• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Tutorial Membuat CCTV Dengan Webcam
 

Tutorial Membuat CCTV Dengan Webcam

on

  • 3,224 views

Tutorial Membuat CCTV Dengan Webcam

Tutorial Membuat CCTV Dengan Webcam

Statistics

Views

Total Views
3,224
Views on SlideShare
3,224
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Tutorial Membuat CCTV Dengan Webcam Tutorial Membuat CCTV Dengan Webcam Document Transcript

    • Tutorial Membuat CCTV Dengan WebcamSesuai dengan janji saya yang akan melanjutkanpembahasan tentang WebcamXP / Webcam 7. Padakesempatan kali ini saya akan mencoba berbagipengalaman bagaimana membuat kamera CCTVdengan menggunakan Webcam. Penasarankanbagimana caranya ?Oya, disini saya yakin sobat blogger udah paham semuakan apa itu CCTV ? Pastinya dong, hehe. Oke, Jadisaya nggak usah menjelaskan lebih jauh lagi, langung keintinya aja yah. Kenapa disini sayamenggunakan webcam bukan CCTV asli ?1. CCTV itu masih mahal sob, kalau webcam kan murah meriah.2. Tidak membutuhkan alat tambahan lagi, beda dengan CCTV.3. Dan, tidak terlalu sulit untuk dicoba untuk kalangan pemula seperti saya ini.Di atas itu bisa dikatakan kelebihan dari webcam, sedangkan untuk kekurangan webcam seperti :1. Jarak tidak terlalu panjang, karena menggunakan kabel USB. Mungkin max 10 M.2. Silahkan cari tau sendiri yah, hehehe.Sebelum kita mencoba tutorial membuat CCTV dengan webcam, ada baiknya sobat bloggermenyiapkan perlatan terlebih dahulu.1. Kabel USB (Max 10 Meter). Pilih yang berkualitas, jangan kabel yang nggak jelas. Sobatblogger bisa langusung bertanya ke toko komputer yang sudah anda percaya.2. Webcam (terserah mau berapa). Disini saya menggunakan webcam merk mediatech 5megapixel.3. Software WebcamXP atau Webcam 7. (sudah pernah saya share sebelumnya).4. Dan yang terakhir, secangkir kopi nescafe dan sebungkus rokok. (kalau yang ini buatorang dewasa yah, anak di bawah umur dilarang keras) hehee.
    • Bagimana ? Sudah siap semua ? Lanjuuut,,,1. Cari dan tempatkan webcam pada posisi yang ingin di pantau.2. Hubungkan webcam dengan komputer, nanti otomatis webcam akan menginstal driver,sehingga komputer kita akan mengenali webcam tersebut.3. Instal aplikasi Webcam XP / Webcam 7 yang sudah saya share sebelumnya.4. Jalankan webcam 7 nya, tapi sebelumnya jangan lupa di aktivasi dulu yah.5. Klik kanan kotak putih yang ada nomernya, klik PCI / USB (WDM Driver), kemudianpilih source webcam sobat blogger. Disini webcam saya ialah USB 2.0 Camera.6. Kemudian klik kembali kotak yang tadi sobat blogger klik kanan untuk melihat hasilnya.
    • Bagaimana ? Untuk menambah webcam, cara yang digunakan sama.Setting Webcam CCTV Agar Bisa Di Akses Dari Komputer Lain :Kalau sobat blogger mempunyai hotspot di rumah, kita bisa memanfaatkan hotspot tersebutuntuk memantau CCTV selama kita terhubung ke hotspot/jaringan tersebut.1. Di menu sebelah kiri, klik Web / Broadcast.2. Klik Activate.3. Kini kita sudah bisa melihat webcam CCTV dari media komputer, notebook ataupun hp(smartphone), dengan catatan media yang kita gunakan telah terhubung dengan jaringan.Untuk membuktikan nya, sobat blogger bisa ketik di adress bar browser anda,http://ipadress:8080 *IP Adress di ganti dengan IP Adress komputer andahttp://namakomputeranda:8080 *nama komputer di ganti dengan nama komputer komputerandaAtau untuk lebih mudahnya, silahkan klik link sebelah kanan paling bawah di webcam 7 /webcamXP. (HTTP ONLINE@Bla..blaa..bla)
    • Tampilan di akses dari komputer :Tampilan CCTV bila di akses dari HP, disini saya menggunakan nokia 5800.Ingin Design Tampilan Web CCTV nya Sendiri ? Gampang kok, pertama klik menu Tools >Generate HTML Code. Copy deh code HTML yang di hasilkan, lalu buat tampilan webnyasesuka hati. HeheheeOke, sampai sini dulu yah sob, nanti di lanjutkan lagi kalau ada kesempatan,, heheSelamat mencoba,,