0
Benzena dan turunannya
MENU

SOAL

SK/KD

MATERI

INDIKATOR

TUJUAN PEMBELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI
SK/KD

Memahami senyawa organik dan reaksinya,
benzena dan turunannya,dan makromolekul.

INDIKATOR
TUJU...
INDIKATOR
SK/KD

INDIKATOR
TUJUAN
MATERI
SOAL

1. Menuliskan struktur dan nama senyawa
benzena dan turunannya.
2. Menjelas...
SK/KD

INDIKATOR
TUJUAN
MATERI
SOAL

TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dapat menuliskan struktur dan nama
senyawa benzena dan turunan...
Struktur Benzena
Benzena dengan rumus molekul C6H6 adalah senyawa siklik
dengan enam atom karbon yang tergabung dalam cinc...
Kedudukan atom C dan H dalam molekul benzena bersifat
ekuivalen, sedangkan letak ikatan rangkap tidak tetap dan selalu
ber...
Atom-atom H pada molekul benzena dapat disubtitusi atau
diganti oleh atom-atom atau atom gugus lain. Subtitusi atom H
ini ...
a. Pembuatan benzena
Benzena dapat dibuat melelui cara-cara berikut:
1) Destilasi Ter Batu Bara
2) Pemanasan Kalsium Benzo...
b. Sifat-sifat benzena
Benzena mempunyai sifat yang berbeda dengan senyawa
hidrokarbon lain. Sifat-sifat benzena dibedakan...
2. Sifat kimia
Sifat kimia benzena sebagai berikut:
a. Dapat mengalami reaksi halogenasi
Cl

+
b.

Cl2

Fe

+

HCl

+

H2O...
-Satu Subtituen
Apabila hanya satu atom H yang diganti dengan satu subtiuen,
hanya dihasilkan satu bentuk, yaitu:
X

- Dua...
- Tiga subtituen
Apabila tiga atom H dengan tiga subtituen, dihasilkan tiga bentuk
isomer visinal (v), asimetri (a), dan s...
Contoh pemerian nama pada senyawa benzena:
Br

OH

NH2

Br

Br

1,2,4-tribrom obenzene

Cl

Cl

4 -chloro benzenam ine

3-...
Kegunaan Senyawa Benzena dan
Bahayanya
1. Benzena
Benzena digunakan sebagai pelarut untuk berbagai jenis zat. Selain itu
b...
5. Toluena
Kegunaan toluena yang penting adalah sebagai pelarut dan sebagai
bahan baku pembuatan zat peledak trinitrotolue...
SOAL
Berilah nama untuk struktur berikut:
Cl

Cl

Cl

JAWAB
Nama untuk struktur tersebut adalah:
1,3,5-triclorobenzena
Gambarkan rumus sturktur dari senyawa berikut:
3,5-dibromobenzenamine
JAWAB
Rumus struktur untuk 3,5-dibromobenzenamine
ad...
Benzena dan turunannya
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Benzena dan turunannya

5,588

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
5,588
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
9
Actions
Shares
0
Downloads
175
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Benzena dan turunannya"

  1. 1. Benzena dan turunannya MENU SOAL SK/KD MATERI INDIKATOR TUJUAN PEMBELAJARAN
  2. 2. STANDAR KOMPETENSI SK/KD Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya,dan makromolekul. INDIKATOR TUJUAN MATERI SOAL KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya.
  3. 3. INDIKATOR SK/KD INDIKATOR TUJUAN MATERI SOAL 1. Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya. 2. Menjelaskan pengertian orto, meta dan para. 3. Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya. 4. Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari.
  4. 4. SK/KD INDIKATOR TUJUAN MATERI SOAL TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Dapat menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya. 2. Dapat menjelaskan pengertian orto, meta dan para. 3. Dapat mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya. 4. Dapat mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari.
  5. 5. Struktur Benzena Benzena dengan rumus molekul C6H6 adalah senyawa siklik dengan enam atom karbon yang tergabung dalam cincin. Setiap atom karbon terhibridisasi sp2 dan cincinnya adalah planar. Setiap atom karbon mempunyai satu atom hidrogen yang terikat padanya, dan setiap atom karbon juga mempunyai orbital p tak terhibridisasi tegak lurus terhadap bidang ikatan sigma dan cincin. Masingmasing dari keenam orbital p ini dapat menyumbangkan satu elektron untuk ikatan pi seperti terlihat H H H H H H H H H H H H H H H H H H
  6. 6. Kedudukan atom C dan H dalam molekul benzena bersifat ekuivalen, sedangkan letak ikatan rangkap tidak tetap dan selalu berpindah-pindah. Perubahan ini disebut resonansi. Resonansi mengakibatkan ikatan rangkap dalam benzena menjadi stabil. Oleh karena itu stuktur benzena yang dipakai hingga sekarang digambarkan dalam bentuk segienam beraturan dengan ikatan rangkap berselang-seling atau segienam beraturan dengan sebuah lingkaran didalamnya.
  7. 7. Atom-atom H pada molekul benzena dapat disubtitusi atau diganti oleh atom-atom atau atom gugus lain. Subtitusi atom H ini menyebabkan pembentukan senyawa-senyawa turunan benzena. Struktur Nama CH3 CH3 CH3 C H CH2 Struktur Toluena OH p–xilena COOH Stirena C H 2O H Nama Fenol Asam benzoat Benzil alkohol O NH2 NHCCH3 Anilin (Amino benzena) Asetanilida Asetofenon HCC C O O Benzofenon
  8. 8. a. Pembuatan benzena Benzena dapat dibuat melelui cara-cara berikut: 1) Destilasi Ter Batu Bara 2) Pemanasan Kalsium Benzoat Ca(C6H5COO)2 → 3) Pemanasan Etuna dalam piipa pijar dengan katalis nikel 4) Hidrolisis Asam Benzena Sulfonat dengan katalis HCl melalui Pemanasan S O 2H + H2O HCl + H2SO4
  9. 9. b. Sifat-sifat benzena Benzena mempunyai sifat yang berbeda dengan senyawa hidrokarbon lain. Sifat-sifat benzena dibedakan menjadi dua, yaitu sifat fisis dan sifat kimia. 1. Sifat fisis Sifat fisis benzena meliputi hal-hal berikut: a) Benzena merupakan senyawa nonpolar yang tidak berwarna, berbau khas, dan mudah menguap. b) Benzena larut dalam pelarut organik seperti CCL4 (karbon tetra klorida ), dietil eter, dan heksana, tetapi tidak larut dalam air. c) Titik leleh benzena 5,5 C, sedangkan titik didihnya 80,1 C.
  10. 10. 2. Sifat kimia Sifat kimia benzena sebagai berikut: a. Dapat mengalami reaksi halogenasi Cl + b. Cl2 Fe + HCl + H2O + H2 O mudah mengalami reaksi sulfonasi S O 3H + c. H2SO4 SO3 mudah mengalami reaksi nitrasi NO2 + d. e. f. HONO2 H2SO4 mudah mengalami reaksi alkilasi Friedel-Crafts dapat mengalami reaksi oksidasi dapat mengalami reaksi hidrogenasi. Reaksi hidrogenasi terhadap benzena dapat terjadi pada suhu dan tekanan yang cukup tinggi serta memerlukan katalis platina.
  11. 11. -Satu Subtituen Apabila hanya satu atom H yang diganti dengan satu subtiuen, hanya dihasilkan satu bentuk, yaitu: X - Dua Subtituen Apabila dua atom H diganti dengan dua subtituen, dihasilkan tiga bentuk isomer, yaitu orto (o), meta (m), dan para (p). X X X X X Orto (1,2) Meta (1,3) X Para (1,4)
  12. 12. - Tiga subtituen Apabila tiga atom H dengan tiga subtituen, dihasilkan tiga bentuk isomer visinal (v), asimetri (a), dan simetri (s). X X X X X X X X X Visinal (1,2,3) Asimetri (1,2,4) Simetri (1,3,5)
  13. 13. Contoh pemerian nama pada senyawa benzena: Br OH NH2 Br Br 1,2,4-tribrom obenzene Cl Cl 4 -chloro benzenam ine 3-chlorophenol
  14. 14. Kegunaan Senyawa Benzena dan Bahayanya 1. Benzena Benzena digunakan sebagai pelarut untuk berbagai jenis zat. Selain itu benzena juga digunakan sebagai bahan dasar membuat stirena (bahan membuat sejenis karet sintetis) dan nilon–66. 2. Asam Salisilat Asam salisilat adalah nama lazim dari asam o–hidroksibenzoat. Ester dari asam salisilat dengan asam asetat digunakan sebagai obat dengan nama aspirin atau asetosal. 3. Asam Benzoat Asam benzoat digunakan sebagai pengawet pada berbagai makanan olahan. 4. Anilina Anilina merupakan bahan dasar untuk pembuatan zat-zat warna diazo. Reaksi anilina dengan asam nitrit akan menghasilkan garam diazonium, dan proses ini disebut diazotisasi.
  15. 15. 5. Toluena Kegunaan toluena yang penting adalah sebagai pelarut dan sebagai bahan baku pembuatan zat peledak trinitrotoluena (TNT). 6. Stirena Jika stirena mengalami polimerisasi akan terbentuk polistirena, suatu jenis plastik yang banyak digunakan untuk membuat insulator listrik, bonekaboneka, sol sepatu, serta piring dan cangkir. 7. Benzaldehida Benzaldehida digunakan sebagai zat pengawet serta sebagai bahan bakupembuatan parfum karena memiliki bau yang sedap. 8. Natrium Benzoat Seperti asam benzoat, natrium benzoat juga digunakan sebagai bahan pengawet makanan dalam kaleng. 9. Fenol Fenol (fenil alkohol) dalam kehidupan sehari-hari lebih dikenal dengan nama karbol atau lisol, dan dipergunakan sebagai zat disinfektan (pembunuh bakteri) karena dapat menyebabkan denaturasi protein.
  16. 16. SOAL Berilah nama untuk struktur berikut: Cl Cl Cl JAWAB Nama untuk struktur tersebut adalah: 1,3,5-triclorobenzena
  17. 17. Gambarkan rumus sturktur dari senyawa berikut: 3,5-dibromobenzenamine JAWAB Rumus struktur untuk 3,5-dibromobenzenamine adalah: Br H 2N Br
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×