Your SlideShare is downloading. ×
4 Tipe Kepribadian Manusia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

4 Tipe Kepribadian Manusia

4,647

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
4,647
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
219
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Tipe dasar kepribadian manusia tidak lebih dari 10 macam. Banyak buku-buku yang menulis tentang tipe-tipe dasar kepribadian manusia menurut versi mereka masing-masing. Tapi kali ini kami hanya akan mengangkat 4 tipe kepribadian dasar manusia menurut Florence Litauer dalam bukunya Personality Plus.
  • 2. Kekuatan :  Suka memimpin, pembuat keputusan, dinamis, dan aktif  Sangat membutuhkan perubahan dan suka mengoreksi kesalahan  Mempunyai kemauan keras dan selalu menginginkan pencapaian target  Mandiri, bebas, menyukai tantangan  Menyukai pemecahan yang praktis dan bergerak cepat  Pekerja keras dan mempunyai tujuan yang jelas  Suka mengorganisasi, selalu merasa benar, dan mempunyai visi ke depan Kelemahan :  Otoriter, tidak sabar, dan mudah marah  Terlalu kaku dan susah diajak santai  Menyukai kontroversi, emosi tidak simpatik, dan tidak suka air mata  Tidak menyukai yang sepele dan bertele-tele  Sering terburu-buru dalam mengambil keputusan Sering menuntut orang lain dan menghalalkan segala cara demi suatu tujuan Orang Koleris yang Kuat jadi sok berkuasa, mendominasi, dan manipulatif. Setiap pemimpin mempunyai sifat ini, tegas, lugas, dan salah satu untuk mengenai ciri-ciri kepribadian ini adalah selalu ingin di depan tidak mau kalah dengan orang lain.
  • 3. Kekuatan :  Suka bicara, antusias, ekspresif  Penuh rasa ingin tahu, mudah berteman, suka berkumpul  Mudah memaafkan, berhati tulus, dan bersifat kekanak-kanakan  Senang dipuji dan senang diperhatikan  Spontanitas dan pengambil inisiatif yang handal Kelemahan :  Susah untuk diam dan moody (cepat berubah perasaan)  Dominan dalam percakapan dan egois  Kurang terencana dan membesar-besarkan masalah  Suara dan tertawanya keras Kemampuan orang Sanguinis yang Populer untuk melangsungkan percakapan yang mengasyikkan apakah mengenai sesuatu merupakan segi plus yang membuat iri hati orang lain.
  • 4. Kekuatan :  Penuh pikiran, selalu menganalisis, dan mendalam  Serius, bertujuan jelas, dan terjadwal  Menyukai musik, artistik, dan kreatif  Sensitif, rela berkorban, dan idealis tinggi  Hemat, tekun, terinci, teratur  Mencari solusi dari masalah dengan pemecahan yang kreatif  Setia dan pendengar yang baik Kelemahan :  Selalu melihat masalah dari sisi negatif, mudah merasa bersalah dan rendah diri  Terlalu banyak membuang waktu dengan menganalisis dan merencanakan  Sulit bersosialisasi dan sering mengkritik orang lain, tetapi sensitif jika mendapatkan kritikan  Sulit untuk mengungkapkan perasaan dan mempunyai rasa curiga yang besar Pemikiran analitis yang mendalam dari orang Melankolis yang Sempurna merupakan ciri khas yang jenius, banyak dihormati oleh mereka yang pikirannya lebih dangkal, walaupun demikian kalau dibawa sampai ke titik ekstrim, dia jadi menyebabkan kemurungan dan menekan perasaan.
  • 5. Kekuatan :  Mudah bergaul, tenang, santai, damai Tidak banyak bicara, bijaksana, dan mediator yang baik  Mencari cara termudah dan kuat di bawah tekanan  Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan  Simpatik, baik hati, dan peduli Kelemahan :  Kurang antusias, takut, kuatir  Keras kepala dan menghindari tanggung jawab  Lebih suka menjadi penonton dan kurang berorientasi tujuan  Seseorang yang pemalu dan pendiam  Kurang memotivasi diri Sifat orang Phlegmatis Damai yang mudah bergaul merupakan perpaduan yang mengagumkan dan menjadikannya orang yang paling disukai dalam kelompok mana saja; namun kalau dibawa sampai ke titik ekstrim, orang Phlegmatis yang Damai tidak peduli melakukan apa pun, masa bodoh, dan tidak punya kepastian.

×