Pp b.indonesia we 2007

640 views
557 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
640
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pp b.indonesia we 2007

  1. 1. BAHASA INDONESIA“Membaca Referensi” Pembimbing : Dra. Wasitoh Meirani, M.Pd
  2. 2. 1 BA Bahasa Inggris Pariwisata dan Perhotelano Mariati Hanimo M. Dian Armanda Ersyado M. Hafiz Artha Pratamao Novriana Rokasitao Weti Artika
  3. 3. Pengertian Karya IlmiahKarya ilmiah adalah karya tulis yangtelah diakui dalam bidang pengetahuan,teknologi, atau seni yan ditulis ataudikerjakan sesuai dengan tata carailmiah, dan telah mengikuti pedomanatau konvensi ilmiah yang telahdisepakati.
  4. 4. Prinsip-Prinsip Ilmiah prinsip objektivitas Prinsip rasional Prinsip DeduktifPrinsip empiris dan Induktif
  5. 5. • Prinsip objektivitas:mengharuskan penulis untuk tidakmengemukakan pendapat pribadinya.Penulis harus bersikap jujur, terbuka, danmengesampingkan perasaannya.• Prinsip Empiris:segala sesuatu yang dikemukakan penulisharus berdasarkan fakta.
  6. 6. • Prinsip rasional : prinsip yang menghendaki cara pembahasan sesuatu harus berdasarkan rasio atau dapat diterima akal sehat, baik proses maupun cara penulisannya.• Prinsip Deduktif Induktif : Prinsip ini mengenai penyimpulan penemuan, menggunakan hipotesis, pengumpulan data.
  7. 7. Jenis-Jenis Karya Ilmiah
  8. 8. Ditinjau dari Pendekatannya :  karya ilmiah hasil kajian pustaka  karya ilmiah hasil penelitian  karya ilmiah hasil kerja pengembangan
  9. 9. Karya ilmiahhasil telaah  karya ilmiah hasil telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan.
  10. 10. • Karya ilmiah hasil kerja pengembangan : dihasilkan dari kegiatan merancang atau kegiatan menghasilkan produksi yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah-masalah aktual.
  11. 11. Ditinjau dari Sudut Pandang Ditinjau dari Sasaran atau Bentuknya : Pembacanya :a) paper /kertas kerja,  karya ilmiah biasab) makalah, danc) laporan,  karya ilmiah populerd) skripsi,e) tesis, danf) disertasi.
  12. 12. Pengertian karya ilmiah biasadan karya ilmiah populer : karya ilmiah biasa adalah karya ilmiahyang ditujukan kepada masyarakattertentu atau profesional.karya ilmiah populer adalah karyailmiah yang di tujukan kepadamasyarakat umum.(sumber: Amir, 2007:41)
  13. 13.  Cara Mudah Untuk Cepat Tidur Tidur adalah proses yang penting bagi tubuh manusia. tidur yang cukup selama 7-8 jam setiap malam akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk menunjang penampilan anda sehari. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur cukup yang mereka butuhkan, karena mereka memiliki masalah dengan tidur. Orang-orang ini merasa sangat sulit tidur, bahkan ketika mereka merasa sangat lelah mereka masih sulit untuk menutup mata mereka. Kondisi ini tentu sangat menjengkelkan bagi orang yang mengalaminya. Nah, jika anda adalah tipe orang yang menemukan kesulitan dalam mendapatkan porsi tidur yang cukup, ada beberapa cara mudah dapat anda ikuti untuk membantu anda cepat ngantuk dan langsung tidur di malam hari, menurut Glamour.
  14. 14. Pembaca perlu memahami unsurkebahasaan yang membangun tulisan(huruf, kata, kalimat, dan paragraf)Pembaca perlu memiliki pengetahuantentang paragraf dan dapat mengetahuigagasan atau ide pokok.
  15. 15. Tulisan ilmiah yang ditunjukan kepadamasyarakat umum disebut tulisan ilmiah populer(Amir, 2007:41).Amir, Soeseno (1993: 1) mengemukakan bahwatulisan ilmiah populer adalah tulisan ilmiah yangdisajikan dengan penuturan yang mudahdimengerti.
  16. 16. tulisan ilmiah populer dapat dibedakan atas tiga jenis, yaitu: Tulisan ilmiah Populer Deskriptif. Tulisan ilmiah populer bentuk deskriptif yang disertai tentang jalannya proses pembentukan. Tulisan ilmiah populer deskriptif yang disertai proses terjadinya sesuatu.
  17. 17. Mengakses Informasi dari Internet
  18. 18. Teknologi Informasi (TI) memberikanpilihan lain kepada dunia pendidikanuntuk memanfaatkannya.TI memungkinkan terjadinya proseskomunikasi yang bersifat global dari danke seluruh penjuru dunia.
  19. 19. Catatan Penting dalam Membaca Referensia) Keterangan lengkap tentang sumber,b) Informasi-informasi penting terkait dengan topik bacaan, danc) Kutipan-kutipan pernyataan pakar yang dianggap perlu.
  20. 20. KUTIPAN
  21. 21. Kutipan adalah pinjaman kalimat ataupendapat orang lain yang terdapat dalambuku-buku, jurnal ilmiah, surat kabar,dsb. (Keraf, 1990)
  22. 22. Jenis-Jenis Kutipan Kutipan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :• Kutipan langsung dan• Kutipan tidak langsung.
  23. 23. Prinsip-Prinsip Mengutip• Jangan mengadakan perubahan• Koreksi atas kesalahan• Menghilangkan bagian kutipan
  24. 24. Cara-Cara MengutipKutipan Langsung < 4 BarisKutipan langsung yang kurang atau samadengan empat baris ditulis dengan cara-caraberikut:a) kutipan diintegrasikan dalam teksb) jarak antarbaris dua spasic) kutipan diapit tanda petikd) diberi identitas sumber.
  25. 25. Kutipan langsung yang lebih dari empat baris ditulis dengan cara-cara berikut:• kutipan dipisahkan dari teks• jarak antarbaris satu spasi• kutipan tidak diapit tanda petik• diberi identitas sumber
  26. 26. Contoh Kutipan Langsung : “Java memisahkan komponen untuk menampilkan keluaran dengan komponen untuk melakukan format keluaran. Keuntungan pemisahan antara lain format keluaran benar- benar sangat kaya melebihi yang dapat diperoleh di C++” (Bambang Hariyanto, Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java, 2007, Hal. 78)
  27. 27. Contoh Kutipan Tidak Langsung : Polymorphism, yang berarti mempunyai banyak bentuk, merupakan konsep pokok di dalam perancangan berorientasi objek. Dua objek atau lebih dikatakan polymorphic jika mempunyai antarmuka-antarmuka yang identik namun mempunyai perilaku-perilaku berbeda. (Bambang Hariyanto, Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java, 2007, Hal. 357)
  28. 28. TERIMA KASIH

×