Peran guru

2,489 views
2,301 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,489
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
26
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Peran guru

  1. 1. PERAN GURU DARI MASA KE MASA
  2. 2. Peran guru pada masa penjajahanPendidikan sebelum Reorganisasi 1892Pendidikan guru menjadi masalah pentingdalam masa perluasan pendidikan. Sekolahguru (kweekschool) pertama dibuka padatahun 1852 di Solo.
  3. 3. Peran Guru Pada Masa Pemerintahan • PGRI lahir dalam suasana revolusi dimana bangsa Indonesia masih menghadapi sekutu yang ingin mengambil alih kembali Indonesia merdeka.
  4. 4. Masa orde lama (zaman Demokrasi Liberal 1950-1959)• Sistem pendidikan guru di Indonesia mulai dibenahi secara fisik sejak 1950. Awal 1950, ketika bentuk negara Indonesia masih berupa Republik Indonesia Serikat (RIS) untuk membangun kembali sistem pendidikan untuk seluruh wilayah Indonesia, harus diadakan persetujuan kerjasama antara Pemerintah Republik Indonesia Serikat dengan Pemerintah Republik Indonesia.
  5. 5. Masa orde baru (zaman Demokrasi Terpimpin 1959-1965)• Tragis peran guru pada saat orde baru, diakibatkan dari kurangnya apresiasi masyarakat dan pemerintah terhadap pekerjaan guru. Pada masa itu guru tidak pernah bahkan tidak berani berdemokrasi menuntut kebebasan untuk memperbaiki kesejahteraan.
  6. 6. Masa Kini(Era Reformasi)• Ketika memasuki era reformasi, para guru lebih berani berekspresi untuk menyampaikan aspirasinya, terutama menyangkut kesejahteraan.• Tetapi Kinerja guru masa kini, aspek kesejahteraan guru juga mengalami fluktuasi. Di daerah tertentu.
  7. 7. • Profesi guru pada guru mendatang sangat menjanjikan karena telah ada kesepakatan antara pemerintah dengan masyarakat bahwa kelak semua guru minimal berijazah sarjana (S-1) bahkan sampai (S-2).
  8. 8. TANYA JAWAB ?????
  9. 9. SorryGood bye

×