Zella ayu farina pgmi 7 a

369 views
255 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
369
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
44
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Zella ayu farina pgmi 7 a

  1. 1. Pengertian madrasah Kata “Madrasah” dalam bahasaArab berarti tempat atau wahanauntuk mengenyam prosespembelajaran. Sedangkan dalambahasa Indonesia disebut sekolah.
  2. 2. Pengertian MIMadrasah Ibtidaiyah adalah jenjang palingdasar pada pendidikan formal di Indonesiayang setara dengan sekolah dasar yangpengelolaannya dilakukan oleh KementrianAgama.
  3. 3. Sejarah Madrasah• Pada zaman penjajahan Belanda Madrasah didirikan untuk semua warga.• Madrasah pertama kali berdiri di Sumatra.• Madrasah berkembang di Jawa mulai 1912.
  4. 4. Latar Belakang Berdirinya Madrasah Madrasah di Indonesia muncul pada abad 20. Ada 2 faktor munculnya Madrasah, yakni:1. Semangat pembaharuan Islam yang berasal dari timur Tengah.2. Kebijakaan Pemerintah Hindia Belanda yang mendirikan serta mengembangkan sekolah.
  5. 5. 1. Orde Lama Berdirinya Madrasah Pendidikan Guru Agama (PGA) dan Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN).2. Orde Baru Tahun 1967 muncul Madrasah Negeri sampai 1970 dan dibuka kembali tahun 2000.
  6. 6. PROBLEMATIKA MADRASAH DI INDONESIA Hasil belajar yang rendah. Sumber daya manusia. Sarana dan prasarana pendidikan. Rendahnya pendapatan. Kepala Madrasah. Sertifikat tanah. Pengeluaran yang besar.

×