Your SlideShare is downloading. ×
0
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Manajemen & transportasi udara
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Manajemen & transportasi udara

694

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
694
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
20
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. MANAJEMEN & TRANSPORTASI UDARA Nama : Zakiyah Ramdaniah NIM : 224112315
  • 2. MANAJEMEN• Pengertian Manajemen Menurut : James A.F. Stoner, menjelaskan bahwa Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Koonentz & Donnel, Pengertian Manajemen lebih Menitikberatkan pada pemenfaatan orang-orang dalam mencapai tujuan atau Agar tujuan dapat dicapai orang- orang tersebut harus mempunyai tugas, tanggung jawab dn wewenang yang jelas.
  • 3. R. Terry, bahwa Manajemen merupakan suatu proses khasyang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yangdilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yangtelah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusiadan sumberdaya lainnya.Millet (1954) mengatakan bahwa manajemen adalah prosesmemimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orangyang terorgasisir secara formal sebagai kelompok untukmemperoleh tujuan yang diinginkan.
  • 4. Situs wikipedia bahasa Indonesia mengemukakan bahwa: Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kunoménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan danmengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapandan diterima secara universal. Ricky W. Griffin misalnyamendefinisikan manajemen sebagai sebuah prosesperencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, danpengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals)secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapatdicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisienberarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar,terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
  • 5. TRANSPORTASI UDARA• 1.1 Latar Belakang Pengertian Transportasi adalah manusia akan sering mengalami perpindahan tempat dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan wahana atau digerakkan oleh mesin, yang disebut dengan transportasi. Semua manusia melakukan kegiatan perjalanan. Perjalanan tersebut bisa dilakukan melalui jalur udara, laut, dan darat. Namun, pada zaman sekarang transportasi udara sudah semakin berkembang pesat. Pertumbuhan global tidak akan memiliki arti sama sekali, bahkan nyaris menjadi sulit berkembang tanpa terselenggaranya sistem angkutan udara yang baik.
  • 6. Transportasi udara merupakan transportasi yangmembutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karenamemiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udaramerupakan alat transportasi tercepat dibandingkan denganalat transportasi lainnya. Persaingan dalam banyak hal, terutama dibidangpembangunan ekonomi global ternyata telah merangsang parailmuwan untuk menyediakan sistem transportasi yang dapatmelayaninya. Demikian, kemudian terjadilah perlombaanbesar-besaran dalam teknologi penerbangan. Sekedarmenambah pengetahuan saja terutama sekali tentangpesatnya kemajuan teknologi penerbangan.
  • 7. 1.2 Rumusan Masalah1. Apakah transportasi udara dan bagaimana sejarahnya ?2. Bagaimana pengelolaan usaha jasa moda transportasibaik sarana maupun prasarana transportasi ?3. Bagaimana langkah-langkah pokok pelaksanaan kegiatandalam pengelolaan usaha jasa transportasi tersebut1.3 Tujuan1. Mengetahui apa transportasi udara dan bagaimanasejarah transportasi udara di Indonesia2. Mengetahui pengelolaan usaha jasa moda transportasibaik sarana maupun prasarana transportasi3. Mengetahui langkah-langkah pokok pelaksanaankegiatan dalam pengelolaan usaha jasa transportasi tersebut
  • 8. LANDASAN TEORI• 2.1 Pengertian Transportasi Menurut Utomo, transportasi adalah pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Sedangkan menurut Sukarto, transportasi adalah perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan alat pengangkutan, baik yang digerakkan oleh tenaga manusia, hewan (kuda, sapi, kerbau), atau mesin. Konsep transportasi didasarkan pada adanya perjalanan (trip) antara asal (origin) dan tujuan (destination).
  • 9. Di dalam transportasi, terdapat unsur-unsur yang terkaiterat dalam berjalannya konsep transportasi itu sendiri. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut:1. Manusia yang membutuhkan2. Barang yang dibutuhkan3. Kendaraan sebagai alat/sarana4. Jalan dan terminal sebagai prasarana transportasi5. Organisasi (pengelola transportasi)2.2. Fungsi dan Manfaat Transportasi Menurut Utamo, transportasi memiliki fungsi danmanfaat yang terklasifikasi menjadi beberapa bagian penting.Transportasi
  • 10. memiliki fungsi yang terbagi menjadi dua yaitu melancarkanarus barang dan manusia dan menunjang perkembanganpembangunan (the promoting sector). Sedangkan manfaattransportasi menjadi tiga klasifikasi yaitu:1. Manfaat Ekonomi Kegiatan ekonomi bertujuan memenuhi kebutuhanmanusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi adalahsalah satu jenis kegiatan yang menyangkut peningkatankebutuhan manusia dengan mengubah letak geografis barangdan ora2. Manfaat Sosial Transportasi menyediakan berbagai kemudahan,diantaranya:a) pelayanan untuk perorangan atau kelompok,
  • 11. b) pertukaran atau penyampaian informasi,c) Perjalanan untuk bersantai,d) Memendekkan jarak dane) Memencarkan penduduk.3. Manfaat Politis Transportasi menciptakan persatuan, pelayanan lebihluas, keamanan negara, mengatasi bencana, dll.4. Manfaat Kewilayahan Memenuhi kebutuhan penduduk di kota, desa, ataupedalaman.
  • 12. 2.3 Transportasi Udara Pertumbuhan global tidak akan memiliki arti samasekali, bahkan nyaris menjadi sulit berkembang tanpaterselenggaranya sistem angkutan udara yang baik. Saranaangkutan telah menjadi andalan bagi perkembangan danpertumbuhan ekonomi. Dampak ikutannya dapat segeraterlihat pada perkembang social dan budaya yangmengikutinya. Salah satu fenomena yang menarik dalamperkembangan global adalah, meningkatnya secara konsistenarus pergerakan barang dan orang. Pergerakan orang danbarang ini adalah sebagai akibat yang wajar atau konsekuensilogis dari hukum ekonomi yang paling mendasar yaitu interaksidari “demand” dan “supply”.
  • 13. Sarana dan Prasarana Transportasi Udara Sarana Transportasi Udara : Pesawat terbang atau pesawat udara atau kapalterbang atau cukup pesawat saja adalah kendaraanyang mampu terbang di atmosfir atau udara Prasarana Transportasi Udara : Bandar udara atau bandara merupakan sebuahfasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas danmendarat. Bandara yang paling sederhana minimalmemiliki sebuah landas pacu namun bandara besarbiasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untukoperator layanan penerbangan maupun penggunanya.
  • 14. 2.4 Kesimpulan Manajemen adalah melaksanakan dan mengatur suatuOrganisasi , Pengkoordinasian, dan pengontrol sumber dayauntuk mencapai suatu yang lebih baik secara efektif danefesien. Transportasi adalah pemindahan manusia atau barangdari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakansebuah wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin.Sarana dalam transportasi udara adalah pesawat terbang danprasarananya adalah bandar udara. Dalam melakukan pengelolaan bandara yang baiktentunya harus didasarkan pada usaha yang efektif dan efisien.
  • 15. Efektif yaitu misalnya kapasitas mencukupi, terpadu sertacepat dan lancar. Sedangkan efisien misalnya biayaterjangkau, beban publik rendah dan memiliki kemanfaatanyang tinggi. Langkah-langkah untuk mengusulkan strategi yangtepat dalam pengelolaan bandar udara yang efektif meliputipenentuan dan evaluasi misi perusahaan, analisis lingkunganyang bersifat eksternal dan internal, analisis pasar bandarudara dengan maksud untuk mengidentifikasi konsumen(customer), analisis kesenjangan dengan membandingkanstrategi dan sumber daya yang tersedia dengan analisisPAKAL, penentuan Faktor Kunci Kesuksesan dalam industrijasa bandar udara, dan formulasi strategi, yang merupakanusulan strategi yang dianggap terbaik.

×