Materi 1

443 views
355 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
443
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Materi 1

  1. 1. PENGANTAR SISTEMTERDISTRIBUSIOleh : Ahmad Kurniawan
  2. 2. A. PENGERTIAN SISTEM TERDISTRIBUSI Dalam perusahaan-perusahaan besar misalnya, sering digunakan kombinasi antara komputer dan server. Komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi seperti pengolah grafis, word processing, spreadsheet, sementara server sebagai back-end mengendalikan database dan sistem informasi perusahaan. Hal seperti ini adalah dampak dari perkembangan sistem terdistribusi. Tetapi, apakah sistem terdistribusi itu?
  3. 3. Cont’d Sistem terdistribusi adalah koleksi prosesor yang terhubung dalam jaringan serta tidak berbagi memori, yaitu memiliki memori masing-masing. Prosesor- prosesor itu bisa berkomunikasi melalui banyak cara, misalnya melalui jalur telepon atau high speed bus.
  4. 4. B. CIKAL BAKAL SISTEM TERDISTRIBUSI Kata jaringan komputer sering dipahami sebagai sesuatu yang rumit dan sulit. Namun, teknologi jaringan ini sudah menjadi kebutuhan yang mendesak bagi perusahaan yang ingin mewujudkan proses digitalisasi,otomatisasi dan komputerisasi secara terdistribusi menuju perusahaan digital.
  5. 5. Cont’d Proses dasar sistem jaringan sangat sederhana, yaitu proses pengiriman data atau informasi dan pengirim ke penerima dengan prosedur tertentu, melalui suatu media komunikasi tertentu secara cepat dan tepat, tanpa adanya kesalahan. Namun, prinsip dasar jaringan komputer yang sederhana tersebut menjadi sangat kompleks ketika jumlah terminal yang saling terhubung semakin banyak.
  6. 6. C. AKOMODASI POTENSI JARINGAN DALAM SISTEM TERDISTRIBUSITrend penggunaan jaringan komputer dalamlingkungan perusahaaan semakin meningkatdalam satu dasawarsa terakhir ini, bahkan sejakdikembangkannya sister. Apalagi dengandikembangkannya sister maka potensi jaringanbisa diakomodasikan bahkan kelak diekslorasilebih optimal.
  7. 7. Cont’dAdapun sejumlah potensi jaringan, antara lain: Mengintegrasikan dan berbagai pakai peralatan Komunikasi Mengintegrasi data Perlindungan data dan informasi Sistem terdistribusi Keterlaluan aliran informasi
  8. 8. D. TOPOLOGI TOPOLOGI BUS TOPOLOGI RING TOPOLOGI STAR
  9. 9. TOPOLOGI BUS Sistem ini menggunakan metode broadcast ke jaringan untuk berkomunikasi data dari node ke node. Keunggulan topologi ini adalah pengembangan jaringan atau penamBahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.
  10. 10. GAMBAR
  11. 11. TOPOLOGI RING Sistem ini menggunakan metode token – passing dimana data yang terkirim akan berputar melaui node ke node sampai node tujuan.
  12. 12. GAMBAR
  13. 13. TOPOLOGI STAR Sistem ini menggunakan konsentrator untuk koneksi semua node. Konsentrator ini bisa berupa hub ataupun switch.
  14. 14. GAMBAR
  15. 15. PENGELOMPOKANJARINGAN
  16. 16. LOCAL AREA NETWORK Local Area Noetwork (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau suatu daerah dalam ukuran sampai beberapa kilometer.
  17. 17. WIDE AREA NETWORK Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas karena radiusnya mencakup sebuah Negara dan benua.
  18. 18. METROPOLITAN AREANETWORK Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.
  19. 19. TERIMA KASIH

×