SIM Bab 5 sumber daya komputasi dan komunikasi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

SIM Bab 5 sumber daya komputasi dan komunikasi

on

  • 1,963 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,963
Views on SlideShare
1,963
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
60
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    SIM Bab 5 sumber daya komputasi dan komunikasi SIM Bab 5 sumber daya komputasi dan komunikasi Presentation Transcript

    • BAB Dosen Pembimbing: Dr. Wonny A. Ridwan, MM., SE Disusun oleh: Ely Hadiansyah Gina Ganiasari Saepul Dahyar Budi Setiawan Dwi Widianingsih 021110294 021112702 021112047 021112310 021112264
    • Tujuan Pembahasan  Mengetahui berbagai macam komponen-komponen komputer.  Mengetahui alat-alat komputasi pribadi.  Memahami dampak dari pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi.  Mengenal sumber daya input dan output.  Mengetahui perbedaan berbagai media penyimpanan dan keunggulan dari masing-masing media.  Mengetahui keunggulan dari peranti lunak siap pakai.  Memahami berbagai strategi jaringan komputer.  Memahami perbedaan komunikasi antara melalui sistem telepon umum dengan jaringan.  Mengenal protokol-protokol jaringan.  Membedakan intranet, ekstranet, dan internet.
    • KOMPUTER • Komputer Mainframe Komputer-komputer besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi tersentralisasi • Komputer Mikro Komputer yang hanya digunakan oleh satu orang.
    • PIRANTI KERAS Prosesor Prosesor atau CPU (Central Processing Unit) adalah tempat dimana pemrosesan data dilakukan. Kecepatan prosesor diukur oleh jumlah siklus yang terjadi perdetik. Kecepatannya dinyatakan dalam Megahertz (Mhz) juta siklus perdetik. Ukuran word. Word adalah ukuran dari beberapa banyak bit yang dapat digerakkan dengan satu siklus komputer. Ukuran word menentukan berapa banyak karakter yang dapat dipindahkan dalam satu siklus prosesor. Kekuatan komputer dipengaruhi oleh ukuran word dan kecepatan prosesor.
    • PIRANTI KERAS Memori Disebut juga ruang penyimpanan primer atau Random Access Memory (RAM), mengacu pada penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer.
    • PIRANTI KERAS Ruang Penyimpanan Ruang Penyimpanan Tetap (Fixed Storage) Adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer Ruang Penyimpanan Dapat Dilepas (RemovableStorage) Adalah ruang penyimpanan yang terpasang dapat dilepas dan dipasang kembali
    • PIRANTI KERAS Alat – Alat Input (Input Device) Data yang diterima dari manusia (Human Captured Data) Mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor, berbicara ke microfon, atau interaksi lain yang serupa. Data yang diterima dari mesin (Machine Captured Data) Adalah data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau mekanis.
    • PIRANTI KERAS Alat – Alat Output (Output Device) Suatu alat yang menyajikan dan/ atau mengirimkan data dari komputer kepada pengguna. Alat output yang dikenal luas berupa monitor dan printer. Multimedia Multimedia merupakan evolusi dari serangkaian Input Device dan Output Device yang digunakan secara bersamaan. Misalnya saja Layar sentuh pada sebuah monitor.
    • ALAT – ALAT KOMPUTASI PRIBADI Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif Perusahaan-perusahaan pembuat telepon seluler populer telah membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambargambar & video pendek. Keypad dan monitor menjadi alat input dan output. Telephone Seluler Cerdas (Smartphone Celuler) Ketika sebuah telepon menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro (Personal Computer)
    • ALAT – ALAT KOMPUTASI PRIBADI Jaringan Rumah Adalah jaringan yang menggunakan modem untuk koneksi internet (Broadband). Baik modem kabel maupun Modem Telepon (DSL) dapat membawa akses internet berkecepatan tinggi ke rumah anda. Pemasangan Modem. Solusi untuk membagi satu koneksi diantara beberapa komputer adalah dengan menggunakan sebuah router nirkabel, modem akan tersambung ke router, dan router tersambung ke komputer melalui sebuah jaringan nirkabel. Keamanan nirkabel. Membuat kata sandi untuk membatasi akses ke jaringan nirkabel.
    • Router / Hub Modem Internet
    • ALAT – ALAT KOMPUTASI PRIBADI Keamanan Komputasi Rumah Perbaruan (update) Adalah kegiatan memperbarui sistem operasi atau piranti lunak yang digunakan pada personal komputer (PC)/ mikro komputer. Hacker Adalah orang-orang yang mencoba untuk menerobos masuk ke sistem komputer guna mengumpulkan informasi, menolak akses pemilik.ke sumber daya komputer miliknya, menghapus file-file, atau mengacaukan penggunaan komputer mikro oleh para pemiliknya.
    • ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI Virus Komputer Program-program komputer kecil yang menggandakan diri dengan memasukkan diri mereka ke dalam sumber daya komputer seperti program atau file.
    • ALAT – ALAT KOMPUTASI PRIBADI Keamanan Komputasi Rumah Worm Hampir sama kerjanya dengan virus, namun worm tidak menempelkan dirinya ke program atau file untuk menggandakan diri atau merusaknya. Spyware Adalah sebuah program komputer kecil yang mengawasi apa yang sedang anda kerjakan dengan sumber daya komputer anda.
    • PIRANTI LUNAK Gambar. Screenshot Desktop Operating System Windows XP, Windows 7, dan Mac OS X Leopard Piranti Lunak Sistem (Operating System) Mengelola proses-proses komputer, dan berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna, piranti lunak aplikasi, dan piranti keras.
    • PIRANTI LUNAK Piranti Lunak Aplikasi Piranti Lunak Siap Pakai Yaitu aplikasi yang diproduksi oleh Pemasok dan Dijual kepada Pengguna. Piranti Lunak Aplikasi Khusus Yaitu aplikasi yang diproduksi oleh pengguna dengan tujuan khusus dan dijual kepada pengguna khusus juga. Piranti Lunak yang ditulis oleh pengguna Adalah aplikasi yang dibuat sendiri oleh pengguna.
    • PIRANTI LUNAK Peranan Piranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna ( user friendly ) aplikasi telah dibuat dengan sederhana dan seksama sehingga berbagai bakat dan keahlian yang yang dimiliki oleh rentang pengguna yang luas dapat diakomodasi. Karakteristik aplikasi yang mudah digunakan  dialog yang dipandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan, format data yang diminta, masalah-masalah lain yang serupa. Menu, daftar perintah dengan langkah-langkah yang ditampilkan ke bawah, dan icon Pola dan formulir-formulir isian Bantuan yang sensitif pada konteks Antarmuka berbentuk grafis dengan menggunakan simbol-simbol terstandardisasi.
    • KOMUNIKASI Koneksi Publik Koneksi jaringan internet yang menggunakan kabel telepon sebagai penyalur data lewat modem telepon. Koneksi Saluran Pribadi Koneksi yang menggunakan sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi data. Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks) Jaringan yang dibuat khusus dalam komunikasi internet tanpa adanya “terminal/ link” yang mengganggu.
    • KOMUNIKASI Komunikasi – Jaringan
    • KOMUNIKASI Protokol untuk Komunikasi Komputer System Network Architecture SNA membutuhkan satu komputer induk utama yang mengumpulkan komputer-komputer lain yang terhubung oleh suatu jaringan suatu uruturutan, hampir sama dengan menunggu giliran.
    • KOMUNIKASI Protokol untuk Komunikasi Komputer Token Ring Hampir sama dengan SNA, yang membedakannya hanya pada saat mendistribusikan data tak hanya satu komputer yang dapat mengendalikan arus data tersebut tetapi komputer lainnyapun dapat mengendalikannya.
    • KOMUNIKASI Protokol untuk Komunikasi Komputer Ethernet Adalah suatu protokol terbuka bagi komunikasi peer to peer. Ethernet bekerja dari jalur transmisi tunggal. Tidak ada token yang diedarkan untuk menentukan komputer mana yang akan mengendalikan media komunikasi.
    • KOMUNIKASI Paket Adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengirim, dan informasi kendali lainnya. Alamat Jaringan Internet Adalah empat bagian kumpulan angka (yang masing-masing antara 0 hingga 255) yang dipisahkan oleh titik. Alamat tersebut akan menunjukkan jaringan, host, subjaringan, dan komputer yang sedang dituju. Pemahaman Jika data yang akan dikirimkan sebesar 20. Maka data tersebut akan dipecah menjadi 4 bagian yang sama besar. Masing-masing data inilah yang disebut paket data. 172 . 16 . 254 . 1
    • JENIS – JENIS JARINGAN Jaringan Area Lokal (Local Area Connection - LAN) Adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh suatu media yang sama.
    • JENIS – JENIS JARINGAN Internet LAN 2 LAN 1 Hub Intranet Mainframe Server Server Intranet Menggunakan protokol jaringan yang sama dengan internet, namun membatasi akses sumber daya komputer hanya pada sekelompok orang terpilih di dalam perusahaan.
    • JENIS – JENIS JARINGAN Internet PENGGUNA LUAR/ PELANGGAN LAN 2 LAN 1 Hub Intranet Mainframe Server Server Ekstranet Ketika intranet diperluas untuk mencakup pengguna-pengguna diluar perusahaan maka disebut ekstranet.
    • KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI Voice over Internet Protokol (VoIP) Adalah perlewatan komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital. Setiap suara dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui internet dan dimainkan kembali pada pengeras suara di tempat tujuannya.
    • TERIMA KASIH Atas Perhatian Anda Smoga bermanfaat yah