PETA SI ABANG - Pemetaan potensi anak bangsa
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

PETA SI ABANG - Pemetaan potensi anak bangsa

on

  • 800 views

 

Statistics

Views

Total Views
800
Views on SlideShare
800
Embed Views
0

Actions

Likes
2
Downloads
5
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

PETA SI ABANG - Pemetaan potensi anak bangsa Presentation Transcript

  • 1. Pemetaan Potensi Anak Bangsa (PETA SI ABANG)
  • 2. Inspirational Moment • PERUBAHAN lingkungan dan dunia yang begitu cepatnya membuat kesiapan individu dalam menghadapi perubahan yang ada. • KONTRIBUSI, merupakan hal yang penting harus dimiliki individu untuk mengambil peran dan berkarya dalam perubahan dunia yang terjadi. • KOMPETENSI, kesiapan individu menjadi yang utama, dengan memahami tujuan dan kekuatan yang dimiliki akan membangun manusia unggul. • KEINDONESIAAN, karakter yang perlu dimiliki bagi putra dan putri bangsa ini, intuk menjadi terbaik dan berkarya hingga internasional. • PSIKOLOGI, memiliki peran yang signifikan dengan bidang ilmu lainnya dalam membangun bukan hanya kompetensi (Knowledge, skill and attitude) saja namun karakter orang Indonesia.
  • 3. Overview • INTEGRATIF, program yang memadukan antara Edukasi, assessment dan konseling dalam membantu anak-anak kita dalam menemukan dan mengarahkan kepada bakat dan minat terbaik mereka. • EDUKASI kepada semua pihak (Guru dan orang tua) akan pentingnya memahami petingnya minat dan bakat pada anak dan bagaimana membantu mereka dalam mengarahkan mencapai pribadi Indonesia yang unggul.
  • 4. Mini Seminar : “Pentingnya Mengetahui dan Mengarahkan Minat dan Bakat Anak dalam mencapai Prestasi” Deskripsi : Kegiatan berupa seminar yang menghadirkan tim pakar dalam bidang Psikologi, khususnya minat dan bakat anak yang dihadiri oleh orang tua dan pendidik agar dapat menciptakan kondisi yang tepat dalam membangun masa depan anak berbasis pada kekuatan (strength) pada minat dan bakatnya. Aktifitas : Seminar dan tanya jawab Durasi : 4 jam kegiatan seminar dan tanya jawab.
  • 5. Deskriptif : melakukan pemetaan terhadap kemampuan, bakat dan minat anak. Kegiatan ini penting dilihat sejak dini, dengan melihat kesiapan belajar (dari TK ke SD) dan pemetaan potensi, bakat dan minat (dari SD ke SMP), hingga pengarahan jurusan (dari SMP ke SMA), dan terakhir pengarahan terhadap bidang studi lanjutan pada universitas atau pemilihan karir bekerja selepas sekolah. Aktifitas : Tes tertulis (IQ, Personality, Bakat dan Minat) dan wawancara Durasi : 4 jam Individual Assessment
  • 6. Counseling Deskriptif : mengkomunikasikan dan mendiskusikan hasil individual assessment agar dapat gambaran yang lebih jelas terkait potensi, bakat dan minat anak dan bagaimana membangun komunikasi berdasarkan hal tersebut. Aktifitas : One on One Durasi : + 45 menit (1 sessi)
  • 7. Additional Program: “WORKSHOP merancang pembelajaran berbasis pada Potensi, Bakat dan Minat pada anak dengan Budaya Indonesia” Deskripsi : Merupakan kegiatan workshop dengan melibatkan semua pendidik yaitu guru dan orang tua untuk merancang pembelajaran yang tepat bagi putra-putrinya dalam menemukan, mengolah dan mengarahkan potensi, bakat dan minat dengan mengangkat budaya Indonesia. Aktifitas : Workshop Durasi : 7 Jam
  • 8. Tim Pelaksana Yayasan Humanika Edukasi Indonesia dan Humanika Consulting (PT. Humanika Amanah Indonesia)
  • 9. We Are … Dwistina Artanti, M.Psi Merupakan psikolog yang memiliki kepedulian yang sangat luas terhadap tantangan dalam humanitarian, kiprahnya dalam dunia sosial , pendidikan, anak dan keluarga menjadi fokus perhatiannya. Saat ini beliau mengemban amanah sebagai ketua pengurus Yayasan Humanika Edukasi Indonesia. Rudy Rupang, M.Psi, Merupakan psikolog yang aktif diberbagai kegiatan sosial. Keaktifannya ini ditunjang dengan jaringan yang luas dalam menopang aktifitas sosialnya hingga saat ini. Posisi sebagai kepala operasional dalam Yayasan Humanika Edukasi Indonesia menjadi sangat signifikan memberikan warna dan manfaat dalam program-programnya.
  • 10. We Are … Adhitira, M.Psi, merupakan Psikolog yang memiliki ketertarikan dalam masalah-masalah sosial dan keluarga. Selain aktif dikegiatan sosial dalam organisasi PIA, ia juga aktif dalam kegiatan profesional sebagai psikolog. Kegiatan assessment pada dunia pendidikan banyak ia geluti. Saat ini, ia mengambil peran sebagai sekretaris dalam yayasan Humanika Edukasi Indonesia. Meinanda Rahmayanti, M.Psi, Psikolog yang akrab dipanggil dengan Aci, saat ini parktisi sebagai HRD di sebuah perusahaan swasta, minat dan ketertarikan dalam berbagi ia wujudkan dengan bergabung sebagai bendahara Yayasan Humanika Edukasi Indonesia. Langkah dan karya nyata dalam dunia SDM akan sangat membantu mewujudkan program Mitra Usaha secara optimal.
  • 11. www.humanikaconsulting.com Merupakan lembaga kemitraan profesional yang bergerak di bidang konsultasi Bisnis dan Manajemen, yang memiliki perhatian dalam pengembangan SDM 1ndONEsia secara terintegrasi sehingga mampu mewujudkan 1ndONEsia yang lebih baik melalui langkah dan karya nyata membangun dan mengmbangkan Yayasan Humanika Edukasi Indonesia (Humanika Educare Foundation) untuk kesejahtraan Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi Kreatif…untuk 1ndONEsia! www.rumahedukasihumanika.org
  • 12. Tetap Berkarya untuk 1ndONEsia lebih BAIK !