Pengantar ilmu komputer6
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Pengantar ilmu komputer6

on

  • 469 views

 

Statistics

Views

Total Views
469
Views on SlideShare
464
Embed Views
5

Actions

Likes
0
Downloads
3
Comments
0

1 Embed 5

http://teknikparangtambung.blogspot.com 5

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Pengantar ilmu komputer6 Presentation Transcript

  • 1. OLEHSAEFUL ABRAR SOFYAN
  • 2. Tujuan pembelajaran : Mengurutkan 3 tipe printer yang paling umumdigunakan.Mengurutkan 4 kriteria ketika menilai printer.Menggambarkan bagaimana Dot matrix printermencetak gambar pada kertas.Menjelaskan bagaimana printer ink jet mencetak gambarpada kertas.Menjelaskan bagaimana printer laser mencetak gambarpada kertas.Mengurutkan 4 tipe perangkat pencetak yang palingumum digunakan di dunia bisnis.
  • 3. Printer dot matrixPrinter ink jetPrinter Laser
  • 4.  Kelebihan : Dapat mencetak dokumen rangkap sekaligus. Dapat mencetak pada kertas yang lebar. Biaya printer relatif murah. Kelemahan : Gerakannya sangat lamban. Suaranya berisik ketika bekerja. Warna yang dihasilkan tidak bervariasi.
  • 5. Dalam bekerja, printerDot matrix Printer dot matrixmenggunakan head printeryang bergerak bolak-balik kedepan dan ke belakang atauke atas dan ke bawah. Carakerjanya mirip dengan mesinketik, di mana ada pita yangdipukul-pukul. Namun padaprinter dot matrix, pita inidipukul-pukul oleh dotmatrix. Dot matrix itu sendiriadalah sebuah array duadimensi dari kumpulan dot-dot yang dapat membentukhuruf, simbol, dan gambar.
  • 6. Kelebihan : Dpi dan ppm lebih tinggi daripada Dot Matrix. Lebih mudah mencetak gambar dan warna. Kemampuan mencetak pada kertas yang lebih lebar dengan kualitas yang baik.Kelemahan : Biaya operasional tinggi. Tidak dapat mencetak rangkap. Waktu mencetak menjadi lebih lama.
  • 7.  Printer ink jet adalah printer yang mencetak dengan cara menyemprotkan tetesan-tetesan kecil tinta ke kertas. Printer ini bervariasi dari yang murah untuk penggunaan rumahan sampai yang harganya puluhan juta rupiah untuk penggunaan yang lebih profesional.
  • 8.  Kelebihan : Resolusi dan kualitas cetakan baik. Efisien untuk mencetak hitam putih. Kapasitas warna lebih banyak. Kelemahan : Biaya operasional tinggi. Tidak dapat digunakan secara terus-menerus.
  • 9. Printer laser menggunakan cara xerographic dalammencetak. Jadi dengan cara menembakkan laser padaphotoreceptor yang ada pada printer sehingga membentukion-ion negatif pada photoreceptor, lalu setelah itu, lalu headtinta dilewatkan melalui photoreceptor itu, maka karena tintaberkutub positif maka otomatis tinta hanya akan menempelpada ion-ion negatif pada photoreceptor tersebut. Setelah itukertas tinggal dilewatkan ke photoreceptor tersebut danotomatis akan tercetak citra yang diinginkan pada kertas. Jadi,bagian negatif pada photoreceptor yang terbentukmerepresentasikan bagian yang diisi tinta pada kertas.
  • 10. Ada beberapa hal yang dapat kita lihat saat memutuskan untuk membeli sebuah Printer yaitu : kualitas gambar kecepatan harga biaya operasi
  • 11. Kualitas gambar atau yang juga disebutresolusi gambar dinyatakan dalam Dpi (Dots perInch).Semakin banyak Dpi yang bisa dihasilkan sebuahPrinter, semakin tinggi kualitas gambarnya.Contoh, printer ink jet dapat menghasilkan 300atau 600 Dpi saat mencetak.
  • 12. Kecepatan printer diukur dalam Ppm(pages per minute).Canon Laser Shot LBP5050N/5050 misalnya,mampu mencetak 8ppm untuk warna atau12ppm untuk hitam-putih. Sedangkan CanonLaser Shot LBP5970 bisa ngebut nyaris empatkalinya: 30ppm untuk warna atau 32ppmuntuk hitam-putih pada kertas berukuran A4.
  • 13.  Harga printer telah jatuh drastis beberapa tahun terakhir, namun perkembangan kemampuan dan kecepatannya pun terus meningkat. Harga printer berwarna biasanya lebih mahal daripada printer hitam putih.
  • 14.  Harga tinta dan perawatan setiap printer berbeda-beda. Demikian juga pada tipe kertasnya. Untuk kertas foto misalnya, saat anda menginginkan yang tebal dan mengkilat, harganya akan lebih mahal tergantung pada ukurannya.
  • 15. Printer foto Printer thermal Wax Printer Dye Sublimation Plotter
  • 16.  Printer foto bekerja agak lambat. Untuk menghasilkan sebuah printout, kadang diperlukan waktu 2 sampai 4 menit. Foto printer dapat menghasilkan cetakan 8 X 10 inchi atau 11 X 14 inchi.
  • 17.  Kualitas thermal printer sama dengan dot matrix karena prinsip kerjanya sama, hanya thermal printer menggunakan panas dan bukan tekanan atau impact. Keuntungan dari thermal printer adalah lebih tidak berisik dan mempunyai kecepatan tinggi yaitu 6 halaman per menit, kelemahannya adalah harus menggunakan kertas khusus.
  • 18.  Printer dye sublimation menghasilkan gambar yang sangat tajam, namun bekerja lambat dan mahal. Pada dye sublimation, sebuah pita berisi panel warna melewati sumber panas, kemudian diuapkan. Variasi warnanya tergantung pada intensitas panas yang digunakan. Printer ini dapat digunakan untuk mencetak foto, poster, bahkan T-shirt.
  • 19.  Plotter adalah peranti keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. plotter seringkali digunakan untuk memuat peta, gambar-gambar arsitektur, ataupun ilustrasi tiga dimensi yang biasanya berukuran terlalu besar bagi printer.
  • 20.  Gunakan Printer secara berkala dan teratur. jangan biarkan cartridge kosong dalam waktu yang cukup lama. perlakukan cartridge dengan hati-hati saat akan mengisi tinta. gunakan merk tinta yang sama saat melakukan isi ulang. Saat mencetak gunakan kertas yang bersih dan masih “layak” artinya tidak lusuh. Bersihkan printer yang kotor menggunakan kuas atau lap dengan kain.
  • 21.  Gunakan penutup printer supaya terlindung dari debu. Kalau printer Anda sering digunakan (biasanya untuk kantor) jangan sering-sering mematikan printer pada setiap habis ngeprint. biarkan printer tetap menyala. Khusus printer yang pakai Infus, Letakkan Tangki Tinta Infus sejajar (agak rendah sedikit) dengan Catridge. Bersihkan/cuci Busa/Spon Penghisap tinta yang ada dibagian Dalam printer paling tidak 1 tahun sekali atau kalau dirasa daya hisapnya mulai melemah.