03. perangkat akreditasi sd

14,541 views
14,147 views

Published on

2 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
14,541
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
624
Actions
Shares
0
Downloads
315
Comments
2
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

03. perangkat akreditasi sd

  1. 1. 1 MATERI III PERANGKAT AKREDITASI SD/MI Disampaikan pada PelatihanDisampaikan pada Pelatihan Calon AsesorCalon Asesor Akreditasi SAkreditasi SDD/M/MII BanyumasBanyumas,Ju,Junini 20120133
  2. 2. TUJUAN PELATIHANTUJUAN PELATIHAN Melalui penjelasan dan diskusi tentang materi perangkat akreditasi peserta pelatihan diharapkan dapat menjelaskan Perangkat Akreditasi SD/MI
  3. 3. STRATEGISTRATEGI PELATIHANPELATIHAN Tanya Jawab (45’) Tanya Jawab (45’) Tes III (15’) Tes III (15’) Penjelasan (45’) Penjelasan (45’) Overview Juknis & Instrumen (75’) Overview Juknis & Instrumen (75’)
  4. 4. LANDASAN HUKUM UU No 20/2003 ttg Sisdiknas PP No 19/2005 ttg Standar Nasional Pendidikan Permendiknas No 22/2006 ttg Standar Isi Permendiknas No 23/2006 ttg Standar Kompetensi Lulusan Permendiknas No 13/2007 ttg Standar Kepala Sekolah, Permendiknas No 16/2007 ttg Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Permendiknas No 19/2007 ttg Standar Pengelolaan Permendiknas No 20/2007 ttg Standar Penilaian Permendiknas No 24/2007 ttg Standar Sarpras Permendiknas No 41/2007 ttgStandar Proses
  5. 5. TUJUAN PERANGKAT AKREDITASI SD/MI Perangkat Akreditasi SD/MI dimaksudkan untuk menilai kelayakan SD/MI berdasarkan kriteria minimal yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Informasi Pendukung lain yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan
  6. 6. Langkah-langkahLangkah-langkah PenyusunanPenyusunan InstrumenInstrumen  Memantapkan konsep.  Mengembangkan kisi-kisi.  Menulis butir-butir instrumen.  Menguji validitas isi.  Menguji coba instrumen.  Menganalisis butir instrumen.  Menguji validitas empiris.  Menguji reliabilitas, dan  Merevisi instrumen berdasarkan hasil ujicoba.
  7. 7. Acuan Butir Pernyataan dalam Instrumen Akreditasi  Aspek dijabarkan menjadi 1 butir pernyataan  sehingga diperoleh jumlah butir sebanyak 157 butir.  Indikator dalam Permendiknas dipakai sebagai referensi dalam penyusunan substansi butir.
  8. 8. Kriteria Butir Pernyataan Instrumen Akreditasi  Dapat diukur (measurable).  Tidak menimbulkan banyak penafsiran (non multi- interpretation).  Merujuk aspek (standar) yang jelas (standard reffered).  Tidak mengintegrasikan banyak aspek (double aspect).  Butir instrumen yang satu tidak “meniadakan” butir yang lain.
  9. 9.  Instrumen Akreditasi. PERANGKAT AKREDITASI SPERANGKAT AKREDITASI SD/MID/MI TERDIRI ATAS:  Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen.  Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi.  Pedoman Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi.
  10. 10. Pengertian:Pengertian: INSTRUMEN DAN PETUNJUK TEKNISINSTRUMEN DAN PETUNJUK TEKNIS AKREDITASIAKREDITASI Petunjuk Teknis (Juknis) Instrumen Akreditasi … merupakan penjelasan tentang pembuktian jawaban atas instrumen, baik berupa dokumen, bukti fisik atau fakta yang harus diperlihatkan oleh pihak sekolah/ madrasah kepada tim asesor pada saat visitasi. Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah … merupakan perangkat alat ukur yang digunakan menilai kualitas sekolah/madrasah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan hasilnya diwujudkan dalam bentuk peringkat akreditasi.
  11. 11. Pengertian:Pengertian: Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi Merupakan instrumen yang berisi data dan informasi secara lengkap tentang sekolah/ madrasah yang digunakan sebagai bahan dalam pengisian instrumen akreditasi.
  12. 12. Keterkaitan antara:Keterkaitan antara: INSTRUMENINSTRUMEN,, JUKNIS, SERTA INSTRUMENJUKNIS, SERTA INSTRUMEN PENGUMPULANPENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI PENDUKUNGDATA DAN INFORMASI PENDUKUNG AKREDITASIAKREDITASI 2. Setiap jawaban pada butir pernyataan instrumen harus dibuktikan dengan bukti fisik, dokumen, atau fakta seperti dijelaskan pada Juknis. 4. Bukti fisik, dokumen, maupun fakta yang sama dapat digunakan untuk membuktikan atau mendukung jawaban dari butir-butir pernyataan lain yang berkaitan. 1. Instrumen Akreditasi merupakan satu kesatuan utuh yang tidak terpisahkan dengan Juknis Instrumen Akreditasi. Oleh sebab itu agar dapat menjawab butir-butir pernyataan instrumen Saudara harus memahami Juknis. 3. Instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung digunakan untuk memudahkan dalam mengisi butir instrumen akreditasi dan pengecekan data-data yang diperlukan.
  13. 13. Jumlah Butir dan Bobot Komponen NoNo Komponen AkreditasiKomponen Akreditasi Jumlah ButirJumlah Butir BobotBobot KomponenKomponen 11 22 33 44 1 Standar Isi 18 15 2 Standar Proses 11 15 3 Standar Kompetensi Lulusan 17 13 4 Standar Pendidik dan Tendik 19 15 5 Standar Sarana dan Prasarana 25 11 6 Standar Pengelolaan 20 10 7 Standar Pembiayaan 25 10 8 Standar Penilaian 22 11 Jumlah 157 100
  14. 14. 1. Respon butir yang dikembangkan adalah Respon Nonkategorik (Noncategorical Response) yang dalam hal ini adalah Tipe Peringkat dengan lima opsi jawaban. RESPON BUTIRRESPON BUTIR INSTRUMENINSTRUMEN 2. Penentuan lima opsi jawaban didasarkan atas pertimbangan menghargai perbedaan kinerja satuan atau program pendidikan.
  15. 15.  Butir pertanyaan/pernyataan telah disusun berorientasi kepada sekolah/madrasah (school oriented).  Pertanyaan tentang guru, siswa, sarana dan prasarana, dsb mencakup kelompok sekolah /madrasah bukan individual. ORIENTASI BUTIRORIENTASI BUTIR INSTRUMENINSTRUMEN
  16. 16. CONTOH:CONTOH: Instrumen Akreditasi, Petunjuk Teknis, serta Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi 2. Sekolah/Madrasah mengembangkan kurikulum bersama-sama pihak terkait berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP.  A. Bersama kepala sekolah, seluruh guru, komite sekolah/ madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan dan tokoh pendidikan setempat.  B. Bersama kepala sekolah, seluruh guru, dan komite sekolah/madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan.  C. Bersama kepala sekolah dan seluruh guru.  D. Bersama kepala sekolah dibantu beberapa orang guru.  E. Tidak mengembangkan kurikulum.
  17. 17. 2. Keterlibatan pengembangan kurikulum dibuktikan dengan berita acara rapat dan tanda tangan dari berbagai pihak yang terlibat. Bagi sekolah/madrasah yang belum memiliki komite sekolah/madrasah, dapat digantikan oleh yayasan atau lembaga penyelenggara pendidikan atau sejenisnya. Contoh tokoh pendidikan di daerah antar lain: tokoh agama, penyelenggara pendidikan, dosen, ketua PGRI, pengawas, kepala sekolah, guru senior, dll.
  18. 18. INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI PENDUKUNG AKREDITASI SD/MI No. Dokumen pengembangan kurikulum yang dimiliki 1 Berita acara pengembangan kurikulum 2 Daftar hadir peserta pengembang kurikulum 3 Foto dokumentasi kegiatan pengembangan kurikulum 4 Naskah kurikulum dalam bentuk draft 2. Ketersediaan dokumen pengembangan kurikulum (Isi jenis dokumen yang relevan dengan pengembangan kurikulum).
  19. 19. 120 menit dibagi 8 standar = 15 menit/standar120 menit dibagi 8 standar = 15 menit/standar

×