Your SlideShare is downloading. ×
Troubleshooting Speedy
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Troubleshooting Speedy

932
views

Published on

Troubleshooting Speedy

Troubleshooting Speedy

Published in: Education

1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
932
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Serba SerbiTelkom
  • 2. TELKOM PSTNSambungan fasilitas telepon yang dapat digunakan untuk fungsi telepon,faksimile atau data atau internet dengan penambahan modem oleh pelanggan.Untuk mempertegas komitmen TELKOM dalam memberikan pelayanan untukproduk TELKOM Phone, maka TELKOM memberikan konvensasi atas setiapketerlambatan (melebihi tolak ukur) pelayanan yang telah diperjanjikan.Fasilitas layanan sebagai pelengkap atau supplementary service (fitur)yang ditawarkan bagi pelanggan telepon pelanggan meliputi:1. Call Waiting atau Nadasela, untuk dapat mengetahui dan menerima panggilantelepon tanpa memutus hubungan telepon yang sedang berjalan.2. Call Forwarding atau Lacak, untuk mengalihkan tujuan panggilan ke nomoryang diinginkan pelanggan.3. Hotline atau Andara, untuk menyambungkan hubungan telepon ke suatu nomortertentu tanpa perlu dilakukan dialing oleh pelanggan.4. Three Party atau Trimitra, untuk melakukan pembicaraan telepon dari 3 (tiga)penggunaataunomor yang berbeda.5. Abbreviated Dialing atau Sandinada, untuk memudahkan dialing denganmemberikan nomor sandi untuk beberapa nomor telepon tujuan.6. Hunting, untuk memudahkan pengingatan nomor telepon dengan pemberiannomor panggil untuk beberapa nomor telepon yang dikelompokkan.7. Keyword, untuk melakukan klasifikasi kemampuan telepon (incoming only,local only atau SLJJ) sesuai keinginan pelanggan dengan melakukan prosessetting tertentu melalui terminal telepon.8. Do Not Disturb, untuk menolak panggilan telepon pada saat pelanggan tidakingin dihubungi.9. Wake Up Call, untuk melakukan panggilan sebagai announcement pada waktutertentu sesuai keinginan pelanggan.10. CLIP - Calling Line Identification Presentation, untuk mengetahui nomorpemanggil secara langsung melalui terminal khusus.11. Voice Mail Box (TELKOMMemo), Fasilitas layanan yang diberikan bagipelanggan telepon yang berguna untuk merekam pesan di saat telepon sedangdigunakan, tidak ada yang menjawab atau pada saat telepon mengalamikerusakan. Pelanggan akan mendapat notifikasi apabila ada pesan di dalammailboxnya.12. TeleInfo, layanan jasa informasi dan hiburan yang dikemas secara interaktifuntuk pelanggan dengan voice response system (VRS). Setiap wilayah pelayananTELKOM menyediakan jasa informasi dan hiburan yang berbeda.13. SMS (TELKOMSMS), layanan jasa pengiriman pesan dengan menggunakanmedia data dimana pelanggan dapat mengirim dan menerima pesan secaratertulis, dan dapat dikirimatauditerima dalam waktu yang singkat.
  • 3. TELKOMNet InstanTELKOMNet-Instan adalah layanan dari PT. TELKOM untuk memperolehInternet dial-up secara mudah dan tanpa berlanggan dengan konsep layanan mudahdan sederhana.Keuntungan:1. Tidak perlu mendaftar2. Tidak perlu berlangganan3. Tidak ada biaya abonemen4. Tidak ada biaya bulanan5. Relatif lebih murah6. Tidak ada batasan waktu akses7. Bayar sesuai pemakain: "Pay as you go"8. Tidak memperhatikan jarak (Lokal 1 atau Lokal 2).9. Biaya ditagihkan pada nomor telepon melalui tagihan telepon bulanan, masukdalam kolom SLJJ. Tarifnya sebesar Rp 165,- per menit, sudah termasuk biayapulsa telepon dan pemakaian internet.MBila dibandingkan denganpenyelenggara lainnya, TELKOMNet-Instan relatif lebih murah.TELKOM Premium CallMerupakan layanan yang dapat digunakan oleh suatu badan usaha maupunperorangan untuk menyediakan jasa informasi konsultasi kepada masyarakat dengantarif premium per menit (flat per menit) yang akan dibebankan kepada pemanggil(user).Fitur Dasar yang langsung dikemas ke dalam layanan Premium Call adalah:1. One Number, adalah beberapa nomor yang terletak di beberapa lokasi cukupdihubungi dengan satu nomor panggil saja.2. Day of Week, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk (incomingcall)berdasarkan hari dalam seminggu.3. Time of Day, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk (incomingcall)berdasarkan jam dalam sehari.4. Call Queueing, adalah fasilitas untuk mengantrikan panggilan, agar pada saatstatus busy penyambungan ditunda dan dimasukkan dalam antrian, sehinggapanggilan akan diterima bila call sebelumnya telah selesai. Pada saat antri,pemanggil akan mendengar announcement yang menyatakan bahwa panggilan iniakan diterima pada giliran berikutnya bila sambungan telah dimungkinkan.5. Call Forwarding on Busy /Don’t Answer, adalah fasilitas untuk mengatur panggilanyang masuk untuk dialihkan ke nomor sambungan yang lain jika nomor yangdipanggil sibuk atau tidak diangkat.
  • 4. Fitur yang dapat ditambahkan pada layanan Premium Call antara lain:1. GEO Routing, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk (incoming call)sehingga panggilan masuk dapat dialihkan / diroutingkan ke suatu nomor sesuaikeinginan pelanggan Premium Call (berdasarkan lokasi geografis).2. Origin Dependent Routing, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk(incoming call) sehingga panggilan masuk dapat dialihkan / diroutingkan kenomor yang terdekat dengan pemanggil.3. Call Screening, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk (incoming call)sehingga panggilan dari lokasi tertentu yang tidak diinginkan bisa diblok agar tidakbisa mengakses nomor Premium Call.4. Day of Year, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk (incoming call)berdasarkan hari-hari tertentu dalam setahun.5. Call Distribution, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk (incoming call)sehingga dapat didistribusikan ke beberapa nomor berdasarkan prosentase.Benefit yang ditawarkan produk ini meliputi:1. Memperluas jaringan distribusi pelayanan.2. Menghemat biaya pemasaran karena tidak perlu investasi untuk mendirikan outletsendiri.TELKOM Virtual NetLayanan yang memberikan fasilitas Closed User Group (CUG) kepada pelanggankorporasi melalui jaringan telekomunikasi umum (PSTN). Benefit yang ditawarkan bagipelanggan meliputi:1. Meningkatkan efisiensi dalam pembiayaan.2. Perusahaan secara fleksibel dan cepat dapat menambah atau mengurangi cabangnyaserta dapat menyediakan jaringan dengan segala fasilitasnya kepada semua karyawandi lokasi cabangnya.3. Memungkinkan pelanggan memiliki suatu jaringan pribadi dengan memanfaatkanjaringan umum tanpa adanya investasi tambahan.TELKOM DIDFasilitas untuk PBX agar pelanggan di luar PBX dapat menghubungi sambungancabang PBX tersebut secara langsung tanpa melalui operator. Fasilitas DID dapatdiberikan kepada pelanggan yang mempunyai sambungan cabang (extention) palingsedikit 100 sambungan dengan komposisi minimal 10 sambungan pokok untukdigunakan sebagai fasilitas DID. Produk ini menawarkan benefit bagi pelangganberupa:1. Lebih hemat (tidak memerlukan operator PBX).2. Privacy terjaga (tidak melalui operator PBX).
  • 5. TELKOM VisionTELKOMVision memperkenalkan layanan Pay TV Cable di Jakarta pada bulanOktober 1999 sebagai layanan pertama TELKOMVision. Pelanggan dapat menikmatiprogram TV multi channel yang mencapai hampir 40 channel TV dengan kualitas tinggiyang dapat dipilih mulai dari berita, film, hiburan, olahraga, musik, dan pendidikan. Saatini coverage area layanan Pay TV Cable TELKOMVision telah menjangkau wilayahJakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.TELKOMVision Pay TV Cable menggunakan jaringan Fiber Optic dan CoaxialCable yang menghasilkan gambar lebih tajam dan lebih jernih. Selain itu denganmenggunakan Pay TV Cable TELKOMVision pelanggan dapat menikmati siaranmancanegara tanpa perangkat tambahan apapun juga harga yang kami tawarkan lebihmurah dibandingkan operator Pay TV Cable lainnya. Dalam perkembangan ke masa depanjaringan HFC memiliki kemampuan untuk menyalurkan layanan berupa:o Pay per Viewo Video on Demando Home Shoppingo Akses Multimedia lainnya.Pay TV Cable TELKOMVision dimaksudkan untuk melayani pelanggan terkumpulbaik secara individual untuk perumahan, perkantoran ataupun apartemen. Saat iniTELKOMVision dengan 40 channel berkualitas sudah menjangkau 46 lokasi di Jakartatersebar mulai dari perumahan, apartemen, perkantoran dan perhotelan.TELKOM SMSSMS (TELKOMSMS), layanan jasa pengiriman pesan dengan menggunakan mediadata dimana pelanggan dapat mengirim dan menerima pesan secara tertulis, dandapat dikirim / diterima dalam waktu yang singkat.TELKOM VoteLayanan telekomunikasi yang memungkinkan penyelenggaraan jajak pendapatpublik melalui telepon. Produk ini menawarkan benefit sebagai berikut:1. Dengan fasilitas ini pelanggan TELKOMVote dapat langsung mengetahui hasilopini / voting, walaupun jumlah partisipan dalam waktu singkat cukup banyak(mass call).2. Mendapatkan informasi secara cepat, akurat, dan murah.3. Dapat digunakan sebagai media promosi.TELKOM AstinetAkses internet bagi perorangan ataupun perusahaan menjadi kebutuhan dalamkomunikasi dan era global saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut TELKOMmenyediakan layanan ASTINet (Access Service Dedicated To Internet), yang dikenaldikalangan pengguna jasa Internet pada umumnya yaitu Leased Line untuk koneksi keInternet.
  • 6. ASTINet adalah layanan akses internet dan multimedia TELKOMNet untuk AksesInternet menuju Global Internet. Layanan ini menyediakan fasilitas koneksi akses keInternet yang disediakan pada port router TELKOMNet. Fasilitas ini dapat digunakanuntuk akses Internet secara dedicated dengan menggunakan beragam fasilitas saluranakses yang tersedia, misalnya melalui akses leased line, akses DSL (HSMA), dedicatedVSAT, akses radio dan sebagainya.Dengan layanan ASTINet ini pelanggan dapat menikmati layanan akses Internet dengankenyamanan akses selama 24 jam sehari. Layanan ini menyediakan layanan aksesinternetsecara dedicated dengan kecepatan mulai dari 64 Kbps sampaidengan 2 Mbps.Karakteristik layanan ASTINet adalah sbb:1. Fully dedicated high speed connection to Global Internet2. Connecting customer LAN to Internet melalui TELKOMNetrouter3. Guaranteed Quality of Service for customer satisfactionJangkauan layanan dari produk ASTINet adalah diseluruh area backbone TELKOMNetyang terpasang router akses.TELKOM Free PersonalLayanan yang memberikan fasilitas telepon bebas biaya kepada pelanggan tertentu(yang telah diberikan PIN) untuk menghubungi nomor telepon TELKOMFreePersonal.Fitur Dasar yang langsung dikemas ke dalam layanan ini adalah:1. One Number, adalah beberapa nomor yang terletak di beberapa lokasi cukupdihubungi dengan satu nomor panggil saja.2. Reverse Charging, adalah fasilitas yang merubah sistem penagihan biayapercakapan sehingga biaya percakapan dibebankan kepada nomor yang dipanggil.3. PIN adalah fasilitas berupa kode akses yang berfungsi untuk membatasi panggilanmasuk (incoming call) .Fitur yang dapat ditambahkan pada layanan ini antara lain:1. GEO Routing, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk (incoming call)sehingga panggilan masuk dapat dialihkan / diroutingkan ke suatu nomor sesuaikeinginan pelanggan Personal TELKOMFree.2. Day of Week, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk (incomingcall)berdasarkan hari dalam seminggu.3. Day of Year, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk (incoming call)berdasarkan hari-hari tertentu dalam setahun.4. Call Distribution, adalah fasilitas pengaturan panggilan masuk (incoming call)sehingga dapat didistribusikan ke beberapa nomor berdasarkan prosentase.
  • 7. Benefit yang ditawarkan kepada pelanggan:1. Memudahkan komunikasi bagi pemegang PIN tanpa memikirkan biayapercakapan.2. Pengontrolan biaya percakapan karena hanya diperuntukkan untuk orang tertentu.3. Pembayaran biaya percakapan dapat dilakukan secara terpusat.TELKOM UnicallLayanan yang memberikan kemudahan bagi suatu perusahaan yang mempunyaibanyak kantor cabang untuk dihubungi pelanggannya dengan hanya menghubungisatu nomor unik. Panggilan secara otomatis akan tersambung ke kantor/ kantor cabangdilokasi terdekat. Produk ini menawarkan beragam benefit bagi pelanggan:1. Perusahaan mudah diingat berdasarkan nomor akses yang dimilikinya2. Lebih cepat melayani pelanggan karena dihubungkan ke kantor terdekat.3. Beban komunikasi sebagian ditanggung oleh pemanggil.4. Nomor akses tetap meskipun terjadi perubahan alamat kantor.TELKOM FlexiTELKOMFlexi adalah layanan jasa telekomunikasi suara dan data berbasis aksestanpa kabel dengan teknologi CDMA yang sangat hemat karena biaya pemakaiannyamengacu pada tarif telepon rumah (PSTN TELKOM). Hemat pula bagi yang melakukanpanggilan ke TELKOMFlexi, karena layaknya telepon rumah, Anda tidak dikenakan biayaairtime.Didukung teknologi terkini CDMA 2000 1X, membuat TELKOMFlexi memilikikualitas suara yang sangat jernih dan radiasi yang rendah. Jenis terminalnya juga beragam,Anda bebas memilih untuk menggunakan terminal mobile atau fixedLayanan TELKOM Flexi memiliki kecepatan akses hingga 153 Kbps, dan menjadisolusi kebutuhan komunikasi data Anda, mulai dari akses internet, download file, SMS,MMS* hingga fitur Call Forwarding, Call Baring maupun Voice Mail.Anda dapat membawa pesawat TELKOMFlexi berjalan-jalan selama masih berada didalam satu area. Misalnya, jika Anda berada di area 021 (Jakarta, Tangerang, Bekasi), Andabebas berkeliling di wilayah tersebut sambil tetap melakukan panggilan atau menerimatelepon. Fleksibilitas yang tetap dapat Anda nikmati dengan pulsa telepon rumah.
  • 8. TELKOM SpeedySPEEDY adalah layanan Internet (Internet Service) berkecepatan tinggi dari PT. TELKOM,berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkanterjadinya komunikasi data, voice dan video secara bersamaan, pada media jaringan akseskabel tembaga (line telepon). Dengan layanan Speedy anda mendapatkan Hi-Speed Internet,pelanggan hanya perlu menghubungi TELKOM tidak perlu ke ISP lain. Saluran telepondapat dipergunakan untuk pembicaraan telepon dan akses internet pada saat bersamaan.Koneksi ke internet lebih cepat dibanding menggunakan modem analog. Koneksi ke internetdapat dilakukan setiap saat (on). Setiap hubungan sifatnya dedicated connection. Koneksimemiliki sifat highly reliability dan highly secure.Tidak seperti kabel modem, ADSLmemberikan dedicated line ke Internet Manfaat lain dari Speedy yaitu: High Speed Internet,Akses LAN akses (Teleworking, SOHO), Belajar Jarak Jauh (Distance Learning), VideoConference, Broadcast TV, Home shopping,Video On Demand.Pengertian SpeedySpeedy adalah brand dari layanan akses internet end-to-end untuk penggunaan di residensialatau bisnis kecil dan menengah yang berbasis akses kabel tembaga yang menggunakanteknologi Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL). Layanan ini memberikan jaminankecepatan sesuai dengan paket layanan yang digunakan pelanggan sampai ke BRAS(Broadband Remote Acces Server) dengan pilihan kecepatan akses mulai dari 384 kbpshingga 3 Mbps per line. Sebagai perbandingan, kecepatan akses dial-up yang digunakanoleh layanan TELKOMnet Instan adalah 56 kbps per line.Kecepatan downstream yang ditawarkan oleh Speedy saat digunakan untuk akses internetlebih besar daripada upstream, hal ini dikarenakan Speedy merupakan paket internet ADSLsehingga sangat sesuai untuk keperluan browsing yang cenderung lebih banyak melakukanaktivitas downstream. Selain dapat menggunakan akses internet dengan kecepatan tinggi,dengan layanan Speedy kita masih tetap bisa menggunakan saluran telepon rumah tanpaterganggu. Hal ini dikarenakan adanya perangkat splitter yang bisa memisahkan antara datadan gelombang suara selama 24 jam.Speedy memiliki paket layanan yang dibedakan berdasarkan ukuran downstream danupstreamnya sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut macam-macam paket Speedy:
  • 9. Tabel Layanan Paket SpeedyPaket LineSpeedBulanan Kuota(Rp) (Bulanan)Excess Batas TagihUsage Maksimum(Rp) (Rp)Mail 1 Mbps 75.000 15 jam 75/menit 995.000Chat 1 Mbps 145.000 50 jam 25/menit 995.000Socialia 384 KbpsLoad 512 Kbps195.000295.000SemiUnlimitedSemiUnlimited--Familia 1 Mbps 645.000 Unlimited -Executive 2 Mbps 995.000 Unlimited -Biz 3 Mbps 1.695.000 Unlimited -a) Paket MAIL (Limited 15 Jam 1 Mbps)Dengan kecepatan 1 Mbps downstream dan 256 kbps upstream dan harga yangmurah, paket ini ditujukan untuk pengenalan internet atau untuk pengguna yangjarang menggunakan internet tetapi menginginkan koneksi yang cepat.b) Paket CHAT (Limited 50 Jam 1 Mbps)Dengan kecepatan 1 Mbps downstream dan 256 kbps upstream dan harga yangterjangkau, Anda dapat melakukan koneksi internet dengan kecepatan tinggidengan durasi yang lebih panjang.c) Paket Socialia (Semi Unlimited 384 kbps)Dengan kecepatan 384 kbps downstream dan 96 kbps upstream tanpa batas waktuAnda dapat berinternet sepuasnya untuk browsing maupun chatting selama masihdalam batas kuota 3 GB per bulan. Ketika kuota usage tercapai, kecepatan efektifakan diturunkan menjadi 128 kbps hingga akhir bulan dan akan kembali kekecepatan semula pada awal bulan berikutnya.d) Paket LOAD (Semi Unlimited 512 kbps)Dengan kecepatan 512 kbps downstream dan 128 kbps upstream tanpa batas waktuAnda dapat berinternet sepuasnya untuk browsing yang lebih cepat, download,maupun chatting selama masih dalam batas kuota 3 GB per bulan. Ketika kuotausage tercapai, kecepatan efektif akan diturunkan menjadi 128 kbps hingga akhirbulan dan akan kembali ke kecepatan semula pada awal bulan berikutnya.
  • 10. e) Paket Familia (Unlimited 1 Mbps)Dengan kecepatan 1 Mbps downstream dan 256 kbps upstream serta alokasi kapasitaske gateway internasional yang lebih besar cocok untuk para profesional ataupenggunaan internet yang dishare hingga ke sekitar 10 pengguna.f) Paket EXECUTIVE (Unlimited 2 Mbps)Dengan kecepatan 2 Mbps downstream dan 512 kbps upstream serta alokasikapasitas ke gateway internasional yang lebih besar cocok untuk keperluan bisnisdan perkantoran dengan penggunaan internet yang dishare hingga ke sekitar 20pengguna.g) Paket BIZ (Unlimited 3 Mbps)Dengan kecepatan 3 Mbps downstream dan 512 kbps upstream serta alokasikapasitas ke gateway internasional yang lebih besar cocok untuk keperluan bisnisdan perkantoran dengan penggunaan internet yang dishare hingga ke sekitar 30pengguna.Untuk biaya registrasi atau pendaftaran dari semua paket Speedy ini sebesar Rp. 75.000,-.ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)ADSL sendiri merupakan salah satu dari beberapa jenis DSL, disamping SDSL,GHDSL, IDSL, VDSL, dan HDSL. DSL merupakan teknologi akses internetmenggunakan kabel tembaga, sering disebut juga sebagai teknologi suntikan atauinjection technology yang membantu kabel telepon biasa dalam menghantarkandata dalam jumlah besar. DSL sendiri dapat tersedia berkat adanya sebuahperangkat yang disebut DSLAM (DSL Acces Multiplexter).Untuk mencapai tingkat kecepatan yang tinggi, DSL menggunakan sinyalfrekuensi hingga 1 MHz. Lain halnya untuk ADSL, sinyal frekuensi yang dipakaihanya berkisar antara 20 KHz sampai 1 MHz. Sementara untuk penggunaanADSL di Indonesia yaitu TELKOM Speedy, kecepatan yang ditawarkan mencapai3 Mbps untuk downstream dan 512 kbps untuk upstream.Kecepatan downstream inilah yang menjadikan ADSL lebih cocok untuk kalanganrumah tangga. Karena pada kalangan rumah tangga umumnya lebih banyakkegiatan menerima dibandingkan kegiatan mengirim. Seperti mendownload data,gambar, musik, ataupun video. ADSL sendiri memiliki bermacam-macam jeniskecepatan, jenis router, USB dan perangkat lain yang ada di dalamnya.Misalnya ada yang dapat dipakai untuk dua komputer dengan menggunakansambungan USB, tapi ada juga yang dapat digunakan untuk empat komputerdengan koneksi LAN Ethernet. Adapun cara-cara penggunaan ADSL di Indonesia,pertama-tama kita terlebih dahulu harus memiliki perangkat ADSL. Setelahmemiliki perangkat ADSL, kita harus memeriksa keberadaan nomor telepon rumahkita di layanan TELKOM Speedy, apakah sudah terdaftar atau belum.
  • 11. Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah, seberapa jauh jarak antara gardu TELKOMdengan rumah kita karena dalam ADSL, jarak sangat berpengaruh pada kecepatan koneksiinternet. Setelah memastikan bahwa nomor telepon sudah terdaftar dan jarak sudahdiperhitungkan, yang harus kita lakukan selanjutnya adalah pemasangan ADSL padasambungan telepon.Untuk menyambungkan antara ADSL dengan line telepon, kita menggunakan sebuah alatyang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Splitter ini merupakan perangkat tambahanyang berguna untuk menyeleksi antara sinyal data dan sinyal voice sehingga nantinya kitatetap dapat menggunakan internet dan menjawab telepon secara bersamaan.Penggunaan ADSL di Indonesia saat ini tidak hanya berkisar hanya di pulau Jawa saja, tapijuga sudah meluas sampai ke luar Jawa seperti Bali dan Sumatera. Walaupun kualitas yangditawarkan memang masih banyak mengalami masalah, namun adanya ADSL dalamberkoneksi internet sangatlah membantu dibandingkan dengan cara lama yang menggunakansistem dial-up.Komponen SpeedySebelum melakukan instalasi layanan TELKOM Speedy, dibutuhkan beberapaperangkat agar bisa terhubung dengan jaringan internet. Perangkatperangkat tersebut antaralain:1. Jaringan TELKOM PSTN2. Seperangkat komputer3. Modem ADSL4. Splitter5. KonektorJaringan TELKOM PSTNJaringan telepon merupakan syarat wajib untuk dapat menikmati layananTELKOM Speedy, karena koneksi internet dilakukan lewat kabel telepon. Yang pertamadilakukan adalah menghubungkan jaringan telepon yang berada di ruang MDF denganDSLAM. DSLAM terhubung dengan jaringan internet yang disediakan ISP (InternetService Provider) atau penyedia layanan internet sehingga akses internet dapat terkoneksi.Dari ruang MDF jaringan internet disalurkan ke RK (Rumah Kabel) menggunakan kabelprimer yang kemudian bercabang pada tiap tiang telepon dengan kabel sekunder yangnantinya akan masuk kerumah pelanggan telepon.Jaringan yang bagus pada jaringan telepon adalah jaringan yang tidak melebihi 10 salurantelepon dalam satu tiang induk atau minimal memiliki nilai redaman minimal 10 Hz. Jikanailai redaman kurang dari 10 Hz, maka bisa menyebabkan seringnya gangguan dalamkoneksi internet Speedy.KomputerKomputer didefinisikan sebagai perangkat yang digunakan untuk mengolah data inputanmenjadi outputan berupa informasi. Berdasarkan definisi tersebut, komponen utamakomputer secara garis besar terdiri dari perangkat input, perangkat pemroses, perangkatpenyimpanan, dan perangkat output.
  • 12. Gambar KomputerModemModem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yangmengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan,sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisidata atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapatditerima dengan baik.Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasidua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagianyang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namunumumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakanuntuk komunikasi pada komputer.Data dari komputer yang berbentuk sinyal digitaldiberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog.Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembalidan dikirimkan kepada komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melaluibeberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.Gambar Modem
  • 13. Modem dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:1. Modem analog adalah modem yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyaldigital.2. Modem ADSL adalah teknologi modem yang memungkinkan pengguna bisamelakukan browsing internet secara bersamaan dengan aktifitas lain seperti telepondalam satu konektor kabel telepon.3. Modem kabel adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyambungkan PCdengan sambungan TV kabel.4. Modem CDMA adalah modem yang jaringannya melalui frekuensi pada jaringan yangberbasis CDMA, biasanya modemnya berupa ponsel berbasis CDMA.5. Modem GSM adalah modem yang jaringannya melalui frekuensi pada jaringan berbasisGSM. Modem ini tidak seperti modem CDMA yang berupa ponsel, modem ini memilikibentuk sendiri yang bekerja pada frekuensi GSM.6. Modem satelit adalah modem yang transfer datanya menggunakan komunikasi satelitsebagai relay.7. Modem 3G adalah modem yang jaringannya melalui frekuensi jaringan berbasis 3G.Umumnya istilah 3G digunakan pada perkembangan teknologi telepon nirkabel(wireless).SplitterSplitter merupakan perangkat yang berfungsi memisahkan sinyal untuk voicetelepon dan data. Sinyal voice telepon berada pada frekuensi 0 - 4 KHz, sedangkan sinyaldata dibawa pada frekuensi 26 KHz - 1,1 Mhz. Splitter terdiri dari 3 buah port RJ-11dimana ketiga port tersebut dihubungkan ke roset, telepon, dan modem.Gambar SplitterKonektorKonektor adalah komponen yang berfungsi menghubungkan antar perangkat. Padaumumnya terdapat 3 buah konektor yang digunakan Speedy antara lain kabel konektor RJ-11 untuk menghubungkan splitter dengan 3 komponen lain (modem, telepon, dan roset),kabel UTP RJ-45 untuk menghubungkan modem dengan CPU melalui LAN card, sertakabel dengan konektor USB untuk menghubungkan modem dengan CPU (sebagaialternatif jika CPU tidak memiliki LAN card).
  • 14. Gambar Kabel RJ-45Gambar Kabel RJ-11DSLAMDSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer), adalah piranti dalam jaringankomputer, yang diletakkan di kantor sentral telepon yang menerima sinyal dari koneksibanyak pelanggan DSL (Digital Subscriber Line)/ Sambungan Telepon, kemudianmeneruskan ke backbone berkecepatan tinggi, menggunakan teknik multiplexing. Sesuaidengan spesifikasi produk dari vendor yang membuatnya, DSLAM multiplexer terhubungdengan line DSL dengan kombinasi Asyncrhonous Transfer Mode (ATM), Frame Relayatau Internet Protocol (IP).DSLAM dipergunakan oleh TELKOM dalam memberikan layanan kepelanggan dengan kombinasi sambungan DSL dengan teknologi backbone jaringan denganATM sehingga mampu mengolah sinyal digital agar dapat mengoptimalkan bandwidthtwisted pair untuk melewatkan data dengan kecepatan tinggi. DSLAM dilengkapi denganPOTS Splitter untuk memisahkan alokasi kanal data dan suara. DSLAM terdiri dari:a) splitter - low pass filter untuk melewatkan band suara dan high pass filter untukmelewatkan band ADSL.b) modul-modul pelanggan dapat berupa modul ADSL, SDSL, VDSL dll. Untuk layananspeedy digunakan modul ADSL.
  • 15. Fungsi DSLAM antara lain:a) sebagai filter voice dan datab) sebagai modulator dan demodulator DSL.c) sebagai multiplexer.Gambar DSLAMTabel Konfigurasi DSLAMDaerah DSLAM Vendor Tipe Koneksi VPI VCIJakartaSumatra,Jawa Barat,Jawa Timur,Bali,Kalimantan,SulawesiAlcatel Lucent - FranceHuawei Technologies Co Ltd -ChinaSiemens Aktien Gesellschaft -GermanyZTE (ZhongXingTelecommunication EquipmentCo Ltd) - ChinaHuawei Technologies Co Ltd -ChinaPPPoA 8PPPoE 0PPPoA 1PPPoE 8PPPoE 03535338135
  • 16. Instalasi Modem ADSLModem ADSL berfungsi melakukan modulasi dan demodulasi dari sinyal carrier(ADSL) ke sinyal digital (yang dikenali komputer). Berikut skema instalasi modem ADSLSpeedy dengan memparalelkan dengan telepon atau POTS:Gambar Alur Koneksi SpeedyHal-hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan proses instalasi modem ADSL adalahsebagai berikut:1. KonektorKhususnya untuk UTP, perlu diperhatikan apakah menggunakan Cross over atauStraight. Jenis UTP yang harus digunakan dapat diketahui dari spesifikasi modemdalam buku manual produk modem yang digunakan.2. LAN LEDMenunjukkan koneksi modem ke PC. Jika sudah terhubung ke PC maka lampu iniakan blinking (kedap kedip) dan selanjutnya akan nyala permanen.3. Power LEDLampu yang menunjukkan bahwa modem terhubung ke catu daya.4. Link LEDLampu yang menunjukkan koneksi ADSL (Link/WAN/DSL/Line/ACT). Jikalampu ini blinking berarti modem masih dalam proses sinkronisasi. Setelah sinkron,lampu tidak blinking lagi (nyala permanent). Ada beberapa merk modemmenambah satu lampu lagi yang diberi label “SYNC“ (Synchronization) untukmenunjukkan proses sinkronisasi sinyal ADSL pada modem.5. TCP/IP LEDBeberapa modem menyertakan lampu ini untuk menunjukkan bahwa modem telahterhubung ke internet dan siap browsing. Lampu ini juga biasa diberi label “ACT“atau “PPPoA/PPPoE“. Lampu ini akan menyala setelah proses setup modem selesaidan pelanggan terhubung ke ISP.
  • 17. Gambar LED ModemKonfigurasi Modem ADSL AZTECH1. Buka web browser dan ketikkan 192.168.1.1 pada kolom alamat url.2. Masukkan username modem dan password modem yaitu untuk modem Aztech(default) username: admin, password: admin.3. Masukkan usename dan password yang didapatkan setelah melakukan registrasikepenggunaan internet dari ISP lalu tekan Connect.
  • 18. 4. Setelah terkoneksi maka akan tampil keterangan tentang koneksi modem andadengan ISP. Lalu lakukan penyimpanan setting modem dengan klik menu yangada disebelah kiri.5. Untuk memastikan bahwa modem sudah terkoneksi internet, klik menuAdvance dan lakukan ping.
  • 19. Konfigurasi modem ADSL Allied Telesyn1. Buka web browser dan ketikkan 192.168.1.1 pada kolom alamat url.2. Masukkan username modem dan password modem yaitu untuk modem AlliedTelesyn (default) username: manager, password: friend.3. Pilih bahasa yang ingin digunakan.
  • 20. 4. Klik menu Basic - Quick Start lalu isikan usename dan password yangdidapatkan setelah melakukan registrasi kepenggunaan internet dari ISP sertaubah Protocol menjadi PPPoE LC dan isikan VPI dan VCI sesuai DSLAM diwilayah tempat tinggal anda sesuai table DSLAM lalu tekan Connect.5. Maka modem akan melakukan sinkronisasi seperti gambar berikut.
  • 21. 6. Setelah proses sinkronisasi sukses, maka akan ada tampilan sebagai berikut.7. Lakukan penyimpanan setting modem agar user tidak perlu mengkonfigurasiulang ketika ingin menggunakan internet lagi dengan menekan menu SaveSetting yang ada di pojok kiri atas.
  • 22. 8. Untuk mengetahui status koneksi internet dan IP modem, klik menu Status.Konfigurasi PCPanduan installasi Dial Up koneksi ADSL menggunakan Windows Xp:1. Klik Start, klik Setting, klik Control Panel - Network Connection.
  • 23. 2. Klik Create a New Connection, klik Next.3. Klik Connect to the Internet, klik Next.
  • 24. 4. Klik Setup my connection manually, klik Next.5. Klik Connect Using Dial Up, klik Next.6. Klik modem ADSL yang sesuai, klik Next.7. Isi username: 15xxxxxxxxxx@telkom.net dan Password: ****8. Confirm password: xxxxxxxx9. Kemudian beri tanda pada pilihan "Add a shortcut to the desktop screen".10. Klik Finish.
  • 25. Troubleshooting Modem ADSL SpeedyTroubleshooting merupakan hal biasa dalam sebuah rangkaian peralatan teknologi.Hal ini dikarenakan banyak faktor, yaitu faktor dari dalam seperti perangkat Speedy ataufaktor dari luar seperti pengaruh geografis dari suatu wilayah yang menyebabkan jaringanbackbone terganggu. Dalam hal ini, pengaruh gangguan dari luar pada jaringan Speedymerupakan murni dibawah kendali dari pihak TELKOM. Sementara faktor gangguan daridalam tidak sepenuhnya dikendalikan oleh TELKOM.Gangguan dari dalam di harapkan mampu ditangani oleh pelanggan jasa internetSpeedy sendiri sebelum melaporkan pada pihak TELKOM jika memang dari pelanggantidak mampu melakukan troubleshooting dengan usaha semampunya.Analisis AwalBerikut adalah analisis awal dalam melakukan troubleshooting yang menyebabkanterjadinya gangguan pada koneksi Speedy.1. CPE (Modem, PC, Intalasi)2. Jaringan lokal yang digunakan sebagai saluran xDSL.3. Network Element (DSLAM, BRAS, RADIUS)4. Penyedia layanan seperti ISP, Server DNSPoin 1 merupakan salah satu analisis awal pada troubleshooting yang terjadi dandimungkinkan dari pelanggan mampu menganinya sendiri tanpa harus memanggil teknisi.Sementara pada poin 2, 3, dan 4, jika terjadi gangguan pada perangkat tersebut makamerupakan kendali penuh dari pihak TELKOM.Penanganan MasalahDalam melakukan troubleshooting terdapat langkah-langkah yang harus dilaluisecara runtun agar memudahkan dalam menemukan titik trouble terjadi.
  • 26. Berikut flow chart troubleshootingnya:STARTPOWER LEDOK ?YLAN LEDOK ?YWAN LEDOK ?YBROWSINGOK ?YLAMBAT ?NFINISHN Error pada modematau modem tidakaktifN - Error padakonektor- Error pada LANcardN Error pada DSLAMatau JaringanTELKOMN Error padakonfigurasi modemY - Error padaaplikasi- Remote Server- Peak Hour
  • 27. Indikator Masalah Pada ModemLED Status KeteranganPOWER Hidup Modem berfungsi (ON)Mati Modem tidak berfungsi (OFF)LAN atau Hidup Modem sudah terhubung dengan komputerEthernet Berkedip Modem melakukan Synchronisasi dgn komputerMati Modem tidak terhubung dengan komputerWAN/DSL Hidup Modem sudah terhubung ke DSLAMBerkedip Modem melakukan synchronisasi denganMati DSLAMModem tidak terhubung ke DSLAMData/PPP Mati Tidak terjadi pengiriman dataBerkedip Terjadi “Transfer/Receive” dataIndikator Masalah Pada Komputer LokalIndikasi Masalah Penyebab Langkah Perbaikan1. LED Ethernet mati Kabel UTP Lakukan pengecekan pd kabel UTP,terputus. apakah sudah menggunakan kabelyang benar (Cross/Straight) ataumemang terputus. Ganti kabel.
  • 28. 2. Icon LAN pada Driver Lakukan pengecekan pada Device“Network Ethernet Manager: StartControlConnection” tidak terhapus atau PanelSystem Hardwaremuncul Ethernet Device ManagerNetwork Adapter.Card rusak Apakah Ethernet Card sudahterinstal, atau mengalami masalah(ada tanda seru/silang). Jikamengalami masalah, maka re-Installdriver Ethernat Card-nya. Jika tetaptidak berhasil, maka ganti EthernetCard-nya.3. Setelah melakukan 1. IP Addressperintah dari DOS: (TCP/IP)C> ipconfig belumtidak mendapatkan dibebas-IP Address Lokal kan.2. Modemtidakmempu-nyaifasilitas1. Bebaskan IP Address (TCP/IP):StartControl PanelNetworkConnectionsDouble klik padaLocal Area Connection TCP/IPProperties Klik pada check boxIP AddressAutomaticallyOK2. Jika modem tidak punya fasiltasDHCP server, lakukan langkah-langkah diatas, hanya pilihannya“Use the following IP address”.Isikan IP address yang satu kelas
  • 29. DHCP jaringan dengan modem. Contoh:server. jika IP modem 192.168.1.1 makaIP addres komputer 192.168.1.2atau 192.168.1.3 atau 192.168.1.4dst4. Akses ke modem Proxies Bebaskan Proxies server:melalui Web Server belum StartControl PanelInternetBased Tidak bisa dibebas-kan. Options ConnectionLANsettingKlik pada kotak“Automatically Detect Settings Kosongkan kotak “Proxies Server”5. Komputer lokal DNS serverOK, Modem telah belumdikonfigurasi dan dikonfigurasisudahmendapatkan IPWAN tetapi tidakbisa BrowsingInternet.Konfirmasi, apakah DNS“Automatically” atau tidak(tergantung vendor).1. Jika DNS tidak “Automatically”maka lakukan langkah berikut:StartControl PanelNetworkConnections Double klik padaLocal Area Connection TCP/IPProperties Klik pada “Use thefollowing DNS serveraddressesisikan DNSTELKOM 202.134.0.155
  • 30. 2. Jika DNS “Automatically”, makakosongkan address DNS server.6. Setting Komputer Komputerlokal dan Modem terjangkitOK, IP address virus.WAN sudahdiperoleh, tetapiBrowsing InternetlambatBersihkan komputer denganmenggunakan Anti Virus, gunakananti virus yang terbaru (terupdate)seperti “McAvi” , “Avast” dsb.Uji Coba BandwithUji coba bandwith dilakukan untuk mengetahui apakah paket data yang dikirimkanISP ke modem kita sesuai dengan paket Speedy yang digunakan. Namun dalamkenyataannya, tidak ada paket data yang hingga mencapai standart pesanan bandwith.Sebagai contoh jika user berlangganan dengan paket Speedy tipe Familia sebesar 1 Mbps,maka rata-rata paket data yang mampu diterima kurang lebih 800 Kbps.Untuk melakukan uji coba bandwith, bisa dilakukan via online melalui websiteSpeedtests.net atau menggunakan software Bandwidth Monitor. Berikut langkah-langkahmelakukan speed test Speedy.a. Uji coba bandwidth via Website Speedtest.net- Buka website http://www.speedtest.net dan pilih kota terdekat dengan posisi andasekarang berada. Pada contoh ini, penulis memilih kota Surabaya karena pada saattest bandwidth penulis berada di kota Malang.
  • 31. - Klik tombol Begin Test dan tunggu proses pinging secara otomatisoleh aplikasispeedtest.net ini.- Setelah selesai maka akan ditampilkan hasil test bandwidth downstream danupstream.
  • 32. b. Uji coba bandwidth dengan software Bandwidth Monitor.- Instal software Bandwidth Monitor pada komputer anda yang bisa didownloadsecara trial maupun berbayar dihttp://www.bandwidthmeter.com.- Setelah terinstal, jalankan software tersebut dan lakukan testing bandwidth padamenu Stopwatch atau dengan langkah klik kanan aplikasi terebut kemudianpilih Stopwatch atau dengan cara yang lebih pintas yaitu menekan tombol F4.- Pilih tipe koneksi yang anda gunakan kemudian mulailah lakukanpengukuranbandwidth dengan menekan tombol start.
  • 33. - Setelah kurang lebih 3 menit, tekan tombol stop dan lihatlah hasilnya.