Aerodinamika

3,206 views

Published on

1 Comment
5 Likes
Statistics
Notes
  • selamat sore dan...mohon ijin dengan Serda Giri dari STTAD...ijin menanyakan, gaya2 yg komandan bilang tadi berlaku untuk aerodinamika pada pesawat sedangkan saya sedang mencari aerodinamika pada kendaraan mobil tentang ,Lift,pitching,yawing,rolling centre of gravity dan centre of preasure..

    apakah itu sama atau berlaku jga pada kendaraan khususnya mobil..??
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
3,206
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
218
Comments
1
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Aerodinamika

  1. 1. NAMA ; Zaenal ArifinPANGKAT/NRP : Lettu Lek / 511969JABATAN : Kasi DallatPRAMUKA : Ketua Saka Dirgantara Kwarcab JombangKONI : Ketua Pordirga Aeromodelling PB FASIJombangKESATUAN : Satrad 222 Ploso
  2. 2. KA PINSAKAKA MABINAS DIRGANTARA
  3. 3.  KRIDA OLAHRAGA DIRGANTARA - PESAWAT BERMOTOR. - PESAWAT TAK BERMOTOR. - AEROMODELLING. - TERJUN PAYUNG. - LAYANG GANTUNG. KRIDA PENGETAHUAN DIRGANTARA - NAVIGASI UDARA. - PLLU. - METEO. - FASILITAS PENERBANGAN. - AERODINAMIKA. KRIDA JASA DIRGANTARA - TEKNIK MESIN PESAWAT UDARA. - KOMUNIKASI. - STRUKTUR PESAWAT. - SAR.
  4. 4. AERODINAMIKA
  5. 5. AERODINAMIKA Aero = udara Dinamik = bergerak adalah ilmu yang mempelajarigerak dari Fluida (terutama gas),gerakan ini biasanya ditimbulkankarena gerakan suatu benda padafluida tersebut.
  6. 6. Airfoils and Streamlines(Penampang sayap dan aliran udara).adalah salah satu struktur dari pesawatyang dialiri udara hingga pesawat dapatterbang terutama pada sumber dayaangkat yaitu sayap.
  7. 7. Hukum BernoulliSuatu benda di dalam zat cair (gas yangbergerak maka jika kecepatannyabertambah tekanannya dan sebaliknya. P + ½ fv² = P 1 + fv² = C P tekanan udara v kecepatan udara f kepadatan zat cair/gas
  8. 8. Karena udara yang mengalir pada bagian atassayap harus melalui lengkungan (carvarture)yang lebih dari bagian bawah maka kecepatanudara akan makin cepat dapat dikatakan jarakyang ditempuh aliran udara di atas airfoils lebihjauh dari pada bagian bawah sedang waktu yangdiperlukan untuk menempuhh jarak itu sama,karenanya udara yang di atas harus mempunyaikecepatan yang lebih besar. Sesuai dengan hukum Bernoulli makatekanan bagian bawah sayap lebih besardaripada bagian atas.
  9. 9. Percobaan Sederhana
  10. 10. Gaya UdaraGaya-gaya yang bekerja padapesawat terbang dalam keadaanterbang ada 4:a. gaya ke atas ( lift )b. gaya ke bawah ( gravity )c. gaya ke depan ( trust )d. gaya ke belakang ( drag ).
  11. 11. LIFTLift atau gaya angkat adalah gaya ke atas,yang dengan kata lain dapat dikatakanbahwa lift adalah gaya yang menahan keatas dari berat pesawat dan gaya angkatselalu tegak lurus teradap arah terbangpesawat (fligt path). Bagian yangutama dari pesawat terbang yang banyakmenimbulkan gaya angkat ialah sayap.
  12. 12. GravityGravity ialah gaya ke bawah.Sesuatu benda yang mempunyai berattentu dipengaruhi oleh gravity atau gayatarik bumi.Begitu juga karena pesawatmempunyai berat maka padanya adapengaruh daya tarik bumi juga. Besarnyagaya tarik bumi tergantung dari kepadatanbenda yang bersangkutan, dan gayatersebut constant menuju ke pusat bumi.
  13. 13. THRUSTThrust atau gaya kedepan dimaksudkanuntuk mendapatkan gerakan pesawat kedepan sehingga udara dapat bergerakmelalui bagian atas dan bagian bawahsayap, yang akan menimbulkan adanyagaya angkat.Thrust diperoleh denganbermacam-macam cara ialah propeler jetengine, rocket dan sebagainya.
  14. 14. •Drag (perlambatan)ialah gaya yang selalu berlawanan denganarah gerakan pesawat terbang.Drag padapesawat terbang dibagi menjadi : a. Wing drag. b. Parasite drag. Wing drag ialah geseran yang diakibatkan olehbagian2 dari pswt yg menimbulkan gaya angkat. Parasite drag ialah geseran yang timbul karenabagian2 pswt yg tidak menimbulkan gaya angkat.
  15. 15. Gerakan Pesawat Terbang.Pada pesawat tersebut biasanya mempunyaitiga buah sumbu (axes) ialah :Sumbu Longitudinal.Sumbu Lateral.Sumbu Vertical atau sumbu normal.
  16. 16.  Semua pesawat terbang bergerak atau berputar pada sumbu tersebut. Gerakan pesawat terbang pada sumbu longitudinal dinamakan rolling, gerakan pada sumbu lateral dinamakan pitching (gerakan hidung pesawat naik turun), gerakan pada sumbu vertical disebut yawing (hidung pesawat bergerak ke kanan dan ke kiri).
  17. 17. Rolling( Kemudi guling menggunakan aileron )
  18. 18. Pitching( Kemudi belok menggunakan rudder )
  19. 19. Yawing( Kemudi naik turun menggunakan elevator )
  20. 20.  Bagian-bagian dari Pesawat Terbang. a. Power plant ( tenaga penggerak ) . b. Badan pesawat ( fuselage ). c. Sayap ( wing ). d. Ekor ( empennage ). e. Roda pendarat ( under carriage ).
  21. 21.  Kegunaan dari bagian2 tersebut ialah : Power plan sebagai tenaga penggerak untuk mendarat thrust. Badan pesawat sebagai ruang untuk awak pesawat dan penumpang juga tempat untuk meletakan bagian-bagian yang lain (sayap, ekor dan sebagainya) Wing atau sayap sebagai sumber gaya angkat. dan aileron (kemudi guling ) Empennage atau bagian ekor terdiri elevator (kemudi naik/turun) rudder (kemudian belok), vertical stabilizer (pemantapan horizontal).
  22. 22. Ada yang ditanyakan ?

×