• Save
Penelitian mini  kti  ptk pekerjaan finishing kayu
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Penelitian mini kti ptk pekerjaan finishing kayu

on

  • 1,812 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,812
Views on SlideShare
1,812
Embed Views
0

Actions

Likes
2
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Penelitian mini  kti  ptk pekerjaan finishing kayu Penelitian mini kti ptk pekerjaan finishing kayu Document Transcript

  • PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIFMODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKANKOMPETENSI MELAKSANAKANPEKERJAANFINISHING KAYU PADA PROGRAM KEAHLIANTEKNIKKONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 2 SAMARINDATAHUN PELAJARAN 2012/2013PENELITIANTINDAKAN KELASMAGISTER PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUANPROGRAM PASCASARJANAUNIVERSITAS NEGERI SURABAYA2013MOHAMMAD YASIN 127895035
  • I. PENDAHULUANA. Latar Belakang Masalah1. Ada kelompok anak yang memiliki nilaiyang tinggi sementara kelompok yanglain memiliki nilai yang sangat rendahhal ini diakibatkan dari metodepembelajaran yang konvensional, hasilbelajar siswa menjadi kelompok yangbernilai tinggi dan kelompok siswa yangbernilai rendah.2. Dengan teknik kooperatif tipe jigsaw inimaka siswa yang memiliki kemampuanlebih dibanding dengan teman yang lainakan dijadikan ahli (expert) pada suatuaspek tertentu dari materi. Denganpenempatan siswa yang memilikikemampuan lebih sebagai expert makakemampuan mereka akan tetapberkembang sementara siswa yangmemiliki kemampuan kurang akan terbantuoleh teman expert.
  • B. Identifikasi Masalah1. Pembelajaran konvensional yang dilakukanguru di kelas seringkali monoton2. Media atau alat peraga serta metode pengajaranyang kurang tepat3. Rendahnya prestasi siswa dalam kompetensiMelaksanakan Pekerjaan Finishing Kayu padaProgram Keahlian Teknik Konstruksi Kayukelas XII SMK Negeri 2 Samarinda tahunpelajaran 2012/2013.C. Pembatasan MasalahPembatasan masalah dalam penelitian ini dibatasipada siswa kelas XII Program Keahlian TeknikKonstruksi Kayu mata pelajaran kompetensikejuruan, kompetensi Melaksanakan PekerjaanFinishing Kayu, pada subkompetensiMerencanakan Kebutuhan Finishing Kayu diSMK Negeri 2 Samarinda tahun pelajaran2012/2013.Penelitian ini akan selesai jika siswa telah telahmencapai nilai 70 individu dan mencapaiketuntasan 80% secara klasikal, denganmenerapkan metode pembelajaran kooperatifmodel jigsaw.
  • D. Rumusan MasalahBerdasarkan latar belakang, identifikasimasalah, dan pembatasan masalah di depan makadiajukan rumusan masalah sebagai berikut: Apakahmetode pembelajaran kooperatif model jigsawdapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalamsubkompetensi Merencanakan KebutuhanFinishing Kayu pada Program Keahlian TeknikKonstruksi Kayu kelas XII SMK Negeri 2Samarinda tahun pelajaran 2012/2013?E. Pemecahan Masalah1. Peserta didik kurang terlibat langsung dalampembelajaran. Akibat yang paling tampak adalahrendahnya prestasi belajar siswa dalampenguasaan materi pembelajaran.2. Dengan menerapkan metode kooperatif modeljigsaw diharapkan siswa dapat terlibat langsungsehingga dapat meningkatkan nilai dalampembelajaran
  • F. Definisi Istilah1. Metode Pembelajaran kooperatif model jigsawadalah metode pembelajaran yang menekankanpada pembentukan kelompok ahli yangkemudian kelompok tersebut salingmempresentasikan hasil diskusinya pada setiapanggota kelompok.2. Kompetensi Melaksanakan Pekerjaan FinishingKayu adalah kemampuan yang meliputipengetahuan, sikap, nilai dan keterampilandalam melaksanakan pekerjaan finishing kayuyang harus dimiliki oleh siswa.3. Program Keahlian Teknik Kontruksi Kayuadalah salah satu program keahlian di SMK darijurusan bangunan gedung.4. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalahsalah satu bentuk satuan pendidikan formal yangmenyelenggarakan pendidikan kejuruan adajenjang pendidikan menengah sebagai lanjutandari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajatatau lanjutan dari hasil belajar yang diakuisama/setara SMP/MTs.
  • G. Tujuan Penelitian1. Menerapkan metode pembelajaran kooperatifmodel jigsaw pada kompetensi2. Meningkatkan prestasi belajar siswa dalamkompetensiH. Manfaat Hasil Penelitian1. Memperkaya khazanah teori/keilmuan yangterkait dengan kompetensi MelaksanakanPekerjaan Finishing Kayu melalui penerapanmetode pembelajaran kooperatif model jigsaw.2. Dapat memberikan motivasi kepada siswa3. Dapat merefleksi potensinya diri yang harusdikembangkan lewat kompetensi4. Dapat mengembangkan kemampuan guru dalammerancang dan melaksanakan pembelajarankompetensi5. Mengembangkan profesi pendidik secara lebihmendalam6. Menambah pengalaman guru untukmelaksanakan PTK.
  • II. KAJIAN PUSTAKA, KERANGKABERPIKIR, DAN HIPOTESIS TINDAKAN1. Elliot Aronson (1996:86): Dalam belajarkooperatif tipe jigsaw, secara umum siswadikelompokkan secara heterogen dalamkemampuan. Siswa diberi materi yang baru ataupendalaman dari materi sebelumnya untukdipelajari. Masing-masing anggota kelompoksecara acak ditugaskan untuk menjadi ahli(expert) pada suatu aspek tertentu dari materitersebut. Setelah membaca dan mempelajarimateri, “ahli” dari kelompok berbeda berkumpuluntuk mendiskusikan topik yang sama darikelompok lain sampai mereka menjadi “ahli” dikonsep yang ia pelajari. Kemudian kembali kekelompok semula untuk mengajarkan topik yangmereka kuasai kepada teman sekelompoknya.Terakhir diberikan tes atau assesmen yang lainpada semua topik yang diberikan. langkah-langkah pembelajaran dengan jigsaw.
  • 2. Kompetensi Melaksanakan Pekerjaan FinishingKayu adalah kemampuan yang meliputipengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan dalammelaksanakan pekerjaan finishing kayu yangharus dimiliki oleh siswa pada program keahlianteknik perkayuan.Lanjutan Kajian Pustaka…3. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah:Penerapan metode pembelajaran kooperatif modeljigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswadalam subkompetensi merencanakan kebutuhanfinishing kayu pada Program Keahlian TeknikKonstruksi Kayu kelas XII SMK Negeri 2Samarindatahun pelajaran 2012/2013.
  • Lanjutan Kajian Pustaka…Tahapan pembelajarancooperative learning tipe jigsaw
  • Lebih jelasnya alur kerangka berpikirdapat dilihat dari gambar berikut ini:Lanjutan Kajian Pustaka…
  • III. METODOLOGI PENELITIANSiklus action research dalam penelitiantindakan kelas ini dapat divisualisasikansebagai berikut:A. Desain PenelitianB. Subjek PenelitianSubjek penelitian adalah siswa ProgramKeahlian Teknik Konstruksi Kayu kelas XIISMK Negeri 2 Samarindayang sedangmempelajari subkompetensi MerencanakanKebutuhan Finishing Kayu. Adapun jumlahsubjek penelitian ini adalah 26 siswa.
  • C. Waktu dan Tempat PenelitianNoKgJuni Juli Agst Sept Okt Nov Des1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 31 A x x x x x x x x2 B x x x x x x x x x x x x3 C x x x x x x x x4 D x x xKeterangan:Kg KegitanA Penyusunan ProposalB Pelaksanaan ProposalC Penyelesaian Hasil PenelitianD EvaluasiWaktu :Tempat Penelitian:Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2Samarinda, Kota SamarindaPenelitian ini dimulai pada bulan Juni sampaidengan Desember 2012. Secara rinci kegiatan inidisusun dalam jadwal kegiatan di bawah ini:
  • 1. Menyusun Rancangan Tindakan (Planning)2. Pelaksanaan Tindakan (Acting)D. Prosedur PenelitianKegiatan yang dilakukan:a. Menyusun rencana pembelajaranyang mengacu pada kurikulum yangmengacu pada metode pembelajarankooperatif tipe jigsaw.b. Menyusun formatpengamatan, aktivitas siswac. Menyusun alat evaluasi.Kegiatan Inti Siklus 1a. Pendahuluanb. Intic. PenutupTopik Ahli 1 : menghitung luasbidang pekerjaan.Topik Ahli 2 : menghitung bahanfinishing cat.Topik Ahli 3 : menghitung bahanfinishing politur.Topik Ahli 4 : menghitung bahanfinishing melamin.Topik Ahli 5 : menghitung bahanfinishing vernis.
  • 3. Pengamatan Tindakan (Observasi)4. Refleksi Tindakan (Refleksing)a. Dokumen hasil belajar siswa dalammengerjakan soal-soal ulangan harian,b. Hasil observasi peneliti pada saat kegiatanbelajar mengajar berlangsung,c. Hasil wawancara siswa setelah kegiatanbelajar mengajar.1. Dengan kegiatan refleksi ini akan diketahuikelebihan dan kelemahan daripelaksanaan penelitian tindakan tersebut.Data hasil dari pengamatan tindakan dicariakar permasalahannya, dianalisis dandikaji secara matang sehingga dapatdiketahui apa yang harus ditingkatkan atauyang harus diperbaiki serta dipertahankan.2. Penelitian ini akan dihentikan jikaketuntasan belajar siswa telah mencapai 70secara individu dan 80% secara klasikal.E. Data dan Sumber Data1. Peristiwa atau kegiatan pembelajaran2. Kurikulum, silabus pembelajaran, rencanapembelajaran yang dibuat oleh peneliti
  • F. Teknik Pengumpulan Data1. PengamatanPengamatan ini dilakukan dengan caramembuat catatan-catatan terhadapproses, hasil, dan kondisi penerapanmetode pembelajaran2. TesTes pada awal kegiatan penelitian untukmengidentifikasikan kekurangan ataukelemahan siswa dan tes di setiap akhirsiklus bertujuan untuk mengetahuipeningkatan prestasi hasil kemampuansiswaG. Validasi DataSebelum informasi dijadikan data penelitian,informasi tersebut perlu diuji validitasnyasehingga data yang diperoleh benar-benardapat dipertanggungjawabkan dan dapatdipergunakan sebagai dasar yang kuat untukmengambil kesimpulan.
  • Tabel 3.1: Pedoman Konvensi Nilai AbsoluteSkalaNo Interval Kriteria1234500,00%-39,99%40,00%-59,99%60,00%-79,99%80,00%-89,99%90,00%-100%Sangat kurangPrestasi kurangCukup berprestasiPrestasi tinggiPrestasi tinggi sekaliI. Indikator KinerjaPTK (Penelitian Tindakan Kelas) ini dikatakanberhasil apabila sekurang-kurangnya mencapaiindikator sebagai berikut: meningkatnya prestasisiswa dalam subkompetensi MerencanakanKebutuhan Finishing Kayu dengan penerapanmetode pembelajaran kooperatif model jigsaw,telah mencapai nilai 70 individu dan mencapaiketuntasan 80% secara klasikal pada ProgramKeahlian Teknik Konstruksi Kayu kelas XII SMKNegeri 2 Samarindatahun pelajaran 2012/2013.H. Teknik Analisis Data
  • IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN1. Pratindakan (Temuan Masalah)Tabel 4.1 Prestasi Siswa Sebelum Ada Tindakan
  • Tabel 4.2 Rekap Prestasi Siswa Sebelum Ada TindakanNo AspekNilaiPratindakan1 Ketuntasan 7 siswa atau 35 %2 Ketidaktuntasan 13 siswa atau 65 %3 Nilai tertinggi 904 Nilai terendah 355 Nilai rata-rata 63Grafik 4.1 Rekap Prestasi Siswa Sebelum Ada Tindakan
  • 2. Pelaksanaan Tindakan Siklus I3. Observasi Tindakan 1Tabel 4.3 Prestasi Belajar Siswa Siklus I
  • Tabel 4.4: Rekap Prestasi Belajar Siswa Siklus INo AspekNilaiPratindakan1 Ketuntasan 15 siswa atau 35 %2 Ketidaktuntasan 5 siswa atau 65 %3 Nilai tertinggi 904 Nilai terendah 505 Nilai rata-rata 71.25Grafik4.2 Prestasi Belajar Siswa Siklus I
  • 4. RefleksiDengan hasil itu memang sudah ada peningkatanprestasi belajar akan tetapi belum sesuai dengantarget yang ditetapkan yakni telah mencapai nilai70 individu dan mencapai ketuntasan 80% secaraklasikal. Sehingga dengan hasil inidirekomendasikan untuk melakukan tindakanatau melanjutkan pada siklus II. Namun demikianuntuk memenuhi target yang ditetapkanhendaknya dilakukan perubahan tindakan.5. Pelaksanaan Siklus II6. Observasi Tindakan II
  • Tabel 4.5 Prestasi Belajar Siswa Siklus II
  • Tabel 4.6 Rekap Prestasi Belajar Siswa Siklus IINo AspekNilaiPratindakan1 Ketuntasan 15 siswa atau 35 %2 Ketidaktuntasan 5 siswa atau 65 %3 Nilai tertinggi 904 Nilai terendah 505 Nilai rata-rata 71.25Grafik4.3 Prestasi Belajar Siswa Siklus II
  • 7. RefleksiDengan hasil tersebut maka dapat disimpulkanbahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan.Dengan kata lain, prestasi belajar yang dicapai olehsiswa yang mengikuti pembelajaran telah sesuaidengan target yang ditetapkan yakni telahmencapai nilai 70 individu dan mencapaiketuntasan 80% secara klasikal. Mengingat targetpenelitian sudah tercapai maka direkomendasikanuntuk tidak melanjutkan pembelajaran pada siklusIII.Tabel 4.7 Rekap Perkembangan Prestasi BelajarNo AspekNilaiPenindakanSiklusISiklusII1 Ketuntasan 35% 75% 100%2 Ketidaktuntasan 65% 25% 0%3 Nilai tertinggi 90 90 954 Nilai terendah 35 50 705 Nilai rata-rata 63 71,25 81
  • Grafik4.4 Perkembangan Prestasi Belajar SiswaDengan hasil ini maka hipotesis tindakan yangberbunyi Penerapan metode pembelajarankooperatif model jigsaw dapat meningkatkanprestasi belajar siswa dalam subkompetensimerencanakan kebutuhan finishing kayu padaProgram Keahlian Teknik Konstruksi Kayu kelasXII SMK Negeri 2 Samarinda tahun pelajaran2012/2013 dapat diterima
  • V. KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN1. Angka ketuntasan mengalami kenaikan dari35% menjadi 75% pada siklus I danmeningkat menjadi 100% pada siklus II2. Nilai tertinggi pada pratindakan adalah90, pada siklus I juga 90, dan meningkatmenjadi 95 pada siklus II.3. Nilai rata-rata juga mengalami kenaikanyakni dari 63 pada pratindakan, meningkatmenjadi 71,25 pada siklus I, dan meningkatmenjadi 81 pada siklus II.4. Dalam penelitian ini diberikan suatugambaran bahwa keberhasilan suatupembelajaran bergantung dari beberapafaktor. Faktor yang paling menentukanadalah berasal dari guru.5. Dalam setiap pembelajaran hendaknya gurulebih sering melibatkan siswa. Kedudukansiswa dalam pembelajaran ini adalah sebagaisubjek dan bukan sebagai objek. Salah satucara untuk dapat melibatkan siswa dengancara diskusi kelompok.
  • DAFTAR PUSTAKADahlan.Pengertian Kompetensi.http://dahlanforum.wordpress.com2008/04/17/pengertian-kompetensi. DiunduhDjahiri, A. (1992). Dasar-dasar Metodologi Pengajaran.Bandung: Lab. PPMP IKIP andung.Ibrahim, M dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:Unesa University Press.Killen, Roy, 1996, Effective Teaching Strategies, Lessonfrom Research and Practice, Scial Science Press,New South Wales.Lie, A. (2002). Cooperative Learning, MempraktikanCooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas.Jakarta: Grasindo.Rochiati Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian TindakanKelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.Slavin, S.E. 1995. Cooperative Learning, second edition.Massachusets: Allyn & Bacon.Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006.Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: BumiAksara.Wikipedia. Sekolah Menengah Kejuruan.http://id.wikipedia.org/wiki/SMK. diunduhSelasa, 13juli 2010 ,pukul 7.30 WIB.
  • SEKIAN DANTERIMAKASIHBUAT KEKASIHKU DI LUBUK HATISEMOGA KAMU BAIK-BAIK SAJA