Pertemuan7
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Pertemuan7

on

  • 606 views

 

Statistics

Views

Total Views
606
Views on SlideShare
602
Embed Views
4

Actions

Likes
0
Downloads
9
Comments
0

1 Embed 4

http://muhammadrisal057.blogspot.com 4

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Pertemuan7 Presentation Transcript

  • 1. Pertemuan 7 (Lanjutan)AMD Opteron AMD Opteron adalah sebuah mikroprosesor 64 bitbuatan AMD yang dirilis untuk pasar workstation dan serverpada musim semi 2003.AMD Opteron secara umum memiliki fitur-fitur sebagaiberikut:- Cache level-1 sebesar 128 KB yang terbagi ke dalam datacache 64 KB dan instruction cache 64 KB.- Cache level-2 sebesar 1024 KB- Kisaran kecepatan mulai dari 1400 MHz hingga 3000 MHz- Menggunakan soket 939 (seri 1xx), atau soket 940 (seri 2xxdan 8xx)- Tersedia dalam single-core, dual-core, atau quad-core- Memiliki tiga buah link HyperTransport dengan kecepatan3200 Mbit/s
  • 2. AMD Sempron AMD Sempron adalah sebuah jajaran prosesor yang diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004 sebagai pengganti prosesor AMD Duron di pasar komputer murah, untuk bersaing dengan prosesor Intel Celeron D. AMD Sempron terbagi menjadi dua jenis, yakni: - AMD Sempron soket A - AMD Sempron soket 754 AMD (K8) MOBILE SEMPRON Jika sebagian varian prosesor Sempron versi desktop dibangun menggunakan mikroarsitektur AMD K7 dan sebagian varian lainnya dibangun menggunakan mikroarsitektur AMD K8, maka untuk versi mobile-nya (Mobile Sempron) hanya dibangun di atas mikroarsitektur AMD K8.
  • 3. MEMORYA. Pengantar Dalam pengetahuan komputer, penggunaanistilah memory biasanya merujuk pada media atautempat untuk menyimpan data. Dapat dikatakanbahwa memory adalah perangkat keras yang khasyang digunakan untuk menyimpan data atauinformasi dan dapat di baca atau diambil kembalisaat diperlukan.
  • 4. KARAKTERISTIK PENTING SISTEM MEMORY KOMPUTERNo Karakteristik Macam/Keterangan.1. Lokasi 1. CPU KARAKTERISTIK PENTING SISTEM MEMORY KOMPUTER 2. Internal (main) 3. External (secondary)2. Kapasitas 1. Ukuran word 2. Jumlah word3. Satuan transfer 1. Word 2. Block4. Metode akses 1. Sequential acces 2. Direct acces 3. Random acces 4. Assosiative acces5. Kinerja 1. Access time 2. Cycle time 3. Transfer rate6. Tipe fisik 1. Semikonductor 2. Magnetik7. Karakteristik 1. Volatile/Nonvolatile fisik 2. Erasable/Nonerasable
  • 5. KEANDALAN MEMORI Keandalan memori harus mampu mengikutikecepatan CPU sehingga terjadi sinkronisasi kerjaantar CPU dan memori tanpa adanya waktu tunggukarena komponen lain belum selesai prosesnya.Semakin lambat memori maka keperluan CPU untukmengakses semakin sedikit.
  • 6. B. RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) RAM kependekan dari Random Access Memory (Memory Akses Acak). RAM merupakan perangkat keras beruapa memory fisik yang berfungsi untuk menyimpan program atau data yang sifatnya sementara, yaitu ketika komputer sedang bekerja (sedang aktif, sedang dialiri daya atau sedang “hidup”).
  • 7. BEBERAPA JENIS RAM1. DIP2. SIPP3. SIMM 30 PIN4. SIMM 72 PIN5. DIMM6. DDR7. DIMM
  • 8. FUNGSI RAM DI DALAM KOMPUTER RAM pada komputer digunakan sebagaitempat penyimpan data yang akan diproses baik dariinput device maupun dari storage device, kemudiadata tersebut diproses oleh processor. Hasilnya akandisimpan lagi ke memory, kemudian baru diberikanke output device atau disimpan ke dalam storagedevice.
  • 9. RAM TERDIRI DARI SEKUMPULAN CHIPCHIP-CHIP INI MAMPU UNTUK MENAMPUNG:1. Data untuk diproses2. Instruksi atau program,untuk memproses data3. Data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device4. Instruksi sistem operasi yang mengontrol fungsi fungsi dasar dari sistem komputer
  • 10. HUBUNGAN KAPASITAS RAM DENGAN KECEPATANKOMPUTER Setiap unit komputer memerlukan RAMdengan kapasitas tertetu agar dapat bekerja dengankecepatan standarnya. Bila kapasitas RAM tidakmencukupi atau lebih kecil dari yang dibutuhkan,dapat mengakibatkan kinerja komputer menjadimenurun atau lebih lambat dari standarnya.
  • 11. ISTILAH-ISTILAH PADA RAMSpeed Speed atau kecepatan, makin menjadi faktorpenting dalam pemilihan sebuah modul memoryMehahertz penggunaan istilah ini, dimulai pada zamankejayaan SDRAM. Kecepatan memory, mulaidinyatakan dalam Megahertz (MHz), dan masih tetapdigunakan, bahkan sampai pada DDR2.
  • 12. PCB (Printed Circuit Board) Pada umumnya, papan PCB berwarna hijau.Pada PCB inilah komponen chip memory terpasang.Contact Point Saat modul memory dimasukkan ke dalam slotmemory pada motherboard, bagian inilah yangmenghubungkan informasi antara motherboard daridan ke modul memory.
  • 13. Single Rank dan Dual Rank Modul yang chipnya hanya ada pada satu sisidisebut single rank, sedangkan bila terdapat padakedua sisi, desebut dual rank.Teknologi Dual Channel Teknologi Dual Channel adalah teknologi yangmemungkinkan untuk melipatgandakan lebar datapada bus, sehingga bandwidth memory yangdihasilkan pun menjadi semakin besar.
  • 14. PERKEMBANGAN RAM1. Pada tahun 1987, RAM jenis FPM (Fast Page Mode) diperkenalkan. FPM merupakan bentuk RAM yang paling sering digunakan dalam system komputer pada masa itu.2. Pada tahun 1997, SDRAM diperkenalkan. Pada mulanya, kecepatannya hanya 66 MHz.3. Pada tahun 1999, RDRAM diperkenalkan pada kecepatan 800 MHz4. Pada tahun 2000, DDR-SDRAM diperkenalkan. RAM ini merupakan inovasi daripada SDRAM5. Pada tahun 2004, DDR2 SDRAM diperkenalkan. Jenis RAM ini adalah generasi kedua DDR-SDRAM
  • 15. JENIS-JENIS RAMa. Jenis Umum (populer) - SRAM atau Static RAM - NV-RAM atau Non-Volatile RAM - DRAM atau Dynamic RAM, terdiri dari beberapa jenis, yaitu: * Fast Page Mode DRAM * ADO RAM atau Axtended Data Out DRAM * XDR DRAM * SDRAM atau Synchronous DRAM.
  • 16. b. Jenis Khusus (tidak populer) - Dual-ported RAM - Video RAM, memory port-ganda dengan satu port akses acak dan satu port akses urut. - WRAM (Windows RAM) - MRAM (Magnetoresistive RAM) - FeRAM (Ferroelectric RAM)
  • 17. HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAMPEMILIHAN MEMORY Berdasarkan penjelasan penjang diatas, makadalam memilih momory, ada beberapa hal pentingyang harus diperhatikan antara lain:- Type Slot yang digunakan (SDRAM, DDR, dsb)- Bandwidth (dalam satuan byte/s), dan- Besar Kapasitas Memory (dalam satuan byte).
  • 18. 1. SRAM (Static Random Access Memory) Istilah SRAM berasal dari bahasa Inggris, merupakan kependekan dari Static Random Access Memory (memori Akses Acak Statik). SRAM termasuk jenis memory semikonduktor.2. DRAM (Dynamic Random Access Memory) Dynamic Random Access Memory (DRAM) atau memory random akses dinamis merupakan jenis random akses memory yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadau.
  • 19. 3. EDORAM EDO RAM adalah jenis memory yang dapatmenyimpan dan mengambil isi memory secarasimultan. Jenis memory ini vanyak menggantikanprimary memory yang ada pada PC terdahulu yaituFPM (Fast Page Memory) RAM.
  • 20. 4. SDRAM Pertama kali dirilis, SDRAM (SynchronousDynamics RAM) masih berkutat pada frekuensi kerja66 MHz dan kemudia berkembang menjadi 100 MHzdan sekarang 133 MHz. SDRAM adalah jenis DRAMpertama yang operasinya disinkronkan dengan pulsaclock CPU sehingga berbeda dengan DRAMkonvensional yang bekerja secara asinkron.
  • 21. 5. RDRAM (Rambus DRAM) Rambus adalah tipe memory khusus untuk IntelP4. Nama rambus diambil dari perusahaanpembuatnya, yaitu Rambus Inc. Tipe RDRAMmenggunakan slot RIMM (Rambus Inline MemoryModule) yang mirip dengan slot SDRAM. Namun Andatidak dapat menempatkan RDRAM pada slot SDRAM.Selain itu dalam pemasangannya Anda harus mengisipenuh semua slot RDRAM, tidak boleh ada slot yangkosong.
  • 22. 6. DDR SDRAM DDR SDRAM kependekan dari Double Data RateSynchronous Dynamic Random Access Memory. SecarafisikDDR SDRAM adalah IC memory yang seringdigunakan dalam komputer. sesuai dengan namanya(DDR, Double Data Rate), memory ini memilikiBandwidth dua kali lipat memory SDRAM. Dalam satusiklus detak (clock cyscle) mampu menstranmisi duadata (double pumped, dual pumped, doubletransition), yaitu pada saat kurva clock signal sedangtinggi dan saat kurva clock signal sedang turun.
  • 23. 7. DDR2 Ketika memory jenis DDR (Double Data Rate)dirasakan mulai melambat dengan semakin cepatnya kinerjaprosesor dan prosesor grafik, kehadiran memory DDR2 (240-pin-DIMMS) merupakan kemajuan logis dalam teknologimemory mengacu pada penambahan kecepatan sertaantisipasi semakin lebarnya jalur akses segitiga prosesor,memory, dan antarmuka grafik yang hadir dengan kecepatankomputasi yang berlipat ganda. Teknologi DDR2 sudah lama digunakan pada berbagaiperangkat antarmuka grafik dan baru pada akhir tahun 2004lalu diperkenalkan penggunaannya pada teknologi RAM.Teknologi DDR2 ini tidak kompa-tibel dengan memory DDRyang sebelumnya sehingga penggunaannya hanya bisadilakukan pada komputer yang memang mendukung DDR2.
  • 24. PERBEDAAN DDR DENGAN DDR2 Parameter DDR DDR2 Data Bus 64 bits wide 64 bits wide Data Rate 200/266/333/400 400/533/667 Mbps Mbps Bus Frequency 100/133/166/200 200/266/333MHz MHzDRAM Frequency 100/133/166/200MH 100/133/166 MHz z Package Type TSOP-11 FGBA Densities 256 MB. 512 MB, 1 256 MB, 512 MB, 1 GB GB Voltage 2,5 V 1,8 V Prefetch Size 2 bit 4 bit Burst Length 2/4/8 4/8 CAS Latency 1,5;2;2,5 3+, 4, 5 Write Latency 1T Read Latency-1
  • 25. 8. DDR3 DDR3 SDRAM kependekan dari Double Data RateThree Synchronous Dynamic Random Access Memory.Dalam teknik elektronika, DDR SDRAM adalah RAMberkecepatan tinggi yang berfungsi untuk menyimpandata ketika komputer sedang bekerja. Selainmerupakan bagian dari perangkat komputer, DDR3SDRAM juga digunakan pada peralatan elektronikdigital lainnya. DDR3 SDRAM adalah penerus danperkembangan dari generasi pendahulunya, yaitu DDR2SDRAM. Kelebihan utama DDR3 SDRAM adalahkemampuannya untuk menjalankan bus I/O hinggaempat kali kecepatan sel-sel memory.
  • 26. PERBEDAAN MENDASAR DARI DDR2 DAN DDR3 ADALAH :- Clock DDR2 400 – 800 MHz (1000 oc); Clock DDR3 800 – 1600 MHz (2000oc)- VDD/VDDQ DDR 1.8V/1V; VDD DDR3 1.5V/0.075V- Driver Control DDR2-OCD, sedang DDR3 dengan self control ZQ- DDR3 telah mendukung leveling
  • 27. 9. NVRAM NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory)merupakan sebuah jenis memory komputer denganakses acak (RAM) yang umumnya digunakan untukmenyimpan konfigurasi yang dilakukan oleh firmware,seperti BIOS, EFI atau firmware-firmware lainnyapada perangkat embedded, semacam router.10. RDRAM Rambus DRAM (RDRAM) adalah RAM yang dikembangkan oleh Rambus, Inc,. Pengembangan ini menjadi polemik karena Intel berusaha memperkenalkan PC133MHz.
  • 28. 11. Video RAM Video RAM adalah RAM yang digunakan secara khususpada video adapter atau video card. VRAM berfungsi untukmendukung video adapter dalam menghasilkan tampilanproses yang sedang atau yang telah berlangsung padakomputer. Besarnya kapasitas VGRAM akan menentukankualitas gambar atau tampilan yang dihasilkan oleh videoadapter tersebut.12. MRAM (Magnetoresistive Random Access Memory) MRAM atau Magnetoresistive Random Access Memoryadalah memory (RAM) yang menggunakan teknologi electronspin untuk menyimpan informasi di sebuah komputer.