Your SlideShare is downloading. ×
Pengantar ilmu komputer8
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Pengantar ilmu komputer8

270
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
270
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
14
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1.  Melihat ke dalam processor Prosesor Mikrokomputer Prosesor RISC Pengolahan paralel Memperluas kekuatan prosesor untuk perangkat lain
  • 2. Pelajaran ini menampilkan pada prosesor yang palingumum ditemukan dalam PC dan menjelaskan beberapafitur yang paling penting dan karakteristik yangmembedakan. Anda akan belajar bagaimana CPUbiasanya dibedakan dari satu sama lain dan bagaimanaperformance mereka diukur. Anda juga akan belajarbeberapa cara Anda dapat memperpanjang kekuatanprosesor PC untuk komponen lainnya untuk malakukanperluasan.
  • 3. Sebuah kinerja prosesor Bahkan kemampuannyanya dasarkan berfungsi-ditentukan oleh desaininternalnya atau arsitektur. Sebuah arsitektur chipmenentukan mana bagian-bagiannya berada danterhubung, bagaimana menghubungkan denganbagian lain dari komputer, dan banyak lagi.
  • 4. Selama dua dekade setelah kelahirankomputer pribadi, pemain terbesar dipasar PC adalah CPU Intel Corporation.Dominasi ini mulai berubah pada tahun1998 ketika beberapa com terkemukapembuat komputer mulai menawarkanharga yang lebih rendah sistem yangmenggunakan chip yang dibuat olehprodusen chip AMD dan lainnya.
  • 5. Materi ini menjelaskan tentang :- Prosesor Intel- Prosesor Advance Micro Devices (AMD)- Prosesor Freescale- IBM Prosesor- Membandingkan Prosesor
  • 6. Intel historis penyedia terkemukachip untuk PC. Pada tahun1971, Intel menemukan tliemikroprosesor komputer yangdisebut pada chip-dengan model4004 Meskipundemikian, keberhasilan Intel dipasar ini tidak dijamin sampai1981 ketika IBM merilis IBM PCpertama, yang didasarkan padaIntel mikro-prosesor.
  • 7. Pada tahun 1998, Advanced Micro Devices (AMD)muncul sebagai pesaing utama untuk dominasi Inteldi pasar PC IBM-kompatibel. Dengan merilis dari Kbdan seri prosesor Athlon, AMD membuktikan bahwahal itu bisa bersaing dengan produk Intel. AMDbahkan mulai perlombaan baru untuk prosesor PCtercepat.
  • 8. Freescale Semiconductor, Inc, sebuah anakperusahaan dari MotoRola, Inc, memiliki sejarahdalam mikro elektronika. Seperti disebutkansebelumnya, banyak komputer Applemenggunakan prosesor Freescale. ProsesorFreescale juga merupakan favorit awal padakomputer berbasis UNIX.
  • 9. Selain bekerjasama dengan apeldan Freescale pada garis dayaPC. IBM bermitra dengan apeldan merilis G5 yang diiklankansebagai prosesor desktoptercepat yang pernahada, sementara chip baru yangpaling bisa membuat klaimini, disampaikan G5
  • 10. Ketika membandingkan prosesorada banyak faktor yangmempengaruhi, yaitu besarnyapenyimpanan dan kecepatansistem. Dengan ini bisamenandakan prosesor itulahprosesor yang baik di bandingprosesor pesaingnya.
  • 11. CPU dirancang berdasar pada teori inidisebut prosesor reduced instructionset computing (RISC). Set instruksi RISClebih kecil dibanding prosesor yangdigunakan prosesor CISC. RancanganRISC yang digunakan oleh prosesorPowerPC tapi pertama kali ditanamkanpada pertengahan tahun 1980an, hasilyang lebih cepat dan prosesor yangtidak begitu mahal.
  • 12. Proses parallel bukanlah idebaru pada komputermini, mainframe, andsupcomputer arena. Pabriktelah mengembangkankomputer dengan ratusanmicroprosesor dan bahkanribuan microprosesor –sistem ini dikenal dengankomputer massively parallelprocessing (MPP).
  • 13. Komputer lama hanyamemiliki 3 atau 4 tipe port,tapi sistem baru telahmengembangkan array yangluas untuk port yangistimewa. Ketika sebuah porttidak dapat digunakan, andaperlu menginstall papansirkuit yang memiliki portyang anda butuhkan.
  • 14. Materi ini menjelaskan tentang :- Standard Komputer Port- Serial dan Paralel Port- Expansi Port Khusus
  • 15. Semua komputer modernmemiliki set port yang sama. Porttersebut membuat anda dapatmenghubungkan perangkat biasalangsung ke komputer. Tanpaport tersebut anda tidak dapatmemboot komputer andadengan baik dan jika itu terjadimaka anda tidak dapatterhubung dengan perangkatlunak (software) yang ada padasistem.
  • 16. Komponen dalam PCberkomunikasi dengan busdata, yang memilki beberapakabel parallel. Sama dengansebuah parallel interface, adalahkoneksi dari 8 atau lebih kabelyang terhubung dimana bit datadapat mengikutinya secaraserempak.
  • 17. Dalam tambahan untuk koleksistandart dari perluasanports, banyak sekali PCmemasukkan special ports. Port –port itu memperbolehkan untukterhubung dengan alat masukankhusus, yang mana memberikankamputer bus di dalam jalan yangkhas.
  • 18. SCSI singkatan dari Small ComputerSystem Interface, adalah sebuahantarmuka bus berkinerja tinggi yangdidefinisikan oleh panitia ANSI X3T9.2(American National StandardsInstitute).Antarmuka ini digunakan untukmenangani perangkat input/output atauperangkat media penyimpanan.Perangkat yang umum menggunakanSCSI adalah hard disk, CD-ROM, scanner, atau printer. SCSI lebihpopuler digunakan pada komputer MACdan tidak terlalu populer bagi komputerPC.
  • 19. USB adalah jenis yang paling umum port komputer yangdigunakan di komputer saat ini. Hal ini dapat digunakanuntuk menghubungkan keyboard, mouse, kontrolergame, printer, scanner, kamera digital, dan removablemedia drive, hanya untuk beberapa nama. Denganbantuan beberapa hub USB, Anda dapatmenghubungkan hingga 127 perangkat ke port USBtunggal dan menggunakannya sekaligus (meskipun yangakan membutuhkan cukup sedikit ketangkasan).
  • 20. FireWire adalah adalah merek dagangapple sekaligus nama yang palingpopuler untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394 sony.memperkenalkan IEEE 1394 dengannama i.Link Meski namanya berbeda-beda, ketiganya (FireWire, IEEE 1394dani.Link) sama-sama menunjuk pada jeniskabel data yang mampu mengirim datadengan kecepatan sangat cepat, sampaipada rata-rata 400 megabit per detik(Mbps). FireWire diklaim sebagai saluranpenghantar data yang paling cepat danstabil diantara saluran lain seperti USB.
  • 21. MIDI adalah singkatan dariMusical Instrument DigitalInterface yang merupakanstandar perangkat keras danperangkat lunak internasionaluntuk bertukar data seperti kodemusik dan MIDI Event diantaraperangkat musik elektronik dankomputer dari merek yangberbeda
  • 22. Materi ini menjelaskan tentang :- Slot Expansi dan Board
  • 23. Sebuah expansion slot adalahtempat atau wadah dimanasebuah papan-rangkaian-elektronik (circuit board) bisadipasang dengan caraditancapkan. Circuit boardada bermacam-macamfungsinya, misalnyamenambahmemori, membuat kualitassuara atau gambar lebihbagus, modem, ataumenyambungkan network.
  • 24. PC Card adalah adalah sebuahcard (seukuran kartu kredit) yangbisa dihubungkan keKOMPUTER portabel (danbeberapa model desktop) untukmenambahkanRAM,modem, adapterjaringan, hard disk, atau pirantilainnya tanpa membuka kotakfisik pembukus komputer. Cardtersebut hanya dimasukkan ke
  • 25. plug-and-play adalahcolok danmainkan, artinyaperangkat yang dapatdihubungkan ke komputerdan langsung dapatdigunakan. ContohnyaFlashdisk, Modem dsb.