Materi 12
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Materi 12

on

  • 434 views

 

Statistics

Views

Total Views
434
Views on SlideShare
431
Embed Views
3

Actions

Likes
0
Downloads
1
Comments
0

1 Embed 3

http://ahmadkoerniawan.blogspot.com 3

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Materi 12 Presentation Transcript

  • 1. SISTEM TERDISTRIBUSIOLEH : AHMAD KURNIAWAN
  • 2. SISTEM OPERASITERDISTRIBUSIPerkembangan pesat teknologi informasi menyebabkanbertambahnya permintaan suatu sistem, baik berupa perangkatkeras maupun perangkat lunak yang dapat digunakan denganbaik dan cepat.Permintaan yang terus bertambah ini tidak sebanding dengankemampuan perangkat keras yang ada. Salah satu cara untukmengatasi hal itu dibuat pengembangan di sisi perangkat lunakdengan membuat suatu sistem virtual di mana beberapaperangkat keras atau komputer dihubungkan dalam jaringan dandiatur oleh sebuah sistem operasi yang mengatur seluruh prosesyang ada pada setiap komputer tersebut sehinggamemungkinkan proses berjalan dengan cepat. Sistem operasiyang mengatur proses ini sering disebut sebagai sistem operasiterdistribusi (distributed operating system) . Sistem operasiterdistribusi ini sekarang menjadi trend, terutama untuk researchyang kadang membutuhkan CPU yang sangat cepat untukmelakukan perhitungan yang sangat kompleks. Dalam makalah
  • 3. PENGERTIAN SISTEMOPERASI TERDISTRIBUSI Sistem operasi terdistribusi adalah salah satu implementasi darisistem terdistribusi, di mana sekumpulan komputer dan prosesoryang heterogen terhubung dalam suatu jaringan. Koleksi-koleksidari objek-objek ini secara tertutup bekerja secara bersama-sama untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan tertentu.Tujuan utamanya adalah untuk memberikan hasil secaralebih, terutama dalam:  file system  name space  waktu pengolahan  Keamanan  akses ke seluruh resources, seperti prosesor, memori, penyimpanan sekunder, dan perangkat keras.
  • 4. MANFAAT SISTEM OPERASITERDISTRIBUSI Sistem operasi terdistribusi memiliki manfaat dalam banyak sistem dan dunia komputasi yang luas. Manfaat-manfaat ini termasuk dalan sharing resource, waktu komputasi, reliabilitas, dan komunikasi
  • 5. SHARED RESOURCE Shared Resource Walaupun perangkat sekarang sudah memiliki kemampuan yang cepat dalam proses-proses komputasi, atau misal dalam mengakses data, tetapi pengguna masih saja menginginkan sistem berjalan dengan lebih cepat. Apabila hardware terbatas, kecepatan yang diinginkan user dapat diatasi dengan menggabung perangkat yang ada dengan sistem DOS (Distributed Operating System).
  • 6. MANFAAT KOMPUTASISalah satu keunggulan sistem operasiterdistribusi ini adalah bahwa komputasiberjalan dalam keadaan pararel. Proseskomputasi ini dipecah dalam banyak titik(nodes), yang mungkin berupa komputerpribadi, prosesor tersendiri, dan kemungkinanperangkat prosesor-prosesor yang lain.Sistem operasi terdistribusi ini bekerja baikdalam memecah komputasi ini dan baik puladalam mengambil kembali hasil komputasidari titik-titik cluster untuk ditampilkanhasilnya.
  • 7. RELIBILITASFitur unik yang dimiliki oleh DOS ini adalah reliabilitas.Berdasarkan design dan implementasi dari design sistemini, maka hilangnya suatu node tidak akan berdampakterhadap integritas system. Hal ini berbeda dengankomputer personal, apabila ada salah satu hardware yangmengalami kerusakan, maka system akan berjalan tidakseimbang, bahkan sistem bisa tidak dapat berjalan ataumati.Dalam sistem operasi terdistribusi tadi sebenarnya carakerjanya mirip dengan personal computer, tetapi bedanyaapabila ada node yang mati, maka akan terjadi proses haltterhadap node tersebut dan proses komputasi dapatdialihkan. Hal ini akan membuat sistem DOS selalumemiliki reliabilitas yang tinggi.
  • 8. KOMUNIKASISistem operasi terdistribusi biasanyaberjalan dalam jaringan, dan biasanyamelayani koneksi jaringan. Sistem inibiasanya digunakan user untuk prosesnetworking. User dapat saling bertukardata, atau saling berkomunikasi antartitik baik secara LAN maupun WAN.
  • 9. NEXT..
  • 10. HARDWARE SISTEM OPERASI TERDISTRIBUSISistem operasi terdistribusi, yang saat ini akan dibahas sebagai titik tolak adalah Amoeba, yang saat inibanyak digunakan sebagai salah satu implementasi dari sistem operasi terdistribusi itu sendiri. SistemAmoeba ini tumbuh dari bawah hingga akhirnya tumbuh menjadi sistem operasi terdistribusi. Design Sistem Operasi Amoeba
  • 11. ARSITEKTUR SOFTWARESistem operasi terdistribusi sejati memiliki arsiitektursoftware yang unik. Arsitektur software ini dikarakterkandalam objek di dalam hubungan antara klien dan server.Proses-proses yang terjadi di klien menggunakan remoteprocedure yang memanggil dan mengirimkan request keserver untuk memproses data atau objek yang dibawa.Tiap objek yang dibawa memiliki karakteristik yang disebutsebagai kapabilitas. Kapabilitas ini besarnya adalah 128bits. 48 bits pertama menunjukkan servis mana yangmemiliki objek tersebut. 24 bits berikutnya adalah nomordari objek. 8 bits berikutnya menampilkan operasi yangdiijinkan terhadap objek yang bersangkutan. Dan 48 bitsterakhir merupakan “check field” yang merupakan fieldyang telah terenkripsi agar tidak dapat dimodifikasi olehproses yang lain.
  • 12. THANK YOU