIKASI PADALINUX
    • Yang perlu diperhatikan dalamMemilih Sistem Operasi : Mendukung terhadap semua program aplikasi (support) Kemampuan penyesuaian terhadap hardware atau periferal baru (plug and play) Mudah dalam instalasi Memiliki keamanan yang tinggi Menyediakan antarmuka yang mudah (convenient)
    • OS dan BIOS BIOS (Basic Input Output System)  Adalah Perangkat penampung atau penyimpan perintah internal command yang diterima dari sistem operasi.  Memeriksa hardware utama (disk, monitor, keyboard, memory) pada saat komputer dihidupkan.  Merupakan kumpulan program yang bekerja dengan memeriksa hardware dasar input dan output suatu sistem komputer agar dapat berjalan sebagaimana mestinya OS (Operating System)  Program yang mengatur perangkat keras komputer sebagai landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara pengguna dengan perangkat keras.
    • Cara Kerja OS dan ProgramAplikasi yang terpasang Bekarja pada proses booting 3 File utama OS :  IO.SYS  MSDOS.SYS  IBMBIO.SYS File Pendukung :  COMMAND.COM  CONFIG.SYS  AUTOEXEC.BAT
    • Istilah Komputer HDMI High-Definition Multimedia Interface, salah satu antar muka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, seperti set- top box, pemutar DVD atau penerima AV, serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, seperti telvisi digital (DTV). JavaScript Nama implementasi Netscape Communications Corporation untuk ECMAScript standard, suatu bahasa skrip yang didasarkan pada konsep pemprograman berbasis prototype. Bahasa ini terutama terkenal karena penggunaannya disitus web (sebagai JavaScript sisi klien), dan juga digunakan untuk menyediakan akses skrip untuk obyek yang dibenamkan (embedded) di aplikasi lain. Rootkit Kumpulan software yang bertuajuan untuk menyembunyikan proses, file dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem operasi tempat dia bernaung. Rootkit awalnya berupa aplikasi yang tidak berbahaya, tetapik belakangan ini telah banyak digunakan oleh malware yang ditujukan untuk membantu penyusup untuk menjaga aksi mereka kedalam sistem, agar tidak terdeteksi. Rootkit hadir di beragam sistem operasi seperti, Linux, Solaris dan Microsoft Windows. Rootkit ini sering mengubah bagian dari sistem operasi, dan juga menginstal dirinya sendiri sebagai driver atau modul kernel. WGA Windows Genuine Advantage merupakan sebuah sistem anti pembajakan dari Microsoft, dan yang membuat Microsoft Windows melakukan validasi online beberapa sistem operasi Microsoft ketika mengakses beberapa layanan Microsoft Windows, seperti Windows Update, dan men-download melalui Microsoft Download Center. CGI Computer Generated Imagery. Pencitraan yang dihasilkan komputer menggunakan komputer grafis, khususnya 3D. untuk menciptakan efek special. CGI digunakan dalam film, acara televisi, iklan dan juga mendia cetak. Sementara dalam game, gambar-gambar 3D biasanya di-render oleh kompuer grafis real-time, namun ada kalanya juga menggunakan gambar yang telah di-render sebelumnya. BITMAP Disebut juga raster image dan digital image. File data atau struktur yang mempresentasi kan kotak-kotak kecil dan pixel atau point warna, dalam monitor komputer, kertas, atau display lainnya. Warna dari setiap pixel diartikan masing-masing, sebagai contoh, warna RGB terdiri dan pixel berwarna yang terdiri dan 3 bytes. Masing-masing satu byte untuk merah, hujau, dan biru. gambar hitam putih hanya memiliki satu bit pada setiap pixelnya.
    •  Punkbuster Aplikasi komputer yang digunakan untuk mencegah cheat pada game online, dirilis oleh Even Balance, Inc. pada 21 September 2000. Aplikasi mi digunakan pada banyak game muftiplayer online seperti Battlefield 1942, Battlefield Vietnam, America’s Army, Call of Duty, dan Quake Ill Arena Aplikasi ini pertama kali digunakan pada game Half-Life, Valve Software yang pada waktu itu sedang mengalami kesulitan karena banyaknya orang yang menggunakan cheat sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. SDK Software Development Kit Satu set tool yang dapat digunakan oleh programmer untuk membuat aplikasi yang ditujukan pada paket software tertentu, framework software, platform hardware, konsol game, operating system, dan yang lainnya. SDK biasanya didapatkan dan pengembang software bersangkutan dan gratis. Terkadang penyebaran SDK untuk suatu aplikasi tertentu merupakan bagian dari strategi marketing aplikasi tersebut. WMV Windows Media Video. Nama generik untuk teknologi streaming video yang dikembangkan Microsoft Yang merupakan bagian dan Windows Media framework. WMV dikembangkan secara tertutup oleh Microsoft, sejak versi 1 (WMV1) Microsoft telah menggunakan versi yang tidak standar dan MPEG-4 part-2. Video stream sering dikombinasikan dengan Windows Media Audio. XML Extensible Markup Language. Markup language umum yang di rekomendasikan oleh konsorsium W3C, digunakan untuk membuat markup language khusus. XML merupakan SGML yang disederhanakan, memiliki kemampuan untuk menjelaskan berbagal tipe data Kegunaan utamanya adalah untuk menfasilitasi pertukaran data pada berbagai macam sistem, terutama sistem yang terkoneksi dengan Internet. Bahasa-bahasa pemrograman yang berbasis XML antara lain ADE, RSS, MaIhML, XHTML, SVG, dan cXML. Friendster Layanan social network di Internet. Setiap orang dapat membuat account di Friendster dengan cara menuliskan data diri mereka, meng-uploadfoto (oponal), dan membuat jaringan pertemanan dengan anggota Friendster lainnya Friendster akan mengintegrasikan jaringan pertemanan milik seseorang dengan jaringan pertemanan milik anggota lainnya, dan mengizinkan anggota lain melihat jaringan pertemanan milik seseorang, begitu pula sebaliknya.
    •  Icon Orang yang menjadi lambang, atau yang sering di asosiasi kan dengan sesuatu. Icon dapat diciptakan/direkayasa atau lahir dengan sendirinya. Berbeda dengan tokoh/figur, icon tidak memiliki pengaruh untuk menciptakan opini di tengah-tengah masyarakat tentang hal yang ia wakili. MailingList Kelompok diskusi di Internet yang memanfaatkan fasilitas e-mail. Seseorang yang terdaftar pada mailing list dapat menerima dan mengirimkan e-mail kepada anggota lain untuk saling berbagi informasi. Yahoo! Groups adalah salah satu penyedia jasa mailing list. Talkshow Istilah yang digunakan di AS (Inggris:chat show) untuk menamakan acara televisi atau radio yang melibatkan penonton dalam diskusi. Talk shcw biasanya menghadirkan beberapa panelis yang terdiri dari orang-orang yang dianggap ahli dalam bidang tertentu. Keikutsertaan penonton dalam talk shcw dapat dilakukan melalui saluran telepon, Internet, SMS, atau langsung dan lokasi acara Oprah Winfrey Show adalah acara talk show tersukses di AS yang banyak diadaptasi oleh televisi di negara-negara lain. Testimonial Tulisan atau pernyataan subjekf yang diberikan seseorang atas orang lain/sesuatu. Testimonial biasanya memberikan nilai positif. Istilab lain untuk testimonial adalab endorsement. Friendster memberikan fitur ini bagi para anggotanya yang ditulis oleh orang-orang yang terhubung dengannya. ATX Advanced Technology Extended. Form factor untuk motherboard dan casing komputer yang diciptakan oleh Intel pada tahun 1995. ATX merupakan penemuan besar yang menutup semua kekurangan pada form factor sebelumnya, ATX. Rencananya form factor ATX akan digantikan dengan BTX. Desktop
    •  Drag and drop Teknik memindahkan item-item tertentu (seperti icon dan file) di layar monitor dengan menggunakan mouse. Dengan drag and drop, Anda dapat memindahkan item tersebut dengan mengklik dan menyeretnya ke tujuan kemudian melepaskan seretan tadi. E-commerce Singkatan dari electronic commerce. Aktivitas ekonomi yang terjadi di Internet, meliputi pembelian, penjualan, transaksi barang dan jasa. E- commerce terbagi ke dalam B2B (business-to business) yang melibatkan transaksi antar perusahaan, dan B2C (business to-customer) yang sering dikenal dengan istilah online shopping. Link Sebutan ringkas untuk hyperlink. Serangkaian teks atau gambar yang terhubung dengan file, atau halaman lain dalam satu atau beberapa dokumen. Platform Dalam istilah komputer, platform menggambarkan satu lingkungan kerja, baik hardware maupun software, yang memungkinkan software untuk berjalan di dalamnya. Platform meliputi arsitektur komputer, operating system, atau bahasa pemrograman dan runtime library yang dimilikinya.
    •  Realtime Secara harfiah berarti terjadi saat ini juga. Dalam komputer, realtime merujuk pada hasil yang muncul saat operasi dijalankan dalam waktu yang bersamaan, atau tanpa jeda waktu yang lama. Sourcecode Kode awal sebuah program sebelum dikompilasi (compiled), berupa pernyataan yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang human readble. Source code merupakan instruksi-instruksi awal yang membangun sebuah program yang memberitahu compiler seperti apa program nantinya setelah dikompilasi ke dalam bentuk binary. DisasterRecovery Istilah untuk merestart operasi sistem setelah melakukan disaster. Hal ini berkaitan dengan teknologi informasi, yang memiliki banyak sistem komputer yang terdiri dari banyak software untuk memperbaiki dan menjaga kehilangan data. Beberapa perusahaan rela mengeluarkan biaya hingga 25% dan budget yang disediakan untuk membuat disaster recovery data mereka dari pada menanggung resiko kerugian yang lebih besar yang diakibatkan hilangnya data. Firebird Terkadang disebut FirebirdSQL, merupakan sistem manajemen database relational yang menawarkan banyak fitur dan ANSI SQL-99 dan SQL-2003. Firebird dapat berjalan di berbagai platform seperti Linux, Windows, dan UNIX. Firebird sendiri merupakan versi open source dan Interbase yang dimiliki oleh Borland. Modul kode baru yang terdapat di Firebird dilisensi dibawah lnitial Developer Public License (IDPL). Modul asli dari Firebird sendiri menggunakan lisensi InterBase Public License (IPL) 1 .0. Firewall Kumpulan hardware atau software yang bertujuan menjaga Iingkungan komputer dalam jaringan dari kemungkinan serangan yang di lakukan oleh pihak luar. Cara kerja Firewall biasanya mengontrol traffic berdasarkan zone yang dipercaya. Tipe zone yang dipercaya meliputi Internet (sebuah zone dengan no trust), dan internal network (sebuah zone dengan high trust). Tujuannya supaya tercipta komunikasi yang aman antar zone berbeda yang dapat dipercaya, sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan dalam firewall.
    •  Wiki Sistem yang membolehkan pengguna lain untuk mengedit konten dan berkolaborasi bersama dalam menulis. Nama wiki diambil kata dalam bahasa Hawaii yang berarti cepat Sistem wiki memiliki berbagai macam tool yang membolehkan komunitas pengguna secara mudah memonitor semua perubahan yang ada di wiki, dan mendiskusikan isu yang berbeda dalam menciptakan kabar sesungguhnya yang terdapat dalam konten wiki. Salah satu website terkenal yang menggunakan wiki adalah www.wikipedia.org. X.org Atau X.org Foundation merupakan badan yang menangani urusan X Windows System. X.Org dibangun 22 Januari 2004 dan telah menjadi bagian dari komunitas freedesktop.org. X.org terdiri dari berbagai macam developer, baik perseorangan maupun perusahaan, yang dikerjakan bersama dalam mode bazaar. X.org Server merupakan referensi implementasi dan X, yang banyak digunakan di lingkungan Linux dan UNIX sebagai basis teknologi desktop modern seperti GNOME, KDE dan beberapa windows manager Iainnya. AES Advanced Encryption Standard, atau dikenal juga sebagai Rijndael. Standar enkripsi yang diadopsi oleh pemerintah AS sebagai pengganti Data Encryption Standard (DES). AES dikembangkan oleh dua orang kriptografer asal Belgia bernama Joan Daemen dan Vincent Rijmen. Heuristik Ilmu dan seni dalam penemuan dan penciptaan yang berasal dan kata Yunani eureka”. Dalam ilmu komputer, heustik adalah teknik yang dirancang untuk memecahkan sebuah masalah tanpa mempedulikan solusinya bisa dibuktikan benar atau tidak. Tapi biasanya solusinya benar atau bisa memecahkan masalah yang sederhana. Multisession Pada proses CD burning, bila dilakukan muftisession, kapasitas yang tersisa pada CD masih dapat dilanjutkan kembali pada session burning selanjutnya hingga penuh.
    •  Twofish Dalam kriptografi, Twofish adalah cipher dengan ukuran blok 128-bit dan key 256-bit Twofish adalah salah satu finalis dan kontes AES, tetapi tidak dipilih sebagai standar. Twofish dirancang oleh Bruce Schneier, John Kelsey, Doug Whiting, David Wagner, Chris Hall, dan Niels Ferguson. X Server Atau biasa disebut juga dengan X Windcw System atau Xli. X server menyediakan toolkit standar dan protokol untuk membangun GUI di UNIX dan Sejenisnya Xli menyediakan framework dasar untuk GUI seperti penggambaran window, interaksi dengan mouse dan keyboard, dan lain-lain. Xvesa X server bersifat umum untuk Linux di plallorm x86. Xvesa tidak bisa mengetahui jenis hardware, dan akan mengatur mode video dalam mode VM86. Xvesa juga akan menjalankan kode-kode yang belum resmi secara penuh. Karenanya penggunaan Xvesa harus di Iingkungan yang terpercaya. Administrator Disebut juga super user. Pengguna yang meng-install, merawat sebuah sistem (operating system). Administrator memiliki hak-hak istimewa (privileges) yang tidak dimiliki oleh pengguna lain, seperti meng-install, meng-uninstall, dan menggunakan program-program tertentu, membuat user account baru, mengganti setting konfigurasi komputer, dan lain- lain.
    •  Burning Proses menulis data pada media optikaI seperti CD dan DVD yang dilakukan dengan menorehkan guratan yang mewakili bilangan biner menggunakan sinar laser pada permukaan CD dan DVD. Defrag Proses (yang dijaIankan oleh aplikasi Disk Defragmenter) yang mengumpulkan bagian-bagian terpecah (fragmented parts) dari sebuah data yang tersebar di dalam hard disk, dan mengelompokkannya Kondisi seperti ini akan memudahkan sebuah aplikasi menemukan data-data yang dibutuhkannya. melegakan space hard disk, dan membuat jalannya komputer Iebih efisien. Shortcut Sebuah link untuk apa pun yang dapat diakses pada komputer Anda atau dalam jaringan, seperti program, file, folder, disk drive, halaman website, printer, atau komputer lain. Anda dapat meletakkan shortcut di mana saja, seperti pada desktop, menu Start, atau dalam sebuah folder. Trigger Pemicu sebuah aplikasi agar berjalan/ beroperasi pada sistem komputer. Trigger dapat berupa waktu yang telah ditentukan sebelumnya agar sebuah aplikasi berjalan tanpa harus dieksekusi oleh pengguna. User-account Catatan yang berisi semuai nformasi yang mendefinisikan user pada Windcws. Informasi ini mencakup usemame dan password yang dibutuhkan user untuk log on, group keanggotaan user account serta hak dan izin yang dimiliki user untuk menggunakan komputer dan jaringan berikut akses terhadap resource. User account dikelola melalui Local Users and Groups.
    •  Footer Bidang dalam margin bahwa pada setiap halaman dokumen. Anda dapat menambahkan teks atau gambar dalam footer, seperti nomor halaman, tanggal, logo perusahaan, judul dokumen atau nama file, atau nama penulis, yang dicetak pada bagian bawah masing-masing halaman dalam dokumen. Handle-margin Sisi luar virtual pada margin header atau footer yang ditandai dengan garis putus-putus. Handle margin dapat didrag untuk memperbesar, memperkecil ruang margin. Saat menuliskan sesuatu dalam header atau footer, handle margin akan aktif. Header Bidang dalam margin atas pada Setiap halaman dokumen. Anda dapat menambahkan teks atau gambar dalam header, seperti nomor halaman, tanggal, logo perusahaan, judul dokumen alau nama file, atau nama penulis, yang dicetak pada bagian atas masing-masing halaman dalarn dokumen. Layout Pelatakan elemen-elemen visual pada bidang kerja yang nyaman dan terbaca untuk melihat hasil akhir sebuah pekerjaan. Loop Kondisi ketika beberapa frame dimainkan/di putar secara berulang-ulang (repeated)/tidak terputus atau hanya beberapa kali secara otomatis. Loop dapat dilakukan setelah sebuah file audio/video selesai, atau pada frameframe tertentu dalam sebuah file. Preview Proses menampilkan output dokumen, halaman, film, dan lain-lain di monitor komputer sebelum di produksi dalam bentuk finalnya, misalnya di-print di atas kertas.
    •  Range Jarak antara niIai terendah dan tertinggi dalam sebuah deret atau sel dalarn Excel. Range disebut juga subgroup. Thumbnail Miniatur file gambar atau slide dengan resolusi rendah yang ditampilkan pada browser atau aplikasi tertentu. Thumbnail digunakan untuk membantu user melihat isi file (slide) sebelum menentukan file slide mana yang akan dibuka. Download Proses meng-copy file dan komputer remote ke komputer lokal. Biasanya menggunakan jalur (protokol) HTTP, FTP,dan lain-lain tergantung dariaplikasi apa yang digunakan. Lawan dari download adalah upload. HTML HyperText Markup Language. Bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman web. Markup berarti memberikan tanda-tanda pada teks bagaimana dan sebagai apa ia ditampilkan oleh web browser. HTML dikembangkan dan Standard Generalized Markup Language (SGML).
    •  Script Serangkaian instruksi/perintah untuk melakukan sesuatu yang ditulis dengan kode-kode bahasa pemrograman. Script dapat Iangsung dijalankan tanpa harus di-compile ke dalam object code. Syntax Aturan atau sistematika penulisan perintah dalam bahasa pemrograman. Mirip dengan makna aslinya dalam ilmu linguistik yang berarti sistematika atau urutan kata dalam satu kalimat agar dapat dimengerti. Taskbar Bar yang besi tombol Start dan tampil secara default pada bagian bawah desktop. Anda dapat mengklik tombol-tombol taskbar untuk berpindah dari satu program ke program Iain. Anda juga dapat menyembunyikan taskbar, memindahkannya ke bagian tepi atau atas desktop, dan melakukan kustomasi dengan cara lain. Template Basis untuk siap dokumen. TempIete menentukan struktur dasar sebuah dokumen dan berisi setting dokumen, jenis font, tugas-tugas kunci,menu,tata letak haIaman, format khusus, dan lain-lain.
    • UJI KOMPETENSI1. Jelaskan apa yang dimaksud Sistem Operasi!2. Sebutkan 5 produk sistem operasi yang Anda ketahui!3. Sebutkan dan jelaskan fungsi sistem operasi!4. Jelaskan bagaimana hubungan antara OS dan BIOS!5. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang sistem operasi LINUX!