Pengantar ilmu komputer5
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Pengantar ilmu komputer5

on

  • 457 views

 

Statistics

Views

Total Views
457
Slideshare-icon Views on SlideShare
453
Embed Views
4

Actions

Likes
0
Downloads
0
Comments
0

1 Embed 4

http://teknikparangtambung.blogspot.com 4

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Pengantar ilmu komputer5 Pengantar ilmu komputer5 Presentation Transcript

    • PENGANTAR ILMU KOMPUTER DI SUSUN OLEH : SAEFUL ABRAR SOFYAN
    • MELIHAT, MENDENGAR, DAN MENCETAK DATA
    • PelajaranTujuan pembelajaran : daftar 2 tipe monitor komputer yang paling umum digunakan. menjelaskan bagaimana monitor CRT menghasilkan gambar. mengidentifikasi 2 tipe monitor flat panel dan menjelaskan perbedaannya. daftar 4 hal dalam membandingkan monitor. menjelaskan bagaimana proyektor data digunakan. menjelaskan bagaimana komputer menghasilkan suara.
    • Pelajaran Video dan Suara :  Monitor  Ergonomik dan Monitor  Proyektor Data  Sound system
    • Monitor Monitor disebut juga layar penampil, adalah salah satu perangkat komputer yang berfungsi untuk menampilkan segala jenis data/informasi yang diproses oleh komputer baik itu data yang masuk maupun keluar ke/dari komputer.
    • Monitor dapat dikategorikan berdasarkan tampilan warnanya, yaitu : Monitor monokrom Monitor Grayscale Monitor berwarna
    • A. Monitor Monokrom Monitor monokrom biasanya menampilkan 2 warna, yaitu warna background dan warna foreground. Warna tersebut adalah warna hitam dan putih, hijau dan hitam, kuning dan hitam.
    • B. Monitor Grayscale Adalah jenis spesial dari monitor monokrom yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda.
    • C. Monitor berwarna Adalah monitor yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang berbeda. Saat ini sebagian besar monitor yang dipakai adalah monitor berwarna. Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda Merah (red), Hijau (green), dan biru (blue).
    • MONITOR CRT Penampil Cathode Ray Tube (CRT), adalah tipe yang paling umum digunakan sebagai penampil pada komputer. Bentuknya sama dengan televisi, namun kemampuan penampilan gambar ataupun teks lebih tinggi resolusinya. Teknologi yang dipakai untuk membuat sistem tampilan/monitor komputer menggunakan tabung sinar katoda.
    • Kelebihan monitor CRT Warna lebih akurat dan tajam Resolusi monitor fleksibel Perawatan mudah, jika rusak dapat di servis Bebas dead pixel, ghosting, dan viewing angleKelemahan monitor CRT Konsumsi listrik besar Bergantung pada refreshrate Radiasi lebih besar Dimensi besar dan berat
    • MONITOR FLAT PANEL Layar monitor flat panel pertama kali diperkenalkan untuk komputer desktop. Monitor ini sangat ringan dibanding dengan monitor CRT, dan tidak membutuhkan tempat yang luas.
    • Monitor Flat panel terus mengalami perkembangan danmekahirkan tipe monitor seperti Liquid crystal display (LCD)dan plasma display panel (PDP)LCD PDP LCD cocok bila digunakan  PDP cocok untuk display pada display yang berukuran layar lebar, di berukuran kecil, untuk saat mana saat ini PDP sudah ini LCD hanya dapat dibuat dapat diproduksi hingga 61 hingga 40 inchi. inchi. LCD tidak dapat  PDP dapat mengeluarkan mengeluarkan cahaya cahaya sendiri sehingga sendiri, maka bila kita ingin tidak memerlukan Back menikmati gambar pada Light untuk melihatnya LCD, diperlukan cahaya tambahan yang diletakkan dibelakang display.
    • TIPE LAIN DARI MONITOR Paper white display, terkadang digunakan oleh pembuat dokumen seperti surat kabar dan majalah. Elektroluminescent display (ELDs), Teknologi EL hampir sama dengan teknologi LCD yang menggunakan electron berbentuk row dan kolom. Monitor ini adalah yang paling tipis diantara semua monitor plat panel, tetapi sangat sulit membuatnya dan harganyapun mahal. Plasma Display, diciptakan melalui penyisipan gas spesial seperti Xenon dan neon di antara 2 lapis kaca.
    • Perbandingan monitorMonitor dapat dibandingkan berdasarkan:UkuranResolusiRefresh rateDot pitch
    • A. Ukuran Ukuran monitor berdampak pada seberapa baik kamu dapat melihat gambar. Dengan monitor yang besar, kamu dapat membuat objek pada layar tampak lebih besar. Monitor secara diagonal diukur dalam inchi.
    • B. Resolusi Istilah resolusi berhubungan dengan ketajaman dan kejernihan gambar. Resolusi monitor dihitung berdasarkan jumlah pixel pada layar. Sebagai contoh, resolusi 640 X 480 berarti ada 640 pixel secara horizontal dan 480 pixel secara vertikal pada layar.
    • C. Refresh rate berguna agar tampilan pixel tetap jelas. Semakin tinggi kecepatan refresh, maka tampilan dilayar akan tampak semakin nyata. Kecepatan refresh dinyatakan dalam Hertz. Monitor kualitas bagus akan memiliki kecepatan refresh 75 Hz, yang berarti dalam 1 detik citra monitor akan ditampilkan sebanyak 75 kali.
    • D. Dot pitch Jumlah ruang antara pixel. Semakin kecil dot pitch, maka akan semakin tajam warna yang dihasilkan. Contoh : 20 dp, berarti jarak antara 2 pixel adalah 20/100 mm
    • Video Card VGA singkatan dari Video Graphics Accelerator, berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
    • Ergonomik dan Monitor Eyestrain adalah salah satu masalah kesehatan yang rentan diderita akibat berkomputer. Eyestrain pada dasarnya adalah kelelahan mata akibat fokus pada objek atau poin yang sama dalam waktu yang lama, sehingga otot-otot mata menjadi lelah.
    • Kelelahan mata dapat dihindari dengan langkah-langkahberikut Sebaiknya menjalankan komputer ditempat atau ruangan yang cukup cahaya. Jangan terlalu terang dan gelap agar mata tidak silau atu sakit. Pastikan monitor anda bekerja dalam keadaan baik. Gambar pada monitor anda tidak buram dan berkedip-kedip atau goyang. Jaga jarak pandang antara mata dan layar monitor. Jarak yang dianjurkan adalah 40-100 cm dari layar monitor ke mata. Cobalah mengistirahatkan mata sejenak. Dengan cara melihat pandangan lain selain kearah monitor, mencuci muka dan membasuh mata dengan air bersih. Letakkan kertas kerja seimbang dengan letak monitor, agar tidak menyusahkan anda untuk melihatnya. Aturlah kecerahan pada monitor anda. Jangan terlalu cerah karena dapat menyebabkan mata anda silau dan jangan terlalu gelap karena mata bekerja terlalu keras sehinnga membuat mata menjadi cepat kering.
    • Kelelahan mata dapat dihindari dengan langkah-langkah berikut : Gunakan front yang cukup besar. Agar terlihat jelas oleh mata, jangan paksakan mata anda membaca tulisan yang hurufnya terlalu kecil. Aturlah posisi monitor sejajar dengan mata anda. jagalah asupan vitamin A dengan memakan wortel dan bila perlu meminum Vitamin A.
    • Flat videoFlat video adalah layar antiglareuntuk mengurangi refleksi padalayar (lihat gambar disamping)Menjaga layar Anda bersih.Menghindari melihat monitorselama lebih dari 30 menit tanpaistirahat. saat mengambil istirahatdari monitor, fokus pada objek padajarak yang berbeda. itu adalah ideyang baik untuk hanya menutupmata Anda selama beberapamenit, untuk memberi merekaistirahat.Jangan biarkan mata Andamenjadi kering. jika kekeringanadalah masalah, mintalah doktermata Anda untuk meminta nasihat.
    • Medan ElektromagnetikEMFs memiliki komponen listrik dan komponen magnetik. Daridua, medan magnet dapat memunculkan masalah kesehatankarena dapat menembus berbagai jenis bahan. Untukmengurangi dampak EMFs, ambillah langkah-langkah berikut:•Sering-seringlah beristirahat jauh dari komputer•Duduklah agak menjauh dari unit sistem, memantau, danperalatan lainnya•Jika bisa, gunakan penghalang layar, yang tidakmemancarkan EMFs
    • Proyektor Data proyektor adalah perangkat yang digunakan untuk membuat proyeksi. proyektor sering dipakai dalam presentasi. Proyektor yang banyak digunakan sekarang ini adalah jenis LCD proyektor.
    • Sound system Sound system adalah suatu sistem tata suara agar suatu ruangan / area, bisa mendengarkan suara yang bersumber dari hasil rekaman atau langsung menggunakan microphone atau yang berasal dari peralatan elektronik. Peralatannya terdiri dari sumber suara seperti CD/MP3, microphone, amplif ier dan speaker yang semuanya dihubungkan dengan kabel.
    • Sound card Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.
    • Headphone dan Headset Beberapa pengguna komputer lebih suka mendengar audio melalui headphone atau headset daripada menggunakan speaker. Perangkat- perangkat ini sangat membantu ketika menggunakan komputer portable yang tidak memiliki speaker dengan kualitas yang tinggi, atau ketika mendengarkan audio namun tidak ingin mengganggu orang lain.