0
think again!think again!
BAHASA & PIKIRANBAHASA & PIKIRAN
Dasar-dasar Logika
Kuliah 6
think again!think again!
BahasaBahasa
 Pikiran berfungsi lewat dan di dalam
bahasa
 Bahasa adalah keterbukaan
manusia te...
think again!think again!
Instrumentalisme & DeterminismeInstrumentalisme & Determinisme
 Instrumentalisme: memandang
baha...
think again!think again!
KarakteristikKarakteristik
 Instrumentalisme dapat ditemui di dalam
strukturalisme
 Strukturali...
think again!think again!
KarakteristikKarakteristik
 Determinisme dapat dicontohkan dari
hipotesis Sapir-Worf.
 Menurut ...
think again!think again!
Pikiran, bahasa, & realitasPikiran, bahasa, & realitas
 Pikiran dan bahasa, sesungguhnya
merupak...
think again!think again!
Pikiran, bahasa, & realitasPikiran, bahasa, & realitas
 Pemikir bukanlah penguasa realitas
 Jad...
think again!think again!
Berpikir non konseptualBerpikir non konseptual
 Bukankah kata tak terpisahkan dari
konsep?
 Kon...
think again!think again!
Fungsi Bahasa dalam BerpikirFungsi Bahasa dalam Berpikir
 Fungsi informatif: mengiakan atau
meno...
think again!think again!
Fungsi Bahasa dalam BerpikirFungsi Bahasa dalam Berpikir
 Fungsi ekspresif: bahasa digunakan
seb...
think again!think again!
Fungsi Bahasa dalam BerpikirFungsi Bahasa dalam Berpikir
 Fungsi Direktif: menyebabkan atau
meng...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Bahasa dan berpikir (6)

1,447

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,447
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
78
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Bahasa dan berpikir (6)"

  1. 1. think again!think again! BAHASA & PIKIRANBAHASA & PIKIRAN Dasar-dasar Logika Kuliah 6
  2. 2. think again!think again! BahasaBahasa  Pikiran berfungsi lewat dan di dalam bahasa  Bahasa adalah keterbukaan manusia terhadap realitas  Bahasa, realitas, dan pikiran adalah tempat terjadinya peristiwa realitas.
  3. 3. think again!think again! Instrumentalisme & DeterminismeInstrumentalisme & Determinisme  Instrumentalisme: memandang bahasa sebagai alat untuk mengungkapkan persepsi (persepsi, pikiran dan emosi apriori dari bahasa)  Determinisme: bahasa adalah syarat untuk mempersepsi (persepsi, pikiran, dan emosi mengikuti fungsi bahasa)
  4. 4. think again!think again! KarakteristikKarakteristik  Instrumentalisme dapat ditemui di dalam strukturalisme  Strukturalisme memandang bahasa (langage) tersusun dari langue dan parole Langage Langue Parole
  5. 5. think again!think again! KarakteristikKarakteristik  Determinisme dapat dicontohkan dari hipotesis Sapir-Worf.  Menurut Sapir & Worf pengalaman perorangan terhadap kenyataan merupakan suatu fungsi dari bahasa masyarakat atau komunitas yang bersangkutan
  6. 6. think again!think again! Pikiran, bahasa, & realitasPikiran, bahasa, & realitas  Pikiran dan bahasa, sesungguhnya merupakan tempat terjadinya peristiwa realitas.  Realitas adalah sumber dan asal mula pikiran  Realitas senantiasa ‘tak kunjung habis dipikirkan dan tak kunjung selesai dikatakan’  Tiada pikiran dan bahasa tanpa realitas dan tiada realitas tanpa pikiran dan bahasa
  7. 7. think again!think again! Pikiran, bahasa, & realitasPikiran, bahasa, & realitas  Pemikir bukanlah penguasa realitas  Jadi kegiatan berpikir hakikatnya bersifat konstruktif dan tidak berhenti pada pola- pola, teori-teori, atau sistem-sistem.  Sistem justru sering harus diterobos untuk dapat mendengar suara realitas secara lebih cermat.  Berpikir yang demikian disebut juga berpikir tidak konseptual
  8. 8. think again!think again! Berpikir non konseptualBerpikir non konseptual  Bukankah kata tak terpisahkan dari konsep?  Konsep adalah hasil dari ideogenesis atau salinan dari realitas material dengan menggunakan paradigma tertentu.  Konsep juga bersifat menyejarah  Kata dan makna senantiasa lebih luas dari yang mungkin diungkapkan dalam konsep maupun verbal.
  9. 9. think again!think again! Fungsi Bahasa dalam BerpikirFungsi Bahasa dalam Berpikir  Fungsi informatif: mengiakan atau menolak proposisi atau menyuguhkan argumentasi.  Fungsi ini mengasumsikan isi dari yang kita komunikasikan secara faktual benar.
  10. 10. think again!think again! Fungsi Bahasa dalam BerpikirFungsi Bahasa dalam Berpikir  Fungsi ekspresif: bahasa digunakan sebagai alat pengungkapan rasa atau sikap.  Meskipun tidak mengandung informasi, fungsi ini penting dalam keseharian kita semenjak apa yang kita rasakan seringkali melampaui apa yang kita anggap benar.
  11. 11. think again!think again! Fungsi Bahasa dalam BerpikirFungsi Bahasa dalam Berpikir  Fungsi Direktif: menyebabkan atau menghalangi suatu perilaku manusia.  Fungsi ini penting dalam keseharian, namun tidak selalu berelasi logis dengan kebenaran yang kita anut.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×