Adab makan dan minum dalam islam

  • 19,593 views
Uploaded on

 

More in: Spiritual
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
19,593
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2

Actions

Shares
Downloads
150
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. ADAB MAKAN DAN MINUM DALAM ISLAM. Larangan Makan dan Minum Dengan Posisi BersandarDiriwayatkan dari Abu Juhaifah berkata : - -Artinya : "Aku pernah bersama Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- ketika beliau berkatakepada seseorang yang bersamanya juga : Aku tidak makan dalam posisi bersandar." (HRBukhori, Ahmad, At-tirmidzi, Abu Daud dan Ibnu Majah)Ibnu Hajar menjelaskan maksud bersandar dalam hadist diatas : Macam-macam maksudbersandar seperti dalam hadist diatas diantaranya adalah bersandar ditangan dengan posisibadan miring. juga duduk dengan bersandarkan tangan kiri.. Mendahulukan Makan Dari Pada Sholat Ketika Makanan Telah SiapKetika hidangan makanan telah siap dan iqomah sholat telah dikumandangkan, maka dahulukanmakan dari pada sholatnya sesuai dengan sabda Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- :‫إذا ٔ ضع ان ع شبء ٔأق ًٍذ ان ص الح ف بث دؤٔا ث بن ع شبء‬Artinya : "Jika hidangan makan malam telah siap dan iqomah sholat telah dikumandangkanmaka mulailah dengan makan malam." (HR Bukhori, Muslim, Ahmad, At-thirmidzi, An-Nasaidan Ad-Darimi)Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- juga bersabda :‫ف بث دؤٔا ث بن ع شبء ٔال ٌ عجم ح زى ٌ فسغ ي ُّ إذا ٔ ضع ع شبء أحدك ى ٔأق ًٍذ ان ص الح‬Artinya : "Jika telah siap hidangan makan malam untuk kalian dan (juga) telah dikumandangkaniqomah sholat, maka mulailah dengan makan malam dan jangan terburu-buru sampai selesai(dari makan malam)." (HR Bukhori, Muslim, Ahmad, At-thirmidzi, Abu Daud, Ad-Darimi danAn-Nasai). Membaca Basmalah Sebelum Makan Dan Minum, Hamdalah SetelahnyaTermasuk dari adab makan dan minum adalah membaca basmalah sebelum makan dan minum,dan membaca hamdalah setelahnya. diriwayatkan dari Umar bin Abi Salamah berkata : - - - -Artinya : "Ketika aku masih kecil dalam didikan Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam-. dantanganku mengambil makanan dari segala sisi piring. maka berkata kepadaku Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- : wahai anak. bacalah basmalah, dan makanlah dengan tangankananmu, dan makanlah apa yang dekat darimu." (HR Bukhori, Muslim, Ahmad, Abu Daud danIbnu Majah)Dan membaca hamdalah setelah makan atau minum, sesuai dengan sabda Rosulullah -sholallahualaihi wasallam- :
  • 2. ٍ‫يٍ أك م ط عبيب ف قبل ان حًد هلل ان ري أط عً ًُ ْرا ٔزشق ُ ٍّ يٍ غ ٍس حٕل ي ًُ ٔال ق ٕح غ فس نّ يب ر قدو ي‬ّ‫ذَ ج‬Artinya : "Barang siapa yang setelah makan membaca Alhamdulillahil ladzi adamani hadza warozaqanihi min ghoiri haulin minni wala quwwah maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."(HR At-Tirmidzi. Al-Albani berkata : hadist hasan). Makan Dan Minum Dengan Tangan KananMenggunakan tangan kanan untuk makan dan minum, dan Islam melarang untuk menggunakantangan kanan. Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- bersabda :‫الر أك هٕا ث بن شًبل ف إٌ ان ش ٍطبٌ ٌ أك م ث بن شًبل‬Artinya : "Janganlah kalian makan dengan tangan kiri, karena setan makan menggunakan tangankiri." (HR Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah). Memakan Makanan Dari Yang TerdekatTermasuk adab makan dan minum yang diajarkan Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam-adalah memakan makanan dari yang terdekat. sebagaimana sabda beliau kepada Umar bin AbiSalamah diatas.7. Disunahkan Memakan Makanan Setelah Panasnya BerkurangKetika hidangan itu masih panas, disunahkan untuk menunggunya sejenak sampai berkurangpanasnya. berdasarkan hadist yang diriwayatkan dari Asma binti Abi Bakar -radhiallahuanhuma- : ‫ف ٕزِ، ث ى ر قٕل: إَ ً سً عذ ز سٕل اهلل أَ ٓب ك بَ ذ إذا ث سدد (أي أعدد ث سٌ دا) غط زّ ش ٍ ئب ح زى ٌ رْت‬"‫ص هى اهلل ع ه ٍّ ٔ س هى ٌ قٕل"إَ ّ أعظى ن ه جسك خ‬Artinya : "Bahwa ketika dia (Asma binti Abi Bakar) menyiapkan bubur, kemudian diamenutupnya sampai berkurang panasnya. dia berkata : aku pernah mendengar dari Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- berkata : Begitu adalah lebih besar berkahnya." (HR Ad-Darimi danAhmad)An-Nawawi menjelaskan : bahwa yang demikian itu lebih besar berkahnya karena ketikapanasnya telah berkurang, seseorang akan terhindar dari bahaya memakan makanan yang panas.sehingga tidak sakit dan kuat untuk mengamalkan ketaatan kepada Allah.. Tidak Mencela MakananMemakan makanan yang disukai dan tidak mencela makanan ketika makanan itu tidak kitasukai. sebagaimana yang dipraktekkan Nabi -sholallahu alaihi wasallam- dalam hadist berikut :ّ ‫ص هى اهلل ع ه ٍّ ٔ س هى ط عبيب ق ط، ك بٌ اذا ا ش زٓى ش ٍ ئب أكه ّ ٔإٌ ك ّ ر سك‬ ْ‫س‬ ‫يبعبة ز سٕل اهلل‬Artinya : "Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- tidak pernah mencela makanan sama sekali.jika beliau mau maka beliau memakannya, dan jika tidak makan beliau meninggalkannya." (HRBukhori, Muslim, Ahmad dan At-Tirmidzi). Tidak Meniup Pada Air Minum
  • 3. Pada saat air minum masih panas, dibenci untuk meniupnya agar cepat dingin. disarankan untukmenunggunya sampai dingin dengan sendirinya. berdasarkan larangan dalam sabda Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- berikut :‫إذا شسة أحدك ى ف ال ٌ ز ُ فس ف ً اإلَ بء‬Artinya : "Jika salah seorang dari kalian hendak minum, maka jangan meniup ke (air) dalambejana." (HR Bukhori, Muslim dan Ahmad). Tidak Minum Langsung Dari Mulut TekoJika hendak minum, hendaklah menuangkan air ke gelas terlebih dahulu. dan tidak minumlangsung dari mulut teko. Karena Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- melarang akan haldemikian.‫ص هى اهلل ع ه ٍّ ٔ س هى‬ ‫عٍ ان شسة يٍ ف ى ان قسث خ أٔ ان س قبء َ ٓى ز سٕل اهلل‬Artinya : "Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- melarang minum langsung dari mulut ceretatau teko." (HR Bukhori dan Ahmad). Disunahkan Untuk Makan BersamaDisunahkan berkumpul ketika ingin makan. makan bersama akan menambah berkah. lebihbanyak yang kumpul, maka lebih banyak berkahnya juga. Rosulullah -sholallahu alaihi wasallahbersabda :‫ط عبو ان ٕاحد ٌ ك فً االث ُ ٍٍ، ٔط عبو االث ُ ٍٍ ٌ ك فً األزث عخ، ٔط عبو األزث عخ ٌ ك فً ان ثًبَ ٍخ‬Artinya : "Makanan satu orang cukup untuk dua orang, dan makanan dua orang cukup untukempat orang, dan makanan empat orang cukup untuk delapan orang." (HR Muslim, Ahmad danAt-Tirmidzi)Beliau juga bersabda :ٍّ ‫ف بج زً عٕا ع هى ط عبي كى ٔاذك سٔا ا سى اهلل ع ه ٍّ ٌ جبزك ن كى ف‬Artinya : "Berkumpulkan ketika makan dan bacalah nama Allah maka Allah akan memberkatikalian dalam makanan itu." (HR Abu Daud dan Ahmad). Tidak Berlebihan Dalam Makan Dan Tidak Juga KekuranganRosulullah -sholallahu alaihi wasallam- menasehati untuk bijak dalam segala hal, termasukdalam makanan. setiap orang harus mengkira-kira seberapa banyak yang dia butuhkan agar tidakberlebihan dan juga tidak kekurangan. Dalam hadist, Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam-bersabda :ّ‫ف ث هث ن ط عبيّ ٔث هث ن شساث ّ ٔث هث ن ُ ف س‬Artinya : "Sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk nafas." (HRAt-Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Majah)
  • 4. . Haram Duduk Pada Tempat Makan Yang Ada Minuman KerasnyaDiriwayatkan dari Umar bin Al-Khattab :‫ص هى اهلل ع ه ٍّ ٔ س هى عٍ يط عً ٍٍ، عٍ ال‬ ‫َ ٓى ز سٕل اهلل‬ُّ ‫ْٕٔ ي ُطح ع هى ث ط‬Artinya : "Rosulullah -sholallahu alaihi wasallam- melarang dari dua macam makan. dari dudukditempat yang dihidangkan minuman keras. dan makan dengan posisi telungkup." (HR At-Tirmidzi dan Ad-Darimi)Begitu lengkapnya panduan-panduan dalam Islam ini. semua menuntun kita untuk selalumelakukan hal yang bermanfaat. untuk selalu memperhitungkan sebab dan akibat dari perbuatankita. kenapa kita susah-susah mencari diluar sana jika dalam agama yang kita yakini ini ternyatatelah menuntun dan mengatur disetiap segi kehidupan. dan Rosulullah -sholallahu alaihiwasallam- adalah sebaik-baiknya contoh.
  • 5. BAHAYA MINUM SAMBIL BERDIRIMengapa kita tidak diperbolehkan minum sambil berdiri? pengaruh terbesar apa yang terjadipada organ vital kita terutama ginjal? lalu bolehkah dalam Islam melakukan makan dan minumsambil berdiri? berikut bisa anda simak artikel selengkapnya.Dalam sebuah kajian kesehatan akupuntur yang diadakan salah satu ahli akupuntur,membuktikan bahwa air minum yang masuk dengan cara minum sambil duduk lebih baikdibandingkan kita minum dengan cara berdiri.Air putih yang kita minum saat duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu strukturmaskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap airyang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal.Sebaliknya, jika kita minum air putih dengan cara berdiri, maka air yang kita minum itu masuktanpa disaring lagi. Air itu bisa langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menujukandung kemih, maka terjadi pengendapan di saluran ureter.Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter maka hal ini bisa menyebabkan penyakitkristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah kencing itu penyebabnya.Apabila minum sambil berdiri ini tidak kita hindari akan maka beriap-siaplah menerima efekburuk lain pada organ ginjal anda, kita tahu salah satu fungsinya yakni menyaring racun kedalam tubuh.Lantas bagaimana cara mengatasinya agar kita terhindar dari hal tersebut?Anda harus melakukan kebiasaan berikut :- Biasakanlah selalu minum sambil duduk, ingat jangan sambil berdiri.- Biasakan dan perbanyak minum air putih sesuai kebutuhan yang dianjurkan.Guna memenuhi kebutuhan air dalam tubuh sehari kita memerlukan asupan minum air :1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari2-3 gelas, 1 jam sebelum makan siang2-3 gelas, 1 jam sebelum makan malam.Nah dengan demikian kebutuhan air dalam proses metabolisme tubuh akan terpenuhi.Mengapa Islam melarang makan dan minum sambil berdiri?Bukti larangan Islam terhadap makan dan minum sambil berdiri ini di pertegas dalam hadistsebagai berikut :Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda,Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimanadengan makan?” beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”.(HR.Muslim dan Turmidzi)Bersabda Nabi dari Abu Hurairah,“Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa,maka hendaknya ia muntahkan !” )HR. Muslim(Dalam agama Islam berprilaku apapun semua sudah di contohkan oleh Rasulullah termasuk adabdalam makan dan minum, jika makan dan minum sambil berdiri ini dilarang, maka jelas akansangat tidak baik pengaruhnya terhadap jiwa kita karena erat hubungannya dengan masalahkesehatan, mengapa demikian? sebab makan dan minum sambil berdiri, makan menggunakantangan kiri merupakan prilaku dan kebiasaan para setan, prilaku setan cenderung buruk, kitadilarang untuk menirunya sebab setan merupakan makluk yang paling sombong yang selaluberusaha menjerumuskan manusia ke dalam kesesatan.Nah berperilaku tidak baik seperti makan minum menggunakan tangan kiri yang di lakukansambil berdiri akan berdampak buruk pada kesehatan begitu juga Meniup Makanan Disaat Masih
  • 6. Panas.Dari fakta diatas terbukti minum sambil berdiri sangat tidak baik terhadap kesehatan ginjalbahkan apabila perilaku ini diabaikan bukan tidak mungkin akan berakibat fatal terhadap organtubuh tersebut.Jadi jika keduanya dihubungkan antara aturan dan larangan yang bersumber dari ajaran Islamdengan hasil ilmial para peneliti medis ternyata sangatlah jelas relevansinya.Yang pasti perilaku buruk yang berakar dari kebodohan dan kebiasaan yang kita anggap benarternyata akan membawa dampak yang sangat serius bagi keberlangsungan kesehatan kita sendiri.Bagaimana dengan anda masih juga sering melakukan hal yang demikian? atau mungkin barumengetahuinya hari ini? makanya kunjungi selalu herupurwanto.blogdetik.com yang memberikainfo dan tips Paling Ampuh buat kita semua.TATA CARA MAKANBanyak riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW hanya pernah 2 kali sakit sepanjang63 tahun hidupnya. Padahal saat itu, kondisi alam jazirah Arab sangat keras, ditambah lagidengan aktivitas dakwah beliau yang sangat tinggi, dan banyaknya peperangan fisik yangdijalani. Daya tahan fisik dan mental beliau luar biasa. Ingin tahu apa tips beliau agar tetap sehatdan bugar. Berikut adalah tips dan hikmah penjelasannya: 1. Selektif terhadap makanan. Simak Cara Makan Rasulullah SAW. Makanan tersebut harus memenuhi syarat halal dan thayyib (baik). Halal berkaitan dengan urusan akhirat, yaitu halal cara mendapatkannya dan halal barangnya, sedangkan thayyib berkaitan dengan urusan duniawi, seperti baik tidaknya atau bergizi tidaknya makanan yang dikonsumsi. 2. Konsisten dan selektif pada minuman dan cara meminumnya. Simak Cara Minum Rasulullah SAW. Rasulullah SAW sangat menyukai madu yang dicampur dengan air. Simak hikmah madu 3. Makan dengan tenang, tumaninah (konsentrasi & tertib), tidak tergesa-gesa, dan dalam tempo sedang. Secara ilmiah pun hal ini sudah dibuktikan, simak hikmah makan dengan tenang 4. Cepat tidur dan cepat bangun. Beliau tidak pernah tidur melebihi kebutuhan, namun tidak pula menahan diri untuk tidur sekadar yang dibutuhkan. Simak hikmah tidur dibawah 8 jam 5. Tidurlah dengan cara yang benar. Simak Cara Tidur Rasulullah SAW dan hikmah tidur berbaring miring 6. Konsisten melakukan shaum sunnah. Beberapa shaum sunnah yang beliau anjurkan diantaranya adalah shaum Senin Kamis, ayyamul bith, shaum Daud, shaum enam hari di bulan Syawal, dsb. Secara ilmiah, shaum juga terbukti sangat bermanfaat. Simak hikmah shaum 7. Selain tips fisik di atas, Rasulullah SAW juga sangat mantap dalam ibadah ritualnya, khususnya sholat, sehingga beliau pun memiliki keterampilan yang tinggi dalam mengelola emosi, pikiran dan hati. Penelitian-penelitian terkini dalam bidang kesehatan membuktikan bahwa kemampuan dalam mengelola hati, pikiran dan perasaan, serta ketersambungan yang intens dengan Allah SWT akan menentukan kualitas kesehatan seseorang, jasmani maupun rohani.Bagi para pembaca yang ingin mendalami lebih jauh, bisa membaca buku Jejak SejarahKedokteran Islam, karya Dr Jafar Khadem Yamani yang mengungkapkan lebih dari 25 polahidup Rasul berkait masalah kesehatan, sebagian besar bersifat pencegahan. Di antaranya carabersuci (seperti berwudhu, mandi wajib, mandi sunnah), cara memanjakan mata, keutamaanberkhitan, keutamaan senyum, dsb.Ingatlah selalu bahwa mencegah sakit selalu lebih baik daripada mengobati penyakit, danmenjaga diri tetap sehat lebih baik dari sekedar mencegah sakit
  • 7. Etika Makan dan Minum Berdasarkan Sunnah Rasulallah Part 2 Blogiztic.net – Makan dan minum di masyarakat kita muslim ada beberapa adatdan etika. Terbiasa makan dan minum sesuai dengan sunnah Rasulallah dapat menjadikan kitauntuk lebih belajar mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua.Artikel sebelumnya telah saya kulasan etika makan dan minum berdasarkan sunnah Rasullah part1. Blogiztic akan mengulas informasi lanjutan etika makan dan minum berdasarkan sunnahRasullah part 2 sebagai berikut.Larangan menggunkan bejana yang terbuat dari emas dan perakDi dalam hadist Hudzaifah dinyatakan “.. dan janganlah kamu minum dengan menggunakanbejana terbuat dari emas dan perak dan jangan pula kamu makan dengan piring yang terbuatdarinya, karena keduanya untuk mereka (orang kafir) di dunia dan di akhirat untuk kita.)Muttafaq’alaih(Memulai dengan membaca bismillahRasulallah bersabda: “Apabila seorang diantara kamu makan, hendaklah menyebutkan namaAllah.” )HR. Abu Daud yang disahkan oleh Al-Albani)Mengakhiri dengan membaca alhamdulillahRasulallah bersabda: “Sesungguhnya Allah sangat meridhoi seseorang hamba yang apabila telahmakan sesuatu makanan ia memuji-Nya dan apabila minum minuman ia pun memuji-Nya.” )HR.Muslim).Menggunakan tangan kiriRasulallah bersabda kepada Umar Sakamah: “Wahai anakku, sebutlah nama Allah danmakannlah dengan tangan kananmu dan makannlah apa yang didepanmu )Muttafaq’alaih).Menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari sebelum dibersihkanDiriwayatkan dari Ka’ab bin Malik dari ayahnya, ia menuturkan” Adalah Rasulallah memakandengan tiga jari dan beliau menjilatinya sebelum beliau mengelapnya”. )HR. Muslim(Mengambil makanan yang terjatuh dan membuang sebagian yang kotor untukmemakannyaDisunanahkan mengambil makanan yang terjatuh dan membuang sebagian yang kotor darinyalalu memakannya. Rasulallah bersabda: “Apabila suapan makan seorang kamu terjatuhhendaklah ia mengambilnya dan membuang bagian yang kotor, lalu makanlah ia dan janganmembiarkannya untuk syetan”.
  • 8. TUGAS PAITATA KRAMA MAKAN DAN MINUM Kelas VIII C Nama kelompok; IMAM PUTRO P (16) NURUL A (24) NIKEN S (29) RICE YANITA (30) TACIK ARIN (31) MAHDA ALFIAN (35) SMP NEGERI 1 PARON Tahun Pelajaran 2011/2012