• Save
Gunung Meletus
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Gunung Meletus

on

  • 14,388 views

Meletus antara tahun 2000- 2012

Meletus antara tahun 2000- 2012

Statistics

Views

Total Views
14,388
Views on SlideShare
14,387
Embed Views
1

Actions

Likes
4
Downloads
0
Comments
1

1 Embed 1

http://www.docshut.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • di like ya...
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Gunung Meletus Gunung Meletus Document Transcript

  • Gunung Gamalama Gunung Gamalama adalah sebuah gunungstratovolcano kerucut yang merupakan keseluruhan Pulau Ternate, Kepulauan Maluku, Indonesia. Pulau ini ada di pesisir barat Pulau Halmahera yang ada di bagian utara Kepulauan Maluku. GunungGamalama mempunyai ketinggian 1.715 meter diatas permukaan laut. Gunung Gamalama ditutupi Hutan Montane padaketinggian 1.200 - 1.500 m dan Hutan Ericaceous pada ketinggian diatas 1.500 m.Gamalama sudah lebih dari 60 kali meletus sejak letusannya pertama kalitercatat pada tahun 1538. Erupsi yang menimbulkan korban jiwasetidaknya sudah empat kali terjadi. Pasca letusan, di lokasi desa yangberjarak 18 kilometer dari pusat Kota Ternate itu muncul dua danau, yaituDanau Tolire Jaha dan Tolire Kecil.Erupsi terakhir dari gunung Gamalama terjadi pada tahun 2003. Letusantersebut tidak besar dan tidak menimbulkan korban jiwa, letusan tersebutmenyemburkan abu vulkanik yang menutupi langit Ternate.Namun mulai sejak tahun 2009, Gamalama kembali menunjukkan aktivitassehingga status "Waspada" diberlakukan pada gunung tersebut karenaaktivitas gunung yang meningkat.Pada hari Senin, 5 Desember2011 terjadi semburan abu vulkanik dariGunung Gamalama pada pukul 00.08 yang menunjukkan bahwa GunungGamalama masih aktif. Gunung Gamalama meletus dan mendorong ribuanwarga mengungsi karena semburan abu dan partikel debu setinggi 2.000meter ke udara yang memuntahkannya ke sebuah kota dekat gunungtersebut.
  • Gunung Merapi Merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Karena aktivitas yang semakin meningkat, ditunjukkan dengantingginya frekuensi gempa multifase dan gempa vulkanik, sejak pukul06.00 WIB tangggal 25 Oktober BPPTK Yogyakarta merekomendasipeningkatan status Gunung Merapi menjadi "awas" dan semua penghuniwilayah dalam radius 10 km dari puncak harus dievakuasi dan diungsikan kewilayah aman.Erupsi pertama terjadi sekitar pukul 17.02 WIB tanggal 26 Oktober.Sedikitnya terjadi hingga tiga kali letusan. Letusan menyemburkanmaterial vulkanik setinggi kurang lebih 1,5 km dan disertai keluarnya awanpanas yang menerjang Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan,Sleman. dan menelan korban 43 orang, ditambah seorang bayi dariMagelang yang tewas karena gangguan pernapasan.Sejak saat itu mulai terjadi muntahan awan panas secara tidak teratur.Mulai 28 Oktober, Gunung Merapi memuntahkan lava pijar yang munculhampir bersamaan dengan keluarnya awan panas pada pukul 19.54WIB.Selanjutnya mulai teramati titik api diam di puncak pada tanggal 1November, menandai fase baru bahwa magma telah mencapai lubangkawah.Namun demikian, berbeda dari karakter Merapi biasanya, bukannyaterjadi pembentukan kubah lava baru, malah yang terjadi adalahpeningkatan aktivitas semburan lava dan awan panas sejak 3 November.Erupsi eksplosif berupa letusan besar diawali pada pagi hari Kamis, 4November 2010, menghasilkan kolom awan setinggi 4 km dan semburanawan panas ke berbagai arah di kaki Merapi. Selanjutnya, sejak sekitarpukul tiga siang hari terjadi letusan yang tidak henti-hentinya hinggamalam hari dan mencapai puncaknya pada dini hari Jumat 5 November2010. Menjelang tengah malam, radius bahaya untuk semua tempat
  • diperbesar menjadi 20 km dari puncak. Rangkaian letusan ini serta suaragemuruh terdengar hingga Kota Yogyakarta (jarak sekitar 27 km daripuncak), Kota Magelang, dan pusat Kabupaten Wonosobo (jarak 50 km).Hujan kerikil dan pasir mencapai Kota Yogyakarta bagian utara, sedangkanhujan abu vulkanik pekat melanda hingga Purwokerto dan Cilacap. Padasiang harinya, debu vulkanik diketahui telah mencapai Tasikmalaya,Bandung, dan Bogor.
  • Gunung Sinabung Gunung Sinabung adalah sebuah gunung di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karov, Sumatera Utarav, Indonesia. Sinabung bersama Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 meter.Gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara. Gunung ini belumpernah tercatat meletus sejak tahun 1600. Gunung ini jenis StratovolcanoAgustus 2010Sejak 27 Agustus2010, gunung ini mengeluarkan asap dan abuvulkanis.Pada tanggal 29 Agustus2010 dini hari sekitar pukul 00.15 WIB(28 Agustus 2010, 17.15 ), gunung Sinabung mengeluarkan lava.Status gunung ini dinaikkan menjadi "Awas". Dua belas ribu wargadisekitarnya dievakuasi dan ditampung di 8 lokasi. Abu Gunung Sinabungcenderung meluncur dari arah barat daya menuju timur laut. SebagianKota Medan juga terselimuti abu dari Gunung Sinabung.Bandar Udara Polonia di Kota Medan dilaporkan tidak mengalami gangguanperjalanan udara.Satu orang dilaporkan meninggal dunia karena gangguan pernapasan ketikamengungsi dari rumahnya.September 2010Pada tanggal 3 September, terjadi 2 letusan. Letusan pertama terjadisekitar pukul 04.45 WIB sedangkan letusan kedua terjadi sekitar pukul18.00 WIB. Letusan pertama menyemburkan debu vuklkanis setinggi 3kilometer.[13] Letuasn kedua terjadi bersamaan dengan gempa bumivulkanis yang dapat terasa hingga 25 kilometer di sekitar gunung ini.Pada tanggal 7 September, Gunung Sinabung kembali metelus. Inimerupakan letusan terbesar sejak gunung ini menjadi aktif pada tanggal29 Agustus 2010. Suara letusan ini terdengar sampai jarak 8 kilometer.Debu vulkanis ini tersembur hingga 5.000 meter di udara.
  • Gunung Karangetang Gunung Karangetang (dikenal juga dengan nama Api Siau) adalah gunung berapi yang terletak di bagian utara Sulawesi Utara, Indonesia tepatnya di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Gunung Karangetang adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidakterdokumentasi pada catatan sejarah. Gunung ini merupakan salah satugunung berapi aktif di Indonesia. Pada letusan gunung Karangetang tahun1997 menewaskan 3 orang.Letusan Karangetang 2010Gunung Karangetang pada 4 Agustus sekitar pukul 00.15 WITA meletus.Masyarakat melakukan evakuasi untuk menghindari letusan susulan. Akibatletusan sedikitnya 4 orang dinyatakan hilang. Akses transportasi ke lokasibencana lumpuh setelah jembatan ambruk oleh endapan lahar panas.Rombongan Bupati yang meninjau lokasi bencana terdekat dengan lerenggunung mengalami kesulitan karena beberapa jembatan rusak parah.Letusan Karangetang 2011Sejak ditetapkan berstatus Awas pada Jumat 18 Maret 2011, aktivitasGunung Karangetang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, tetap tinggi. Hari ini,gunung itu masih mengeluarkan api dan awan panas.Sementara, awan panasKarangetang mengarah ke Barat, ke arah tiga kampung yakni KampungKinali, Mini dan Winangun. Awan panas dan guguran lava diketahui telahmerusak satu jembatan dan rumah warga.
  • Gunung Mayon Gunung Mayon adalah sebuah gunung berapi aktif di Provinsi Albay, Filipina. Bentuknya yang menyerupai kerucut yang sempurna membuatnya dianggap oleh banyak orang sebagai "Gunung Fujinya" Filipina. Beberapa kilometer di sebelah selatan Mayon terletak Kota Legazpi.Mayon adalah gunung berapi teraktif di Filipina. Sepanjang 400 tahunterakhir tercatat sudah terjadi sekitar 50 letusan Mayon. Letusanpertama tercatat terjadi pada tahun 1616. Letusan terbaru terjadi padatahun 2006. Lima tahun sebelumnya Mayon juga pernah meletus. Letusanterburuk terjadi pada 1 Februari1814. Saat itu aliran lava mengubur seisikota Cagsawa dan 1.200 orang meninggal dunia. Gunung ini terletak antaraLempeng Eurasia dan Lempeng Filipina.Sekitar 30.000 orang telah diungsikan saat gunung Mayon meletus pada2006 lalu. Saat itu, angin taufan yang dipicu longsor terjadi dekat gunungini. Akibatnya, desa-desa di sekitarnya terkubur dan membunuh lebih dari1.000 orang.

Saat meletus pada 1814, Mayon menewaskan lebih dari1.200 orang serta mengubur wilayah sekitarnya dengan lumpur. Sementaraletusan 1993 menyebabkan 79 orang meninggal dunia.

Filipina merupakanwilayah yang berada pada cincin api Pasifik. Di wilayah ini, aktivitas gunungberapi relatif besar dan gempa bumi sering terjadi. Dari 37 gunung apiyang ada di Filipina, 22 diantaranya gunung api berstatus gunung api aktif.
  • Gunung Yasur Gunung Yasur merupakan gunung berapi yang berada di Negara Vanuatu tepatnya di Pulau Tanna. Seperti tulisan sebelumnya, wilayah pasifik merupakan wilayah yang kaya akan aktivitas vulkanik dan terkenal dengan “Ring of Fire. Gunung Yasur meletus hampir terus menerusselama hampir 111 tahun, bahkan seringkali Gunung Yasur meletus setiaptiga sampai empat menit. Namun letusan-letusan tersebut tidakmelontarkan material vulkanik dalam jumlah besar, sehingga paravulkanolog menggolongkannya kedalam golongan gunung Strombolian atauVulcanianGunung berapi yang terletak di Ring of Fire (Cincin Api Pasifik) umumnyamemiliki ketinggian tidak lebih dari 361 meter diatas permukaan laut, danGunung Yasur memiliki puncak piroklastik besar dengan kawahberdiameter hampir 1.312 kaki (400 m). Gunung ini dibentuk oleh kekuatantektonik yang dihasilkan oleh pergerakan lempeng Indo-Australia yangbergerak di bawah laut dari arah timur ke barat.Salah satu letusan Gunung Yasur yang terjadi bulan Mei 2010 lalu, telahmenyemburkan awan material ke udara hingga mencapai ketinggian sekitar6.000 kaki (1.828 m) dan tersebar di areal seluas 130 mil persegi (340kilometer persegi).
  • Gunung Galeras Galeras telah menjadi gunung berapi aktif selama setidaknya satu juta tahun. Terletak di Kolombia selatan dekat perbatasan dengan Ekuador. Gunung ini merupakan gunung berapi yang paling aktif di Kolombia. Gunung ini telah meletus hampir setiap tahun sejak tahun 2000. Hal iniberbahaya karena frekuensi letusan tak terduga. Letusan gunung ini bisamenyebabkan turunya lava panas hingga 3,5 km ke arah lereng gunungGaleras. Letusan terakhir terjadi pada tanggal 3 Januari 2010, danmemaksa pemerintah untuk mengevakuasi 8.000 orang.
  • Gunung Sakurajima Sakurajima adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang, Gunung ini terletak di Pulau Kyushu Jepang. Intensitas letusan gunung ini adalah salah satu yang paling tinggi di Jepang bahkan dunia. bahkan 7.300 letusan tercatat dalam 45 tahun terakhir ini. Salah satu letusanterdahsyat terjadi pada tanggal 10 Maret 2009 dimana gunung inimelemparkan batuan dan komposisi gunung lainya hingga 2 kilometerjauhnya.
  • Gunung Nyiragongo Gunung Nyiragongo (3470 m dpl) ini adalah gunung api aktif ini memiliki kawah berisi lava mendidih terbesar di dunia dengantemperatur sekitar 1200 C. Lebar kawah sekitar 1,7 km, dalam 250 meter, diperhitungkan diisi oleh sekitar 282 juta kaki kubik lava mendidih yang datang dari kantong magma di bawah kawah ini. Kawah superpanas ini dikelilingi olehdinding batuan lava lama setinggi 15 meter.. Saat terjadi erupsi, kolom-kolom tinggi lava pijar sering dilemparkan kelangit dan jatuh menimpa kota/desa di sekitarnya, atau kawah lavanyameluap, membobol pagar dindingnya dan membanjiri kota/desa dibawahnya. Pada 17 Januari 2002, setelah berbulan-bulan dilanda gempakecil, Gunung Nyiragongo meletus melemparkan 8 milyar galon lavamembanjiri desa/kota Goma yang jauhnya hampir 15 km dari gunung. Lavapijar dan lahar panas menhancurkan 15 % kota, membuat 120.000penduduk Goma kehilangan rumah, mengungsikan sebanyak 400.000penduduk. Saat ini setengah juta penduduk Goma hidup di bawah bayang-bayang maut Nyiragongo.
  • Gunung Kelud Kelud merupakan salah satu gunung teraktif di Jawa Timur. Gunung ini telah beberapa kali meletus di abad 20, di antaranya tahun 1951, 1966 dan 1990. Letusan yang terhebat terjadi pada tahun 1919. Sebanyak 5110 orang terenggut nyawanya dalam bencanatersebut. Terakhir, gunung ini meletus pada tahun 2007 namunpemerintah berhasil mengevakuasi warga untuk mengungsi menghindaribencana. Letusan juga tidak terlalu besar.By : Yustinus Raditya