Your SlideShare is downloading. ×
0
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Macam Aplikasi dan Fungsinya
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Macam Aplikasi dan Fungsinya

36,112

Published on

penggunaan umum dan sekolah

penggunaan umum dan sekolah

Published in: Education
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
36,112
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
203
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Macam Aplikasi dan Fungsi Software Nama Kelompok : 1. Aliva Ainun N 2. Rama Chrismara 3. Wikanta Aria D. 4. Yutta Nandiya P. Kel 4 (03) (26) (31) (32)
  • 2. I. SOFTWARE of SYSTEM OPERATION Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian : 1. Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi. 2. Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix). 3. Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware. 4. Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat. 5. Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
  • 3. II. SOFTWARE of APLIKASI A. Pengertian Program aplikasi komputer adalah software atau perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu. Jika sistem operasi komputer (misalnya Windows) berfungsi untuk melakukan operasi dasar, program aplikasi tertentu bisa kita tambahkan (install) untuk melengkapi kemampuan sistem operasi komputer untuk melakukan tugas-tugas yang lebih spesifik.
  • 4. B. Jenis Aplikasi Komputer 1. Word Processing Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.
  • 5. 2. Desktop Publishing Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.
  • 6. 3. Program Speadsheet Merupakan program program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv
  • 7. 4. Database Management System Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
  • 8. 5. Graphics Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio, adobe photoshop.
  • 9. 6. Program Akuntasi Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.
  • 10. 7. Program Statistik Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statistica.
  • 11. 8. Communication Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.
  • 12. 9. Multimedia Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video, nero showtime, winamp.
  • 13. 10. Game Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia, condition zero.
  • 14. 11. Utility (Software Tambahan) a. Antivirus Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG, SMADAV.
  • 15. b. Hex editor langsung mengubah teks atau data file. Filefile ini bisa berupa data atau program yang sebenarnya. c. Kompresi data utilitas output stream lebih pendek atau file yang lebih kecil ketika dilengkapi dengan aliran atau file. d. Kriptografi utilitas mengenkripsi dan mendekripsi stream dan file. e. Aplikasi Launcher menyediakan jalur akses yang mudah untuk aplikasi perangkat lunak.
  • 16. f. Registry cleaners bersih dan mengoptimalkan registry Windows dengan menghapus kunci registri lama yang tidak lagi digunakan g. Jaringan utilitas menganalisis konektivitas jaringan komputer, mengkonfigurasi pengaturan jaringan, data cek transfer atau log kejadian. h. Antarmuka baris perintah (CLI) dan antarmuka pengguna grafis (GUI) Memungkinkan pengguna untuk menghubungi dan melakukan perubahan ke sistem operasi.
  • 17. III. CARA KERJA 1. Word Processing a. Cara Kerja: 1.Membuat huruf yang berjarak-jarak yang terdapat di ms.word contoh Belajar caranya : block tulisan belajar kemudian pilih font/ctrl+D kemudian pilih spacing dan klik expanded kemudian pilh yang ada di sebelahnya dengan tulisan BY kemudian pilih ukuran jaraknya dengan menuliskan 6pt lalu klik ok 2.Memberi symbol di dalam ms.word contoh β Jika di ms.word 2007 pilih insert kemudian klik symbol kemudian cari symbol seperti di atas 3.Memberi huruf besar pada awal kalimat seperti yang ada di koran dengan menggunakan drop cap caranya block huruf yang ada di awal kalimat tersebut,lalu kita pilih dropcap , jika di word 2003 kita pilih format kemudian dropcap ,jika word 2007 kita pilih insert lalu drop cap kemudian pilih ok
  • 18. 4.Menipiskan tulisan yang ada di dalam kalimat contoh mendapatkan caranya : block tulisan mendapatkan lalu pilih font/ctrl+D lalu pilih spacing. klik kondensed lalu pilih BY yang ada di sampingnya kemudian pilih ukuran 1.5pt lalu klik ok 5.Membuat satu huruf naik keatas tampa menaikan huruf yang lain contoh: Berdiri jika ingin menaikkan huruf B naik keatas, maka anda harus memblock huruf B kemudian pilih font/ctrl+D,pilih character spacing kemudian pilih position dan klik raised yaitu keatas jika pilih lowered dia akan keatas makanya kita pilih raised agar hurufnya keatas,setelah itu pilih disampingnya BY yaitu berapa tinggi keatasnya huruf yang kita mau misalnya 6 PT lalu klik ok
  • 19. 2. Desktop Publishing Dalam desktop publishing kita bisa membuat Poster, caranya klik yang BounceUntuk mengeditnya, sangat mudah sekali Anda tingal mengklik bagian yang ingin diubah, misalnya gambar tadi kita ubah klik kanan. Klik Change Picture,Kamu isi bagian-bagian lainnya ataupun pindah-pindahkan dengan mendrag area kotaknya atau menarik kotaknya. Kamu juga bisa menghapus bagian yang tidak diinginkan. Oh, ya kamu juga bis amengganti Background, Format Publication, atau Color Schemes di tab Format Selain itu di Destop Publishing kita bisa membuat website dan
  • 20. 3. Program Speadsheet Dalam Program Speadsheet, terutama Ms Excel, sangat identik dengan data yang dibuat melalui banyak fungsi. Fungsi / function pada microsoft excel sifat-sifatnya. Sifat fungsi, yaitu : 1. diawali tanda (=) 2. tidak boleh mengandung tanda (‘) atau (“) untuk data angka kecuali data label 3. harus dilengkapi dengan argumen Kita dapat menggunakan Fungsi / function dengan langsung mengetiknya manual, memakai Insert Function untuk memasukkannya secara otomatis, dan bisa juga melalui Shift + F3. Fungsi pada Microsoft excel contoh singkat : =SUM(F4:F12) Penjumlahan dari sel F4 sampai sel F12 =AVERAGE(F4:F12) Untuk menghitung rata-rata nilai dari sel F4 sampai sel F12 Rumus / Formula adalah suatu bentuk perhitungan yang kita buat sendiri dengan tujuan tertentu. Rumus lebih simple. Di dalam Rumus kita dapat memasukkan data label, numerik, maupun fungsi. Rumus . Sifat-sifat Rumus / Formula, yaitu : 1. Diawali oleh tanda (+), (-), atau tanda (=) 2. Dapat berisi data label, numerik, maupun fungsi Contoh data yang dimasukkan dalam Rumus / Formula pada excel adalah data operator hitung (aritmatik) diantaranya : + = penjumlah / = pembagi - = pengurang ^ = pangkat * = mengkalikan Contoh rumus atau formula : =B2+C2 penjumahan isi sel B2 dengan C2
  • 21. 4. Database Management System Ms Access termasuk dalam bab ini, untuk membuat database caranya adalah a. Buka Ms access, pilih blink database, lalu akan tmpil tampilan b. Kemudian buka file name tadi seperti gambar di atas, akan muncul form lagi buat folder kemudian pilih format file(mdb). karena nantinya kita akan menghubungkan access dengan Delphi(Postingan selanjutnya). setalah sudah di pilih tinggal klik ok c. Pilih Create d. Pilih table1, klik kanan pilih design view isi nama table: misalnya (club) e. kemudian isi table dengan berapa field yang anda inginkan, ganti field sizenya pada field Properties sesuai Keingginan anda f. Klik table (club) pilih open Isi Field dengan bebera Record g. Lalu save.
  • 22. 5. Graphics Cara menggunakan Corel Draw 1. Menggunakan Dimension Tool Buatlah sebuah objek, misalkan persegi panjang berukuran 8×8,5 cm à didalamnya buatlah lingkarang berdiameter 8,5 cm à pada Toolbox, klik Dimension Tool à pada Property Bar pilih Horisontal Tool (untuk menjelaskan garis mendatar) dan pilih Vertical Tool (untuk menjelaskan garis vertical) à pada Dimension Style pilih decimal dengan satuan 0 pada Dimension Precission à pada Dimension Unit pilih cm à aktifkan Show units for Dimension à klik tombol Text Position Drop Down à klik pilihan, teks dimensi di bagian tengah garis à Posisikan pointer pada garis yang akan diberi dimensi / keterangan. 2. 3. Menggunakan 3 Point Curve Tool Klik 3 Point Curve Tool pada Toolbox à pada kanvas, klik point 1 à drag dan lepaskan pada point 2 àklik di point 3 à terakhir satukan point 2 dengan point 1 dengan pointer. Menggunakan Smart Drawing Tool Klik Smart Drawing Tool pada Toolbox à pada Property Bar pada Shape Recognition Level, pilih Medium dan pada Smart Smooting Level, pilih Highest. à pada kanvas, klik point 1, point 2, point3 dan point 4 à Secara otomatis akan terbentuk objek yang simetris.
  • 23. TERIMA KASIH 

×