Your SlideShare is downloading. ×
0
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Analisis BCG
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Analisis BCG

7,969

Published on

Published in: Economy & Finance, Technology
0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
7,969
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Analisis BCG(Boston Consulting Group)Kelompok 4 :Opissen YudisiusMurdionoMuh.SyamsulWa Ode Mellyawanty
  • 2. Analisis BCG BCG (Boston Consulting group) adalahperusahaan konsultan manajemen swasta yangbebasis di Boston, ini merupakan pertumbuhanpangsa pasar yang dikembangkan dan dipopulerkanoleh seorang manajemen konsultan terkemuka. Metode analisis BCG (Boston ConsultingGroup) merupakan metode digunakan dalammenyusun suatu perencanaan unit bisnisstrategi dengan melakukan pengklasifikasianterhadap potensi keuntungan perusahaan. Metodeini merupakan alat analisis untuk mengetahui posisibersaing perusahaan dan dapat menentukan pangsapasar yang dapat dikembangkan, dipertahankanuntuk kepentingan bisnis perusahaan.Definisi
  • 3. Asumsi dasar yang melingkupi analisis BCG :1. Pangsa pasar suatu produk atau jasa relatif besar dan sedangmenanjak secara pesat, umumnya cenderung menghasilkanprofitabilitas yang tinggi dan berada pada tingkat persaingan yangstabil.2. Sebaliknya bila suatu produk perusahaan mengalami pertumbuhanpasar yang lamban, upaya peningkatan pangsa pasarnya memerlukanbiaya besar. Dalam kondisi ini BCG menganjurkan agar dana tunaiyang didistribusikan untuk kegiatan usaha disesuaikan denganpengembangan pangsa pasarnya.3. Setiap perusahaan akan mengambil opsi strategi pertumbuhan pangsapasar bila memiliki keunggulan daya saing dan mempunyai uangcukup untuk pengembangan itu.
  • 4. What IsThe BCG Growth – Share Matrix ???The BCG Growth-Share Matrix adalahempat-sel (2 dari 2) matriks digunakanuntuk melakukan analisis portofolio bisnissebagai langkah dalam perencanaanstrategis yang didesain secara spesifikuntuk mendorong usaha perusahaanmultidivisi dalam merumuskan strategitersebut.
  • 5. Matrix BCG dapat digambarkan sebagai berikut :.Matrix BCG adalah perangkatstrategi untuk memberikanpedoman pada keputusan alokasisumber daya pangsa pasar. Keterangan dari gambardisamping:• Sumbu vertical (tingkatpertumbuhan pasar) menunjukantingkat pertumbuhan pasartahunan dimana produk atau jasadijual.• Sumbu horizontal (bagian pasar /market share relative) menunjukanbagian pasar dariSBU (Strategic Bisnis Units) relatifterhadap bagian pasar pesaing yanglebih besar.
  • 6. Dalam Matriks BCG terdiri empatkelompok bisnis, yaitu :Bintang(Star)TandaTanya(QuestionMark)Sapi Perah(CashCow)Anjing(Dog)
  • 7. Tanda Tanya(QuestionMark)Memiliki posisi pangsa pasar relatif yangrendah, tetapi mereka bersaing dalamindustri yang bertumbuh pesat. Bisnis inidisebut tanda tanya karena organisasiharus memutuskan apakah akanmemperkuat divisi ini dengan menjalankanstrategi intensif (penetrasi pasar,pengembangan pasar, atau pengembanganproduk) atau menjualnya.
  • 8. Bintang menghasilkan uang dalamjumlah besar karena pangsa pasar yangkuat , tetapi juga mengkonsumsi uangdalam jumlah besar karena lajupertumbuhan yang tinggi sehingga tunaidi setiap arah sekitar jala keluar. Jikabintang bisa mempertahankan pangsapasar yang besar, ia akan menjadi sapikas ketika penurunan tingkatpertumbuhan pasar. Portofolioperusahaan terdiversifikasi harus selalumemiliki bintang-bintang yang akanmenjadi sapi perah generasi berikutnyadan memastikan kas masa depan.Bintang(Star)
  • 9. Sapi perah - Memiliki pangsapasar relatif yang tinggi tetapibersaing dalam industri yangpertumbuhannya lambat.Disebut sapi perah karenamenghasilkan kas lebih dariyang dibutuhkanya, merekaseringkali diperah untukmembiayai untuk membiayaisektor usaha yang lain. Banyaksapi perah saat ini adalahbintang di masa lalu, divisi sapiperah harus dikelola untukmempertahankan posisikuatnya selama mungkin.SapiPerah(CashCow)
  • 10. Anjing (Dog) dari organisasi memiliki pangsa pasar relatifyang rendah dan bersaing dalam industri yangpertumbuhannya rendah atau tidak tumbuh. Mereka adalahanjing dalam portofolio perusahaan. Karena posisi internaldan eksternalnya lemah, bisnis ini seringkali dilikuidasi,divestasi atau dipangkas dengan retrenchment. Ketika sebuahdivisi menjadi anjing, retrenchment dapat menjadi strategiyang terbaik yang dapat dijalankan karena banyak anjingyang mencuat kembali, setelah pemangkasan biaya dan asetbesar-besaran, menjadi bisnis yang mampu bertahan danmenguntungkan.Anjing (Dog)
  • 11. Kelebihan Matrix BCG1. Matriks BCG adalah salah satu alatpembuat keputusan yang paling mudah.Hanya dengan membaca grafiknya, orangakan dapat dengan mudah melihat diposisi manakah perusahaan merekaberada.2. Matriks ini memusatkan perhatian padaarus kas, karakteristik investasi, dankebutuhan berbagai divisi organisasi.
  • 12. Kelemahan Matrix BCG1. Hanya menggunakan 2 dimensi yaitupangsa pasar relative dan tingkatpertumbuhan pasar.2. Hanya memandang semua bisnis sebagaibintang, sapi perah, anjing atau tandatanya.3. Matriks ini tidak menggambarkan tiapdivisi atau industri bertumbuh sepanjangwaktu.4. Matriks sangat bergantung pada luasnyadefinisi pasar.
  • 13. Rumus mengukur pertumbuhan pasar1. Mengukur tingkat pertumbuhan pasarterhadap tahun N:

×