Issue legal dalam praktek keperawatan

737 views
568 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
737
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
26
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Issue legal dalam praktek keperawatan

  1. 1. ISSUE LEGAL DALAM PRAKTEK KEPERAWATAN MENURUT HILDEGRAD E. PEPLAU STIKes HARAPAN BANGSA PURWOKERTO 2011/2012
  2. 2. Menurut Peplau, Keperawatan adalah proses interpersonal karenamelibatkan interaksi antara dua atau lebih individu dengan tujuan bersama.
  3. 3. kaitan perpektif paradigma keperawatan, Peplau juga menguraian secara terperinci berdasarkan 4 komponen dasar 1. Manusia,Individu dipandang: sebagai suatu organisme yang hidup dalam equilibrium yangtidak stabil yang berjuang dengan caranya sendiri untuk megurangi ketegangan yangdisebabkan oleh kebutuhan 2. Lingkungan, Merupakan kekuatan yang berada di luar organisme dimana Budaya, adat istiadatdan kebiasaan serta keyakinan merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan dalammenghadapi individu 3. Kesehatan,Suatu perkembangan kepribadian dan proses kemanusiaan yang berkesinambunganke arah kehidupan yang kreatif, konstruktif dan produktif. 4. Keperawatan,Suatu proses interpersonal yang bermakna, bersifat therapeutic.
  4. 4. Komponen Sentral Pada Teori Peplau 1. Klien adalah subjek yang langsung dipengaruhi oleh adanya proses interpersonal. 2. Perawat berperan mengatur tujuan dan proses interaksi interpersonal dengan pasien yang bersifat pertisipatif, sedangkan pasien mengendalikan isi yang menjadi tujuan. 3. Sumber Kesulitan, Ansietas berat yang disebabkan oleh kesulitan mengintegrasikan pengalaman interpersonal yang lalu dengan yang sekarang ansietas terjadi apabila kominukasi dengan orang lain mengancam keamanan psikologik (sakit jiwa) dan biologic individu. 4. proses interpersonal didefinisikan sebagai proses interaksi secara simultan dengan orang lain dan saling pengaruhmempengaruhi satu dengan yang lainnya, biasanya dengan tujuan untuk membina suatu hubungan.
  5. 5. Peplau mempunyai asumsi terhadap 4 konsep utama yaitu: 1. Manusia atau individu dipandang sebagai suatu organisme yang berjuang dengan caranya sendiri untuk mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh kebutuhan. 2. Masyarakat/lingkungan budaya dan adat istiadat merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menghadapi kehidupan. 3. Kesehatan didefinisikan sebagai perkembangan kepribadian dan proses kemanusiaan yang berkesinambungan kearah kehidupan yang kreatif, konstruktif dan produktif. 4. Keperawatan dipandang sebagai proses interpersonal yang bermakna.
  6. 6. Model konsep dan teori keperawatan yang dijelaskan oleh Peplau ini menjelaskan tentang kemampuan dalam memahami diri sendiri dan orang lain yang menggunakan dasar hubungan antar manusia yang mencakup proses interpersonal, perawatklien, dan masalah kecemasan yang terjadi akibat sakit.
  7. 7. Proses interpersonal yang dimaksud antara perawat dengan klien ini memiliki empat tahap diantaranya: 1. Tahap orientasi, lebih difokuskan untuk membantu pasien menyadari ketersediaan bantuan dan rasa percaya terhadap kemampuan perawat untuk berperan serta secara efektif dalam pemberian askep pada klien. 2. Fase identifikasi, Terjadi ketika perawat memfasilitasi ekspresi perilku pasien dan memberikan asuhan keperawatan yang tanpa penolakan diri perawat memungkinkan pengalaman menderita sakit sebagai suatu kesempatan untuk mengorientasi kembali perasaan dan menguatkan bagian yang positif dan kepribadian pasien 3. Fase eksplorasi, memungkinkan suatu situasi dimana pasien dapat merasakan nilai hubungan sesuai pandangan/persepsi terhadap situasi. 4. Fase resolusi, dimana perawat berusaha untuk secara bertahan kepada klien untuk membebaskan diri dari ketergantungan kepada tenaga kesehatan dan menggunakan kemampuan yang dimilikinya agar mampu menjalankan secara sendiri.
  8. 8. Kelebihan dan Kekurangan Teori Peplau Kelebihan: • Dapat meningkatkan kejiwaan pasien untuk lebih baik. • Dapat menurunkan kecemasan klien dalam teori keperawatan. • Dapat memberikan asuhan keperawatan yang lebih baik. • Dapat medorong pasien untuk lebih mandiri Kekurangan: • Hanya berfokus pada kejiwaan pasien dalam penyembuhannya

×