• Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
92
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
8
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Bagaimana merayu Pengunjung Blog dan Toko Online Anda yang punya waktu hanya 3 detik Ketika anda datang di sebuah web atau toko online apa yang menarik perhatian anda pertama kali? Apa tanda sign up dengan bentuk gendut warna kuning? Atau tulisan “buy now” yang ukurannya besar dan penuh dengan berbagai tawaran yang sensasional?
  • 2. Apapun yang menarik perhatian, kita pasti akan memutuskan dalam 3 detik anda akan tetap di web itu mencari info lebih lanjut atau memilih close dari web tersebut. Kalau kata salah satu pengamat online Seth Godin, online marketing itu seperti bagaimana dapat memberikan seekor monyet sebuah pisang dalam 3 detik atau kurang. Sehingga tujuan dari web anda haruslah jelas. Buatlah dalam ukuran yang cukup besar dan beri warna merah atau biru. Tentu jelas tujuan dari web yang kita buat adalah bagaimana membuat pengunjung yang hadir di web anda terkonversi. Bisa jadi subcriber, jadi member, bahkan menjadi pembeli produk anda. Tentu penting mempertimbagkan design dari form maupun tombol yang tepat yang membuat web, blog, atau toko online kita sukses. Tombol Yang keren Alasan yang paling tepat bagaimana pengunjung web kita untuk berinteraksi adalah shopping chart, sign up, subcribe ataupun mendownload materi gratis kita. Sehingga penting untuk mendesain suatu tombol yang dapat dengan mudah menari perhatian. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dengan menggunakan warna, kontras, dan menarik perhatian mata sehingga menghasilkan konversi yang lebih baik. Berikut 5 tips yang dfapat digunakan 1. Warna Warna haruslah berbeda dengan warna dominan yang ada di web, gunakan warna yang lebih terang dan kontras.
  • 3. COLOR SIFAT DASAR PENGGUNAAN KEKURANGAN Red Meningkatkan detak jantung Desain classic untuk penawaran Bisa juga diasosiasikan berbahaya Warna pertama yang dilihat oleh mata Kombinasi antara warna merah dan warna kuning Membuat perhatian pertama pada penawaran Yellow Orange Paling tepat untuk warna penawaran Berpeluang membuat orang berpikir ulang atas penawaran Blue Green White Ringan untuk mata Membuat warna lain lebih menonjol Baik untuk testimony dan cerita Dikombinasikan untuk penawaran Menonjol 2. Lokasi Penempatan lokasi harus mudah ditemukan juga ya.... kalau nyelip di bagian kiri bawah pasti susah ditemukan. Area yang cukup baik antara lain dibagiah header, disamping produk, atau dibagian atas navigasi. Coba perhatikan 2 desain dibawah ini.
  • 4. Garis menunjukkan arah fokus dari mata pengunjung web. Amati lebih seksama dan kiranya lebih menarik desain yang sisi kiri atau yang sisi kanan ya ? 3. Kata yang Tepat Bahasa yang digunakan juga harus relevan untuk berkomunikasi dengan user. Gunakan kata yang pendek dan to the point dan selalu awali dengan kata-kata untuk melakukan tidakan seperti signup, downoad, coba sekarang. Tambahkan juga alasan untuk melakukan tidakan itu. Gratis / free juga salah satu kata sakti lho….. Jika kita mengunjungi suatu website suatu yayasan non profit yang mengumpulkan donasi, tentu penting untuk mempertimbangkan kata yang tepat. Jika anda ingin menyumbang apakah anda bersedia : untuk memasukkan donasi ke shoping cart, lalu check out? Ada baiknya diubah katanya menjadi jauh lebih halus misalnya “Membuat dunia lebih baik” Beberapa teknik untuk membuat penawaran adalah :  Menjelaskan apa yang harus dilakukan (“Klik disini untuk membeli”)  Gunakan kata yang lebih halus (“Coba sekarang”)  Menjelaskan secara langsung (“Buy Now”) 4. Ukuran Untuk membuat jelas suatu tombol dan mengarahkan user untuk mengklik pastikan ukurannya lebih besar dibandungkan dengan
  • 5. tombol yang lainnya. Partikan juga area klik cukup besar untuk memudahkan visitor. 5. Area yang Cukup Luas Tombil perlu dihindarkan untuk saling bertumpuk dengan elemen web yang lainnya. Pastikan memiliki margin maupun padding yang cukup. Pastikan text juga dapat terlihat dengan jelas. Bantu User anda untuk mendapatkan manfaat Tempatkan apa yang kita tawarkan pada posisi yang sangat mudah dicari, seperti di posisi tengah. Kita juga dapat memanfaatkan eye tracking software (ini bisa menjadi tema menarik ebook report berikutnya, tolong ingatkan saya ya… ) Dapatkah teman-teman mendapat penawaran di web ini?
  • 6. Salah satu cara untuk memastikan posisi pandangan pengunjung adalah di posisi pesan utama (bisa dibuat dengan membuat ukuran font / gambar lebih besar). Letakkan penawaran tepat ditengahnya seperti : Sebaiknya posisikan di 1 halaman awal, ingat ya manusia itu mudah dialihkan perhatiannya dengan cepat, dan sering kali tidak bersedia kalau harus scroll ke bagian bawah. Untuk memastikannya, saya lakukan juga dengan tes dan ukur di desain web, dan hasilnya tingkat klik bisa naik lebih dari 50% lho….. Tips Singkat dan Padat Gunakan kata kerja, dan berikan alasan urgensinya, seperti : “Signup”, “Download”, “Subscribe”, “Register.”
  • 7. Untuk membangkitkan urgensi berikan juga penawaran sensasional dan diberikan batas waktu :  “Penawaran terbatas di bulan July 2011”  “Terbatas untuk 200 orang saja!”  “Gratis Ongkos Kirim di Bulan Ramadhan.” Penawaran apa yang terbaik? Jelas GRATIS dan FREE. Tambahan penawaran tersebut di area untuk memperkuat aksi dan visitor anda. Mungkin bisa juga menggunakan “Hubungi Kami” atau “Beli Sekarang”, buat lebih spesifik misalkan “Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Katalog Gratis”. Terus lakukan uji dan ukur untuk mendapatkan conversi yang lebih baik bagi produk dan jasa yang anda tawarkan.
  • 8. Cukup Satu Saja Desain satu halaman web kita hanya untuk satu tujuan. Jika punya beberapa tujuan, coba buat prioritas utamanya. Jangan membuat pengunjung kita bingung dengan berbagai penawaran. Jika memang ada beberapa penawaran yang diberikan lakukan prioritas dan bedakan pada warna / ukurannya. Coba perhatikan web dibawah ini, kira-kira pengunjung mau meng-klik yang mana ya? Setan aja bingung ………………………….
  • 9. Membangun Trust Banyak orang yang tidak bersedia memberikan data seperti email maupun no telpon, sehingga kita harus memastikan bahwa kita menjaga privacy mereka. Gunakan juga privacy statement maupun term and condition. Untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen akan layanan kita, berikan juga data pribadi kita yang dapat dipercaya, seperti nama, alamat, no telepon, email, bisa ditambahkan juga fasilitas google maps. Kalau kita menggunakan shopping cart dapat pula ditambahkan logo bank yang kita gunakan maupun paypal. Tahukah anda berapa besar bouching rate web kita, dan berapa besar pengunjung datang dan pergi. Jika anda berharap pengunjung melakukan sesuatu di web anda, maka harus fokus pada desain dan marketing. Apa anda hanya berharap menjadi no#1 di Google tanpa penjualan? Banyak penawaran bisnis online hanya fokus pada SEO saja tapi tidak memperhatikan teknik marketingnya. Contoh aplikasi yang dapat anda gunakan dapat di temukan di koleksi tombol di dan juga berbagai tombol add to cart yang dapat anda gunakan. dibagian bawah dilapirkan juga model penawaran yang dapat anda tiru dan pelajari. OK, sampai ketemu juga di artikel berikutnya ya… sampaikan juga pada teman dan rekan anda jika artikel ini bermanfaat bagi anda  salam, http://plugintokoonline.com