Telaah kurikulum ski

  • 889 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
889
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
11
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Disusun oleh:Disusun oleh:Kelompok III Kelas 6 D Kualifikasi S.11. Juniyanto NIM. 0931111402. Siti Muazadah NIM. 0931111413. Anik Hariyati NIM. 0931111444. Rosid NIM. 093111147
  • 2.  Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW keThaif
  • 3.  Mengidentifikasi sebab-sebab NabiMuhammad SAW hijrah ke Thaif. Menceritakan peristiwa hijrah NabiMuhammad SAW ke Thaif Meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAWdalam perjalanan hijrah ke Thaif
  • 4.  Menjelaskan sebab-sebab hijrah NabiMuhammad Saw ke Thaif. Memahami proses hijrah Nabi MuhammadSaw ke Thaif secara lengkap. Mengambil hikmah dari hijrah NabiMuhammad Saw ke Thaif.
  • 5.  Kota Thaif merupakan sebuah kota yang terletakkurang lebih 65 km di sebelah tenggara KotaMekah. Kota Taif memiliki udara yang sejuk dantanahnya subur. Penduduknya menanam kurma,anggur, semangka, persik, badam, dan madu. Pada waktu itu, Thaif didiami penduduk dari BaniSaqif. Mereka terdiri dari dua suku, yaitu BaniAhlaf dan Bani Malik. Bani Ahlaf menguasaibidang diplomasi, militer, dan penyembahanberhala. Dari suku ini lahir penyair-penyair besaryang tampil pada festival tahunan Ukaz. AdapunBani Malik menguasai bidang ekonomi danpertanahan sebaga tuan-tuan tanah.
  • 6.  Setelah meninggalnya Abu Talib danKhadijah, dakwah Nabi Muhammad saw.makin berat. Abu Talib dan Khadijahmerupakan dua pelindung utama dakwahNabi Muhammad saw. Dengan meninggalnyamereka, kaum kafir Quraisy menjadi lebihberani dalam merintangi dan menggangguNabi Muhammad saw. Karena gangguan yang sedemikian rupa, NabiMuhammad saw. menganggap bahwa KotaMekah tidak lagi bisa dijadikan sebagai pusatdakwah. Nabi Muhammad saw. kemudianberusaha menyebarkan Islam ke Kota Thaif.
  • 7.  Sesampainya di Thaif, Nabi Muhammad saw. menemuibeberapa tokoh penguasa Thaif. Mereka adalah AbdulYalail, Mas ud, dan Hubaib. Kepada mereka, NabiMuhammad saw. menyampaikan pokok-pokok ajaran Islam.Nabi Muhammad saw. juga berharap agar mereka bersediamembantu usahanya dalam menyebarluaskan ajaran Islam. Para penguasa Thaif menolak seruan Nabi Muhammad saw.Mereka berkata, "Sekiranya kata-kata yang kamu serukanitu baik, tentu famili dan kaum kerabatmu akan menerimaterlebih dahulu." Setelah itu, mereka mengusir Nabi. Bahkan, mereka menyuruh penduduk Taif untuk menyakitiNabi Muhammad saw. Mereka menyoraki, mengejek,memukuli, dan melempari Nabi Muhammad saw. denganbatu. Akibatnya, tubuh Nabi Muhammad saw. penuh lukadan berlumuran darah. Adapun Zaid bin Harisah berusahamelindungi Nabi Muhammad saw. dari tindakan pendudukTaif itu. Akibatnya, ia juga menderita luka yang cukupparah. Sekujur tubuhnya berlumuran darah.
  • 8.  Dengan hati sedih Nabi Muhammad SAW kembalike Mekkah. Malaikat Penjaga Gunung menawarkan bantuanuntuk menghancurkan penduduk Thaif dijawabNabi dengan do’a untuk kebaikan anak keturunanpenduduk Thaif agar kelak dikemudian hariberiman kepada Allah dan menjadi pendukungsetia agama Islam Dengan perlindungan itu diberikan oleh Mutimbin Adi, kepala Bani Naufal. Nabi Muhammadsaw. akhirnya kembali memasuki Mekah danmeneruskan dakwahnya.
  • 9.  Menurut analisa kami, didalam standar kompetensikelas IV semester 2, yaitu “Memahami hijrah NabiMuhammad SAW ke Thaif” pada kompetensi dasarpertama hingga ketiga tidak bermasalah dan dapatdigunakan acuan dalam pembelajaran SKI. Walaupun demikian kami memandang perlu untukmemasukkan KD baru yaitu “Mengambil ibrah darihijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif” untukmemperkuat kompetensi dasar sehingga lebihlengkap. Karena Allah berfirman :Artinya :Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapatpengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.(Q.S. Yusuf : 111)
  • 10.  Ada materi yang janggal yaitu bahwa Nabidiberi buah kurma oleh Adas sedangkandalam kebanyakan buku sirah adalah buahanggur. menambahkan materi Amul Huzn didalamnyakarena materi ini merupakan jawaban darisebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah keThaif dan dampak yang ditimbulkan. Buku pelengkap yang kami My BelovedProphet : Teladan Sepanjang Zaman, danMuhammad : Kisah Hidup NabiBerdasarkan Sumber Klasik
  • 11.  Metode diskusi serta metode tanya jawab dipakai antarasiswa yang mewakili kelompok masing-masing untukeksplorasi dan elaborasi. Metode ceramah dapat dilakukan guru pada sesikonfirmasi dengan dikombinasi metode tanya jawab Metode drill/latihan, kita buat latihan soal dengankombinasi sistem kuis dengan penguatan berupa hadiahseperti buku atau komik islam
  • 12.  Memperhatikan tiga tipe siswa auditory,visual dan auditory – visual. Media audio–visual seperti DVD Player,Televisi Komputer maupun LCD Proyektordipakai untuk menyetel Film “Ar-risalah”atau Message” agar gambaran tentang hiijrahNabi Muhamamd SAW ke Thaif menjadi jelas.
  • 13.  Semoga presentasi kami bermanfaat. Wassalam.